Membangun Kamar Mandi

Tips yang bisa Anda lakukan untuk membangun kamar mandi yang aman dan nyaman untuk digunakan.

Agar tampil lebih menarik, sebuah kamar mandi harus dibarengi dengan berbagai perlengkapan yang telah didesain untuk memenuhi kebutuhan dan selera. Beberapa diantaranya adalah perlengkapan kamar mandi yang menarik dengan warna-warna yang memikat sebagai unsur dekoratif, serta fungsional seperti bathub, wastafel, closet, bidet, shower serta penunjangnya seperti cermin, handuk, perangkat perawatan rubuh, mulai dari sabun, sikat gigi, shampo, dan lain-lainnya. Dalam membangun kamar mandi dirumah anda, ada beberapa faktor yang harus diperhatikan.

Faktor Sehat (Higienis)

Untuk menunjang faktor higienis tersebut, usahakan semua bahan atau material, terutama lantai dan dinding harus kedap air. Dengan demikian, otomatis kamar mandi dengan dapat dengan mudah dibersihkan. Karena kamar mandi dapat dengan mudah menghasilkan bau yang tidak enak, maka diperlukan ventilasi udara yang memadai. Usahakan sinar matahari masuk ke dalam kamar mandi, sebab dengan masuknya sinar matahari bakteri-bakteri yang ada dengan cepat akan musnah.

Faktor Kenyamanan (Comfort)

Untuk menunjang faktor ini, usahakan menggunakan warna-warna cerah. Apabila kamar mandi menggunakan warna gelap, kotoran yang melekat tidak tampak. Hal inilah yang akan membuat keadaan kamar mandi tidak sehat dan tidak nyaman. Untuk mengatasi hal tersebut, perlu tersedia sumber air yang bersih dan pembuangan air kotor dari kamar mandi harus lancar.

Faktor Keamanan (Safety)

Diusahakan baik lantai maupun bak air menggunakan material yang tidak licin. Semua material yang ada didalam kamar mandi, harus berkualitas dan kokoh, termasuk baik pemasangannya. Misalnya : pemasangan wastafel atau rak bahkan cermin harus benar dan kokoh agar aman.
Apabila hal-hal tersebut di atas diperhatikan, kamar mandi yang akan didesain , nantinya dapat memenuhi kebutuhan, serta mendukung penampilan kamar mandi Anda menjadi lebih nyaman untuk digunakan dan bersuasana menarik dengan segala bentuk dan atributnya.

Tips dalam menjaga kebersihan kamar mandi:

  • Bersihkan kamar mandi dengan cara menyikat lantainya agar tak berjamur. Setelah itu tambahkan larutan wangi-wangian atau pembasmi kuman.
  • Pastikan dinding keramik dan kaca kamar mandi dalam keadaan kering. Jika tidak akan muncul noda.
  • Tempat duduk dan lubang kloset harus dibersihkan tiap hari. Begitu juga lubang pembuangan air.
  • Jika memakai pemanas air segera bersihkan uap yang menempel di kaca

Masalah lain yang bisa dikembangkan adalah: Apakah anda ingin kamar mandi yang memakai bak air dengan gayungnya, memakai shower, atau menggunakan bak untuk berendam? Anda ingin lantai kamar mandi yang datar atau bertingkat-tingkat? Kalau sudah begini masalahnya, anda sudah bisa memilah-milah bentuk atau ruang di kamar mandi. Ada untuk wilayah basah dan ada pula untuk wilayah kering.

Jika kriteria tambahan ini dapat dipenuhi, rasanya Anda dapat mempunyai kamar mandi yang cukup nyaman. Namun, apabila kenyamanan ini belum memuaskan, silakan melakukan upaya lebih, misalnya bermain dengan bahan-bahan kamar mandi yang lebih bermutu.

Untuk aksesoris kamar mandi, dipilih yang lebih menawan. Untuk pintu dan kaca di kamar mandi, pilihlah yang lebih bermutu. Pilihan pada kualitas pada akhirnya akan membuat Anda puas karena kusen dan daun pintunya tidak mudah digerogoti rayap. Kacanya pun amat variatif dan tidak mudah pecah.

