Jasa Pembersih Rumah, Perlukah?

jasa pembersih rumah_1

Mengenal jasa pembersih rumah, cara kerja, tarif, paket yang ditawarkan, ketersediaan garansi, dan tips dalam mencari jasa pembersih rumah yang tepat.

Menyambut momen – momen tertentu, seperti lebaran, natal, tahun baru, atau imlek, pasti kita disibukkan dengan berbagai persiapan. Salah satu persiapan yang mesti dilakukan adalah membersihkan, menata, dan mendekorasi rumah agar kental akan nuansa perayaan tersebut. Namun, kegiatan – kegiatan tersebut akan sedikit terganjal bila kondisi rumah Anda sudah kotor. Jika demikian, mau tak mau Anda harus mulai membersihkannya terlebih dahulu.

Bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu atau tak mau repot, Anda bisa melimpahkan tugas bersih – bersih rumah ke jasa pembersih rumah. Jasa ini biasanyanya memberikan pelayanan dengan mendatangi rumah Anda. Berbagai sudut rumah bisa ditangani oleh jasa ini, mulai dari dapur, kamar tidur, ruang tamu, hingga kamar mandi. Tak hanya itu, jasa ini juga menerima pembersihan furnitur seperti lemari atau meja, namun yang paling populer adalah pembersihan karpet dan sofa.

Jika Anda tertarik menggunakan jasa ini, sebaiknya ketahui dahulu beberapa aspek penting, misal cara kerjanya, biayanya, reputasi perusahaan, dan ada tidaknya garansi. Penjelasan di bawah ini akan mengulas lebih dalam tentang hal – hal yang harus dipertimbangkan tatkala menggunakan jasa pembersih rumah.

1. Cari referensi jasa pembersih rumah sebanyak – banyaknya dan pelajari reputasinya

Saat ini, telah banyak jasa pembersih rumah yang menawarkan harga yang cukup bersaing. Namun, mayoritas mereka hanya menawarkan jasa untuk area lokal atau regional dalam 1 kota. Untuk itu, Anda mesti pintar – pintar dalam memilih jasa pembersih rumah yang terbaik di kota Anda. Pelajari reputasinya dengan mencari tahu tentang eksistensi jasa tersebut di internet, dan lihat apakah ada komentar atau testimoni yang kurang baik dari jasa tersebut. Jika ada, sebaiknya beralih ke jasa pembersih yang lain. Anda juga bisa meminta rekomendasi dari rekan Anda untuk mendapatkan jasa pembersih dan memiliki reputasi yang bagus.

2. Cari tahu harga dan paket yang ditawarkan dan keuntungannya

Jika sudah menentukan jasa pembersih rumah, cari tahu kisaran harganya dan paket – paket yang ditawarkan. Biasanya, jasa ini menerima paket satuan atau menyeluruh. Paket menyeluruh biasanya dihitung per unit ruangan yang tarifnya berkisar antara puluhan hingga ratusan ribu. Pembersihannya biasanya dilakukan secara standar seperti menyapu, mengelap, dan mengepel, atau sama seperti yang biasa kita lakukan. Setiap ruangan tentunya memiliki harga yang bervariasi, namun biasanya kamar mandi adalah ruangan yang tarif pembersihannya paling mahal.

Yang pasti, setiap rumah atau ruangan mungkin dihargai dengan tarif yang berbeda dengan melihat tingkat kotornya sebuah ruangan, luas, dan banyaknya sudut – sudut yang sulit dijangkau. Tak heran, jasa pembersih rumah akan mematok harga yang berbeda di tempat yang berbeda.

