Interior Desain Tips: Beberapa Ide Dalam Mendekorasi Home Theater Dirumah Anda

home theater1

Tips desain interior rumah – Mendesain home theater dirumah, meliputi peralatan audio dan video, desain, dan teknik penataan suara atau akustik.

Hallo pembaca setia architectaria.com, pertama kali saya ingin menyapa anda.. Apa kabar? Semoga anda semua beserta keluarga selalu dalam keadaan sehat dan diliputi rasa bahagia. Senang sekalia rasanya saya bisa kembali menulis artikel dan tips buat anda. Saya beberapa kali menerima email yang meminta untuk dibuatkan artikel atau tips tentang home theater (home theatre), langkah-langkah pembuatan dan proses mendekorasi home theater tersebut tentunya. Berikut ini adalah beberapa saran dan ide untuk membantu mewujudkan Home Theater dirumah anda. Selamat membaca..

Home theater dengan cepat telah menjadi sesuatu yang “harus dimiliki” oleh setiap keluarga saat ini. Mulai dari bentuk/susunan ruang keluarga yang sederhana sampai dengan sebuah ruangan yang didesain khusus dengan bentuk dan susunan tempat duduk yang dibuat secara teratur, home theater saat ini bukan lagi sesuatu yang mahal yang dapat dinikmati oleh orang-orang kaya saja. Adapun hal yang membuat home theater saling berbeda satu dengan yang lainnya tidak hanya dipengaruhi oleh kelengkapan bagian-bagiannya, tapi juga tampilan dari home theater tersebut.

Desain Interior Home Theater – View 1

Dalam hal ini, tampilan home theater berkaitan dengan dekorasi atau bagaimana kita sebagai pemilik mendekorasinya. Proses mendekorasi home theater tergantung pada kondisi ruangan, seberapa baik ruangan dan pencahayaan diruangan tersebut dapat berfungsi sebagai pusat hiburan bagi keluarga dan teman-teman anda. Berapapun budget anda, menciptakan theater yang nyaman dan tidak membosankan sangatlah mudah untuk dilakukan. Berikut ini adalah beberapa ide/gagasan untuk menciptakan “theater yang mampu membuat anda bersenang-senang”.

Desain Interior Home Theater – View 2

Langkah awal, pengecatan pada dinding ruangan dan plafon/langit-langit diruangan tersebut. Untuk pemilihan warna cat, sesuaikan saja warna cat dindingnya dengan warna kesukaan anda. Tetapi saya sarankan anda menggunakan warna cat yang agak gelap, misalnya grey, light grey, merah marun, dsb. Anda juga berimajinasi dengan berbagai dsain dan warna wallpaper, selama itu membuat anda comfort, do as you wish.

Untuk lantai, pilihlah material yang permukaannya mudah dibersihkan atau bisa saja dipilih karpet permadani (ambal) yang berwarna sedikit gelap. Hal ini berguna untuk menyamarkan kotoran pada lantai ruangan anda. Untuk penataan cahaya, pilih recessed lighting (frame lampu yang ditanam pada langit-langit ruangan) atau downlight ,gunakan bola lampu dengan bentuk yang sederhana, untuk jenis atau type bola lampu bisa digunakan jenis incandescent bulbs atau biasa dikenal sebagai lampu pijar. Tambahkan dimmer control/dimmer switch untuk menciptakan dan mengatur efek dramatis dari cahaya agar lebih realistis.

Desain Interior Home Theater – View 3

Jika budget anda masih memungkinkan, anda dapat mempertimbangkan untuk membuat tempat duduk (seat) dua tingkat seperti susunan seat yang ada distadion. Cara membuatnya dengan menggunakan kayu lapis yang kokoh dan 2 s/d 4 susunan balok kayu, sehingga anda dapat meninggikan satu area/bagian tempat duduk (biasanya tempat duduk dibagian belakang dibuat lebih tinggi) agar setiap orang yang berada didalam home theatre tersebut memiliki sudut pandang yang bagus.