Mengenai bahan bermutu ini, ada catatan khusus. Kamar mandi berbeda dengan ruangan lain karena air yang keluar darinya adalah air yang mengandung aneka endapan dan busa. Untuk ini, air buangan kamar mandi kering meninggalkan jejak berupa bekas di lantai atau di kloset yang tidak dibersihkan secara detail sekali. Endapan ini sedikit demi sedikit baru mulai kelihatan saat sudah mulai sulit dibersihkan dengan cara biasa.

Mutu bahan yang bagus untuk kamar mandi adalah bahan yang tidak mudah menampakkan kerak kotoran, serta mudah dibersihkan baik dengan cara fisik maupun dengan bahan kimia tertentu.

Tidaklah bijaksana terlalu sering memakai bahan asam untuk membersihkan lantai kamar mandi demi kelestarian lingkungan. Namun, juga membosankan kalau harus terlalu sering mengganti lantai karena banyaknya endapan kerak yang tidak bisa hilang lagi. Bahan keramik yang bermutu umumnya mudah dibersihkan dari endapan kerak.

Bagi mereka yang suka wangi-wangian, atau yang ingin agar kamar mandinya selalu segar, suka meletakkan wangi-wangian di kamar mandinya. Lalu meletakkan satu atau dua kembang di sudut kamar mandi, biar muncul suasana segar. Akan tetapi, semua di atas semua kriteria ini, privacy dan kenyamanan selalu nomor satu.

Selamat membangun dan menata kamar mandi Anda :)

Selamat mencoba :)

..

architectaria.com | Arsitek, Desain Interior, General Contractor

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

46 Comments

  1. tips yang bagus.. bermanfaat..

  2. nah ini dia nih!!!!kamar mandi!!!hehehehe….seru ajah bacanya…terbayang kamar mandi baru (ye, kapan bikinnya ya?)

    -romanpicisan-

  3. Semangat.. walau skrg hanya bisa membayangkan dulu tapi harus tetep yakin bakal bisa mewujudkan. :)

  4. Postingan yang sangat bermanfaat buatku, sekarang sedang merencanakan kamar madi ukuran 2 x 1,5 meter pakai shower tanpa bak…. kayaknya saya harus memikirkan lagi material yang saya gunakan setelah melihat postingan ini

  5. Wah itu kamar mandinya oke2.. biar space kecil tp tnyt bs di-design dgn OK.

  6. Buat Mas Arif : Huhuhu.. Gambar nya udah saya rubah2 dikit. Tp layout nya blom jd. Rencana nya layout nya mau di rapikan gitu. OIA klo liat sket nya mas arif, kamar mandi emang direncanakan hanya satu buah? Mudah2an layout mas arif bisa secepatnya saya rampungkan. Krn belakangan lg sibuk buat rest area di cilacap. Thx

  7. To mBak Zee : H uh, Konsep minimalisme memang sangat bermanfaat untuk pembagian ruang dengan space yg terbatas. Ini juga bisa diterapkan dalam kamar mandi. Thx :)

  8. Arif Rahman Haqim

    Thx for share.. saya betah nongkrong di web anda.

    gak pulang pak? anak istri gimana.. hahahaha. Selamat baca2 aja deh buat bpk arif :-)

  9. Ardi

    Mas.. saya mau lihat contoh/foto dari design kamar mandi seperti yang paprkan diatas. Bisa dikirmkan kah..? Thanks yo

    Contoh gbr Desain kamar mandi yg lengkap? Mudah2an secepatnya bisa saya kirimkan..Ditunggu yah pak ardi..

