Membangun Kamar Mandi yang Sehat dan Nyaman

BathroomApakah anda ingin atau mungkin sedang membangun kamar mandi? Apa yang pertama kali terlintas di benak Anda ketika hendak membangun atau merenovasi kamar mandi? Yang pertama, dan mutlak, adalah jaminan atas privacy dan kesehatan. Konstruksi kamar mandi pun harus kokoh. Kedua, kenyamanan ketika anda berada didalamnya. Ketiga, akses menuju kamar mandi itu harus mudah dijangkau oleh seluruh penghuni rumah.

Hal-hal tersebut merupakan kriteria pokok yang umum. Masih terdapat beberapa ukuran tambahan, misalnya perangkat apa yang dipakai di dalam kamar mandi, sistem lalu lintas udara, corak lantai dan dinding, warna kamar mandi, aksesori, dan sebagainya. Agar kamar mandi Anda terasa nyaman dan aman, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

1. Pastikan sirkulasi udara di dalam kamar mandi lancar, sehingga tidak terjebak di dalam. Selain itu, ventilasi kamar mandi sebaiknya diarahkan ke luar ruangan (hindari ke dalam ruangan).

2. Untuk aksesori, dipilih yang lebih menawan. Untuk pintu dan kaca di kamar mandi, pilihlah yang lebih bermutu. Pilihan pada kualitas pada akhirnya akan membuat Anda puas karena kusen dan daun pintunya tidak mudah digerogoti rayap. Kacanya pun amat variatif dan tidak pecah.

Shower Cabin

3. Letakkan dua kembang atau wangi-wangian di sudut kamar mandi biar muncul suasana segar.

Bathroom3

4. Untuk kamar mandi kecil, cahaya yang digunakan harus cukup terang memberi kesan bersih. Sementara untuk kamar mandi yang lebih luas, pencahayaan bisa disesuaikan dengan keinginan.

Bathroom2

5. Gunakan keramik untuk dinding yang permukaannya licin, supaya mudah dibersihkan dan tidak menangkap kotoran. Sedangkan keramik untuk lantai lebih kasar. Hindari penggunaan warna kasar dan suram untuk menghindari kesan kotor dan gelap.

6. Untuk keamanan manula dan anak kecil, sebaiknya pasang railing atau pegangan di dekat shower.

7. Perhatikan kemiringan lantai kamar mandi, minimal sebesar 2 persen ke arah pembuangan air (floor drain), agar air tidak tergenang di dalam kamar mandi.

8. Hindari penggunaan terlalu sering memakai bahan asam untuk membersihkan lantai kamar mandi demi kelestarian lingkungan.

Jika beberapa kriteria tambahan ini dapat dipenuhi, rasanya Anda dapat mempunyai kamar mandi yang cukup nyaman.

..

Architectaria – Arsitek dan Perencana

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

15 Comments

  1. yani

    Dear Pak Arie,

    Bagaimana dengan kami yang sudah “terlanjur” memiliki kamar mandi yang kurang baik sirkulasinya, bagaimana menyiasati keadaan tsb tanpa harus mengeluarkan biaya yang banyak?
    Untuk informasi, kami tinggal di perumahan dimana tata ruang sudah ditentukan oleh pihak developer. Kamar mandi kami terletak ditengah diapit 2 kamar tidur. Sirkulasi yang digunakan hanya menggunakan exhaust fan. Type rumah 50. Kamar mandi ukuran 2m X 1.5m, type kering (shower, toilet, wastafel). Kami menginginkan adanya cahaya alami yang bisa masuk ke kamar mandi agar bisa membunuh kuman. Tolong solusinya.
    Terima kasih sebelumnya atas perhatian dan bantuan yang Bapak berikan.

    Salam,
    Yani

    Jawab:

    Untuk rumah yang susunannya couple, kamar mandi memang tidak mendapat sinar matahari dan sirkulasi udara langsung yah bu? solusinya biasanya adalah menggunakan kombinasi exhaust fan + skylight diatas ceiling kamar mandi tersebut.

