Memilih Ubin Yang Tepat Untuk Ruangan di Rumah Anda

kamar mandi dengan bathtub

Panduan dalam memilih ubin yang tepat untuk pemasangan pada ruangan tertentu.

Kemarin kita telah membahas macam-mcam tipe ubin yang banyak dijumpai di pasaran. Beragam tipe ubin ini menjadikan masyarakat di era modern memiliki banyak pilihan dalam membeli ubin yang diinginkan. Benda yang satu ini memang krusial kehadirannya dan telah dimanfaatkan selama ribuan tahun, baik untuk digunakan pada lantai maupun pada dinding rumah sebagai elemen dekoratif. Memang, ubin ini tak hanya fungsional, tapi juga memiliki nilai artistik.

Dibandingkan dengan karpet, ubin lantai tentu lebih tahan lama dan lebih tepat untuk digunakan sebagai alas sebuah bangunan. Untuk itu, di jaman sekarang ini hampir tak ada rumah yang tak berubin, terutama untuk rumah – rumah di perkotaan. Bahkan, orang-orang yang tinggal di perkotaan rela menggelontorkan biaya yang tak sedikit untuk membeli ubin yang mahal dan awet dibandingkan ubin yang murah dan cenderung rapuh.

Tetapi, taukah Anda bahwa ada jenis-jenis ubin tertentu yang memang didesain untuk ruangan khusus? Bila salah dalam memilih ubin yang sesuai, tentu ruangan tersebut tak akan berfungsi secara optimal. Maka, sebelum Anda pergi ke toko bangunan untuk membeli beberapa ubin, ada baiknya Anda perhatikan beberapa hal di bawah ini:

1. Pastikan Ubin yang Anda pilih adalah Ubin yang mudah dibersihkan, terutama untuk ruangan yang mudah kotor

Ketika kita berbicara mengenai ruangan yang paling sering kotor di dalam rumah, mungkin jawabannya adalah dapur dan kamar mandi. Dapur misalnya, ruangan ini difungsikan sebagai area untuk memasak, sehingga sisa – sisa makanan atau sisa memasak akan mudah tercecer di area ini. Selain dapur, kamar mandi juga merupakan area yang mudah kotor karena area ini kerap becek dan menimbulkan genangan air setelah digunakan. Nah, untuk kedua area vital tersebut, ada baiknya Anda memilih ubin yang sederhana dan mudah dibersihkan.

desain dapur modern yang bersih

Desain Dapur Modern Dengan Lantai yang Bersih

Ubin yang cenderung sederhana juga fleksibel untuk diterapkan dimana saja. Selain mudah dibersihkan, ubin ini biasanya juga nyaman di kaki. Selain itu, tak seperti karpet yang mudah berdebu dan meninggalkan bulu atau rambut yang sulit dibersihkan, ubin ini relatif lebih mudah dibersihkan dengan sapu atau mesin penyedot debu. Tetapi, ubin ini sangat riskan untuk dihinggapi kuman. Untuk itu, sebelum beraktifitas di lantai, ada baiknya Anda sering – sering membersihkan ubin dengan cairan pel yang mengandung desinfektan.

2. Pilih warna ubin yang sesuai

Selain memiliki bentuk, ukuran, tekstur, dan motif yang beragam, ubin juga hadir dalam pilihan warna yang bermacam – macam. Dalam menentukan ukuran atau tekstur misalnya, tentu disini Anda harus mempertimbangkan kesesuain antara ubin dengan ruangan dimana ubin dipasang. Tetapi, untuk masalah warna, hal ini cenderung mengikuti selera pemiliknya. Dalam menentukan warna ubin yang tepat untuk sebuah ruangan tertentu, berikut ini hal – hal yang bisa diperhatikan:

  • Ubin yang berwarna pucat akan membuat ruangan tampak lebih luas karena ubin jenis ini dapat merefleksikan cahaya lebih banyak dibandingkan ruangan dengan ubin yang gelap. Sehingga, ubin tipe ini cocok untuk ditempatkan di ruangan-ruangan yang mungil, misalnya untuk ruang tamu atau kamar tidur pada apartemen.
  • Ubin dnegan warna yang serupa dengan warna dinding dapat menciptakan efek ruang yang lebih luas. Tetapi, pastikan bahwa warnanya cenderung warna-warna pastel dengan tone yang lembut
  • Untuk ubin dengan corak, motif, atau border pada tepiannya, hal ini akan tampak menarik untuk ruangan yang ingin Anda tonjolkan sisi dekoratifnya, misalnya pada ruang tamu.

3. Memilih ukuran ubin yang pas

- Ubin Dapur.

Dalam menentukan ukuran ubin yang akan dipilih, tentu semua kembali kepada selera dan keinginan sang pemilik. Tetapi, untuk penggunaan pada dapur, biasanya ukuran ubin yang paling sering dijumpai adalah ukuran 10cm x 10cm, terutama untuk penggunaan pada dindinnya. Beberapa orang juga menggunakan ukuran ubin yang lebih besar, terlebih untuk ukuran dapur yang memang cukup besar.

desain interior dapur modern dan bersih

Desain Interior Dapur yang Modern dan Bersih

Untuk penggunaan pada lantai, pertimbangkan untuk memasang ubin ukuran 30cm x 30cm. Ubin dengan ukuran ini sangat tepat dipasang di dapur yang mungil karena dapat membuat ruangan nampak lebih luas. Untuk dapur yang lebih luas, biasanya ubin dengan ukuran 60cm x 60cm lebih disukai.

- Ubin Kamar Mandi.

Sekali lagi, ukuran ubin untuk kamar mandi baik yang akan difungsikan pada dinding atau lantai tentunya disesuaikan dengan selera sang pemilik. Tetapi, karena pemasangan ubin pada kamar mandi nantinya harus rekat satu sama lain (jarak antara satu ubin dengan ubin lain atau furnitur pada kamar mandi haruslah dibuat seminimal mungkin) maka ubin dengan ukuran yang kecil akan lebih mudah untuk dipasang.

desain interior kamar mandi yang modern dan bersih

Desain Interior Kamar Mandi yang Modern dan Bersih

Misalnya, untuk area di sekitar toilet, bak cuci tangan, dan saluran pembuangan, tentu ubin – ubin yang ada disekitarnya haruslah terpasang tepat disekelilingnya dan tanpa sekat.

Dengan ukuran ubin yang lebih kecil, maka ubin akan lebih mudah untuk menyesuaikan dengan area tersebut. Terakhir, pilih ubin pada lantai kamar mandi yang lebih tebal dibandingkan pada dindingnya. Atau, bisa juga Anda menggunakan ubin dengan tipe, ketebalan, dan ukuran yang sama pada dinding dan lantainya sehingga Anda tak perlu repot dalam membeli ubin 2 macam ubin.

Selamat mencoba :)

..

Architectaria – Arsitek dan Perencana

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

No Comments Yet.

Leave a Comment