Kesalahan Yang Sering Dilakukan Dalam Mendesain Interior Rumah

ide-desain-interior-ruangan-1

Tips desain interior rumah – Beberapa kesalahan umum yang umumnya ditemui ketika sang pemilik rumah melakukan desain interior pada rumah mereka.

Ketika Anda sedang berjalan-jalan ke toko interior rumah, terkadang Anda hanya tertarik bentuknya yang terlihat bagus kemudian tanpa berpikir panjang, Anda langsung membelinya karena nampaknya dapat digunakan untuk dekorasi interior rumah yang Anda miliki. Tentu saja hal semacam ini tidak selalu benar karena Anda hanya mengikuti keinginan semata tanpa melihat kecocokan untuk desain interior rumah yang tersedia.

Mendesain interior rumah tentu harus dilakukan secara hati-hati karena hal ini akan menunjukan selera pribadi Anda. Anda harus memiliki pengetahuan yang cukup sebelum memutuskan untuk mengutak-atik desain interior rumah Anda dengan terlebih dahulu mempelajari tentang hal-hal dasar seperti bagaimana perpaduan warna yang tepat, pencahayaan yang tidak berlebihan, ruangan yang proporsional, dan aksesoris yang sesuai dengan tema rumah.

Pada umumnya, pemilik rumah sering melakukan kesalahan pada proses mendesain interior rumah mereka karena ke-tidak tahu-an mereka mengenai komposisi yang pas untuk interior rumah. Untuk itu, Anda perlu mengetahui beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan dalam desain interior rumah sehingga Anda tidak akan melakukan kesalahan yang sama.

  • Skala pada desain interior

Menentukan skala pada ruangan yang akan didesain memang membutuhkan keahlian yang baik dari si pemilik rumah. Kebanyakan pemilik rumah mengabaikan pentingnya skala dalam dekorasi interior sehingga ruangan nampak tidak proporsional dalam hal aksesoris. Beberapa pemilik rumah kadang memasang aksesoris yang berukuran terlalu kecil pada ruangan yang besar yang akhirnya malah membuat ruangan nampak serabutan dan tidak teratur. Lalu terkadang sebagian pemilik rumah ada yang memilih untuk meletakkan item berukuran besar yang memenuhi ruangan sehingga akan mengurangi mobilitas di dalam rumah.

Untuk menghindari kesalahan seperti yang telah disebutkan, Anda harus memilih beberapa item dekorasi interior yang memiliki skala proporsional dengan bentuk dan ukuran yang berbeda. Dengan skala yang proporsional tentunya desain interior rumah Anda akan menyenangkan setiap orang yang memandang.

  • Tidak Meminta dan Saran Dari Orang Lain

Akan sangat sulit bagi orang biasa yang tidak memiliki dasar pengetahuan yang cukup dalam hal desain interior untuk melakukan segalanya sendirian tanpa meminta bantuan dan saran dari orang lain. Jika anggaran dana Anda sangat terbatas dan tidak mampu untuk menyewa jasa seorang desainer interior, Anda bisa bertanya pada anggota keluarga atau teman yang Anda percaya terkait dengan dekorasi interior yang tepat bagi rumah Anda. Anda boleh bertanya dan meminta pendapat mereka tentang penataan furnitur, pemilihan warna ruangan, dan aksesoris yang mampu memperindah interior rumah.

Jika memang Anda kesulitan dalam menemukan ide dan inspirasi desain, Anda dapat mencari referensi dari internet, TV, dan majalah tentang perbaikan rumah. Jika Anda memiliki anggaran dana berlebih, tidak ada salahnya untuk menyewa jasa desainer interior profesional yang tentu saja kinerjanya tidak perlu diragukan.

  • Menggantung hiasan dinding secara tidak tepat

Hiasan dinding tentu tidak akan pernah absen karena hiasan dinding mampu memberikan dimensi lain bagi desain interior ruangan. Hiasan dinding bisa berwujud apa saja misalnya lukisan artistik yang berharga, gambar hasil karya sendiri ataupun foto keluarga dan foto momen berharga. Tentu saja peletakan hiasan dinding tersebut tidak boleh sembarangan ditempelkan karena tentunya akan mengurangi nilai estetis interior rumah.

Cara terbaik untuk memberikan aksen menarik pada dinding adalah dengan bermain warna, tekstur, dan juga ukuran frame hiasan dinding yang disesuaikan dengan proporsi ruangan.

ide-desain-interior-ruangan-2

Desain Interior Ruang Tamu

  • Ruangan tidak memiliki titik fokus dekorasi

Setiap ruangan membutuhkan titik fokus dalam hal dekorasi agar mata yang memandang langsung tertuju pada titik fokus dekorasi interior. Misalnya saja pada ruang keluarga, titik fokus dekorasi dapat dikonsentrasikan pada letak televisinya yang dikelilingi dengan dekorasi item yang menarik disekitar meja agar pemilik rumah lebih fokus untuk menonton TV. Selain ruang keluarga, ruangan lain mungkin akan sedikit lebih rumit dalam hal dekorasi interior.

Jangan hanya fokus pada perlengkapan ruangan saja, tapi Anda menemukan sebuah titik fokus ruangan kemudian barulah Anda dapat memikirkan hal lain seperti furnitur yang cocok. Misalnya pada ruang tamu, Anda dapat menambahkan sebuah lukisan besar, meja untuk minum kopi, dan sebuah meja permainan untuk Anak.

  • Dekorasi yang tidak menunjukkan kepribadian Anda

Interior rumah haruslah mencerminkan kepribadian Anda. Ketika tamu datang mereka akan secara spontan menilai kepribadian Anda dalam memilih desain interior yang tepat. Pada ruang tamu misalnya, Anda bisa menaruh barang-barang yang Anda suka seperti aksesoris saat Anda traveling. Tidak hanya itu, Anda bisa memilih furnitur yang memiliki warna dan bentuk unik yang akan menarik perhatian tamu yang datang ke rumah.

Demikianlah beberapa kesalahan yang umumnya ditemui terkait dengan desain interior rumah. Dengan mengetahui beberapa kesalahan diatas tentu sekarang Anda sudah memiliki gambaran desain interior yang Anda impikan tanpa takut untuk melakukan kesalahan.

Selamat mencoba dan semoga beruntung 🙂

..

architectaria.com | Arsitek, Desain Interior, General Contractor

Untuk Anda yang berada diwilayah JABODETABEK dan membutuhkan jasa arsitek, desain interior dan jasa kontraktor untuk membangun/merenovasi rumah, silahkan menghubungi kami melalui nomor: 081229400888, 087710400888, 021-83836281, atau 0251-9195383 (Bogor).

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

No Comments Yet.

Leave a Comment