  10. i gde slater

    pak tolong dikasih foto2 kamar mandi kantor yang warna dominan biru muda lengkap dengan dekorasi yang pantas untuk menghiasnya( bentuk kamar mandi kantor saya persegi panjang) terima kasih banyak…

  11. Beberapa hari yang lalu saya beli material untuk kamar mandi minus keramik, kalau area shower menggunakan batu candi bagaimana? bagus mana dengan koral sikat? mohon arahannya,

    Terima kasih

    Udah saya jawab di blog nya mas arif ;).. Maaf yah telat

  12. Sami

    This is 100% real. I’m so glad that internet has people, who write so wonderful, and who don’t lie online.

  13. Rury

    Pak,…saya rencana bangun kamar mandi ukuran 2×1.5m,.. bisa ga yah di buat bak mandi plus shower, closet, n wastafel.. (sempit kali yah..), klo gunain pembatas kyk dinding kaca.. bagus ga pak..?

    satu lagi yah pak,.. bagusnya keramik yg digunakan ukuran 20×20, 30×30 ato lebih besar lagi.., thx bgt pak…

  14. rury

    pak,.. minta info yah,.. dimana yah yg jual pintu pvc dengan ukuran tinggi 245cm.., thx yah pak…

  15. yuli

    Pak, boleh tidak saya bertanya itugambar kamar mandi yg no.1 pake batu apa ya? kalo saya boleh tahu nama batu dan dapat dibeli dimana? saya kok tertarik seklai degn warna dan corak batu tersebut, kebetulan kami kanmembangun rumah kecil kami.
    Terima kasih, mudah2n note saya dibales secepatnya.

    SAlam
    yuli

  16. yuli

    Salam kenal dari saya, Pak, boleh tidak saya bertanya itugambar kamar mandi yg no.1 pake batu apa ya? kalo saya boleh tahu nama batu dan dapat dibeli dimana? saya kok tertarik seklai degn warna dan corak batu tersebut, kebetulan kami kanmembangun rumah kecil kami.
    Terima kasih, mudah2n note saya dibales secepatnya.

    SAlam
    yuli

    Jawab: Itu menggunakan batu paras jogja bu Yuli. Kalau untuk kamar mandi biasanya menggunakan batu paras, batu candi yang berwarna abu2/gelap, atau menggunakan granit/andesit yang dibakar. Kalau ingin membeli coba sourcing ditoko2 bangunan, kalau ibu sudah mendapatkan daftar harganya, ibu bisa menghubungi email saya..mungkin saya bisa memberi penawaran harga yg lebih menarik.. Thx

  17. Aswardi MS

    pengen ikut nimplong boleh dhong mantap deh,…
    salam kenal orang baru

  18. jessy

    gila, bagus banget

  19. @jessy: silahkan diaplikasikan untuk kamar mandi dirumah mbak/ibu jessy.. thanks

  20. yohanes

    Salam kenal pak,saya yohanes
    Senang banget liet gambar kamar mandinya
    Kebetulan saya lagi bangu rumah,ukuran kamar mandinya 3x4m
    Ada saran yg bagus pak? Trims

  21. hendriani

    Pagi, mas..salam kenal.
    Mau nanya,kbtln sy mau renov. kmr mandi.Klo menggunakan bebatuan apakah mutlak hrs di coating dulu?bgmn perawatannya?Apakah ada masukan jenis bebatuan utk kmr mandi mungil?terimakasih

  22. @yohanes: salam kenal juga bp. yohanes.. kalau saran untuk kamar mandi, sebenarnya sudah ada diartikel ditas. mungkin saya tambahin dikit aja.. mungkin baik untuk dipertimbangkan apakah akan menggunakan bathtub, bak air, atau hanya menggunakan shower, jika menggunakan shower apakah akan ditambahkan shower cabin atau tidak.. Kemudian pemilihan material untuk lantai dan dinding (batu alam, keramik, dsb).. kemudian corak batu alam atau corak keamiknya, kombnasi cat pada kamar mandi, pencahayaan dikamar mandi, dsb.. Semoga membantu yah.

