Memaksimalkan Fungsi Dinding Kamar Tidur

Cara memanfaatkan dinding kamar tidur sebagai tempat yang fungsional dengan pemilihan furniture yang dapat dipasang pada dinding, seperti floating cabinet atau laci penyimpanan.

Kali ini, kita masih pada permasalahan yang sama dengan topik edisi kemarin, yakni bagaimanaa mensiasati penataan ruangan yang kecil seperti pada kamar tidur. Permasalahan ini sangat kerap dikeluhkan, terlebih bagi mereka yang tinggal di tipe rumah yang kecil dan sempit seperti di apartemen. Untuk itu, kita harus cermat dalam mengolah setiap peluang yang ada untuk membuat kamar tidur yang sempit menjadi terlihat lebih lapang dengan.

Salah satu bagian dari kamar tidur yang belum banyak dimaksimalkan manfaatnya yakni dinding atau tembok kamar. Orang-orang jarang melihat dinding sebagai tempat yang fungsional pada kamar. Mereka cenderung meilhat dinding dari segi dekoratif dan seninya, sehingga pemanfaatan dinding kamar tidur pun hanya sebatas pada fungsi artistik tanpa melihatkan sisi fungsionalnya.

Kebanyakan orang lebih suka menggunakan dinding kamar sebagai mendia eskpresi untuk mengungkapkan jati diri pemiliknya, termasuk foto diri, foto tokoh idola, lukisan, atau sekedar coretan-coretan tangan.

Padahal, dinding kamar sangat potensial, terutama untuk menjawab kebutuhan akan minimnya tempat untuk meletakkan benda atau furniture di kamar tidur. Karena kamar yang sempit cenderung meiliki area yang terbatas, maka dengan memaksimalkan fungsi dinding kamar sebagai tempat penyimpanan, maka hal ini dapat mengurangi penggunaan tempat di kamar.

Maka dari itu, kali ini kita akan coba mengulas sedikit hal tentang dinding kamar dan cara pemanfaatannya agar kamar tidur yang sempit dapat terkesan lebih lapang. Berikut ini cara memnfaatkan dinding kamar yang bisa diterapkan pada kamar Anda:

Gambar Wall Mounted TV Shelf – TV yang ditempelkan ke dinding

1. Sebagai tempat untuk memasang perangkat elektronik

Cara ini adalah cara paling umum dilakukan. Pemasangan soket listrik dan colokan di dinding adalah cara paling ampuh untuk mengurangi penggunaan tempat pada kamar di dinding. Selain untuk menghindarkan aliran listrik dari orang-orang di sekitarnya, pemasangan soket listrik di dinding adalah cara paling efektif untuk mengalirkan listrik dari satu ruangan ke ruangan lain. Namun, terkadang soket listrik yang ada pada setiap kamar jumlahnya hanya 1 buah. Hal ini dirasa kurang mengakomodasi kebutuhan akan penggunaan listrik.

Maka dari itu, banyak orang kemudian menggunakan soket listrik tambahan yang dapat dibawa dan di pasang kemudian di lepas lagi. Soket listrik ini sangat fleksibel untuk dibawa kemana-mana. Namun, bentuknya yang bulat atau memanjang kadang cukup menggangu akses masuk ke kamar. Terlebih karena soket ini diletakkan menggeletak di lantai atau di meja.

Untuk itu, ada baiknya Anda memasang gantungan atau tempat di dinding, dan pasang soket tambahan tersebut di tempat yang telah Anda sediakan. Sehingga, soket tambahan itu tidak akan menghalangi akses jalan di kamar tidur.

2. Sebagai tempat untuk memasang lampu tidur

Pencahayaan, terutama lampu tidur, kerap di letakkan tersendiri di samping tempat tidur. Ukurannya yang tidak bisa dibilang kecil cukup menyita tempat, apalagi bila kamar tidur Anda ukurannya sangat sempit. Untuk itu, kini ada beragam jenis lampu dinding yang tidak di letakkan di meja, melainkan ditempel di dinding. Dengan memasang lampu tidur pada dinding kamar, Anda sudah menghemat tempat yang seharusnya diletakkan untuk lampu tidur.

Wall unit dan ambalan  tempat meletakkan berbagai jenis barang (buku, lampu)

3. Sebagai tempat untuk memasang kabinet melayang (floating cabinet) atau ambalan

Seperti pada edisi lain yang menjelaskan pentingnya penggunaan kabinet horisontal, pada kali inipun hal tersebut berlaku, terutama jika Anda ingin memaksimalkan fungsi dinding pada kamar Anda. Kabinet yang memanjang yang terpasang pada dinding dapat lebih menghemat tempat. Letakkan kabinet pada tempat yang cukup tinggi, sehingga bagian bawahnya masih dapat digunakan untuk tempat meletakkan furniture lain.

Setelah Anda selesai menempatkan kabinet pada dinding kamar, ruang di bawah kabinet tersebut dapat Anda manfaatkan untuk meletakkan cermin dan meja rias. Saat memilih meja rias pun, usahakan ukurannya tidak terlalu besar, namun memiliki laci-laci penyimpan yang cukup luas di dalamnya. Laci-laci tersebut dapat Anda gunakan untuk menyimpan alat-alat kosmetik, aksesoris dan perhiasan, atau benda-benda koleksi Anda.

Penempatan Rak dan gantungan di dinding

4. Sebagai tempat menggantung baju

Dinding yang difungsikan sebagai tempat untuk menggantung baju sudah sering dipraktekkan di rumah-rumah. Hal ini karena adanya kebiasaan orang-orang yang tidak langsung mencuci baju setelah ia pakai. Namun, keberadaan gantungan baju pada dinding dapat memberi kesan kumuh dan berantakan pada kamar tidur Anda. Solusinya, yakni dengan meletakkan gantungan baju di bagian belakang pintu, sehingga orang-orang tidak akan dapat melihat baju-baju yang Anda gantung di tempat itu dari luar.

Tips:
Untuk ruangan yang kecil seperti kamar tidur, usahakan untuk memilih furniture yang dimensinya tinggi, bukan melebar. Hal ini cukup efektif dalam mengurangi penggunaan ruang serta membuat tampilan kamar tidur Anda menjadi lebih sederhana.

..

Architectaria – Arsitek dan Perencana

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

LinkedInTumblrStumbleUponRedditAIMDiggDeliciousFlipboardShare

1 Comment

  1. toko mebel

    pas banget untuk yang punya kamar sempit,,,

Leave a Comment