Membuat Titik Pusat (Focal Point) Pada Ruangan

Tips dalam mendesain interior ruangan dan menentukan pusat daya tarik (point of interest) diruangan Anda.

Dominasi merupakan salah satu prinsip dasar tatarupa yang harus ada dalam karya seni dan desain. Dominasi berasal dari kata Dominance yang berarti keunggulan. Sifat unggul dan istimewa ini akan menjadikan suatu unsur sebagai penarik dan pusat perhatian.

Apakah Anda menyukai salah satu sudut disalah satu ruangan dalam rumah? Bisa jadi itu disebabkan karena sudut tersebut merupakan dominasi/titik pusat dari rumah anda yang seakan memanggil setiap orang yang melewatinya. Dalam dunia desain, dominasi sering juga disebut Center of Interest, Focal Point dan Eye Catcher. Dominasi mempunyai beberapa tujuan yaitu untuk menarik perhatian, menghilangkan kebosanan dan untuk memecah keberaturan.

Tak hanya sebagai pusat perhatian, titik pusat dalam ruangan juga merupakan salah satu elemen estetika yang penting.

Focal point merupakan titik pertama yang dilihat saat masuk ke dalam sebuah ruangan. Dengan adanya titik ini dapat mengalihkan perhatian dari sudut-sudut yang tidak sedap dipandang dalam sebuah ruangan. Itu sebabnya harus dibuat semenarik mungkin dan diperlukan cara khusus untuk menentukan titik ingin yang dijadikan pusat perhatian, antara lain:

Ukuran Besar

Anda dapat menentukan titik pusat didalam ruangan dengan memilih perabot yang memiliki ukuran paling besar dalam sebuah ruangan, seperti rak buku, tempat tidur, sofa atau jendela dengan hamparan pemandangan, seperti halaman atau taman, yang indah.

Lukisan, bunga yang ditata dengan apik, atau perabot unik dan antik pun bisa menjadi solusi untuk menentukan pusat perhatian dalam sebuah ruangan.

Padu Padan Furniture

Padukan titik yang telah ditentukan dengan furniture di dalam ruangan agar titik ini semakin menarik perhatian orang. Cobalah memasang sebuah lukisan besar dengan gambar menarik di atas sofa panjang. Bila mungkin, sesuaikan warna sofa dengan dinding sehingga warna lukisan akan semakin menonjol. Anda juga dapat mencoba mengganti lukisan dengan cermin antik dengan bentuk ukiran yang khas.

Bila Anda menggunakan jendela yang menghadap ke hamparan halaman indah sebagai titik pusat, Anda dapat menambahkan furniture di sekeliling jendela tersebut seperti meja antik yang cantik untuk menarik perhatian mata.

Warna

Memainkan warna merupakan cara paling umum untuk membuat titik pusat. Misalnya dengan memberikan warna yang kontras pada satu bagian dinding pada sebuah ruangan. Bila warna dominasinya adalah krem, Anda dapat memberi warna coklat tua atau oranye tua pada satu bagian dinding tersebut.

Efek Cahaya

Tambahkan teknik pencahayaan pada titik pusat yang telah dipilih untuk memberikan kesan dramatis dan menguatkan kesan pada titik tersebut. Misalnya, dengan memberikan lampu sorot pada lukisan, teknik lampu di bagian dinding yang berwarna kontras, di balik perabot kayu, dan seterusnya.

Selamat mencoba ๐Ÿ™‚

..

architectaria.com |ย Arsitek, Desain Interior, General Contractor

Untuk Anda yang berada diwilayah JABODETABEK dan membutuhkan jasa arsitek, desain interior dan jasa kontraktor untuk membangun/merenovasi rumah, silahkan menghubungi kami melalui nomor: 081229400888, 087710400888, 021-83836281, atau 0251-9195383 (Bogor).

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

7 Comments

  1. Menentukan titik perhatian memang gampang-gampang susah, kalo menurut saya pasangin hiasan di ruang tamu pake TV Plasma 50 inchi ke atas dengan film yang bagus, mesti menarik perhatian… he he, thanks infonya, mana nich desain rumahnya masih sibuk ya..

    Hahahahaha… mbak lilik ini bisa ajah. Iya nih mbak, masih bolak balik cilacap.. Ini aja buka web terburu2.. kalo bahan posting saya emank sudah siapkan.. jd tinggal dipindahkan dri laptop.. Saya belum sempat buka cad nya. Kemarin ada yg minta portofolio aja blom sempat saya buatin ๐Ÿ™ Blom lagi permintaan price list untuk produk artworks. Tapi secepatnya akan saya koreksi layout mas arif. Lagian paling saya hanya memberi masukan, sekaligus koreksi dikit2, karena gak mungkin saya koreksi ekstrem..karena rumahnya kalo gak salah sudah terlanjur berdiri/dibangun yah :-)).

    Doakan aja, mudah2an bisa secepatnya saya kirimkan layout nya.

  2. Iman Brotoseno

    Trims trick n tipsnya, superb banget ๐Ÿ™‚

  3. camelia

    yah bener juga klo mau d buat sesuatu utk mnjadi titik pusat …harus susuatu yang berbeda dr yang ada d ruang situ ya…

  4. bobo

    owh.. aku lebih suka set focus ke aquarium kecilku,. bermandikan cahaya 24 LED putih. membuat ku tak bosan bosan memandang ke ikan mas..hihihi..

  5. Tata

    Thanks , ngbantu bgt ni. Saya lg mau ngedekor ulang kmr tdr saya, titik pusatnya bgusnya d sisi dinding sblh mana ya?

  6. YRares

    Cuma mau sharing…dominant area di rumah saya adalah area bawah tangga yang biasanya tidak terpikirkan oleh orang orang. Instead of membuat ruang penyimpanan/cabinet, ruang bawah tangga saya yang cukup lebar dan tinggi dan bersebelahan sekali dengan r.nonton tv pada akhirnya saya olah menjadi area photo gallery, dengan memberikan perbedaan warna yang lebih mencolok di bawah tangga dan dinding tangga bagian luar. Saya menempatkan console di area bawah tangga untuk penempatan foto foto frame meja dan di dinding dinding bagian dalammnya saya gantungkan foto – foto aktifitas keluarga. dan dinding luar area tangga juga saya gantungkan foto-foto kegiatan keluarga. Dan akhirnya menjadi focal point buat saya dan keluarga serta relatives yang berkunjung pada saat mereka duduk di ruang tv saya. semoga bermanfaat sharingnya.

  7. This are probably the most outstanding blogs Ive browse through in the extremely extensive time. The amount of information in here is stunning, like you practically wrote the book during the topic. Your weblog is fantastic for any individual who wishes to recognize this topic far extra. Fantastic things; please always keep it up!

Leave a Comment