Jenis – Jenis Tanaman Bunga yang Cocok Ditanam dalam Pot

flower

Jenis – jenis tanaman bunga yang indah dan menarik serta cocok ditanam dalam pot sehingga bisa menjadi salah satu dekorasi interior maupun eksterior.

Bingung mencari dekorasi rumah yang fresh dan menarik? Beralihlah pada bunga. Ya, bunga sering dijadikan hiasan, baik dalam dekorasi interior maupun eksterior. Untuk dekorasi eksterior, bunga sudah merupakan hal yang lumrah kita temui. Sementara untuk dekorasi interior, bunga juga sering dipilih oleh pemilik rumah untuk mempercantik tampilan interiornya. Namun, kebanyakan bunga yang dipilih untuk dekorasi interior adalah bunga imitasi.

Bunga imitasi memang menyajikan kesan artistik tersendiri karena bisa dibuat dari berbagai macam material, mulai dari plastik, pita, manik – manik, sedotan, lidi, daun kering, hingga barang – barang bekas. Tetapi, bunga imitasi ini tidak akan bisa menghadirkan hal yang ditawarkan oleh bunga asli, yakni wangi yang segar. Memang, bunga imitasi lebih awet dan bisa bertahan lama, namun bunga imitasi ini tetap tidak akan bisa menampilkan kesan segar seperti yang bisa kita dapatkan dari bunga yang asli.

Tak ayal, banyak orang yang kini mulai melirik tanaman bunga asli untuk ditempatkan sebagai salah satu pemercantik dekorasi rumah. Sebagai media tanamnya, dipilihlah pot – pot dari plastik atau tanah liat. Mengingat bunga yang asli ini membutuhkan udara segar serta paparan sinar matahari agar bisa berkembang, tak jarang bunga dalam pot ini pun diletakkan di tempat – tempat yang terkena sinar matahari, misalnya di tepi jendela, di balkon, maupun di serambi.

Pot banyak dipilih sebagai media tanam karena bisa mencegah tumbuhan mupun bunga itu sendiri untuk tumbuh menyebar tak terhingga. Selain itu, kondisi tanah dalam pot juga lebih mudah dikontrol, misalnya yang berkaitan degan kandungan air, kadar keasaman (pH), kelembaban, dll. Selain itu, media pot juga paling tepat untuk digunakan berbagai jenis tanaman, terutama tanaman dengan kekuatan akar yang tidak terlalu baik.

Dalam hal bunga, ada beberapa jenis bunga yang wajar ditanam dalam pot, namun ada juga yang tidak cocok. Dengan mengetahui hal ini, pastinya akan sangat membantu Anda memilih bunga yang tepat untuk menjadi dekorasi interior maupun eksterior rumah Anda.

1. Bell Flowers

Bell flower adalah tumbuhan yang hidup dan berkembang sepanjang tahun tanpa terpengaruh musim. Sesuai namanya, tumbuhan ini memiliki bunga yang menyerupai lonceng. Bunga dari tumbuhan ini biasanya muncul di awal – awal juli. Tiap batang dari tumbuhan ini bisa tumbuh belasan bunga berwarna ungu dan bisa tumbuh hingga 30 inchi. Untuk ditanam dipot, tumbuhan ini cukup gampang dalam perawatan dan tetap bisa berkembang secara maksimal.

bell flower

Bunga Lonceng (Bell Flower)

Bunga Bellflower ini akan terus tumbuh sampai musim dingin tiba. Meski cukup mudah ditanam dan dirawat, pastikan bahwa tumbuhan ini mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup serta sistem drainase yang baik. Jangan sampai tanah menjadi terlalu becek dan menimbulkan genangan, yang biasanya kerap terjadi setelah tanaman selesai disiram air.

2. Butterfly Flower

Butterfly flower, atau banyak juga yang menyebutnya butterfly milkweed merupakan tumbuhan asli Amerika Serikat dan jarang ditemui di Indonesia. Tumbuhan ini cukup baik ditanam di pot dan akan menghasilkan bunga yang cantik dengan warna oranye yang mencolok. Biasanya bunga akan muncul pada sekitar bulan Juli – Agustus.

butterfly flower

Bunga Kupu-kupu (Butterfly Flower)

Selain itu, tumbuhan ini bisa tumbuh hingga penjulang tinggi mencapai 24 hingga 36 inchi. Seperti namanya, bunga ini disebut butterfly atau ‘kupu – kupu’ karena bunganya mampu menyedot perhatian kupu – kupu. Tumbuhan ini mengalami penyerbukan di daun dan dibantu oleh adanya kupu – kupu ini.

Dalam merawat tanaman ini, pastikan lokasinya terpapar sinar matahari baik langsung maupun tidak langsung. Juga, pastikan media tanamnya terdiri dari campuran pasir. Jangan lupa untuk memberikan lubang – lubang kecil di samping maupun bawah pot untuk pengeringan.

3. Caladium

Caladium merupakan tumbuhan yang juga banyak dipilih sebagai dekorasi interior maupun eksterior. Tumbuhan ini tak hanya cantik pada bunganya, tapi juga daunnya. Ya, tumbuhan ini memiliki daun yang berwarna – warni, sehingga dalam satu tanaman, bisa terdapat berbagai macam warna. Namun karena ukuran daunnya yang cukup besar, tanaman ini mengalami penguapan yang besar dan dalam waktu yang cukup sering. Akibatnya kandungan air pada tanaman ini tersedot habis. Maka, usahakan sering – seringlah menyiramnya.

caladium flower

Bunga Caladium

Usahakan agar kondisi tanahnya juga terjaga kelembabannya karena Caladium menyukai tanah yang lembab. Namun, jangan sampai menimbulkan genangan air. Tak seperti tumbuhan lain yang menyukai paparan sinar matahari langsung, Caladium lebih menyukai area yang sedikit remang – remang dan lembab.

4. Impatien

Impatien merupakan jenis tanaman bunga yang cocok untuk ditanam dalam pot, baik yang digantung maupun diletakkan di bawah. Tanaman ini memiliki bunga – bunga dengan ukuran yang relatif kecil. Bunga – bunga ini memiliki warna yang beragam, misalnya merah muda, putih, mera, oranye, dan ungu. Tumbuhan ini memiliki beragam varietas dan bisa tumbuh hingga 9 – 30 inchi.

impatien flower

Bunga Impatien

Secara umum tumbuhan ini menyukai paparan sinar matahari, namun tidak secara langsung. Tumbuhan ini menyukai kondisi tanah yang sedikit lembab.

Selamat mencoba 🙂

..

Architectaria – Arsitek dan Perencana

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

1 Comment

  1. udin

    Artiklnya bagus dan bermanfaat bagi kami, bila Anda suka menanam atau merawat tanaman hias jenis anggrek, anda bisa kunjungi http://www.anggrek.id/ untuk menambah koleksi Tanaman anggrek Anad di rumah

Leave a Comment