Membangun dan Merenovasi Rumah ala Desainer

Tips bagi Anda yang ingin membangun rumah baru, atau membeli rumah bekas lalu merenovasi dan kemudian menjualnya kembali.

Adakalanya ketika sebagian orang atau mungkin anda memutuskan untuk membeli sebuah rumah merasa kurang puas, ketidakpuasan tersebut dapat saja dengan alibi yang beraneka macam. Desain rumah yang dirasa kurang cocok, lokasi yang kurang strategis, atau mungkin harga yang anda anggap kurang pantas diberikan pada sebuah produk (rumah) jika ditinjau dari kualitas rumah tersebut.

Untuk anda yang memiliki budget berlebih mungkin anda tidak terlalu pusing, anda tinggal menentukan kriteria rumah yang anda inginkan (desain, lokasi, atau developer dari yang menjual jasa perumahan, dsb) kemudian anda bisa langsung membeli. Tapi bagi sekelompok orang yang tidak termasuk dalam golongan ‘the have’ tentu bakal sedikit lebih pusing yah? banyak hal yang harus dimasukkan dalam daftar seleksi. Misalnya saja: dengan budget 90 jt desain seperti apakah yang cocok, bagaimana kualitas bangunannya, dimana lokasinya, developer nya bonafid atau tidak, dsb.

Seringkali perumahan-perumahan yang dibangun oleh beberapa developer memiliki jenis kesalahan yang seragam, buta akan etika profesi, tidak menggunakan hati nurani, tidak memilki rasa malu atas kewajiban dan tangung jawabnya, melakukan pembenaran atas asas ekonomi yang salah kaprah didalam otak ‘mamalia’ pimpinan dan selanjutnya mengambil keuntungan atas sesuatu yang bukan merupakan haknya, dsb. Anda percaya? Kalau anda masih ragu-ragu saya akan tunjukkan, dimana letak persamaan (dalam hal kesalahan) dari para developer tersebut.. Beberapa developer menghasilkan produk (bangunan) dengan kualitas bangunan yang buruk, hal ini biasanya terjadi karena developer tersebut mensub-kontrakkan pembangunan rumah kepada para sub-kontraktor (dalam hal ini kita sebut saja: Sub-kontraktor tingkat pertama), selanjutnya sub-kontraktor tingkat pertama mensub-kontrakkan proyek tersebut kepada sub-kontarktor tingkat kedua, dst.

Bayangkan saja jika proses subtitusi pembangunan rumah itu terjadi beberapa kali, dan setiap sub-kontraktor mengambil keuntungan masing-masing? Akibatnya Biaya produksi bangunan untuk setiap unitnya makin berkurang, efek dari berkurangnya biaya produksi bangunan tersebut adalah terbatasnya anggaran untuk membeli material yang berkualitas dan mempekerjakan tukang atau tenaga yang ahli, ditambah lagi dengan pelaksanaan pekerjaan yang terburu buru untuk mengejar progress atau deadline membuat kualitas dari produk yang dihasilkan bisa dipastikan buruk, dan sudah pasti yang buruk itu akan mengecewakan.

Untung saja, beberapa orang dari kalangan profesional (Arsitek dan Civil Engineer) yang mengerti tata cara membangun rumah mulai dari tahap pra rencana/pra design, desain, perencanaan, pelaksanaan+pengawasan, dan pemeliharaan berinisiatif mendirikan usaha kontraktor (walaupun dalam skala kecil) untuk melayani jasa renovasi ulang bangunan standar dari developer, atau mungkin membangun bangunan dilahan (kapling) yang kosong. Harganya pun bervariasi, renovasi minor pada bangunan (ex: mendesain kitchen set, mengganti warna cat, membuat tamaan/landscape, kolam renang, dll) hingga renovasi pada tingkat major, seperti: menambah lantai bangunan, merombak total bangunan kemudian mendirikan bangunan yang baru, renovasi pada bagian-bagian tertentu yang dikehendaki oleh pembeli, dll. Masalahnya, berapakah pantasnya harga rumah ala desainer ini? perlukah anda membeli rumah ini? Atau, bila anda juga ahli bangunan yang ingin berbisnis dengan model seperti ini seharusnya berapakah pricing rumah yang akan anda tawarkan?

Kasus 1: Membangun rumah diatas kapling kosong

Dibeberapa perumahan, developer memang menyisakan kapling kosong. Biasanya kapling yang dijual ini diposisi hook, ada kelebihan tanah, ataupun bentuk yang tidak persegi. Bila kita pembeli membangun rumah dikapling ini tentunya tidak ada permasalahan. Namun bila arsitek ini serta merta membangun dengan harapan dijual kembali tentunya tidak akan semudah diatas. Yang marak terjadi adalah, rumah yang sudah dibangun dijual dengan harga yang terlalu mahal.

