Kabinet Display, Fungsional untuk Meletakkan & Memajang Barang – Barang Berharga

kabinet display_1

Mengenal jenis, tipe, fitur, dan fungsi kabinet display serta pertimbangan dalam memilih dan membelinya.

Kabinet display digunakan untuk berbagai tujuan dan furniture ini tak hanya ditemui di rumah, tapi juga perkantoran dan pusat – pusat bisnis lain. Kabinet ini tersedia dalam range ukuran dan desain dengan menyesuaikan barang yang akan diletakkan di dalamnya. Kabinet display juga bisa didesain secara elegan, klasik, mewah, sederhana, yang semuannya disesuaikan dengan tipe dan selera pemilinya.

Ingin tahu hal – hal lain seputar display kabinet? Berikut ini ulasannya:

Tipe kabinet display

Kabinet display tersedia dalam berbagai tipe tergantung dari tujuan penggunaannya. Ada tipe atau jenis Curio cabinets, corner cabinets dan end-table cabinets yang cocok digunakan untuk memajang benda – benda keramik dan kristal. Sementara Award cabinets lebih cocok digunakan untuk memajang medali, piala, dan piagam penghargaan lain.

Desain kabinet display

Pemilihan desain kabinet display mengacu pada selera masing – masing pemiliknya. Ada yang lebih menyukai desain kabinet yang klasik dengan ukiran di sudut, di bagian atas, hingga kaki – kakinya. Atau bagi mereka yang menyukai desain modern minimalis, mungkin kabinet display dengan garis – garis lurus dan tegas (straight lines) lebih disukai. Selain itu, desain kabinet display semacam ini juga lebih merepresentasikan kesan furniture modern.

Desain case pada kabinet display juga bermacam – macam. Ada yang berdiri sendiri di atas lantai (floor model) , ada yang harus ada yang dibuat menyatu dengan dinding (wall mounted). Untuk display kabinet dengan floor model, tingginya cukup bervariasi bahkan hingga melebihi kepala. Display kabinet itu tak hanya berfungsi sebagai tempat memajang benda – benda koleksi saja, bahkan kadang bagian atasnya bisa difungsikan sebagai meja atau end table.

Fitur – fitur kabinet display

Material dan fitur yang paling dominan pada kabinet display adalah kaca, sementara framenya (yang biasanya terbuat dari besi atau kayu) justru tidak terlalu dominan. Namun, untuk jenis kabinet display china, justru fitur atau material besi/kayu yang menjadi dominan, sementara keberadaan kaca hanya ada di satu sisi saja. Ada juga kabinet display yang menyisipkan cermin di bagian interiornya, agar bentuk keseluruhan benda yang ada di dalam bisa diamati dari berbagai sudut.

Keberadaan kaca yang menjadi dominan pada kabinet display ini bukan tanpa alasan, tapi untuk menarik perhatian orang – orang agar mengarahkan pandangannya pada benda atau koleksi yang dipajang pada kabinet display tersebut. Tak heran, kadang kabinet display ini juga dilengkapi dengan sistem lighting di dalamnya (interior lighting). Selain itu, agar tampilan benda koleksi terlihat menarik, Anda bisa memilih item – item yang cukup manarik untuk dijadikan latar belakangnya, misalnya piring keramik china dengan lukisan yang artistik. Namun, pastikan yang menjadi back drop (latar belakangnya) bukanlah sesuatu yang mencolok yang justru akan mengalihkan fokus pandangan kita.

Khusus untuk kabinet display yang digunakan untuk menyimpan benda – benda bersejarah (bendera, senjata api, pedang, senjata tradisional, dll) jangan lupa untuk menggunakan kain yang lembut seperti beludru atau sutra sebagai alasnya.

kabinet display_2

Desain dan Fitur-fitur Kabinet Display

Fungsi kabinet display

Pada dasarnya, kabinet display diperuntukkan sebagai tempat memajang benda, koleksi, penghargaan, foto, cenderamata, atau benda lain yang memiliki kesan khusus. Tapi ada kalanya kabinet display diperuntukkan untuk tujuan lain, bukan sekedar sebagai tempat memajang koleksi atau benda – benda berharga, khususnya kabinet display yang biasa ditemukan di rumah. Adapun jenis kabinet display yang paling banyak digunakan di rumah adalah Curio cabinets, corner cabinets dan end tables. Kabinet semacam itu lebih berfungsi untuk menjaga agar barang – barang di dalamnya tidak mudah pecah.

Sementara kabinet yang khusus digunakan untuk menyimpan senjata api atau benda – benda tajam biasanya dilengkapi dengan sistem pengunci supaya benda di dalamnya aman dan tidak mudah dijangkau.

Khusus untuk kabinet display yang digunakan di area bisnis atau di toko, misal toko kamera atau toko perhiasan, biasanya memiliki ukuran kaca yang lebih tebal. Kaca ini lebih aman dibandingkan kaca biasa karena tidak mudah pecah, sehingga barang – barang di dalamnya bisa terjaga.

Tak hanya di rumah, perkantoran, atau pusat perbelanjaan, kabinet display juga bisa ditemui di lembaga seperti sekolah. Biasanya, kabinet display akan diisi dengan trofi, piala, hingga piagam penghargaan yang diraih siswa. Kabinet ini biasa dipajang di tempat terbuka / area strategis, sehingga tamu atau wali murid yang berkunjung di sekolah tersebut bisa mengetahui reputasi sekolah yang dilihat dari jumlah penghargaan yang diraih.

Pertimbangan – pertimbangan lain sebelum memilih jenis kabinet display

Desain dan ukuran biasanya menjadi pertimbangan utama dalam memilih kabinet. Namun, sebenarnya ada faktor lain yang tak kalah penting, misal faktor jenis dan tebal kaca, kedua faktor ini turut menentukan tingkat keamanan kabinet display. Bagi Anda yang ingin mendapatkan proteksi yang lebih, Anda bisa memilih jenis tempered glass, yakni jenis kaca yang lima kali lebih kuat dibandingkan kaca biasa serta tidak mudah pecah. Selain itu, jika benda koleksi yang Anda pilih berukuran kecil, maka Anda bisa mempertimbangkan memilih kabinet dengan banyak rak di dalamnya.

Selamat mencoba 🙂

..

architectaria.com | Arsitek, Desain Interior, General Contractor

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

1 Comment

  1. bagusnya terbuat dari bahan apa?

Leave a Comment