Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Merenovasi Rumah?

renovasi-rumah-dengan-budget-terbatas-1

Tips renovasi rumahInformasi mengenai beberapa tanda yang harus Anda ketahui bahwa kini saatnya bagi Anda untuk merenovasi rumah.

Suasana rumah yang begitu-begitu saja tentunya membuat Anda bosan. Oleh karena itu, Anda harus melakukan beberapa perubahan agar suasana hati Anda tetap terjaga ketika berada di rumah. Hal ini merupakan salah satu tanda bahwa rumah Anda harus direnovasi.

Sebenarnya ada beberapa tanda yang harus Anda ketahui bahwa mungkin ini adalah saatnya bagi Anda untuk melakukan penyegaran atau renovasi pada rumah Anda. Ingin tau apa saja tanda-tandanya, berikut ini adalah penjelasan lebih lengkapnya.

  1. Perubahan pada gaya hidup

Setiap orang tentu saja menginginkan rumah yang sesuai dengan gaya hidupnnya. Tampilan keseluruhan rumah merupakan hal yang harus diperhatikan ketika Anda ingin melakukan renovasi. Tampilan yang indah tentu saja juga mempengaruhi suasana hati dan tentu saja dengan pengaturan ruangan yang rapi, Anda tetap bisa menjaga kesehatan keluarga.

Kadang bisa jadi Anda membutuhkan ruang tambahan karena bertambahnya anggota keluarga yang memaksa Anda untuk menambah satu ruangan misalnya saja ruangan bayi yang baru saja lahir. Atau mungkin dengan pekerjaan Anda yang semakin banyak, rumah harus memiliki sebuah kantor kecil untuk meringangkan beban pekerjaan Anda.

Untuk itu, dengan seiring perubahan gaya dan kebutuhan hidup, tentu rumah harus direnovasi agar tetap mampu memenuhi kebutuhan akan tempat tinggal Anda.

  1. Saat Anda ingin menjual atau membeli rumah

Ketika Anda ingin menjual dan membeli rumah tentu saja Anda menginginkan rumah tersebut dalam keadaan sesempurna mungkin. Jika Anda ingin membeli rumah, luangkanlah sedikit waktu Anda untuk melihat kondisinya secara keseluruhan. Jika memang Anda menyukai kondisi keseluruhan rumah dan menginginkan sedikit perubahan, tidak Ada salahnya bagi Anda untuk sedikir melakukan perubahan atau renovasi agar rumah yang Anda impikan sepenuhnya menjadi nyata.

Sama halnya ketika Anda ingin menjual rumah, agar calon pembeli tidak kecewa, pastikan kondisi rumah terlihat sempurna dengan setidaknya hal ini akan semakin meningkatkan nilai jual rumah.

desain-dapur-yang-mudah-dibersihkan-2

Renovasi dan Perawatan Dapur di Rumah

  1. Ketika terdapat kerusakan di beberapa bagian rumah

Anda mungkin dapat melihat kerusakan pada beberapa benda dirumah Anda seperti cat dinding, lantai keramik yang retak, dan lemari kabinet dapur yang sudah tidak dapat digunakan, atap yang bocor. Jika Anda segera menangani kerusakan di beberapa bagian rumah dengan melakukan renovasi secara besar-besaran, tentunya Anda dapat mengemat aggaran dana untuk beberapa waktu yang Akan datang karena Anda dapat menggunakan sisanya untuk hal lain.

Kerusakan kadang tidak akan terlihat jika Anda tidak melakukan pengamatan mendalam, untuk itu sesekali Anda dapat melakukan pengecekan pada beberapa bagian rumah untuk mengetahui kerusakan yang ada agar Anda dapat segera melakukan perbaikan.

  1. Lingkungan sekitar tempat tinggal Anda mengalami perubahan

Tentu saja sebagai pemilik rumah Anda tetap harus menyesuaikan dengan lingkungan sekitar Anda agar tampilan rumah tidak ketinggalan dengan lngkungan sekitar. Apalagi jika lingkungan tempat tinggal Anda terdiri dari berbagi tempat umum yang mewah seperti restaurant, mall, atau taman, tentu saja perbaikan dan renovasi tampilan rumah harus Anda lakukan agar dapat menembah value atau nilai dari rumah tempat tinggal Anda yang berada pada lingkungan srategis.

  1. Ketika Anda sudah siap secara financial

Renovasi rumah tentu membutuhkan dana yang tidak sedikit. Karena bisa jadi renovasi akan membebani Anda secara finansial ketika Anda memaksakan untuk merenovasi rumah secara keseluruhan. Namun ketika secara finansial Anda sudah siap, renovasi tentunya bukan suatu hal yang harus Anda lupakan. Karena tentunya dengan biaya dan anggaran yang Anda miliki, proses renovasi akan semakin mudah dan terarah. Hingga akhirnya rumah yang Anda idamkan menjadi kenyataan.

  1. Saat rumah Anda nampak kosong

Ketika rumah Anda nampak kosong karena sebagian anggota keluarga harus pindah, ini adalah saat yang tepat bagi Anda untuk melakukan perubahan agar ruangan lebih berfungsi sesuai dengan kebutuhan Anda. Kamar kosong yang ditinggalkan oleh anggota keluarag dapat diubah menjadi kamar tidur yang lebih luas sehingga kamar tersebut dapat dapat dihuni oleh beberapa orang.

Rumah yang nampak kosong sangat baik untuk masa tua Anda karena dengan rumah yang nampak kosong Anda dapat membuat sebuah ruang lagi yang dapat difungsikan secara lebih. Misalnya, jika Anda memiliki rumah dengan dua lantai, lantai pertama rumah Anda dapat di fungsikan sebagai ruang utama yang terdiri dari kamar tidur utama, ruang dapur, ruang amu.

Sedangkan pada lantai ke dua dapat difungsikan sebagai ruang pelengkap untuk para tamu yang datang berkunjung untuk menginap.

  1. Ketika bangunan rumah memiliki beberapa masalah

Terkadang renovasi rumah terlaksana bukan karena keinginan tapi karena kebutuhan. Jika struktur bangunan rumah Anda memiliki beberapa masalah seperti  bangunan mulai lapuk dan sistem pipanya rusak, terpaksa Anda harus melakukan perbaikan dan renovasi dengan membongkar dinding dan atap rumah. Kabel listrik yang tidak teratur juga harus ditata dengan rapi sehingga tampilan rumah tidak terlihat berantakan.

Selamat mencoba ūüôā

..

architectaria.com | Arsitek, Desain Interior, General Contractor

Untuk Anda yang berada diwilayah JABODETABEK dan membutuhkan jasa arsitek, desain interior dan jasa kontraktor untuk membangun/merenovasi rumah, silahkan menghubungi kami melalui nomor: 081229400888, 087710400888, 021-83836281, atau 0251-9195383 (Bogor).

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

No Comments Yet.

Leave a Comment