Contoh: Seorang arsitek membeli kapling kopel seluas 150 m^2 dengan harga 300 juta. Setelah dibangun bertingkat, rumah tersebut dibandrol dengan harga 1,5 milyar. Selang 1/2 tahun, rumah tersebut tidak laku terjual, dan kini statusnya dikontrakkan. Untuk menghindari kasus seperti diatas (yang anehenya masih marak terjadi) seharusnya arsitek menganalisa terlebih dahulu perbandingan rumah dilokasinya. Bila harganya mencapai 3-4 kali lipat, sedangkan lokasi tidak jauh beda, ada baiknya usaha penjualan rumah model ini dipertimbangkan kembali.

Kasus 2: Merenovasi Minor (kitchen set, taman, interior, dll)

Membeli rumah dari developer kemudian melakukan renovasi minor tanpa merubah struktur bangunan, dengan budget hingga 5-20% dari harga asli rumah masih mungkin untuk dibeli oleh calon pembeli. Kasus ini yang paling diminati, karena tampilan rumah sudah berubah dari bentuk aslinya dan harga renovasinya tidak terlalu tinggi. Karena jika harga rumah yang anda beli dan renovasi sudah terlalu tinggi, besar kemungkinan calon pembeli akan beralih dan memilih perumahan yang lebih baik.

Bagaimana dengan anda? Apakah anda salah satu dari yang memiliki pengalaman dengan jual-beli rumah ala arsitek seperti ini?

Artikel lain yang terkait : Desain Rumah Mungil yang Artistik, Biaya desain arsitektur dan biaya produksi bangunan, Menghitung Volume Pekerjaan, Menghitung Analisa Harga Satuan, Menghitung Rencana Anggaran dan Biaya (RAB)

Selamat mencoba 🙂

..

architectaria.com | Arsitek, Desain Interior, General Contractor

Untuk Anda yang berada diwilayah JABODETABEK dan membutuhkan jasa arsitek, desain interior dan jasa kontraktor untuk membangun/merenovasi rumah, silahkan menghubungi kami melalui nomor: 081229400888, 087710400888, 021-83836281, atau 0251-9195383 (Bogor).

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

18 Comments

  1. a9un9p

    saya sangat terbatu dengan adanya situs ini apalagi saya bekerja di bagian maintenance gedung.

  2. Irma

    Saya kirim email ingin menanyakan biaya desain ulang rumah saya yah pak.. Mohon balsan secepatnya.. Tx

  3. Lucky

    terima kasih atas artikel nya yg sangat membantu, saya doakan agar semua yg bapak lakukan ini akan mendapat balasan berupa pahala dan rejeki yg melimpah

    Amin.. Alhamdulillah, masih ada yg mendoakan..
    Thx kembali pak Lucky 😉

  4. budiartama

    dengan adanya situs ini, saya merasa beruntung karena pengetahuan yang saya dapat disini lebih banyak, dan bisa berbagi dengan banyak teman sesama pecinta desain rumah.tank’s…………

    Betul banget pak Budi, saling berbagi dengan sesama.. That’s the key 🙂

  5. turman

    Rumah saya ukuran Lb 8m + 4M Garasi(samping kanan X Pj 14,5m , atapnya bentuk limasan , dan terasnya bentuk limasan juga , bagaimana cara mendesign wajah depan ini agar lebih mantap dan artistik)

  6. hana

    kalau saya mau konsultasi bangun rumah tumbuh dilahan 7 x 15 meter, bagaimana?

    Jawab:

    Silahkan kirim email aja bu 😉

  7. riko

    aq mo reno vasi rumah ,bentukaqbinggung.mo aq bentuk g mnyaa…..?

  8. Lia

    thx ya pak atas artikel2nya…saya seneng krn jd ambah pngetahuan

  9. indra

    nah..sekarang ada kasus baru pak..

    Bagaimana prinsip membangun rumah mungil, di area semi perkampungan yang lumayan padat penduduk (depan, belakang, kanan, kiri sudah ada rumah), dan Ukuran tanah 4 tumbak saja.

    alhamdulillah, lokasi ada di pegunungan / dataran tinggi.

  10. Saya ingin merenovasi rumah saya.. Apakah architectaria melayani jasa kontraktor rumah, atau jasa renovasi rumah? mohon balasannya.

    Thanks,-

  11. Saya ingin merenovasi rumah saya.. Apakah architectaria melayani jasa kontraktor, atau jasa renovasi rumah? mohon balasannya.

