Memilih Bathub yang Sesuai dengan Kebutuhan Anda

Bathroom

Beragam pertimbangan dalam memilih dan membeli bathtubs yang mencakup harga, model, bahan, ukuran, serta fungsi bathtubs itu sendiri.

Berencana mengakhiri model kamar mandi Anda yang lama dan menggantinya dengan model kamar mandi yang baru? Tentu, sedikit renovasi di beberapa bagian penting untuk dilakukan. Bahkan, kadang tak cukup hanya renovasi. Untuk melengkapi tampilan kamar mandi Anda yang baru, Anda mesti mengganti beberapa bathroom appliances serta mengubah penataan dan penempatan barang – barang tersebut.

Namun, berbicara mengenai bathroom appliances yang baru, satu hal yang tak boleh dilewatkan adalah bathtubs. Ya, bathtubs yang baru tentu akan semakin melengkapi tampilan kamar mandi baru Anda. Bathtubs ini mampu menciptakan perbedaan yang mencolok pada kamar mandi, sehingga kamar mandi Anda akan terasa baru seutuhnya. Bahkan tak hanya tampilan kamar mandi yang menjadi baru dan semakin menarik, keberadaan bathtubs yang baru ini juga mampu menyediakan fungsi yang baru bagi kamar mandi tersebut. Terlebih dengan adanya berbagai varian bathtubs yang ada saat ini yang meliputi ukuran, model, material, hingga teknologi yang diterapkan, hal ini tentunya berdampak positif pada kita selaku customer. Karena, kita bisa semakin dimanjakan oleh berbagai pilihan bathtubs yang ada.

Satu hal yang pasti, dalam memilih dan membeli bathtubs yang baru, Anda tak boleh asal memilih bathtubs yang menurut Anda keren. Perlu berbagai pertimbangan dalam menentukan mana bathtubs terbaik yang sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda. Untuk memberikan Anda panduan serta gambaran dalam memilih bathtubs yang tepat, pertimbangkan terlebih dahulu poin – poin di bawah ini:

1. Pertimbangkan ukuran kamar mandi

Seberapa besar dan luas kamar mandi Anda akan sangat menentukan jenis bathtub yang akan Anda beli untuk melengkapi kamar mandi Anda yang baru. Jika ukuran kamar mandi Anda tak begitu luas, jangan memaksakan untuk menginstall bathtubs yang berukuran besar dan membutuhkan ruang yang luas, seperti bathtubs model walk-in tub atau clawfoot tub.

Berbeda bila Anda memiliki ukuran kamar mandi yang luas, maka Anda bisa punya banyak variasi dalam menerapkan model bathtub yang berbeda – beda untuk kamar mandi Anda.

Bathroom2

Desain Interior Kamar Mandi dengan Bathtub dan Bathroom Vanity

2. Pertimbangkan harga dan biaya instalasi bathubs

Saat Anda berencana untuk merenovasi kamar mandi Anda, tentunya And tak ingin budget Anda terkuras hanya untuk membeli sebuah bathtubs yang baru kan? Maka dari itu, atur seberapa besar budget yang Anda sisihkan untuk pembelian sebuah bathtubs yang baru. Bila budget yang Anda persiapkan tak terlalu besar, mungkin tipe bathtub quality drop-in adalah yang paling tepat untuk Anda karena tipe ini tergolong tipe dengan harga paling terjangkau.

Namun bila Anda menyediakan budget yang cukup besar untuk urusan ini dan Anda menginginkan bathtub yang modern dan stylish, bathubs jenis free-standing paling sesuai untuk Anda. Bisa juga Anda mempertimbangkan jenis – jenis bathtubs lain seperti soaking bathtubs, clawfoot bathtubs, dan walk-in bathtubs.

3. Pertimbangkan kegunaan bathtubs itu sendiri
Seberapa lama biasanya Anda menghabiskan waktu di bathtubs? Aktifitas apa saja yang biasa Anda lakukan di sini? Hal – hal kecil semacam ini penting juga untuk dilihat. Sebab, aktifitas yang Anda gemari di bathtubs akan sangat berpengaruh pada pemilihan jenis dan model bathubs. Jika Anda cenderung tak suka berlama – lama di bathtubs, maka pilih bathtubs dengan fitur – fitur standar. Namun jika Anda penyuka berendam dan berelaksasi dalam jangka waktu lama pada bathtub, pilihlah jenis large soaking bathub atau walk-in tub dengan jets.

Bila Anda lebih memilih tampilan dan gaya sebagai faktor utama, maka clawfoot bathtub dengan ukuran yang sedang dan desain yang sleek sangat tepat untuk mengakomodasi keinginan Anda.

4. Pertimbangkan material bathtubs

Tak hanya hadir dalam beragam harga serta ukuran, bathtubs di masa modern ini telah hadir dalam berbagai material yang berdampak pada tampilan, ketahanan, dan harga dari bathtub itu sendiri. Fiberglass adalah material yang paling umum digunakan dan cukup populer, khususnya untuk jenis drop-in tubs. Fiberglass adalah material yang paling murah, namun material ini tak memiliki daya tahan yang cukup kuat.

Material lain yang sering dipilih adalah Akrilik and porselain. Kedua material ini paling sering digunakan untuk jenis free-standing bathtubs. Kedua material ini sama – sama tahan lama meskipun harganya selangit. Material bathub lain yang juga memiliki harga selangit adalah Cast-iron. Tapi meski mahal, material ini terbukti sangat awet dan dapat bertahan hingga waktu yang cukup lama.

5. Pertimbangkan model serta desain bathubs

Poin ini menjadi poin terakhir yang diterapkan dalam pemilihan bathtubs, mengapa? Sebab, ketika segala aspek – aspek pada poin di atas telah terpenuhi, maka kini Anda bebas menentukan model serta desain bathtubs yang Anda inginkan. Sebagai gambaran, Drop-in tubs adalah jenis bathubs yang cukup terjangkau namun tetap mampu memberikan unsur stylish pada kamar mandi agar terlihat apik. Sedangkan untuk memberi sentuhan klasik, mungkin bathubs jenis Clawfoot tubs cocok dipilih.

Tetapi bila Anda lebih suka tampilan urban dan modern yang serba minimalis, free-standing bathtubs adalah yang paling tepat. Terakhir, untuk menciptakan konsep kamar mandi yang mewah, pilihlah jenis Walk-in tubs.

Selamat mencoba :)

..

Architectaria – Arsitek dan Perencana

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

0 Comments

Leave a Comment