    @hendriani: mutlak apa nggaknya coating sebenrnya tergantung dari alasannya. misalnya: menutup atau meminimalkan pori2 batuan, mencegah agar jamur tidak cepat muncul, dsb.. klo memang alesan coating tsb dirasakan cukup esensial, yah dilakukan saja.. untuk jenis bebatuan ada beberapa jenis yg biasa digunakan, batu candi, batu paras (cream stone, sand stone, grey stone), coral.. untuk dinding bisa menggunakan granit, granit bakar, andesit, atau marmer, dsb.. selamat membangun kamar mandinya yah.

  23. aji

    Selamat malam,

    Pak, saya mau nanya untuk ukuran kamar mandi gambar paling atas ukuran berapa ya?
    saya senang dengan bentuknya yg simple dan mudah dijangkau.
    saya punya LT 3M2 , apakah memungkinkan untuk di desain seperti gambar diatas?
    oya , apakah bisa digambarkan untuk denahnya(gambar paling atas)

    Trimakasih

  24. Arief

    Hallo, saya kebetulan bak mandinya tidak paki fiberglas, dan custom sendiri pakai keramik.. seperti rumah jaman dulu, sekarang ini terdapat rembesan dari bak mandi tersebut, bisa tolong idenya agar bak mandi yg saya maksudkan tidak bocor lagi dan awet thnan.., dan tidak membongakr keramik yg sudah terpasang gimana yah ?, ada ide atau ada rekan yg mau mengerjakan ?, thanks..

    Jawab:

    Coba lapisan semen putih dibagian nat (sambungan antarkeramiknya) dikupas.. lalu dilapis ulang dengan semen putih yang baru, kalau bisa juga dengan fiberglass, atau setelah nat dilapisin semen putih yg baru bisa diberikan lapisan cat (atau semacamnya) yg bersifat waterproofing.

    Semoga air kamar mandinya tidak merembes lagi yah pak Arief :)

  25. viena

    saya pingin dirancangi kamar mandi yang sederhana kecil tapi puas dan ekonomi

  26. eka puspa

    saya mau nanya kalo dinding rumah saya merembes kaya bekas keujanan atau kelembapan padahal dipinggirnya bukan tempat penampungan air,, biar ga ada bekas kaya rembesan air bekas hujan gimana ya????
    tolong dijawab yah

  27. nia

    pak bagus banget gambar kamar mandi nya. untuk yang gambar 1 ukuran luas nya berapa pak dan kalo tidak memakai jendela diganti blower bisa gak?

  28. fatmisa

    sy rencana membangun rumah kost dgn kmr mandi dalam, dengan ukuran minim,1.1×1.5 m, fasilitas: wcduduk, shower dan wastafel. tlng di rancang,apakah cukup trims
    wass, fatmisa

  29. irvan rianto

    Dear Pak Ari, tips di atas sangat bagus. Saat ini saya sedang melakukan renovasi rumah, dan sedang dalam tahap pembangunan kamar mandi. Ukuran kamar mandi saya hanya 1,4 x 1,8, kecil sekali, tetapi ingin punya desain yang cantik. Pertanyaannya :
    1. Apakah sebaiknya kamar mandi menggunakan warna terang atau gelap ?
    2. Apakah Pak Ari punya desain kamar mandi mungil ?

    terima kasih banyak
    IRvan

  30. farah

    kbtln skr ini sy sdg mmbangun ruang tidur+kmr mandi.
    kmr mandi ini berukuran 3.5m x 2m. permasalahannya, kmr mandi ini sy bangun di pojok,dgn kanan dan blkngnya adlh brbatasan dgn tmbok tetangga ( sy di komp perumahan, ada sisa tanah bag blkng).
    sy bingung bgm agar kmr mandi sy ini bs mndptkan sinar matahari dan udara..??
    dan utk pemilihan keramik dinding, rncnya mau sy pk granit. namun bgmn menurut bpk, jika granit ini sy aplikasikan dgn keramik motif mozaik dgn warna senada sbg line didinding. mohon bantuan dr bapak..
    trmksh byk

