Kitchen Appliances yang Tepat untuk Gaya Hidup Sehat

kitchen appliance untuk gaya hidup sehat1

Memilih kitchen appliances yang tepat agar kita bisa memasak bahan makanan dengan cara sehat untuk gaya hidup yang sehat.

Kini, banyak orang – orang di era modern ini semakin mengerti akan pentingnya menjalani gaya hidup sehat. Gaya hidup sehat salah satunya berawal dari makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari – hari. Dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat, niscaya kita bisa menjaga kesehatan tubuh dan membuat harapan hidup lebih lama.

Untuk mendapatkan makanan yang sehat, ada baiknya kita mulai dengan menyiapkan dan memasak makanan sendiri di rumah. Dengan demikian, kita bisa memastikan bahwa bahan – bahan yang kita pilih adalah bahan – bahan yang fresh, sehat dan siap diolah sebagai makanan. Namun, menyiapkan bahan makanan yang sehat saja belum cukup untuk menghasilkan makanan yang sehat. Diperlukan peralatan masak dan cara masak yang benar agar makanan yang kita konsumsi benar – benar sehat.

Peralatan masak atau kitchen appliances kini mulai banyak ditawarkan dengan berbagai macam model disertai teknologi tinggi. Namun, itu semua belum tentu menjamin bahwa semua kitchen appliances akan menghasilkan makanan yang sehat. Untuk itu, kenali beberapa kitchen appliances di bawah ini yang penting untuk dimiliki untuk membantu Anda menjalankan gaya hidup sehat.

A. Juicer

Juicer merupakan salah satu kitchen appliances yang tak boleh dilewatkan bagi Anda pelaku gaya hidup sehat. Sesuai namanya, alat ini berfungsi untuk membuat jus. Berbeda dengan blender biasa, juicer ini mampu menggilas buah – buahan lebih lembut, halus, dan tanpa menyisakan sari – sarinya. Dengan begitu, Anda bisa memperoleh manfaat buah yang lebih besar dengan mengkonsumsi jus yang dibuat dengan juicer ini.

juicer-blender

Small Kitchen Appliances – Juicer dan Blender

B. Tabletop grill

Kita tentu tahu bahwa makanan yang digoreng merupakan makanan yang kurang sehat. Untuk itu, banyak pakar kesehatan menganjurkan untuk mengurangi konsumsi makanan yang dimasak dengan cara digoreng jika ingin hidup sehat. Maka, beralihlah ke panggangan. Grill atau alat pemanggang merupakan salah satu kitchen appliances yang wajib dimiliki.

Grill hadir dengan berbagai variasi, namun yang paling sering ditemukan adalah jenis Tabletop grill. Tabletop grill ini terbentuk dari permukaan logam atau batuan yang cukup besar dan diletakkan menempel atau jadi satu dengan kitchen island / meja konter. Bentuk atasnya sama seperti hot plate. Di pinggiran Tabletop grill, biasanya terdapat area yang lebih rendah. Fungsinya untuk membuang lemak yang mencair dari daging atau ikan, sehingga tidak menempel kembali pada makanan. Inilah salah satu faktor yang membedakan hot plate dengan teflon biasa.

Hasil masakan yang dimasak dengan cara dipanggang pada dTabletop grill ini juga lebih sehat, lebih krispy, lebih rendah kalori dan lemak dibandingkan memasak dengan cara menggoreng seperti biasa.

C. Sandwich Maker

Sandwich maker merupakan jenis kitchen appliances yang cukup populer di luar negeri dan kerap digunakan oleh keluarga yang memiliki anak kecil. Bentuknya hampir sama dengan toaster, di mana akan ada beberapa logam yang menghantarkan panas. Roti dimasukkan di dalamnya dan diisi dengan isian yang sehat, seperti sayur – sayuran, telur, keju, dan daging rendah lemak. Kemudian, tutup penutupnya. Sandwich maker ini akan membuat ujung – ujung roti menempel dan isiannya tertutup hingga benar – benar menyerupai sandwhich. Cara ini cukup mudah, praktis, namun tetap menyehatkan, karena kita bisa mengontrol isian roti dengan bahan – bahan yang fresh.

D. Steamer

Cara masak yang sehat selain dengan grill adalah dengan cara dikukus menggunakan steamer. Ya, steamer ini berfungsi layaknya kukusan tradisional yang banyak digunakan untuk membuat jajanan pasar. Cara memasak dengan dikukus ini berasal dari China dan kini telah banyak diterapkan di rumah – rumah sebagai bagian dari gaya hidup modern. Cara memasak dengan steamer pun cukup mudah. Pertama, taruh bahan makanan dalam rak. Sementara itu, wadah atau bagian bawah steamer diisi dengan air. Letakkan rak berisi bahan makanan di atas air, lalu tutup steamer dan nyalakan. Setelah panas, uap air akan muncul dan mematangkan bahan makanan.

Cara ini tentu membuat bahan makanan lebih sehat, segar, dengan rasa yang lebih alami karena tanpa menggunakan minyak. Agar makanan lebih sehat, Anda bisa menambahkan bahan atau daun – daun herbal yang dimasukkan bersamaan dengan air. Selain menambah manfaat, bahan – bahan herbal juga bisa membuat aromanya lebih sedap.

E. Kompor Induksi

Kompor Induksi sepertinya belum cukup dikenal di dalam negeri, namun di luar negeri, peminat kompor induksi cukup besar. Sebab, kompor Induksi menawarkan hal yang menarik yang tidak dimiliki kompor biasa. Kompor ini dijalankan dengan tenaga listrik. Hebatnya, meski tengah dinyalakan, kompor ini tidak akan terasa panas jika disentuh. Sebab, kompor Induksi hanya akan menyalurkan panas jika permukaannya bersentuhan dengan logam seperti teflon, grill, panci, atau alat – alat lain berbahan logam.

Selain itu, kompor ini relatif lebih ramah lingkungan, tidak menghasilkan asap berlebih, mudah dibersihkan, tidak menggunakan gas, dan hasil masakannya pun relatif lebih sehat karena tidak tercampur dengan asap. Ingin coba? Siapkan dulu budget jutaan hingga puluhan juta karena ternyata kompor ini dijual dengan harga yang tinggi.

Selamat mencoba 🙂

..

architectaria.com | Arsitek, Desain Interior, General Contractor

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

1 Comment

  1. admin

    thank you
    http://www.peluangproperti.com

Leave a Comment