Desain Interior Home Theater – View 5

Berbicara tentang tempat duduk untuk home theater (home theater seat), beberapa toko furniture menyediakan theater seating dengan 2 atau 4 kursi yang disatukan, theater seating tersebut dilengkapi dengan tempat meletakkan cangkir minuman pada sandaran tangannya (arm rest). Beberapa home theater seating ini terbuat dari berbagai macam bahan dan warna, tetapi yang paling populer digunakan adalah bahan dari kulit asli atau kulit yg lebih lunak.

Jika ruangan anda tidak terlalu luas atau anda menghendaki terdapat suatu area didalam ruangan yang lebih intim, anda dapat membeli 2 reclainer seat berbahan kulit yang berwarna gelap. Lengkapi 2 reclainer seat tersebut dengan sebuah meja sederhana. Letakkan selimut dan bantal kursi diatas masing-masing seat sebagai sentuhan akhir untuk kenyamanan anda.

Desain Interior Home Theater – View 6

Sekarang waktunya untuk menambahkan aksesoris untuk home theater anda, poster dari film-film lama adalah salah satu aksesoris yang bagus untuk setiap home theater. Apalagi jika poster tersebut adalah poster dari film favorit anda. Anda dapat mencari poster film tersebut melalui video craft atau took yang menjual benda-benda seni. Anda juga bisa menemukan berbagai koleksi poster-poster film klasik di internet. Bingkai poster berukuran besar biasanya relatif tidak terlalu mahal dan dapat ditemukan diberbagai penjaja lukisan, toko bingkai atau craft store.

Silahkan cek dan bandingkan harga atau diskon yang diberikan oleh tiap-tiap toko agar anda bisa lebih berhemat. Beludru yang tebal berwarna merah dapat digunakan sebagai bingkai disekitar layar televisi anda, atau untuk meredam cahaya dari celah jendela, atau sebagai pengganti cat pelapis dinding. Jika bahan beludru yang anda beli berlebih, gunakan kelebihan atau sisa dari beludru merah tersebut untuk menciptakan alur permadani dimulai dari pintu masuk home theater sampai dengan area tempat duduk (seating area).

Desain Interior Home Theater – View 7

Tidak ada home theater yang tidak dilengkapi dengan makanan dan minuman. Jika space didalam ruangan tersebut masih memungkinkan, lengkapi home theatre anda dengan bar mungil built-in. Lengkapi dengan sink dan rak/cabinet atau lemari mungil untuk menyimpan barang pecah belah dan perlengkapan kuliner anda.

Bar home theater yang komplit biasanya terdiri atas microwave, kulkas/pendingin kecil yang terisi beraneka minuman bersoda, aneka minuman dari sari buah (jus), minuman botol, dan popcorn akan jadi jaminan ruangan anda terisi dengan berbagai aroma yang mengundang selera.

Minibar on Home Theater

Desain Interior Home Theater – View 8

Agar lebih mudah, anda dapat membeli atau membuat lemari/rak penyimpanan, entertainment system untuk menampung peralatan audio visual, atau koleksi dvd anda. Jika memungkinkan atau tersedia, pilihlah komponen (rak atau entertainment system) yang sesuai dengan warna dinding dalam ruangan tersebut atau bisa juga sebaliknya..sesuaikan warna dinding ruanagan dengan warna komponen didalam ruangan tersebut. Keserasian warna dinding dan komponen didalam ruangan akan membuat semua hal didalam ruangan tersebut tampak menyatu.

Desain Interior Home Theater – View 9

Terakhir, untuk menentukan titik pusat pada home theater anda, hal yang harus diperhatikan adalah memilih peralatan. Harap diingat bahwa anda dapat menemukan sistem dan konfigurasi speaker yang dapat di pasang kedinding agar dinding ruangan anda tetap terlihat bersih dan rapi. Bagian luar dari speaker tersebut dapat di cat dan diperlakukan sedemikian rupa agar terlihat menyatu dan tampilannya kasat mata.

