Jenis-Jenis Sofa Set Untuk Rumah

Macam-macam jenis sofa set modern yang kerap digunakan di rumah-rumah, gedung, dan perkantoran. Jenis sofa ini dikategorikan berdasarkan bentuk dan fungsinya.

Setelah kemarin kita mengulas tentang sejarah dan model sofa yang pernah dibuat, kali ini kita akan membahas model-model sofa yang lain. Namun, tidak seperti edisi kemarin yang lebih menekankan model sofa dari segi desain dan bahannya, kali ini kita akan mengulas tipe sofa yang dilihat dari bentuk dan fungsinya.

Seperti yang kita tahu bahwa kebutuhan akan sofa selalu berubah. Dulu, sofa hanya digunakan oleh tempat duduk kaum bangsawan atau keluarga kerajaan di Arab. Lalu, sofa mulai dikembangkan sebagai model tempat duduk yang dapat digunakan oleh semua orang tanpa terkecuali. Sofa mulai diproduksi secara masal sehingga hampir setiap rumah memiliki sofa kala itu. Tak berhenti sampai disitu, perbaikan demi perbaikan terus dilakukan untuk memproduksi sebuah sofa yang nyaman dan mudah dibuat.

Teknologi-teknologi pendukung pun terus dikembangkan dan bahan-bahan baru bermunculan, seperti penambahan per atau pegas pada sofa serta penggantian bahan isi sofa yang semula dari jerami dan digantikan oleh busa. Dari tahun 1920an hingga saat ini, perkembangan sofa lebih cenderung ke pengembangan bentuk dan fungsi sofa. Fungsi sofa kini tak hanya sebatas tempat untuk duduk. Sofa bahkan bisa difungsikan sebagai tempat tidur dan tempat menyimpan barang. Menarik bukan? Berikut kita ulas satu demi satu model sofa terbaru beserta fungsinya.

1. Sofa Set Minimalis

Seperti namanya, sofa set minimalis ini memang dirancang dengan bentuknya yang sederhana. Sofa jenis ini lebih mengutamakan fungsinya untuk memberi kenyamanan pada penggunanya. Sofa set minimalis ini biasanya hanya memiliki satu fungsi dengan bentuknya yang tetap dan tidak dapat diubah-ubah. Ciri-ciri lain dari sofa set minimalis adalah bahwa sofa ini memiliki garis-garis lurus yang tegas, jelas dan tidak banyak lekukan-lekukan pada bodinya.

Gambar Sofa Set Minimalis

Selain itu, sofa ini umumnya tak terllau besar sehingga dapat menghemat tempat di sebuah ruangan. Sofa jenis ini cocok diterapkan pada ruangan dengan tema modern dan minimalis.

Saking sederhananya, mungkin kekurangan sofa model ini yaitu sofa ini kurang dapat memunculkan kesan mewah pada sebuah ruangan. Namun, keuntungan lain dengan menggunakan sofa jenis ini adalah sofa ini tidak akan terlihat kontras dan bertabrakan jika diletakkan di ruangan dengan konsep modern atau kontemporer seperti yang banyak diterapkan di rumah-rumah dan perkantoran saat ini.

Jadi, bila Anda menginginkan kesan mewah di ruangan Anda, mungkin Anda bisa berkesperimen dengan furnitur-furnitur yang lain seperti lampu hias, meja, atau wallpaper. Contoh jenis sofa set minimalis adalah otoman dan loveseat.

2. Sectional Sofa

Sectional sofa adalah jenis sofa yang dapat diubah bentuknya sesuai keperluan pengguna. Namun, sofa ini paling cocok dibentuk menyerupai huruf L. Sofa ini merupakan sofa idaman yang kerap digunakan di ruangan pada rumah-rumah modern saat ini. Sectional sofa berusaha menggabungkan dua model sofa ke dalam satu sota, yakni sofa biasa dan loveseat. Bentuknya yang menyerupai huruf L mampu memperkuat bentuk dan dimensi sebuah ruangan dimana sofa ini ditempatkan. Dengan menempatkan sectional sofa di rumah, Anda tak hanya dapat menggunakannya sebagai tempat duduk tapi juga tempat untuk bersantai, bermalas-malasan, menonton TV, atau sekedar membaca buku. Bagi Anda yang bermasalah dengan keterbatasan ruang penyimpanan untuk buku, remote control, barang-barang koleksi, atau benda-benda kecil lainnya, Anda tak perlu khawatir.

Gambar Sectional Sofa

Di beberapa desain sectional sofa yang dijual di toko-toko furnitur, biasanya sofa jenis ini telah dilengkapi tempat penyimpanan tambahan di bagian bawah yang cukup luas. Dengan demikian, Anda bisa memfungsikan ruang tambahan tersebut sebagai tempat untuk menyimpan benda-benda yang belum terakomodasi di lemari penyimpanan Anda.

Bahkan, Anda bisa menempatkan sebuah meja lipat ke dalam tempat penyimpanan tersebut. bila sewaktu-waktu Anda membutuhkan sebuah meja kecil untuk meletakkan minuman, Anda bisa menggunakan meja lipat tersebut.

3. Sofa Bed, Futon, dan Sleeper Sofa

Sofa Bed, Futon, atau Sleeper Sofa merupakan jenis sofa yang hampir sama fungsinya, yakni sofa yang memiliki 2 macam fungsi. Kedua fungsi tersebut yakni dapat digunakan sebagai tempat duduk biasa dan bila dibentangkan, sofa jenis ini akan membentuk sebuah tempat tidur kecil. Yang membedakan sofa bed dengan futon atau sleeper sofa adalah bahwa desai awal sofa bed berupa tempat tidur yang kemudian bisa dilipat dan digunakan sebagai sofa. Sedangkan futon dan sleeper sofa awalnya berupa sofa biasa yang bisa dibentangkan sehingga dapat difungsikan sebagai tempat tidur.

Gambar Sleeper Sofa atau Sofa Bed

Sofa jenis ini sangat menguntungkan bagi mereka yang tinggal di sebuah rumah dengan ukuran yang kecil dan fungsi ruang yang terbatas seperti pada apartemen. Dengan memiliki sofa jenis ini, maka si pemilik rumah dapat menyediakan tempat tidur tambahan bagi tamu yang sewaktu-waktu menginap. Sofa jenis ini juga bisa dikombinasikan dengan otoman untuk membuat tampilan sofa yang seperti biasa.

..

Architectaria – Arsitek dan Perencana

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

No Comments Yet.

Leave a Comment