  31. MUTIARA CLEANER Chemical Pembersih KAMAR MANDI paling jitu, Wangi, Murah, Ramah Lingkungan, mudah kerjanya: Lantai / Dinding, Closet, Bathtub, Bak, Washtafel, Keran, Urinour, dll. Kotor / Noda Bandel, pasti jadi Bersih spt Baru kembali. Kantor Pusat CIPUTAT 0217499974 – 02190670940 – 08121383061 mutiarafantasindo.blogspot.com BIO-TREN Tuntaskan Bau Amoniak pd WC / Closet Sekaligus Mempercepat Penyusutan Limbah Septik Tank, dan memperbaiki unsur COD dan BOD pd AIR tanah Agar layak digunakan. Agen CIBUBUR GUNAWAN. 081386560580 – 02168289604. Agen BEKASI DEWI. 08128107716 – 02191332145. Agen BANDUNG RATNO 081320626124. Agen KLATEN KETUT. 085725181149. Agen CIREBON YANTO. 0816646527. Agen BALI KRISTIAN. 08123963813. Agen MEDAN DODY. 081370988276.

  32. nano

    gamana yaa..klo mau nambah lantai..atas sementara bangunan lama blum pakai pondasi cakar ayam….apa harus merubah fondasi..atau..bisa disiasati menambah fondasi….mohon pencerahan

  33. ferry

    saya lagi merencanakan kamar mandi 2.5×2, bisa bantu perencanaan nya?

  34. nice share ^^

  35. widya

    saya punya tanah ukuran depan 12 meter dan kebelakang 25 meter..
    sy ingin membuat rumah yg ada kolam renangnya ukuran 3×7 dan ada taman di tengah dalam rumah.. tp sy binggung mendesainnya.. mohon bantuannya.. terimakasih banyak..

  36. hafid

    say ingin membuat kamar mandi ukuran 3*2 dijadikan 2 ruang,tnks

  37. ajief krt

    aku akan mewujud kan cita” ku menjadi seorang arsitek aku mencoba tuk mulai dari skrng makasi tips membuat ku menghayal heheheh

  38. ajief krt

    aku kan contoh kan…. di kamar ku dulu aku yakin asal ada niat belajar pazti berasil dan berjanji pada diri sendiri…. untuk mewujud kan itu kan harus punya, keyakinan… dan aku sudah yakin sekali doa kan aku brasill ya bagi abg abg yang udh brasil…..

  39. I don’t go along with anything with this ad, but you do make some fantastic details. Im very interested with this matter and I ourselves do alot of investigation while doing so. Either way it was an adequately thoughtout and nice study so i figured I would leave that you comment. Really feel free of cost to verify out my web site sometime and let me understand what you think.

  40. wah keren kamar mandinya..
    Boleh ga ya dapat masukan dikit, saya rencana beli rumah seken, nah di kamar utamanya ada kamar mandi, tapi nyempil bgt, dibawah tangga gt, jdnya atapnya rendah dan kurang light, gmn ya pak cara nyiasatinnya?

    Terima kasih banyak yaa

  41. luts

    terimakasih atas infonya mas, semoga bermanfaat.

  42. gun

    Infonya cukup bagus.kebetulan sy juga baru meneruskan rancangan kamar mandi.cuma yang 1 ukuranya kecil.tp diminta ada shower juga.lumayan sempit jadinya.

    • @Gun,

      Good luck dengan pembangunan kamar mandinya.

      Best regards,

      Aria

  43. @Souvenir Nikah,

    OK..

    Regards,

    Aria

  44. wah, manfaat banget artikelnya… tapi itu untuk ukuran kamar mandi yang besar yah? lalu bagaimana dengan kamar mandi minimalis??

    • @Dewi Julita,

      Maksudnya kamar mandi berukuran/kecil mungil yah bu? Soalnya kamar mandi berukuran besar juga bisa didesain dan ditata dengan aneka tema (minimalis, art deco, etc)

      Kalau untuk kamar mandi berukuran mungil atau kecil biasanya hanya terdapat closet duduk, washbasin+cermin, dan shower tanam (wall mounted shower).

      regards,

      Aria

Leave a Comment