Konsep Desain dan Tahapan dalam Pembangunan Bar di Rumah

desain minibar dirumah

Mengetahui apa saja model konsep desain bar pribadi dirumah serta tahapan dalam pembangunannya.

Bar kadang diperlukan kehadirannya dalam rumah sebab area ini menyajikan semacam oasis berupa ruang entertain di tengah – tengah bangunan rumah. Dalam mewujudkannya pun cukup mudah karena adanya blue print desain bar yang siap bangun. Mengenai desain pun tak perlu khawati, karena kini banyak ditawarkan ragam jenis desain home bar dengan berbagai tema, mulai dari etnik, tropis, modern, simple-chic, hingga minimalis. Semuanya tentu disesuaikan dengan keinginan pemiliknya.

Bar dirumah (home bar) tidak hanya bisa menjadi area privat untuk mengakomodasi kebutuhan pribadi, tapi juga bisa menjadi area untuk berkumpul dengan mengundang rekan Anda untuk bercengkerama di sini. Jika Anda pecinta suasana santai dalam melakukan obrolan, tak ada salahnya Anda membangun sebuah mini home bar di rumah. Maka, kali ini kita akan menyajikan beberapa alternatif desain home bar serta tahapan – tahapan dalam merencanakan pembuatan area ini.

Desain home bar ala pub

Untuk mewujudkan home bar dengan tipe pub ini, menempatkan kayu yang diberi aksen menjadi material utama dan menjadi landasan dari desain ini. Biasanya, desain ini banyak menggabungkan unsur – unsur kayu yang diberi ornamen yang khas, sehingga membuatnya lebih down to earth dan cocok diterapkan di rumah. Untuk memperkuat karakter bar dengan desain ala pub ini, Anda bisa memesan barang – barang vintage dan furnitur antik.

Selain itu, ubin yang terbuat dari batuan juga banyak mendominasi unsur desain ala pub ini. Jika Anda tak ingin menggunakan ubin dari batuan tersebut, Anda bisa menggantinya dengan karpet dengan warna yang membumi seperti coklat dengan sedikit kemerahan. Agar unsur – unsurnya terlihat menyatu, Anda bisa memasukkan unsur warna kuning atau merah bata pada dinding dan langit – langitnya. Terakhir sebagai pelengkapnya, barang – barang berbahan logam bisa diletakkan di area bar ini.

Tiki Bar

Jika Anda menginginkan tampilan home bar yang berbeda, cobalah untuk menerapkan desain Tiki Bar ini. Dalam desain Tiki bar ini, salah satu hal yang paling ikonik adalah keberedaan thatched roof atau atap yang terbuat dari jerami. Dalam merealisasikan hal ini, biarkan desain bar Anda sesederhana mungkin dengan penggunaan kayu yang sederhana. Untuk memaksimalkan tampilannya, Anda bisa menambahkan Carved tiki totem poles (tiang – tiang tiki yang diukir) yang dipasang untuk menjadi tonggak yang menopang atap jeraminya.

Untuk menciptakan desain langit – langit yang agak rendah, Anda bisa menambahkan plang dari bambu dengan konstruksi yang sederhana.

tiki bar

Desain Tiki Bar

Selain digunakan pada langit – langit, bambu juga digunakan pada lantai tiki bar ini. Untuk dindingnya, dipilihlah bahan dari rotan. Bahan – bahan seperti kayu, jerami, bambu, dan rotan ini semakin menguatkan kesan tropis yang ingin ditonjolkan pada desain ala Tiki Bar ini. Agar terlihat lebih ‘hidup’ Anda bisa menambahkan pencahayaan yang sesuai, yakni sebuah lampu pendan dengan shades berwarna cukup terang, misalnya merah, oranye, hijau, biru, atau kuning agar kesan tropis lebih terlihat.

Ultra-Chic Bar

Karakter yang paling menonjol dari desain Ultra-Chic bar adalah aplikasi white-on-white color schemes. Hal ini sengaja dibuat agar tercipta tampilan yang modern dan ‘chic’ tanpa kesan glamor yang berlebihan. Desain bar semacam ini adalah desain yang paling sering diterapkan pada hotel – hotel dan resort mewah bertaraf internasional. Dalam mengaplikasikan desain bar ini, Anda membutuhkan beberapa elemen dasar seperti kain berwarna putih, material kayu, ditambah dengan upholstery berwarna putih pula. Lantai kayu dengan warna yang sedikit pucat banyak mendominasi desain bar ultra-chic ini.

desain interior minibar bergaya ultra chic

Desain Bar bergaya Ultra Chic

Untuk melengkapi seluruh aspek – aspek di atas, digunakanlah kandelar berwarna putih dengan pencahaayaan tambahan untuk menciptakan nuansa yang menyenangkan. Untuk memberikan sedikit keceriaan di desain yang sekilas nampak ‘polos’ ini, Anda bisa menambahkan Vibrant blue artwork dan glass candle votives sebagai aksesorisnya.

Tahapan dalam merealisasikan desain home bar di rumah:

1. Tentukan spot di mana Anda akan membangun home bar

Untuk membangun home bar, tentukan spot di dalam rumah Anda yang cukup luas dan terbuka serta mudah diakses. Selain itu, Anda tak harus menempatkan home bar ini di dalam ruangan. Anda bisa menempatkan home bar ini di mana saja, mulai dari di sebelah ruang tamu, di garasi, di basement, hingga di area belakang rumah yang terpisah dari bangunan utama. Selain menentukan lokasi, tentukan pula bentuk, desain, serta ukuran ruangan yang optimum.

2. Rancang desain bar sesuai dengan pilihan

Sebelum mewujudkan home bar di rumah, Anda perlu merancang desain atau blue print dari bar ini. Kini, desain bar ini bisa kita beli dan banyak tersedia di situs – situs di internet. Setelah menentukan blue printnya, Anda bisa mulai membangun home bar sesuai dengan tahapan yang tertera.

3. Dekorasi dan isi bar dengan berbagai stok

Untuk masalah dekorasi, pastinya ini disesuaikan dengan konsep bar yang Anda usung. Sementara menyangkut masalah stok atau barang yang ingin Anda taruh di sini, semua tergantung selera Anda. Yang pasti, yang menjadi tujuan utama dari pembuatan bar adalah menciptakan area relaksasi dan entertainment. Maka, usahakan barang yang Anda sediakan di sini mendukung tujuan awal Anda dalam membangun bar. Anda bisa menempatkan wine dengan berbagai merk di belakang bar dan menjadi back dropnya.

Selamat mencoba 🙂

..

Architectaria – Arsitek dan Perencana

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

No Comments Yet.

Leave a Comment