Di samping sistem paket menyeluruh yang dihitung per unit ruangan, jasa ini biasanya juga menerapkan tarif satuan per m2. Jika diakumulasikan, kemungkinan biaya untuk membersihkan satu ruangan akan lebih mahal dibandingkan sistem paket menyeluruh. Namun, sistem satuan ini biasanya memiliki keunggulan dengan proses pembersihan yang lebih detail dan hasilnya pun lebih bersih dibandingkan dengan sistem paket. Sistem satuan tepat dipilih untuk ruangan yang terdapat bercak noda – noda yang sulit dihilangkan secara manual.

jasa pembersih rumah_2

Proses Pembersihan pada Kitchen Appliance

3. Cari tahu tahapan dan proses pembersihan

Meski Anda melimpahkan tugas bersih – bersih ini pada jasa pembersih rumah, bukan berarti Anda tak mau tahu tentang prosesnya. Sebaiknya, cari tahu bagaimana jasa ini melakukan pembersihan. Biasanya pembersihan untuk ruangan (lantai, dinding, plafon) dilakukan dengan cara biasa, seperti halnya kita membersihkan sendiri. Hanya, alatnya akan lebih canggih dan prosesnya lebih detail.

Khusus untuk pembersihan furnitur terutama sofa dan karpet, biasanya pembersihan akan dimulai dengan proses pencucian. Furnitur tersebut dicuci dengan sabun pembersih khusus dan alat khusus yang tidak akan merusak bahan sofa / karpet. Setelah itu, dilakukan proses pengeringan selama 3 – 4 jam, tergantung ketebalan bendanya.

Pengeringan juga dilakukan dengan alat khusus, sehingga furnitur bisa kering secara sempurna. Tetapi, kadang alat hanya bisa mengeringkan sofa 75 – 85 %, dan sisanya mesti dilakukan dengan pengeringan alami. Sebab jika masih terasa lembab, maka akan memicu timbulnya jamur, bau tak enak, dan benda menjadi cepat rusak.

4. Cek apakah ada jaminan atau garansi

Ketika Anda melakukan negosiasi kepada jasa pembersih rumah menyangkut tarif jasanya, jangan sungkan untuk menanyakan ketersediaan garansi. Garansi bisa meliputi berbagai hal, misal jika ada noda yang tidak atau belum hilang maka pemilik rumah bisa mengajukan pembersihan ulang secara gratis. Atau, garansi juga menyangkut kemungkinan benda atau barang yang ada dalam ruangan menjadi rusak/pecah karena keteledoran pegawai saat membersihkan rumah, atau kemungkinan warna memudar atau permukaan sofa menjadi mengkerut karena penggunaan zat pembersih tertentu yang tidak cocok. Garansi bisa meliputi penggantian barang atau sejumlah uang dengan nominal yang setara.

Selamat mencoba 🙂

..

architectaria.com | Arsitek, Desain Interior, General Contractor

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

3 Comments

  1. Menurut saya pribadi, jasa pembersih rumah tergantung dari seberapa besar area yang akan dibersihkan. Dan yang penting, apakah pekerjaan tersebut bisa kita handle sendiri atau memang perlu bantuan orang lain. Jika memakai jasa pembersih rumah, mungkin bisa saja digunakan untuk pembersihan rumah dalam skala besar, seperti misalnya merombak bagian tertentu pada ruangan dimana sebelum dirombak perlu adanya bagian atau perlengkapan yang harus dibereskan.

  2. HOUSE PRO SERVICES membantu membersihkan rumah anda.

    Daily Cleaning 90rb/100m2 :
    Dusting, sweeping, mopping, vacuuming, bath sanitizing, kitchen, teras/balkon.

    Deep Cleaning 1900/m2 (minimum 100m2) : sama seperti diatas PLUS Toilet & Windows Cleaning.

    Area Garasi & Taman tidak termasuk dalam pelayanan kami.

    Booking : 021 7206276 / 081286917009
    http://www.houseproservices.com

  3. Bagi Anda yang membutuhkan jasa bersih rumah di kota Bandung, kami siap melayani Anda

    SapuBersih
    02287801732
    081299115115
    BBM 5EA4844A
    LINE sapu.bersih
    http://sapubersih.id

Leave a Comment