Memilih dan Menempatkan Coffee Table atau Meja Kopi Secara Tepat

modern coffe table_2

Tips dalam memilih dan menempatkan coffee table atau meja kopi dengan mempertimbangkan ukuran, dimensi, bahan, penempatan, serta keberadaan furnitur lain yang sudah ada dalam ruangan.

Meja kopi tak hanya menjadi meja kecil pendamping meja utama. Berbagai macam meja kopi tak hanya difungsikan sebagai meja tambahan saja, tapi juga sebagai salah satu elemen dekoratif yang berkoplemen dengan keseluruhan konsep desain interior ruangan serta mampu menunjang titik fokal di suatu ruangan. Namun, untuk mewujudkan hal tersebut, pastikan meja kopi yang dipilih adalah meja kopi yang terbaik yang bisa menyatu dengan konsep ruangan. Sebaliknya, bila meja kopi yang dipilih merupakan meja kopi yang tidak sesuai, maka bukan mustahil meja kopi ini justru akan menggangu kenyamanan dalam ruangan ini.

Selain pemilihan jenis meja kopi yang tepat, penempatannya pun harus tepat pula. Jangan sampai penempatan meja kopi yang salah mengakibatkan fungsinya terabaikan. Berhubung event Natal dan Tahun Baru akan segera datang, pastinya meja kopi ini cukup dibutuhkan sebagai tempat atau meja tambahan untuk meletakkan makanan, terutama makanan ringan untuk tamu. Maka, diperlukan beberapa langkah di bawah ini agar kita bisa memilih dan menempatkan meja kopi secara pas.

1. Tentukan tujuan meja kopi

Ada beragam tipe meja kopi yang didesain dengan tujuan yang beragam pula. Misal, sebuah meja kopi dengan upholstery di atasanya dan dengan desain ottoman-style sangat cocok digunakan untuk bersantai dan mengistirahatkan kaki. Namun jika Anda menginginkan meja kopi yang bisa digunakan untuk makan, meletakkan snack, atau bermain game di atasnya, pilih meja kopi dengan ukuran permukaan yang sedikit luas.

2. Pertimbangkan dimensinya

Meja kopi yang baik adalah meja kopi yang proporsional jika diukur dari perbandingan panjang, lebar, dan tingginya. Selain itu, ketinggian meja kopi mesti menyesuaikan dengan ketinggian tempat duduk. Rata – rata ketinggian meja kopi antara 16 hingga 20 inchi.

3. Cek kesesuaian dimensi meja kopi dengan area yang tersedia

Agar meja kopi bisa menyatu secara harmonis pada ruangan, pastikan meja kopi yang dipilih tidak lebih besar atau lebih kecil dari area yang tersedia. Untuk ruangan yang kecil dan area yang sempit, pilih jenis meja kopi kaca dengan garis – garis yang tegas dan simple karena meja kopi seperti ini tidak akan terlihat terlalu mencolok di ruangan yang sempit. Sebaliknya, untuk ruangan yang besar, pilih meja kopi yang solid dan berbahan kayu dengan dimensi yang cukup besar dan terlihat kokoh, sehingga mampu mengisi kekosongan pada ruangan yang lebar.

4. Pilih bentuk yang sesuai

Sebuah meja kopi segi empat pastinya menyediakan space yang lebih luas pada permukaannya, sehingga cocok digunakan untuk menempatkan makanan. Kekurangannya, meja kopi ini akan banyak memakan tempat. Sementara meja kopi berbentuk bulat sangat cocok ditempatkan di ruangan yang mungil karena terlihat lebih fleksibel dengan bentuknya melingkar.

5. Sesuaikan meja kopi dengan furnitur yang sudah ada

Untuk menciptakan kesan kontinuitas dan harmonis antara meja kopi dengan elemen atau furnitur lain pada ruangan, usahakan agar Anda juga mempertimbangkan konsep, bentuk, serta ukuran furnitur yang sudah ada di ruangan sebelum membeli meja kopi. Dengan demikian, meja kopi Anda tidak akan terkesan ‘aneh’ dan ‘dipaksakan’ tatkala diletakkan dalam ruangan.

modern coffe table_1

Desain Interior Ruang Keluarga dengan Coffee Table

Menempatkan meja kopi pada ruangan

Tak hanya memilih model dan dimensi meja kopi, menentukan letak dan arah meja kopi juga menjadi poin penting yang wajib diperhatikan agar posisi meja kopi membuat ruangan nampak simetris. Untuk memandu Anda menempatkan meja kopi yang tepat, beberapa penanda bisa dijadikan alternatif patokan.

Standar jarak antara sofa dan meja kopi

Jarak ideal antara sofa dan meja kopi adalah 18 inci. Jarak ini sudah cukup ideal untuk membuat orang nyaman duduk di sofa tanpa takut mengenai meja kopi. Selain itu, jarak ini masih mudah dijangkan oleh orang yang duduk di sofa tanpa perlu beranjak dari sofa untuk mengambil makanan, minuman, atau barang yang diletakkan di meja kopi.

Memperhatikan konsep The Triangle pada ruangan

Saat menempatkan furnitur termasuk meja kopi pada ruangan, prinsip Triangle ini mesti diperhatikan. Pada prinsip ini, furnitur yang paling penting dalam suatu ruangan mesti dimasukkan dalam unsur Triangle. Misal dalam ruang tamu, normalnya The Triangle terdiri atas pintu, perapian, TV dan sofa. Item – item tersebut biasanya diletakkan pada sudut segitiga imaginer di suatu ruangan. Maka, penempatan meja kopi perlu memperhatikan prinsip ini dan meja kopi semestinya diletakkan di samping sofa tanpa mempengaruhi posisi segitiga imaginer ini.

Tentukan furnitur yang menjadi titik fokal pada ruangan

Jika Anda menentukan sofa sebagai titik fokal suatu ruangan, pastinya hal ini berpengaruh dalam penempatan meja kopi. Pastikan posisi meja kopi sudah tepat, tidak terlalu dekat maupun terlalu jauh, sehingga tidak merusak tampilan sofa sebagai titik fokal.

Tips:

  • Meja kopi berukuran luas dan ketinggian yang rendah akan mampu memberikan efek visual yang menjadikan ruangan nampak lebih lapang dan lebih tinggi dari yang sebenarnya.
  • Panjang dan lebar meja kopi tidak boleh sama dengan tempat duduk / sofa yang berada di dekatnya.

Selamat mencoba 🙂

..

Architectaria – Arsitek dan Perencana

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

No Comments Yet.

Leave a Comment