Kolam Renang Portabel – Solusi bagi Anda yang Ingin Membuat Kolam Renang Khusus untuk Anak

anak-anak berenang

Kolam renang portabel dapat dijadikan pengganti bila Anda ingin membangun kolam renang untuk si kecil dengan biaya yang relatif terjangkau dan proses yang relatif mudah.

Aktifitas berenang tak hanya menjadi olahraga favorit bagi orang dewasa, tapi juga anak-anak. Anak-anak pada dasarnya suka bermain dan menghabiskan banyak waktunya di air. Untuk itu, akan lebih baik bila para orang tua mengajarkan anak-anak mereka tentang olahraga renang ini. Renang selain merupakan olahraga yang dapat menyenanangkan hati anak-anak olahraga, ini juga mampu mengoptimalkan pertumbuhan si kecil. Dengan membiasakan anak berolahraga renang secara rutin, maka tumbuh kembangnya menjadi lebih baik dibandingkan dengan anak sebayanya yang tidak berolahraga renang.

Mengapa kita perlu membangun kolam renang khusus untuk si kecil?

Tetapi, meskipun renang merupakan salah satu aktivitas olahraga yang baik untuk anak, jarang sekali kita jumpai di rumah-rumah yang menyediakan kolam renang khusus untuk si kecil. Yang kebanyakan ada di rumah-rumah hanyalah kolam renang untuk dewasa. Kolam renang anak tentu saja berbeda dengan kolam renang dewasa, terutama pada tingkat kedalaman kolam tersebut. Sehingga, bila si anak dipaksakan untuk berenang di area kolam renang dewasa, maka tat kala orang tua tengah lengah mengawasi anak, maka hal ini bisa membahayakan si anak itu sendiri. Hal ini berbeda bila mereka ditempatkan di kolam renang khusus anak- anak. Meskipun kemungkinan terjadinya hal yang buruk tetap ada, namun kolam renang pada anak tetap jauh lebih aman untuk mereka.

Untuk itu, tak ada salahnya bila kita membangun kolam renang khusus bagi mereka. Tetapi, membangun kolam renang anak tentu saja bukan perkara mudah, terlebih bila di rumah Anda sebelumnya sudah ada kolam renang dewasa. Bila Anda harus membangun kolam renang khusus anak sendiri, tentu masalah lokasi serta biaya yang tak sedikit harus Anda hadapi. Maka dari itu, Anda bisa membeli kolam renang portabel yang biasanya terbuat dari karet, plastik, atau material lain.

Kolam ini dapat dilipat dan disimpan dengan mudah dan ketika anak Anda ingin berenang, maka Anda tinggal menggelembungkan kolam renang ini. Sekarang banyak dijumpai kolam renang portabel dengan berbagai ukuran. Desainnya pun dibuat sederhana agar lebuh mudah ketika dilipat dan di bawa kemana-mana. Dengan memiliki kolam renang portabel ini, maka Anda tak perlu membangun kolam renang on the ground. Anda tinggal menyediakan area untuk menggelembungkan kolam renang portabel ini kemudian mengisinya dengan air. Cukup mudah bukan?

kolam renang portabel untuk anak-anak

Kolam Renang Portable Berukuran Mungil Khusus Untuk Anak-anak

Di bawah ini merupakan langkah-langkahnya yang lebih detail

Peralatan dan hal-hal lain yang mesti Anda siapkan:

– Kolam renang portabel
– Pompa
– Area untuk menempatkan kolam renang portabel
– Klorin

Langkah-langkahnya:

1. Beli kolam renang portabel
Kolam renang portabel ini biasanya dijual di tempat-tempat yang memang khusus menjual perkakas rumah. Tak jarang, kolam renang ini juga bisa kita temui di toko mainan anak. Tersedia berbagai macam ukuran kolam renang dan tentu saja, kolam renang ini perlu disesuaikan dengan usia dan kebutuhan si kecil. Kolam renang ini juga tak jarang memiliki motif figur-figur kartun. Untuk itu, tak ada salahnya melibatkan sang anak untuk memilih kolam renang dengan figur kartun yang mereka sukai.

2. Baca buku panduan penggunaan secara teliti


Dalam setiap pembelian kolam renang portabel, tentu terdapat buku panduan yang menyertainya. Baca dengan teliti buku panduan tersebut sehingga Anda tahu persis komponen-komponen pada kolam renang tersebut. Dalam buku panduan tersebut juga biasanya dijelaskan tentang hal yang harus Anda lakukan bila ada hambatan pada proses penggelembungan kolam renang.

3. Pilih lokasi yang aman untuk menggelembungkan kolam renang

Karena nantinya kolam renang ini akan diisi oleh air dalam jumlah yang besar, tentunya lokasi penempatan kolam haruslah di luar ruangan. Pilih area di sekitar rumah yang datar, dengan kontur tanah yang kuat, tidak becek , dan tidak banyak kerikil atau batuan tajam di bawahnya. Hal ini untuk menghindarkan kolam renang dari kemungkinan tertusuk benda-benda tajam yang dapat mengakibatkan kebocoran. Bila perlu, tempatkan kolam renang di area yang terlindungi dari sinar matahari langsung.

4. Tutup saluran / lubang pada kolam renang

Untuk mempercepat proses pengurasan setelah digunakan, pada kolam renang ini akan dijumpai lubang khusus yang fungsinya mempercepat proses pengeringan kolam. Anda perlu menutup saluran itu sebelum Anda memompa kolam tersebut. Proses pemompaan bisa berlangsung lama atau sebentar, tergantung ukuran dari kolam renang itu sendiri.

5. Isi kolam dengan air secukupnya

Dalam mengisi kolam dengan air, Anda bisa menggunakan pipa air yang disambungkan ke kran atau sumber air terdekat. Setelah air terisi penuh, Anda bisa menambahkan klorin untuk mensterilkan kolam dari bakteri atau kuman sehingga air aman digunakan oleh si kecil.

Selamat mencoba 🙂

..

Architectaria – Arsitek dan Perencana

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

6 Comments

  1. Muhardi Bandung

    bisa minta informasi toko dan alamat toko kolam portable…. syukur@ ada di Bandung, hatur nuhun pisan

  2. Anonymous

    bisa minta informasi untuk alamat toko kolam potable yang ada di gambar untuk wilayah jogja, solo atau semarang

  3. catur hendratmo

    bisa bantu untuk penjualan kolam portable untuk wilayah yogya, solo atau semarang ada gak ya

  4. salim

    bisa minta harga dan ukuran kolam renag makasih

  5. alex tangkeallo

    Mohon infonya untuk tempat pembelian di daerah yogyakarta magelang di mana ya??

  6. beny

    Tolong info utk Bali secepatnya..butuh cepat trmksh

Leave a Comment