Memilih Meja Komputer Terbaik Untuk Kantor Anda

Kebanyakan pekerjaan menuntut banyak orang untuk duduk di meja komputer sepanjang hari. Membuat laporan harian, surat pertanggung-jawaban, surat edaran, dan lain-lain adalah beberapa contoh dari segelintir kegiatan para pekerja di kantor. Perusahaan pada kenyataannya menuntut kinerja yang maksimal dari para pekerjanya. Untuk menghasilkan kinerja yang baik tentu banyak aspek yang cukup berpengaruh, salah satunya adalah sarana dan prasarana kantor.

Komputer, kursi kerja atau meja komputer merupakan fasilitas-fasilitas kantor yang merupakan bagian dari sarana prasarana kantor yang mampu menunjang aktivitas para pekerja. Hampir seharian pula mereka habiskan waktu di hadapan meja komputer. Para pekerja tentu membutuhkan ketenangan dan kenyamanan dalam setiap aktivitasnya kerjanya.

Bayangkan saja misalnya, jika Anda bekerja dengan kondisi meja komputer yang sudah rapuh. Perasaan cemas tentu akan menghantui karena meja komputer kapan saja dapat roboh, dan mesin fax, printer atau barang-barang lain akan ikut berjatuhan. Kondisi lain seperti ukuran meja yang besarnya tidak proporsional dengan besar ruangan juga mampu menghambat aktivitas pekerja di kantor. Hal-hal kecil yang biasa kita abaikan dapat menjadi masalah besar jika tidak kita sikapi dengan bijak.

Pernahkah terpikirkan oleh Anda untuk mencari meja komputer yang nyaman dan sesuai dengan kebutuhan Anda di kantor? Ketika waktunya tiba untuk memperbaharui meja komputer kantor Anda, baik karena kondisinya yang sudah rapuh maupun keinginan untuk memiliki sebuah meja komputer yang baru, mungkin Anda akan tergoda untuk hanya menelusuri beberapa halaman online dan menyortir meja mana saja yang Anda sukai. Perlu diingat, bahwa memilih meja komputer alangkah baiknya tidak hanya dilihat dari segi model atau desainnya saja, melainkan dari kegunaannya dan proporsinya dengan ruangan kerja Anda.

Pada kenyatannya, sebagian dari kita mungkin ada yang belum mengetahui bahwa ada beberapa jenis meja komputer yang tersedia dengan berbagai model dan fungsinya masing-masing. Sehingga sangat masuk akal jika Anda ingin melakukan penelusuran terlebih dahulu untuk memilih perlengkapan kantor yang terbaik untuk kantor Anda.

Jika Anda sedang iseng melakukan penelusuran di internet, terdapat banyak jenis meja komputer dan furnitur-furnitur kantor lainnya dengan segala desain yang unik dan elegan yang dapat dijadikan referensi untuk Anda. Tetapi, alangkah baiknya juga jika Anda tetap mencari meja kantor terbaik untuk kenyamanan Anda bekerja. Berikut contoh berbagai jenis meja kantor dengan masing-masing bentuk dan fungsinya:

Meja Sudut
Meja kecil ini sifatnya sangat fungsional karena dapat menghemat ruang dan sangat berguna untuk kantor-kantor kecil atau apartemen. Meja sudut tidak mengambil ruang yang sangat banyak. Meja sudut juga sangat cocok digunakan untuk mengoperasikan desktop kecil atau laptop. Sebuah meja sudut mencakup laci kecil untuk keyboard dan satu hingga dua rak yang lebih rendah untuk penyimpanan barang-barang lain .Anda juga dapat menyimpan beberapa kebutuhan di permukaan meja.

Beberapa meja komputer sudut hadir dengan rak dan laci yang dapat ditaruh di atas permukaan meja, yang dapat menyisakan ruang untuk komputer Anda sekaligus memaksimalkan penyimpanan barang di meja.

Meja Untuk Menulis
Meja kantor ini diletakkan sejajar dengan dinding dan hadir dalam berbagai model. Sebagian besar meja tulis muncul dengan laci kecil untuk keyboard yang akan menghemat ruang untuk barang-barang penting lainnya. Tentunya dengan posisi keyboard yang tidak ditaruh di atas meja tidak akan membuat ruang di permukaan meja menjadi sempit. Hal tersebut juga dapat membuat Anda memiliki ruang kerja yang lebih untuk menaruh kertas penting atau pun file-file.

Meja Berbentuk Huruf L
Beberapa barang yang Anda butuhkan untuk ditaruh di meja kantor adalah printer, telepon, tempat penyimpanan file dan speaker. Jika Anda mencoba untuk meletakkan semua barang tadi di meja komputer kecil, Anda akan merasakan area kerja menjadi cukup sempit. Bila membeli meja komputer berbentuk L, Anda tidak akan harus mengorbankan salah satu peralatan kantor Anda. Sebuah meja komputer berbentuk L sangat tepat untuk dinding dan sudut ruangan kantor. Sangat efisien dalam menggunakan ruang keluar dari dinding dan tentu memberikan lebih banyak ruang kerja.

Selain itu, Anda dapat dengan mudah meletakkan CPU komputer di bawah meja dan menaruh monitor di atas meja. Jarak dengan dinding juga sangat terjaga dan Anda akan mendapatkan ruang kerja yang maksimal.

Gambar Meja Komputer Ergonomis Berbahan Kaca

Meja Ergonomis
Sebuah nilai tambah dari meja ergonomis adalah meja ini memiliki posisi yang unik yang dapat membantu mengurangi stres pada sendi kita. Meja kantor ergonomis memiliki berat yang ringan dan mudah dipindahkan kemana-mana, apalagi jika sedang mendekorasi ulang interior kantor Anda atau bahkan ingin pindah ke gedung kantor yang baru.

..

Architectaria – Arsitek dan Perencana

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

LinkedInTumblrStumbleUponRedditAIMDiggDeliciousFlipboardShare

2 Comments

  1. Irwandi

    Terima kasih kiriman artikelnya pak Aria. Artikel-artikel dari architectaria.com tentang desain interior rumah dan kantor sangat bermanfaat dan menambah wawasan saya dan keluarga.

    Hormati kami,

    Irwandi

Leave a Comment