Memaksimalkan Fungsi Ruang Dengan Pemanfaatan Ruang Kosong Pada Kamar Tidur

Tips untuk memaksimalkan kamar tidur yang sempit agar terlihat lebih luas dengan memanfaatkan sisi yang kosong pada kamar tidur untuk tempat penyimpanan.

Banyak sekali orang yang mengeluh karena ukuran kamar tidur yang kecil. Kamar yang kecil tersebut dirasa kurang bisa mengakomodasi kebutuhan mereka akan tempat-penyimpanan. Mereka kerap sekali menyimpan banyak benda dan koleksi di kamar tanpa menyadari bahwa kamar mereka tidak mampu menampung semua benda tersebut. akibatnya, kamar tidur yang sudah kecil menjadi semakin sesak dengan penataan yang buruk dan tumpukan benda-benda.

Kamar tidur yang kecil biasanya ditemui di tipe rumah yang cenderung kecil, seperti tipe rumah 36. Selain itu, memiliki kamar tidur dengan ukuran kecil mungkin juga dialami oleh mereka yang tinggal di apartemen atau kos-kosan. Bila Anda merasa kamar Anda terlalu kecil, ada baiknya Anda melakukan dekorasi ulang dengan memaksimalkan fungsi kamar tidur yang menitik-beratkan pada pemanfaatan ruang kosong. Berikut tipsnya:

1. Dekorasi ulang kamar tidur Anda

Untuk memaksimalkan fungsi kamar tidur yang sempit agar terlihat lebih luas, ada baiknya Anda melakukan dekorasi ulang pada ruangan tersebut. hal yang pertama harus Anda lakukan adalah mengeluarkan segala macam benda dan furniture yang ada di kamar. Biarkan kamar Anda kosong terlebih dahulu agar Anda memiliki gambaran mengenai tampilan kamar baru Anda. Kemudian,siapkan barang-barang yang mungkin Anda butuhkan selama mendekorasi ulang, seperti cat dinding, rak, lemari, kantong plastik, dan tempat sampah.

Desain Interior Kamar Tidur Yang Modern, Elegant, dan Cozy

2. Eliminasi benda-benda yang tidak fungsional/hanya bersifat dekoratif

Pilih dari segala benda atau furniture yang telah Anda singkirkan tadi yang menurut Anda fungsional. Karena tipe kamar Anda relatif kecil, maka Anda harus mengeliminasi benda beberapa benda yang sudah menumpuk di kamar. Benda-benda yang bisa dieliminasi adalah benda-benda yang tidak fungsional dan hanya bersifat sebagai pajangan, misalnya boneka, vas bunga, lukisan, dan sebagainya.

3. Pertimbangkan untuk membuat ruang khusus untuk pakaian atau koleksi

Sedangkan untuk benda-benda ynag fungsional seperti lemari baju, meja dan kursi belajar, atau sofa, bila kehadirannya malah menambah sesak ruangan tempat tidur, maka tidak perlu dipaksakan untuk masuk. Untuk lemari pakaian, ada baiknya Anda membuat ruangan tersendiri, terutama bila koleksi pakain dan perhiasan Anda sudah cukup banyak. Sehingga, benda-benda tersebut tidak akan menumpuk di kamar dan menggangu kenyamanan tidur Anda.

Desaqin Interior Kamar Tidur Dengan Skema Warna Putih Dengan Lemari dan Kabinet Penyimpanan

4. Cat ulang dinding tembok dengan warna-warna cerah, natural, dan tidak gelap
Salah satu cara efektif untuk membuat ruang tidur menjadi lebih luas yakni dengan mengecat ulang dinding denagn warna-warna natural untuk memberi tampilan luas. Namun, bila Anda bosan dengan warna-warna natural, ada baiknya Anda menggunakan warna-warna cerah yang terlihat segar, seperti kuning atau biru muda. Warna-warna tersebut juga tak kalah baiknya dalam memberikan efek luas pada ruangan. Selain itu, warna tersebut dapat memberi kesan lebih terang dan tidak kusam.

5. Manfaatkan kolong/ruang kosong dibawah tempat tidur
Ketika membeli tempat tidur yang baru, usahakan membeli tempat tidur yang terdapat rak atau lemari kecil dibagian bawah tempat tidur. Rak tersebut sangat fungsional dalam mengisi ruang kosong yang biasanya ada di bawah kasur. Selain itu, lemari penyimpanan itu bisa digunakan untuk menyimpan benda-benda koleksi seperti alat tulis, buku, aksesoris, dan sebagainya.

Desain Furniture Tempat Tidur – Platform Bed Dengan Kabinet Penyimpanan

6. Gunakan rak / lemari penyimpanan horisontal

Lemari pada umumnya, baik itu lemari buku atau lemari baju, cenderung memiliki bentuk lemari yang memanjang vertikal. Untuk tipe ruang yang sempit seperti kamar tidur, keberadaan lemari yang cukup besar ini tentu akan menyita ruang yang cukup banyak. maka dari itu, sebaiknya ganti rak atau lemari vertikal Anda dengan rak penyimpanan yang memanjang secara horisontal. Lemari ini biasanya dipasang atau digantung menempel pada dinding. Cara ini cukup efektif untuk memanfaatkan dinding kamar dan memaksimalkan fungsi keruangan pada kamar tidur Anda.

Gambar Desain Interior Dengan Furniture Built-in dan Fungsional

7. Singkirkan baju-baju yang menggantung di gantungan

Terkadang, orang senang sekali berganti-ganti baju namun malas untuk mencucinya. Celana jeans atau jaket misalnya, mereka kerap hanya memakainya sebentar lalu digantung di gantungan baju selama berminggu-minggu. Hal tersebut sering dimaksudkan agar lebih mudah ketika akan dipakai lagi. Cara tersebut tentu tidak baik karena terlalu banyak tumpukan baju yang ada di gantungan akan membuat kamar tidur terlihat kumuh dan semakin sempit. Maka dari itu, ada baiknya untuk mengurangi jumlah baju yang ada di gantungan dan cucilah pakaian-pakaian tersebut bila memang telah kotor.

Dengan sedikit penataan yang lebih rapi, kini mendapatkan kamar tidur yang nyaman dan lapang cukup mudah bukan? Jadi, jangan sedih bila ukuran kamar tidur Anda cukup kecil. Yang dibutuhkan hanyalah sedikit ketrampilan dalam mengolah segala kemungkinan ruang kosong yang ada pada kamar untuk dimanfaatkan semaksimal mungkin.

Melalui tips ini, semoga Anda lebih bisa jeli melihat ruang kosong pada kamar Anda dan mulai memanfaatkannya sebaik mungkin. Selamat mencoba..

..

Architectaria – Arsitek dan Perencana

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

0 Comments

Leave a Comment