Memanfaatkan Space Sempit dan Mengubahnya Menjadi Taman Indoor yang Indah

desain-taman-indoor-4

Tips desain interior rumah – Cara memanfaatkan space yang sempit menjadi point of interest berupa taman indoor kecil dan indah.

Agar Anda merasa nyaman dan betah berada di dalam rumah, perlu point of interest yang akan membuat desain interior rumah menjadi berbeda. Dan point of interest tersebut akan mengubah tampilan seluruh ruangan di dalam kamar menjadi lebih menyenangkan dan nyaman.

Salah satu yang disarankan adalah membuat taman kecil di area atau sudut-sudut yang selama ini tidak berfungsi. Space tersebut akan menjadi sisi menarik dari rumah Anda. Berikut beberapa ide pemanfaatan space yang bisa Anda terapkan untuk mempercantik atau memperindah interior ruangan Anda.

Area Bawah Tangga

Hal yang sangat mainstream jika Anda menjadikan area di bawah tangga menjadi alami atau tempat sepatu. Bagaimana dengan memanfaatkan area sempit di bawah tangga menjadi taman kecil yang indah? Ide yang bagus, bukan?

desain-taman-indoor-1

Desain Interior Rumah Dengan Taman Mungil Dibawah Tangga

Awalnya, Anda bisa menaruh rumput hijau sintetis di bawah tangga. Rumput sintetis tersebut akan memberikan kesan bahwa ada taman kecil di bawah tangga. Sesuaikan luas area rumput sintetis dengan space yang ada. Agar terlihat natural, Anda bisa memadukan dengan batu sungai putih.

Kemudian, Anda bisa menaruh beberapa jenis tanaman hijau dengan tinggi yang dibutuhkan. Jangan sampai tinggi tanaman tersebut melebihi space di bawah tangga atau bahkan lebih tinggi dari tangga. Atur jarak antara tanaman agar tidak terlalu berdekatan. Hal ini sangat penting supaya terhindar dari kesan tidak terawat.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk mengaplikasikannya? Untuk memastikan agar kesannya taman bawah tangga ini sangat artistik, sebaiknya Anda menyerahkan urusan desain ini kepada ahli desainer khusus taman indoor.

Taman Sebagai Sekat

Sekarang ini, lebih banyak orang yang suka dengan desain rumah open space. Artinya, di dalam rumah tidak terlalu banyak sekat apalagi berupa tembok yang sifatnya permanen.

Salah satu ide untuk menyekat antara dua ruangan tanpa menghilangkan kesan terbuka di dalam rumah adalah membuat taman kecil sebagai sekat. Mungkin, sekat berupa taman kecil ini bisa ditaruh untuk membedakan antara ruang keluarga dengan ruang makan. Hal ini tergantung dengan kebutuhan.

Membuat sekat dari taman ini tidaklah sulit. Anda bisa membeli tanaman buatan yang berupa batang dengan tinggi dan bentuk yang berbeda. Atau, Anda bisa memanfaatkan rumput sintetis yang seolah-olah menjalar ke atas hingga di atap. Anda tidak perlu menghabiskan budget yang banyak untuk membuat taman seperti ini.

Taman Di Bawah Pencahayaan

Banyak hunian di area perumahan yang tidak memiliki jendela. Hal ini disebabkan dinding antara rumah dengan rumah yang lain menempel. Solusinya adalah membuat pencahayaan dari atas.

Biasanya, di bawah area pencahayaan tersebut digunakan untuk hal apapun. Bagaimana jika Anda membuat taman indoor di area tersebut?

desain-taman-indoor-2

Desain Interior Rumah Dengan Taman Mungil Dibawah Area Void

Jadi, space tersebut tidak hanya berfungsi untuk memancarkan sinar matahari ke dalam rumah, tapi juga sebagai point of interest karena terdapat taman kecil yang indah. Namun, pastikan Anda memilih tanaman yang tidak mudah layu. Pasalnya, area tersebut terkena sinar matahari. Atau solusi lainnya adalah memilih tanaman sintetis.

Jadi, ide mana yang Anda ingin pilih? Silakan Anda cari area mana yang tidak terpakai dan Anda bisa ubah menjadi taman indoor yang cantik. Agar hasilnya tidak mengecewakan, sebaiknya Anda juga konsultasikan dengan seorang professional di bidang desainer interior rumah. Karena terkadang apa yang Anda angan-angankan tidak bisa diwujudkan ke dalam kenyataan. Dan tugasnya seorang desainer interior yang memastikan hasilnya nanti seperti yang Anda inginkan.

Selamat mencoba 🙂

..

architectaria.com | Arsitek, Desain Interior, General Contractor

Untuk Anda yang berada diwilayah JABODETABEK dan membutuhkan jasa arsitek, desain interior dan jasa kontraktor untuk membangun/merenovasi rumah, silahkan menghubungi kami melalui nomor: 081229400888, 087710400888, 021-83836281, atau 0251-8386706 (Bogor).

(Jika Anda menganggap artikel ini bermanfaat, dan menikmati membaca artikel-artikel di web ini, Anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika Anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

No Comments Yet.

Leave a Comment