Keuntungan dan Kerugian Memasang Sebuah Televisi Yang Menempel Di Dinding

desain-interior-ruang-keluarga-dengan-wall-mounted-tv-1

Tips desain interior rumah – Informasi mengenai pro dan kontra memasang televisi yang ditempelkan di dinding agar hemat tempat dan persiapan sebelum memasang TV pada dinding yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Memasang televisi di dinding sekarang ini menjadi sebuah hal yang wajar karena Televisi di era modern ini didesain setipis mungkin sehingga para pemilik rumah tidak perlu menyiapkan ruang khusus untuk meletakkan televisi. Dewasa ini terdapat berbagai jenis TV datar mulai dari TV LCD hingga LED yang tentu saja masing-masing memiliki keunggulan tersendiri.

Memasang televisi di dinding tentu saja sangat praktis dan sangat membantu Anda dalam menghemat tempat. Memasang televisi di dinding menjadi tren tersendiri belakangan ini, Namun perlu diketahui bahwa masih ada pro dan kontra tentang hal ini.

Jika Anda masih ragu dengan keputusan yang ingin Anda ambil terkait pemasangan televisi pada dinding, berikut ini adalah beberapa keuntungan dan kerugian pemasangan televisi di dinding yang harus Anda ketahui.

Keuntungan Memasang TV pada dinding

Hal yang paling menguntungkan ketika memasang televisi dengan menempelkannya di dinding adalah Anda dapat menghemat tempat. Jika Anda tidak menempelkan TV di dinding, maka Anda harus menyiapkan tempat khusus misalnya cabinet kecil yang secara khusus digunakan untuk meletakkan televisi.

Tentu saja hal ini kurang menguntungkan karena meletakkan kabinet TV akan menyita tempat yang tersedia. Ketika Anda berniat untuk memasang TV pada dinding, tentu saja area yang Anda pilih tidak terbatas. Anda dapat memasang di dinding ruang tamu, dapur, bahkan di kamar mandi sekalipun.

Keuntungan lain ketika Anda memasang TV pada dinding adalah kabel yang digunakan akan terlihat rapi karena tidak ada lagi  kabel yang menjulur tidak rapi ketika Anda meletakkan TV di kabinet. Selain itu, dengan menempelkan TV pada dinding, Anda bisa mengkreasikan area sekitar TV sebagai satu titik fokus dekorasi dengan menambahkan beberapa aksen menarik agar dinding nampak lebih hidup. Apalagi jika dinding yang ditempeli TV mempunyai ruang yang luas, tentunya dekorasi menarik sangat dibutuhkan.

Tidak hanya dekorasi saja yang dipentingkan, warna dasar cat dinding juga harus disesuaikan untuk menunjang keharmonisan tampilan ruangan secara menyeluruh. Jangan takut dalam memilih warna cat dinding, karena Anda dapat memilih satu sisi dinding yang bisa dimaksimalkan sebagai titik fokus dekorasi.

desain-interior-ruang-keluarga-dengan-wall-mounted-tv-2

Desain Interior Ruang Keluarga Dengan Wall Mounted TV

Kerugian Memasang TV di dinding

Beberapa orang yang kontra dengan pemasangan TV pada dinding beralasan bahwa ketika menonton TV cara terbaik adalah dengan menempatkan TV tepat lurus dari arah pandang mata. Ketika memasang TV pada dinding tentunya para pemilik rumah harus sedikit mendongak keatas sehingga nantinya dapat menimbulkan sakit pada leher jika dilakukan dalam jangka panjang.

Seperti halnya ketika orang-orang menonton ke bioskop, pastinya mereka lebih memilih duduk di barisan belakang karena tiga barisan pertama di bioskop kemungkinan akan membuat leher sakit karena penonton harus banyak mendongak. Selain itu, ketika pemilik rumah meletakkan TV pada dinding, TV akan cepat rusak karena terkadang dinding bisa saja terlalu lembab dan dingin ketika musim hujan tiba.

Tentunya hal ini tidak terlalu baik untuk keberlangsungan hidup TV dan alat elektronik lainnya. Apalagi jika pemilik rumah meletakkan nya di area dapur, alat elektronik bisa saja cepat rusak karena terkena panas ketika TV diletakkan didekat sumber panas seperti kompor ataupun oven. Jika Anda sudah terlanjur menempelkan TV pada dinding, makan Anda harus rajin dalam membersihkannya.

Sebelum memutuskan memasang TV pada dinding

Sebelum Anda memutuskan untuk memasang TV pada dinding, akan lebih baik jika Anda membuat beberapa persiapan terlebih dahulu. Yang pertama kali harus Anda lakukan adalah mengukur luas dinding yang akan dipasangi TV. Hal ini berguna ketika Anda ingin memilih ukuran inch TV. Setelah mengukur luasnya dinding, tentunya Anda siap untuk memilih TV yang diperlukan.

Semakin besar ukuran inch TV tentunya akan semakin baik bagi mata Anda karena jarak pandang yang jauh sesuai dengan ukuran besar TV. Setelah itu, pilihlah penggantung TV yang tepat dan kuat agar TV dapat terpasang sempurna di dinding pilihan Anda.

Demikianlah informasi mengenai pro dan kontra memasang TV pada dinding. Tentunya terdapat berbagai pertimbangan yang harus di lakukan sebelum akhirnya memutuskan untuk memasang TV pada dinding. Kini saatnya Anda memutuskan apakah lebih baik memasang TV pada dinding atau tidak. Tentunya Anda memiliki alasan tersendiri.

Jangan ragu untuk meminta pendapat anggota keluarga yang tentunya akan sangat berpengaruh pada pengambilan keputusan Anda nantinya. Jika Anda tidak yakin untuk memberi dekorasi disekitar TV yang ditempel di dinding, Anda dapat berkonsultasi dengan desainer interior yang tentunya akan memberikan solusi terbaik bagi Anda.

Selamat mencoba ­čÖé

..

architectaria.com | Arsitek, Desain Interior, General Contractor

Untuk Anda yang berada diwilayah JABODETABEK dan membutuhkan jasa arsitek, desain interior dan jasa kontraktor untuk membangun/merenovasi rumah, silahkan menghubungi kami melalui nomor: 081229400888, 087710400888, 021-83836281, atau 0251-9195383 (Bogor).

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

1 Comment

  1. thank’s untuk infonya berguna sekali

Leave a Comment