    Regards,

    Aria

  2. Shoim Kurniawan

    Salam buat Pak Aria

    Sekarang ini saya berencana membangun rumah. Salah satu yang menjasi fokus saya adalah kamar mandi. Pertanyaannya apa kelebihan dan kekurangan bangunan kamar mandi di dalam kamar utama? Kami hidup di desa dengan lahan yang luas,kadang saya berpikir membuat kamar utama seperti kamar di hotel berbintang, apakah ide itu terlalu berlebihan?
    mohon banuan dan saran Pak Aria.
    Salam hangat selalu

  3. eni

    Salam Pak Arie,
    Saya sedang membangun rumah,saya bingung memilih cat untuk semua ruangan karena keinginan saya dan suami sangat berbeda, terutama untuk ruang tidur. Bagaimana pula cara memilih keramik yang baik untuk kamar tidur, dapur dan kamar mandi terutama dinding karena hal ini berkaitan juga dengan warna cat yang akan dipakai juga.
    terima kasih.

  4. Dear Pak Aria,
    Salam kenal Pak, saya Irfan di Jakarta.
    Salut saya buat website Pak Aria yang sangat kental dengan materi cara-cara disain rumah dari sisi kesehatan dan ramah lingkungan serta tinjauan lainnya.
    Mohon diijinkan saya untuk menyadur beberapa artikel Pak Aria untuk website saya dengan mengisi link ke alamat website Pak Aria dan menyebutkan sumber: http://www.architectaria.com.
    Website ada di http://bananaestate.blogspot.com
    Demikian Pak Aria, terima kasih atas perhatian Pak Aria.

  5. Vipthi

    Halo.
    bagai mana kalo kamar mandi memiliki warna plafon yang berwarna hitam dan lantai yang berwarna hitam? bagus kah?thx

  6. Backup Software :

    light emitting diodes for bathroom lighting is also very cool, they consume less electricity and is very bright too’:*

  7. Complete Kitchen ·

    i would like to replace our bathroom lighting with light emitting diodes to save electricity ~*.

  8. miska

    dear pak aria

    saya mau tanya kamar mandi saya shower dan kacanya..buat saya kok susah sekali dibersihkan.. masih terlihat bercak bercaknya..pakai pembersih apa yah menurut pak aria..

    terima kasih

  9. I was just considering useful blog posts for your project research and my partner and i happened to stumble when yours. Thanks for the particular helpful material!

  10. Rahmaliana

    Untuk pemilihan jenis material yang seamless (tidak ada nat/celah)anti bakteri,anti noda,bertahan lama,dan mudah perawatannya,serta dapat dibentuk sesuai keinginan (custom)….solid surface dapat menjadi pilihan. silahkan berkunjung ke website kami di:

    http://www.corianindo.com

    atau hubungi kami di 021-50159246/50265879 (kantor)
    atau 0856 7841632 (Rahma)

    Jangan asal pilih solid surface,karena gradenya berbeda-beda..namun, ada kualitas pastinya ada harga, solid surface dengan kualitas teratas dapat menjadi aset jangka panjang untuk rumah Anda :)..

  11. daniel sinaga

    mohon saran…untuk pilihan desain warna/corak keramik dinding & lantai kmr mandi (1.75 x 1.5)dgn shower & Clossed ddk. Trims

  12. Fanny

    Mohon saran apabila saya mempunyai kamar mandi uk 2.25 x 1.5 m, rencana untuk kamar mandi kering,karena posisi kamar mandi di ruang tidur. Terima kasih atas bantuannya.

    • @Fanny,

      Kalau space untuk kamar mandinya kecil, cukup gunakan closet duduk dan shower tanam saja bu..

      Regards,

      Aria

  13. my website

    I am actually glad to glance at this blog posts which contains tons of valuable facts, thanks for providing these kinds of statistics.

  14. Is it okay to put part of this on my personal website if perhaps I submit a reference point to this web site?

Leave a Comment