    Thanks,-

  12. ANIK

    Selamat pagi,

    Bpk, saya ingin merenovasi rumah tipe 36, tetapi dananya sangat terbatas. mohon saran dan advisenya sehingga keinginan saya dapat terlaksana.

    Tks

    Jawab:

    Untuk masalah renovasi, tentunya kita harus liat layout rumah ibu yg sekarang, kemudian yg ngga kalah penting adalah kebutuhan ruang untuk rumah yg akan direnovasi, sehingga antara kebutuhan ruang dan budget-nya bisa disesuaikan.

    Kalau ibu Ani ingin berdiskusi atau membahas soal renovasi rumah lebih lanjut, silahkan mengirimkan email ke architectaria (alamat email bisa dilihat dihalaman CONTACT)

    Regards,

    Architectaria

  13. Iroh Khumairoh

    Assalamualaikkum wr wb,
    yang saya tanyakan adalah berapa biyaya yang akan saya keluarkan untuk merenovasi tumah mungil saya menjadi 2 lantai. mohon jawabannya terimakasih

  14. rooly

    APLIKASI KARTU KREDIT DAN KTA (PERSONAL LOANS) ONLINE
    INGIN BUAT KARTU KREDIT ATAU KREDIT TANPA AGUNAN?
    SAYA BANTU BUAT
    Apakah Anda merencanakan pernikahan, merenovasi rumah, membayar uang sekolah anak-anak, atau bahkan mengajak orang-orang tercinta dalam perjalanan liburan Anda? Personal Loan dapat membuat hidup Anda lebih mudah. Produk pinjaman kami juga tersedia jika Anda ingin melakukan pembelian lainnya.
    Dapatkan Manfaat Dari Personal Loan Kami
    fasilitas :
    Dapatkan Manfaat Dari Personal Loan Kami :
    * Jumlah pinjaman hingga IDR 200 juta
    * Tanpa agunan, persyaratan mudah dan proses yang cepat
    * Pembayaran dengan cicilan tetap dan terjangkau setiap bulan
    * Perlindungan asuransi jiwa dari kewajiban pelunasan seluruh hutang apabila Anda mengalami musibah

    Pinjaman 3x limit Kartu Kredit atau 5x Gaji

    Persyaratan Umum :
    * Warga Negara Indonesia, 21 – 60 thn (pada saat akhir pinjaman)
    * Minimum pendapatan sebesar Rp 36 juta/tahun (3 juta/bulan)
    (gaji kotor utk karyawan; atau gaji bersih untuk wirausaha/profesional)
    untuk keterangan lebih lanjut dan pengisian formulir silahkan e-mail:rooly88@gmail.com,faceb?ook chairul saito utomo ( herbalmodern.blogspot.com )
    alamat kantor

    ANZ Semarang Jl. Pandanaran No. 46
    Semarang 50243 P: +62 24 845 6718
    F: +62 24 845 6719 Tanya Secara Online
    085 229 348 635 ( chairul saito utomo )
    kantor cabang jl sompok samping sri ratu peterongan
    24-Hour ANZ Call Centre Jakarta
    Bandung
    Surabaya
    Medan
    Semarang
    Makassar P: +62 21 572 1900
    P: +62 22 733 1900
    P: +62 31 548 1900
    P: +62 61 456 1900
    P: +62 24 844 1900
    P: +62 411 33 1900 Tanya Secara Online

  15. zulkarnaein

    BISMACINDO, bergerak dipengadaan & pemasangan Penangkal Petir Elektrostatis(external protection : Kurn,Erico,Stormaster)
    Sole agent arrester,grounding,cadweld,spark gap,cathodic.
    Supplier Kabel Elektrikal : NYY,NYA,CONVEYER
    Terimkasih atas perhatian & kerjasamanya.
    ZULKARNAEIN Mb-081584114769 Fax-021 74645309
    zoelkarnaeinjoel@yahoo.com

  16. sulaiman

    team admin ysh

    saya sangat senang sekali membaca semua artikel yang terbit. terimakasih untuk semuanya yang telah menambah wawasan saya.
    tetapi yang menjadi kendala saat membacanya saja..dimana background berwarna abu2 dan tulisannya putih,, sangat samar sekali.sering saya copy dahulu ke word agar lebih jelas.
    Mohon kiranya bisa di kontraskan kembali warnanya agar lebih mudah untuk dibaca..
    sekali lagi terimakasih untuk semua info yang telah disunting ke web dan saya yakin Allah SWT akan membalas segala kebaikan2 team admin .. amiin

  17. ijin share di blogku ya boss…

Leave a Comment