Lift Outdoor Berlapis Baja Sebagai Penghubung kota-kota di Pamplona karya AH Asociados

A-steel-clad-outdoor-elevator-by-AH-Asociados (1)

Review desain AH Asociados pada proyek lift outdoor kaca berlapis baja yang berperan sebagai jembatan penghubung kota – kota di sekitar Pamplona.

Anda mungkin sudah biasa menemukan lift di area perkantoran, hotel, pusat perbelanjaan, maupun gedung – gedung lainnya. Lift atau elevator digunakan untuk mempermudah pengunjung untuk naik dari lantai bawah ke lantai atas, atau sebaliknya. Lift tersebut juga kebanyakan berada di dalam ruangan. Namun, apa jadinya jika lift ditempatkan di area outdoor dan berfungsi untuk menghubungkan area – area strategis di sebuah kota? Tentu ide ini masih terdengar cukup janggal di telinga kita, mengingat kita lebih sering menemui lift sebagai penghubung antar lantai dalam gedung. Namun, inilah yang coba ditampilkan oleh Ah Asociados, desainer sekaligus penggagas lift ini.

Sekilas tentang Urban Elevator, lift outdoor penghubung antar kota

Ah Asociados merupakan studio arsitek yang berkantor di Spanyol dan Qatar. Proyek ini dinamakan Urban Elevator dan menjadi salah satu karya yang bertujuan untuk menciptakan link antara the Echavacoiz Norte dan kota – kota di sekitar bukit dengan kota – kota lain yang ada di bawah bukit. Hal ini demi menjawab permasalahan akan akomodasi dan akses yang terjadi di wilayah ini. Dengan adanya lift outdoor ini, warga yang berada di atas bukit yang ingin mengunjungi kota – kota di bawah bukit bisa semakin dimudahkan, begitu juga sebaliknya, warga yang tinggal di bawah bukit bisa menuju ke atas dengan cepat. Mereka bisa menghemat waktu dan biaya jika dibandingkan menempuh perjalanan secara manual.

A-steel-clad-outdoor-elevator-by-AH-Asociados (2)

Lift Outdoor – View 2

Di awal pembangunan, tim memutuskan untuk menetap di kawasan Echavacoiz Norte. Sebelumnya, area atas dan bawah bukit hanya dihubungkan oleh jalan setapak dan tangga dan hal ini agak menyulitkan warga dalam hal mobilisasi antar kota. Untuk itu, dibuatlah lift outdoor yang berbahan kaca berlapis baja ini. Melalui alat ini, warga tak hanya dimudahkan dalam hal akses, tapi juga dimanjakan dengan pemandangan panorama kota Pamplona dan perbukitan di sekelilingnya. Sungguh sensasi yang tidak bisa ditemui di tempat lain.

A-steel-clad-outdoor-elevator-by-AH-Asociados (18)

Lift Outdoor – View 3

Sisi elevator dibuat asimetris

Lift ini bisa juga dikatakan sebagai jembatan karena fungsinya yang menghubungkan kota – kota di sekitarnya. Jembatan ini ditopang oleh baja horisontal tunggal, dengan lantai yang terbuat dari lembaran pelat baja. Sisi jembatan ini dibuat tidak simetris, di mana satu sisi jembatan dibuat agak tinggi agar pejalan kaki bisa berlindung dari angin yang berhembus cukup kencang di sekitar jembatan atau lift ini.

A-steel-clad-outdoor-elevator-by-AH-Asociados (13)

Lift Outdoor – View 4

Sementara itu, di sisi lain terdapat pagar baja yang cukup rendah yang memungkinkan mereka menikmati pemandangan kota dan perbukitan selagi menyebrang. Poros Lift dibuat dalam lembaran baja yang sama untuk memberikan efek kontinuitas visual dari dua elemen-elemen yang terpisah.

A-steel-clad-outdoor-elevator-by-AH-Asociados (21)

Lift Outdoor – View 5

Menekankan kesederhanaan dan mengurangi aksen yang berlebihan

Salah satu anggota tim mengungkapkan “Proyek ini dirancang untuk memaksimalkan kesan kesederhanaan pada setiap elemen, dan menghindari aksen – aksen yang berlebihan dari proses konstruksi”.

A-steel-clad-outdoor-elevator-by-AH-Asociados (12)

Lift Outdoor – View 6

Pejalan kaki yang ingin menyebrang dari tingkat yang lebih rendah mesti melewati jembatan kecil sebelum memasuki lift ini. Selain memberikan akses ke kawasan Echavacoiz Norte, Urban Elevator menyediakan akses lebih dekat untuk menyaksikan taman – taman yang berada di sekelilingnya.

Gagasan munculnya rencana pembuatan Urban Elevator

Ide proyek ini muncul pada saat sang arsitek mengamati mobilitas pejalan kaki di sekitar “Echavacoiz Norte”. Dari situ, pemerintah kota mengatakan bahwa terdapat problem mengenai kesulitan akses yang dialami warga di sekitar area ini. Untuk itu, dibuatlah sebuah rancangan yang bisa membuat area perkotaan di sekitar sini lebih terintegrasi dengan menghadirkan mekanisme untuk mempermudah warga dalam mendapatkan akses mobilitas mereka.

A-steel-clad-outdoor-elevator-by-AH-Asociados (20)

Lift Outdoor – View 7

Sistem ini digerakkan dengan cara mekanis dan dianggap paling ampuh menyelesaikan permasalahan ini. Sebelumnya, akses jalan setapak dan tangga yang dibangun di sini cukup membahayakan mengingat ketinggian yang cukup curam dan jarak yang panjang yang mesti ditempuh, yakni sekitar tiga puluh meter.

A-steel-clad-outdoor-elevator-by-AH-Asociados (17)

Lift Outdoor – View 8

Di sepanjang Sungai Elorz di dekat Urban Elevator ini juga bisa kita temui sebuah jalan setapak baru yang bisa digunakan baik oleh pejalan kaki maupun pesepeda yang ingin melintasi kota – kota di area ini secara manual. Sehingga, mereka bisa mendapatkan akses view pemandangan bukit dan perkotaan dari sudut yang berbeda.

A-steel-clad-outdoor-elevator-by-AH-Asociados (3)

Lift Outdoor – View 9

Kesimpulan

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa konsep awal dari desain elevator ini adalah penekanan pada unsur – unsur kesederhanaan dan struktur yang tegas. Kedua poin ini akhirnya sukses diwujudkan oleh AH Asociados menjadi sebuah lift outdoor yang tak hanya berfungsi sebagai jembatan penghubung, tapi juga sebagai gerbang yang menandakan adanya prinsip keterbukaan dan integrasi yang erat yang ingin dicapai oleh kota – kota di sekitar Echavacoiz Norte. Pada akhirnya, perbedaan topografi tidak menyurutkan kota – kota di kawasan ini untuk saling terhubung. Sehingga, tidak ada kota atau daerah yang merasa terpinggirkan.

(image source by: www.dezeen.com)

..

architectaria.com | Arsitek, Desain Interior, General Contractor

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

No Comments Yet.

Leave a Comment