Interior Desain Tips: Membangun Home Theater Sendiri – Beberapa Ide Dalam Menata Speaker Yang Inovatif

Berikut ini adalah beberapa ide/gagasan inovatif yang dapat anda pergunakan untuk menata speaker home theater anda.

Meskipun speaker home theater sangat hebat dalam meningkatkan kualitas suara dari film atau musik, speaker tersebut dapat juga merusak penampilan dari dekorasi ruangan home theater, terutama adalah merusak penampilan dari dinding ruangan. Oleh karenanya dibutuhkan ide-ide kreatif untuk menata penampilan speaker agar terlihat lebih inovatif, sehingga speaker didalam ruangan home theater anda terlihat lebih berbeda dari sekedar “kotak hitam” yang menempel di dinding ruangan anda.

Jika anda menggunakan kombinasi speaker berukuran kecil, anda bisa menyamarkan warnanya dengan warna dinding ruangan anda. Tentunya ini akan sangat membatasi pilihan dekorasi anda, tapi jika anda menyukai ide penggunaaan dinding berwarna putih, hitam atau abu-abu, maka ide ini akan sangat berguna. Cukup potong beberapa bagian plywood (kayu lapis) dengan ukuran kira-kira sama dengan ukuran speaker, nantinya plywood tersebut akan digunakan sebagai alas/dudukan untuk meletakkan speaker. Pasang beberapa balok kayu berukuran kecil sebagai penguat dibagian dinding yang akan dipasangi plywood untuk dudukan speaker, kemudian pasang rak/dudukan speaker dari plywood tersebut ke balok kayu dengan menggunakan sekrup. Langkah selanjutnya, cat dinding, rak/dudukan speaker dan sesuaikan warnanya dengan warna speaker anda.

Anda dapat menggunakan decorative wall sconce (tungkai berukir) yang berukiran indah untuk memegang speaker-speaker anda. Wall sconce tersedia dalam banyak ukuran, bentuk dan model. Anda bisa mencari plaster sconce atau sconce kayu dengan berbagai detail/ukiran dan berbagai lekukan-lekukan. Anda bisa mencari atau memesan sconce dengan bentuk yang antik, misalnya sconce dengan motif/ukiran daun acanthus. Anda juga bisa menggunakan sconce dari kayu Ebony yang diukir dengan motif ukiran ala Afrika. Atau anda juga bisa menggunakan sconce yang diukir dengan motif flora. Pemilihan sconce yg tepat akan menghilangkan kesan membosankan pada speaker anda, penampilan speaker anda akan menjadi lebih dari sebuah “kotak kayu” berukuran persegi.

Jika mau, anda bisa menyembunyikan speaker-speaker home theater tersebut. Letakkan speaker tersebut didalam panel dinding ruangan dengan cara membuat lubang pada dinding dengan ukuran yang sama dengan ukuran speaker-speaker tersebut. Pasang sebuah rak atau papan kecil diantara panel dinding untuk meletakkan dan menahan speaker-speaker tersebut. Kemudian gantung sebuah lukisan dari kain kanvas berukuran besar untuk melapis dan menutupi speaker-speaker tersebut. Jika ingin, anda bisa menambahkan bingkai dari kayu disekitar lukisan kanvas tersebut agar terlihat lebih artistik. Gunakan bingkai kayu tanpa kaca, karena fungsi bingkai kayu tersebut adalah merapikan dan memperkokoh posisi lukisan dari kain kanvas dan speaker yang ada dibaliknya Jika anda berhasil membuatnya maka anda memiliki sebuah benda seni sekaligus juga speaker dibalik kanvas lukisan itu. Anda juga bisa menyembunyikan speaker-speaker tersebut dengan membeli standing vase/pot bunga yang tinggi atau vase gantung, kemudian letakkan speaker-speaker tersebut diantara rerimbunan bunganya. Tapi pastikan pot bunga tersebut tidak tersiram oleh air.

Anda juga dapat memajang konfigurasi speaker-speaker home theater anda dengan meletakkannya pada rak yang digantung didinding. Berbagai macam bentuk rak dinding dapat anda beli atau anda buat sendiri. Mulai dari yang terbuat dari potongan kaca yg sederhana, kaca yang disusun sedemikian rupa, atau bentukan balok segi empat pada dinding.

Cara lain yang juga bisa digunakan untuk membuat rak inovatif bagi speaker anda adalah menjadikan rak tersebut sebagai bagian dari elemen dekorasi. Letakkan rak tersebut didinding ruangan, tata sedemikian rupa posisi rak tersebut, misalnya diantara patung-patung, gambar/lukisan, dan frame lukisan kosong. Bahkan jika anda mau, anda bisa meletakkan rak gantung/rak dinding tersebut didalam area frame lukisan yang kosong. Bisa juga anda membuat beberapa rak, kemudian atur posisi rak yang akan anda gunakan untuk meletakkan/dudukan speaker diantara rak-rak yang lain.

Gunakan rak dinding yang berbahan dasar kayu, atau rak kayu yang dilapisi oleh kulit berwarna gelap, atau rak yang terbuat dari metal/logam untuk memajang speaker anda. Jika ini telah anda lakukan dengan benar, maka anda benar-benar telah menyamarkan speaker-speaker tersebut. Jangankan orang lain, bahkan anda sendiripun akan mengalami kesulitan untuk menentukan yang manakah speaker diantara elemen dekorasi di dinding tersebut.

Selamat membangun dan menata home theater dirumah Anda :)

..

Architectaria – Arsitek dan Perencana

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

5 Comments

  1. Zulhaqqie Rayhand

    Sound proffingnya belum dibahas ya?

  2. Saya pikir kita butuh karpet yang tebal untuk kelengkapan sound proofing nya..Hahahaha. Sedang dibuatkan artikel tentang sound proofingnya mas Zulhaqqie. Sukses yah

  3. gathie

    saya mau tanya sediki tentang bagaimana sieh caranya membuat speaker active sendiri dengan menggunakan subwoofer 10 inchi dan menghasilkan suara yang bagus..

    tolong info…. gambar dan langkah langkah perngerjaanya..

  4. patio

    This is special total information for complete furniture such Wicker Furniture,Patio furniture,Home Theater Furniture,Nigthclub furniture,tips and triks

  5. dave

    Bleh tanya mas ,gmana kalo mau buat peredam u ruangan ,hm theatre ukuran 4x 5m dgn bahan2 yg seekonommis mungkin?tp punya efek redam / diffuser yg memadai ?trims sbelumnya..

    Jawab:

    Yang paling umum adalah membuat panel dinding dengan bahan plywood, dan diantara plywood diisi dengan glass wool.

    Regards,

    Aria

Leave a Comment