Jika proyektor dengan layar berukuran besar tidak memungkinkan untuk anda beli, maka televisi standar berukuran besar dengan kualitas suara surround juga lumayan bagus untuk digunakan. Tambahkan tuner, perangkat audio (amplifier, dsb), dan konfigurasi speaker untuk kualitas suara yang lebih maksimal.

Desain Interior Home Theater – View 10

Desain Interior Home Theater – View 11

Home theater dibuat untuk bersenang-senang, tempat bersantai dan beristirahat bagi anggota keluarga, tempat untuk menghabiskan waktu bersama-sama sambil menikmati hiburan. Proses mendekorasi ruangan tersebut harusnya didasarkan pada kenyamanan, sehingga nantinya anda dapat menikmati film-film kesukaan anda atau acara-acara disana, dihome theater anda, ditempat peristirahatan yang paling nyaman, didalam rumah anda sendiri 🙂

Selamat menata dan mendekorasi home theater dirumah Anda 🙂

..

architectaria.com | Arsitek, Desain Interior, General Contractor

Untuk Anda yang berada diwilayah JABODETABEK dan membutuhkan jasa arsitek, desain interior dan jasa kontraktor untuk membangun/merenovasi rumah, silahkan menghubungi kami melalui nomor: 081229400888, 087710400888, 021-83836281, atau 0251-9195383 (Bogor).

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

16 Comments

  1. eddie

    Saya mendapat pekerjaan membuat home theatre, apakh bisa bantu dimana saya bisa membeli bangku ataupun sofa untuk homa thetre tsb, terima kasih sebelumnya

  2. Good post.

  3. Nona

    saya minta tolong dong
    kira-kira berapa standar ruang untuk pembuatan theatre
    terima kasih sebelumnya

  4. rudy

    saya ada pek home theater bisa dibantu bahas sound proofingnya
    terutama problemnya suara keluar dari pintu.
    bagi teman2 yg ingin membuat sofa custom bisa contact saya
    Rudy 08159908166-70567671. kualitas dan harga dijamin.
    thanks a lot.

  5. huda

    saya ingin membuat home teather, bisa dibantu informasi harga dan tempat beli kursi, sound untuk home teather harga yang terjangkau dengan kualitas maksimal,serta ukuran ruang standart untuk home teather…
    trima kasih
    mohon balasan secepatnya

  6. Molly Moore

    i still do not which one to choose? Vacuum Tube audio amplifiers or the Transistorized ones-`*

  7.  Mirror Tiles

    incandescent light bulbs should be phased out because they waste a lot of electrical energy:.;

  8. luthfie

    numpang tanya boss saya punya home theater tertutup, saya pasang exhaust di plafon kok suaranya bocor keluar lewat atap ? gmn ya spy bisa suara tdk bocor thank

  9. Caden Alexander

    the best amplifiers are made boy Bose and Sennheiser’~`

  10. Socket Set 

    my audio amplifiers are built on LM series integrated IC’s and they sound great too`,’

  11. Pine Cupboard 

    incandescent light generates high amounts of heat and it not energy efficient*`-

  12. Cooker Hoods ·

    incandescent lights uses too much electricity compared to compact fluorescent lamps —

  13. Yefke

    Kami menyediakan sistem home theater yang sangat bagus..dan 3D projector khusus untuk home..

    Hubungi saya, Yefke 08151833233

    ditunggu

  14. Hey all, I ran across your site by way of Search engines while trying to find a similar topic, your web site came out, it seems great. I’ve got saved as a favorite it inside my yahoo book mark

  15. Sharma

    Wah tips-tips di web architectaria.com sangat lengkap sekali. Saya suka sekali panduan dekorasi interior seperti ini.

    Kebetrulan saya sedang merencanakan untuk membangun home theater dirumah saya, sekarang saya dalam proses menabung.. Mungkin akhir tahun ini rencana tersebut akan saya realisaasikan.

    Thanks untuk tipsnya yang bermanfaat.

  16. I cling on to listening to the news lecture about receiving boundless online grant applications so I have been looking around for the finest site to get one. Could you tell me please, where could i find some?

Leave a Comment