Memilih Jenis Batu Alam Yang Tepat Untuk Meja Konter Pada Dapur Rumah Anda

desain-interior-dapur-dan-meja-konter-1

Tips desain interior dapur – Langkah-langkah dalam memilih jenis batu alam yang tepat untuk digunakan sebagai bahan dasar meja konter pada dapur di rumah Anda.

Meja konter pada dapur merupakan satu bagian penting yang harus ada pada dapur modern. Bahan dasar meja konter biasanya terbuat dari batuan alam yang sengaja dipilih karena karakterisitiknya yang tahan lama. Beberapa tahun lahu pilihan batuan alam sebagai bahan dasar permukaan meja konter memang masih sangat sedikit. Tapi sekarang ini terdapat beberapa pilihan batuan seperti batuan natural dan batuan buatan yang tetap terlihat menarik jika dikombinasikan dengan desain interior dapur yang lainnya.

Ketika memilih gaya dan material meja konter untuk dapur, tentu Anda harus memperhatikan anggran dana yang Anda miliki. Walaupun tampilan permukaan meja konter merupakan aspek yang penting, namun Anda juga tetap harus memperhatikan ke-awetan material meja konter. Dengan beberapa pertimbangan tersebut tentunya Anda harus memilih material meja konter yang sesuai dengan ekspektasi Anda. Memilih jenis batuan yang tepat untuk meja konter akan sangat menantang karena Anda harus mempertimbangkan beberapa aspek.

Berikut ini adalah beberapa tips dan pertimbangan yang harus Anda pikirkan sebelum memilih jenis batuan untuk meja konter dapur rumah Anda.

  1. Tanyakan pada diri Anda, apakah motivasi Anda dalam pemilihan desain meja konter.

Hal yang pertama kali harus Anda lakukan adalah mempertanyakan motivasi pemilihan desain meja konter untuk dapur rumah Anda.  Apakah Anda ingin fokus pada tampilannya saja dan sedikit mengabaikan sisi keawetannya?. Jika hal itu itu adalah motiv Anda, jenis batuan seperti marmer akan sangat sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Marmer memiliki tampilan yang indah. Marmer menjadi salah satu favorit para pemilik rumah karena tampilannya yang indah dan elegan.

Akan tetapi batuan jenis marmer teksturnya lebih lembut daripada batuan lain dan lenih mudah untuk keropos. Jika Anda mengingkan material meja konter yang hanya butuh sedikit perawatan, pilihlah batuan kuarsa buatan yang dapat dijadikan alternatif untuk permukaan meja konter dapur rumah Anda. Batuan kuarsa buatan tidak memiliki pori sehingga sangat mudah untuk dibersihkan karena tidak aka nada noda yang menempel pada permukaan. Jika fokus Anda adalah memilih meja konter yang praktis dan menawarkan keawetan, maka meja konter berbahan batu granit merupakan pilihan yang tepat.

Granit memiliki tampilan yag praktir dan dapat menambah nilai jual rumah karena keawetan dan tahan lamanya. Perawatannya pun juga cukup mudah sehingga banyak orang yang memilih bahan granit untuk digunakan pada salah satu elemen dapur rumah.

  1. Pertimbangkan bagaimana Anda akan menggunakan meja konter dapur rumah Anda

Pertanyaan lain yang harus Anda tanyakan pada diri Anda sendiri adalah bagaimana Anda akan menggunakan meja konter dapur. Jika Anda lebih sering melakukan memanggang ketika memasak, bahan batuan marmer merupakan pilihan yang paling tepat. Karakteristik marmer yang memiliki permukaan dingn sangat sesuai dengan kegiatan memanggang karena tentunya permukaan yang dingin mampu menetralkan udara panas ketika memanggang.

Jika intensitas pemakaian dapur dirumah Anda cukup tinggi, maka meja konter dengan material granit merupakan pilihan yang paling pas. Karena bahan granit yang terkesan kuat dan tahan lama, maka tidak masalah jika Anda sering memasak di dapur. Jika Anda ingin dapur yang praktis tanpa harus melakukan perawatan yang rutin, meja konter dengan permukaan batuan kuarsa merupakan pilihan yang tepat.

Kuarsa merupakan material yang tidak mudah ternoda dan yang terpenting adalah mudah untuk dibersihkan.

desain-interior-dapur-dan-meja-konter-2

Desain Interior Dapur Dengan Meja Konter Dari Batu Alam

  1. Pemilihan jenis batuan macam apakah yang sesuai dengan anggaran Anda?

Anggaran dana atau budget untuk renovasi dapur rumah terkadang menjadi kendala tersendiri ketika Anda ingin memilih jenis batuan untuk meja konter. Umumnya, batuan alam memang lumayan mahal apalagi jika anggaran Anda terlalu terbatas. Jika dilihat secara general, marmer memang dikenal memiliki harga yang paling mahal.

Batuan marmer berjenis Carrara mungkin sedikit terjangkau jika Anda memang menginkan batu marmer untuk meja konter rumah Anda. Batuan granit akan lebih terjangkau terlebih batu granit berjenis Labrador hijau.

Terdapat berbagai warna pilihan yang lebih terjangkau diantaranya adalah Venetian Gold, Coklat pucat, dan juga White Kashmir.

  1. Jaminaan seperti apakah yang Anda inginkan jika memilih batuan alam sebagai material meja konter dapur.

Pada akhirnya, sangatlah penting untuk mempertimbangkan jaminan yang ditawarkan ketika Anda memilih batuan alam sebagai bahan dasar meja konter. Dalam beberapa kasus, batuan marmer dan granit memiliki jaminan terbatas karena pada dasarnya batuan alam akan abadi selamanya. Setiap produsen batuan alam tentunya memiliki tipe jaminan atau garansi tersendiri tergantung pada jenis dan harga batuan alam yang Anda pilih.

Demikianlah beberapa tips dalam memilih batuan alam yang sesuai dengan meja konter dapur rumah Anda. Tentunya banyak lagi pertimbangan yang harus Anda tanyakan pada diri sendiri sebelum memutuskan jenis batuan apa yang sesuai dengan kebutuhan dan desain dapur rumah Anda.

Apakah Anda sudah menentukan pilihan?

Selamat mencoba 🙂

..

architectaria.com | Arsitek, Desain Interior, General Contractor

Untuk Anda yang berada diwilayah JABODETABEK dan membutuhkan jasa arsitek, desain interior dan jasa kontraktor untuk membangun/merenovasi rumah, silahkan menghubungi kami melalui nomor: 081229400888, 087710400888, 021-83836281, atau 0251-9195383 (Bogor).

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

1 Comment

  1. Eng. juliao a x carlos

    slm kenal …para rekan desainer

    yang perlu sya tanyakan adalah sya memiliki luas tanah ukuran : pajnajng 18 m2 dan lebar 11 m2 ..desain dan type rumh apa yang cocok krn sya mau optimalkan tanah yang ada sekaligus halaman depan harus ada, minta advise dri teman2 ok

    salam

Leave a Comment