Membersihkan Perabotan Rumah Tangga dengan Lemon

Tips membuat pembersih alami dari lemon untuk membersihkan noda-noda serta mengkilapkan perabotan rumah Anda.

Membersihkan noda dan sisa-sisa memasak di dapur adalah hal yang cukup melelahkan. Namun, bila tak segera dibersihkan, maka noda tersebut akan mengendap lama dan makin sulit dibersihkan. Untuk itu, setelah memasak ada baiknya sempatkan waktu sejenak untuk membersihkan sisa-sisa noda tersebut.

Noda atau kotoran sisa memasak biasanya mengandung banyak lemak dan minyak. Apalagi, bila sebelumnya Anda memasak jenis makanan yang memang berlemak dan bersantan, seperti gulai atau rendang. Untuk itu, Anda perlu mencari cairan pembersih yang ampuh untuk menghilangkan noda yang banyak mengandung minyak tersebut.

Cairan pembersih ini bisa dengan mudah di temui di toko-toko. Tetapi, efek dari cairan pembersih ini yakni bila kita tak sengaja terkontaminasi, maka bisa menimbulkan rasa pedih di kulit dan di mata. Cairan pembersih kimia memang efektif dalam membersihkan noda-noda berlemak tersebut. Tapi siapkah Anda dengan efek sampingnya?

Untuk itu, tak ada salahnya kita beralih ke cairan pembersih yang alami. Apakah itu? Jeruk lemon! Ya, lemon terkenal akan kedahsyatannya dalam melunturkan noda dan kotoran di dapur. Lemon dapat bekerja secara efektif dalam membersihkan noda karena dalam cairan lemon terkandung asam sitrus yang cukup tinggi namun dengan pH yang rendah.

Selain itu, lemon mengandung cairan anti bakteri alami yang tak hanya mampu membersihkan lemak dan minyak, namun juga bakteri yang ada di dapur Anda. Dan yang pasti, cairan lemon merupakan bahan alami. Jadi, Anda tak perlu khawatir akan terkontaminai bahan kimia berbahaya.

Selain ampuh dalam membersihkan noda dari sisa-sisa memasak di dapur, cairan lemon juga mampu membasmi noda, bakteri serta kerak yang ada pada peralatan di kamar mandi seperti bathtub, kran, lantai kamar mandi, dan bak mandi. Tak hanya itu, cairan lemon juga terbukti dapat menjadi pemutih alami untuk pakaian Anda serta membuat warna pakaian menjadi lebih cerah.

Dengan berbagai manfaat yang dimiliki lemon, maka tak heran bila lemon merupakan pembersih serba guna yang dapat digunakan di seluruh bagian rumah Anda. Untuk membuat cairan pembersih dari lemon, berikut ini tipsnya:

Rak Kitchen Set dan Peralatan Untuk Memasak yang Harus Selalu Dibersihkan

1. Untuk membersihkan perabotan memasak dan mencuci

Ambil sebuah lemon dan potong menjadi dua bagian. Rendam dalam semangkuk air dan biarkan sementara. Gunakan cairan ini untuk membersihkan permukaan bak cuci piring, pintu kaca, cetakan yang terbuat dari besi, kuali, panci stainless steel, serta peralatan memasak yang lain. Untuk memaksimalkan fungsinya dalam menghilangkan noda, Anda bisa menambahkan baking soda pada buah lemon dan diamkan sesaat sebelum digunakan sebagai scrub.

2. Memutihkan dan mengkilapkan dispenser dan mesin cuci

Daripada menggunakan bahan kimia klorin untuk memutihkan dan membuat barang-barang Anda tampak putih dan cemerlang, lebih baik Anda menggantinya dengan cairan lemon ini. Tambahkan satu sendok cairan lemon untuk membersihkan dan membuat cemerlang dispenser atau mesin cuci Anda. Diamkan beberapa saat, dan Anda akan melihat peralatan di rumah Anda lebih cemerlang dari sebelumnya.

3. Membersihkan bagian dalam microwave

Untuk membersihkan microwave, ambil satu buah jeruk lemon dan peras airnya hingga menghasilkan setengah cangkir sari lemon. Tuangkan pada baki atau wadah tahan panas. Letakkan pada micorwave dan atur panasnya di tingkat medium. Biarkan selama 1 hingga 3 menit dan diamkan cairan lemon itu hingga uapnya menyebar ke seluruh bagian dalam microwave. Setelah itu, keluarkan wadah berisi cairan lemon tersebut.

Biarkan microwave Anda selama beberapa menit sebelum dibersihkan. Uap dari cairan lemon tersebut akan mampu mengelupas kotoran, bakteri, serta racun-racun akibat dari sisa pembakaran yang menempel pada microwave

4. Membersihkan noda dan kerak yang menempel pada wadah makanan

Peras setengah jeruk lemon dan tuangkan ke wadah makanan yang akan dibersihkan. Diamkan selama beberapa jam. Kemudian, tambahkan baking soda dan garam meja serta beri sedikit air. Scrub sebentar hingga noda-noda pada wadah makanan benar-benar hilang.

5. Membersihkan bagian bawah panci

Bagian bawah panci merupakan bagian yang mudah menghitam dan dipenuhi angus. Untuk membersihkannya, campurkan sedikit garam dengan cairan lemon. Aduk sebentar hingga sedikit mengental. Kemudian, gunakan kain yang kering untuk membersihkan panci dengan campuran jeruk dan garam tadi. Dalam beberapa kali usap, maka bagian bawah panci Anda akan bersih kembali.

Tips Penting:

1. Mengingat cairan lemon adalah cairan pemutih alami, maka kekuatannya bisa sangat besar dalam membuat barang-barang menjadi putih dan cemerlang lagi. Untuk itu, pada penggunaan untuk baju-baju yang berwarna, maka gunakan cairan lemon ini sedikit saja.

2. Bila Anda tak mempunyai buah lemon, Anda bisa menggantinya dengan ekstrak lemon yang dapat Anda peroleh di supermarket. Sebelum menggunakannya, simpan dalam refrigerator dalam waktu yang cukup lama sebelum siap digunakan.

Selamat mencoba 🙂

..

Architectaria – Arsitek dan Perencana

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

1 Comment

  1. Setuju sekali, lemon memang punya banyak khasiat, salah satunya untuk menurunkan berat badan, temanku turun 2 kg berat badannya dalam waktu seminggu dengan rutin minum air lemon. Buat kamu yang ingin coba, kunjungi http://goo.gl/MVf2mA

Leave a Comment