Memilih Jenis Tanaman Bunga untuk Dekorasi Interior Ruangan

Ulasan tentang 5 jenis tanaman bunga terpopuler yang cocok untuk dekorasi ruangan serta bagaimana teknik merawat tanaman tersebut.

Mendekorasi interior ruangan adalah salah satu aktifitas yang menyenangkan. Salah satunya adalah dengan mendekorasi ruangan menggunakan bunga, Anda bisa bereksperimen kemudian hasilnya ditampilkan untuk mempercantik ruangan. Elemen-elemen yang dapat menjadi bagian dari interior ruangan yakni foto keluarga, boneka, piagam, benda-benda koleksi, dan benda-benda yang berhubungan dengan hobi. Namun, salah satu elemen yang bisa dijadikan bagian dari dekorasi ruangan adalah bunga.

Tanaman bunga yang diletakkan di dalam ruangan mampu memberikan harmoni yang indah dan meningkatkan estetika ruangan. Banyak desainer interior menganjurkan kliennya untuk menempatkan tanaman bunga di dalam ruangan tersebut. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan nuansa segar di dalam ruangan. Dan dengan kelopak bunganya yang berwarna-warni, hal ini diharapkan mampu menciptakan paduan warna yang selaras dengan ruangan.

Tetapi, meskipun tanaman bunga adalah salah satu elemen yang dapat menambah estetika ruangan, tidak semua jenis tanaman bunga cocok untuk konsep ruangan tertentu. Untuk itu, ketika memilih jenis tanaman bunga yang akan ditempatkan dalam ruangan, kita perlu melihat kesesuain jenis bunga yang kita sukai dengan tipe ruangan. Pemilihan jenis tanaman bunga yang tepat akan membuat dekorasi ruangan lebih hidup dan selaras.

Adapun untuk menentukan jenis tanaman bunga yang tepat untuk tipe ruangan Anda, cukup lihatlah dari penampilan visual dari bunga itu sendiri. Selain itu, Anda juga harus memahami benar bagaimana cara menanam dan merawat jenis tanaman tersebut. Misalnya, bila jenis tanaman bunga yang Anda pilih tergolong jenis tanaman yang membutuhkan sinar matahari secara langsung, maka letakkan tanaman tersebut di dekat jendela agar dapat menerima sinar matahari yang penuh.

Khusus untuk tanaman yang membutuhkan air cukup banyak, maka Anda perlu meletakkan tempat khusus di bawah tanaman tersebut untuk menampung luberan airnya.

Beberapa hal di atas adalah salah satu cara untuk memelihara tanaman bunga di dalam rumah. Sedangkan untuk jenis tanaman bunga yang tepat untuk tipe ruang tertentu, berikut ini beberapa jenis tanaman bunga beserta ulasannya yang dapat menjadi pertimbangan Anda dalam memilih tanaman bunga untuk dekorasi ruangan.

Gambar Bunga Kaktus

1. Kaktus: cocok untuk desain ruangan bernuansa Timur Tengah

Timur Tengah merupakan negara yang sangat identik dengan padang pasirnya. Bila tipe ruangan di rumah Anda adalah ruangan ala Timur Tengah dengan konsep padang pasir, maka tumbuhan kaktus adalah adalah tumbuhan yang tepat untuk menguatkan kesan padang pasir tersebut. Namun, pilihlah jenis kaktus yang berbunga.

Interior desain bernuansa Timur Tengah dengan konsep padang pasir yang biasanya didominasi warna kuning dan coklat akan terlihat harmonis disandingkan dengan tanaman kaktus yang berwarna hijau. Kaktus tak hanya unik dan menarik, namun juga mudah dirawat serta cocok dipelihara di dalam ruangan. Kaktus membutuhkan sinar matahari, lingkungan yang hangat, dan sedikit air.

Gambar Bunga Anthurium

2. Anthurium: cocok untuk ukuran ruangan yang luas

Anthurium adalah salah satu jenis tanaman hias yang dapat tumbuh sangat besar. Tumbuhan bunga jenis ini akan cocok ditempatkan di ruangan yang ukurannya cukup luas, namun dengan furnitur yang tak terlalu banyak sehingga menyisakan ruang kosong yang cukup luas. Warna daunnya yang hijau gelap dan variasi warna bunga yang beragam (merah, merah muda, ungu, dan putih) membuat Anthurium mampu memberikan sentuhan gradasi warna yang indah untuk ruangan yang berukuran besar.

Adapun untuk memelihara Anthurium di dalam ruangan, letakkan tumbuhan ini dekat dengan pencahayaan yang intensitasnya sedang atau cukup besar.

Gambar Bunga Geranium

3. Geranium: wangi Geranium mampu menghindarkan ruangan dari nyamuk

Geranium merupakan salah satu jenis tanaman bunga yang dapat dijadikan opsi untuk medekorasi interior ruangan Anda. Ada banyak jenis tumbuhan Geranium, namun semuanya memiliki wangi yang khas yang dapat menjadi pewangi alami untuk ruangan Anda.

Wangi Geranium juga disebut-sebut mampu menangkal nyamuk di dalam rumah. Memelihara Geranium pun tidaklah sulit. Tumbuhan ini cukup membutuhkan pencahayaan yang terang dan kondisi tanah yang kering.

Gambar Bunga Lily

4. Lili: jenis tanaman untuk ruangan berkonsep modern elegan

Lili adalah salah satu jenis tanaman bunga yang cantik dan terlihat elegan. Lili termasuk jenis tanaman bunga yang memiliki beragam jenis warna dan bentuk. Lili juga dapat ditanam di media seperti buket atau pot biasa. Karena terdapat banyak sekali varian dari tanaman Lili, setiap varian mungkin memerlukan tipe perawatan yang berbeda.

Untuk itu, sebelum memutuskan memilih Lili sebagai tanaman untuk dekorasi ruangan, perlu dilakukan riset untuk mengetahui jenis spesifik Lili tersebut serta perawatannya. Namun secara umum, tanaman ini cocok ditempatkan di ruangan yang bernuansa modern elegan.

Gambar Bunga Angrek Merah (Red Orchid)

5. Anggrek: jenis tanaman dengan bunganya yang cantik dan eksotis

Di dunia ini ditemukan lebih dari 30.000 spesies Anggrek. Hal ini menjadikan Anggrek salah satu tanaman dengan tingkat diversitas yang tinggi. Tanaman Anggrek terkenal akan kecantikan dan keelokan bunganya, namun perawatan Anggrek mungkin cukup sulit dan membutuhkan biaya tinggi, terlebih untuk perawatan di dalam ruangan. Namun, kecantikan dan keelokan Anggrek akan mampu memikat setiap orang dan menambah nilai estetika interior ruangan Anda.

..

Architectaria – Arsitek dan Perencana

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

LinkedInTumblrStumbleUponRedditAIMDiggDeliciousFlipboardShare

1 Comment

  1. bajugrosirmurah

    wah indah indah sekali dan terima kasih atas infonya

Leave a Comment