Interior Desain Tips: Warna-warna Terbaik Untuk Kamar Tidur, Kamar Mandi dan Ruang Keluarga Berdasarkan Feng Shui

Mengecat ulang mungkin adalah cara terbaik untuk mendapatkan tampilan atau gaya yang baru pada sebuah ruangan. Hal ini relatif tidak mahal, kira-kira sebesar 750.000 s/d 1.500.000 rupiah, tergantung pada ukuran ruangan, kualitas dan persediaan cat. Mengecat ulang ruangan juga sangat mudah untuk dilakukan, pekerjaan ini adalah jenis “proyek 1 hari” dan dapat dilakukan oleh semua orang. Mengecat ruangan juga dapat menyebabkan penghuni rumah akan merasakan perubahan efek dramatis terhadap suatu ruangan. Jika warna cat yang dipilih mengikuti prisnip-prinsip feng shui, maka perubahan warna pada setiap ruangan tersebut akan membantu penghuninya untuk tidur lebih baik (meningkatkan kualitas tidur), menghangatkan dan memeriahkan setiap percakapan anggota keluarga ketika berada dimeja makan, dan merubah kamar mandi dari kamar mandi yang biasa menjadi “oasis” yang tenang dan damai.

Bagaimana menggunakan prinsip-prinsip, teknik-teknik aturan-aturan dan desain dari feng shui dalam memilih warna cat terbaik untuk kamar tidur, kamar mandi dan ruang keluarga. Semoga tips berikut ini dapat bermanfaat buat anda..

Kamar Tidur

Setiap kamar tidur menjadi tempat yang paling nyaman, dimana anda bisa beristirahat dan melepaskan kelelahan. Banyak juga orang yang menginginkan kamar tidur mereka menjadi tempat yang romantis, atau tempat dimana semua anggota keluarga dapat tidur bersama-sama. Kesalahan-kesalah umum yang biasa terjadi adalah, beberapa orang mewarnai dinding kamar tidur mereka yang terang untuk menghilangkan permasalahan berdasarkan bagua chart/Pa Kua chart, yaitu sistematika pembagian area rumah menjadi beberapa buah bagian/section, masing-masing section terdiri atas: keluarga, anak, relationship (keserasian hubungan), karir, kesehatan, ketenaran, keuangan/kekayaan, bumi, ilmu pengetahuan, dsb.

Sebagai contoh, Jika kamar tidur seorang artis berada pada posisi fame section, artis tersebut mungkin akan tergoda mewarnai kamar tidurnya dengan warna merah untuk meningkatkan ketenarannya. Saya yakin artis tersebut tidak bisa tidur nyenyak didalam kamar tidur yang berwarna merah ? Anda tau kenapa? karena merah termasuk dalam warna Yang, sementara tidur adalah Yin. Mungkin lebih baik jika sang artis melakukan beberapa hal seperti: meletakkan sebuah bantal, boneka, atau bingkai foto berwarna merah didalam kamar tidurnya, dan mewarnai kamar tersebut dengan warna-warna teduh yang lebih menyejukkan.

Cara lain yang bisa dilakukan untuk memilih warna kamar tidur adalah memilih warna-warna yang dapat meningkatkan kualitas unsur/elemen kelahiran anda. Seperti diketahui, ilmu feng shui mengelompokkan unsur/elemen kelahiran manusia menjadi beberapa bagian, air, kayu, api, tanah, dan logam. Seseorang yang unsur/elemen dominannya adalah air mungkin akan merasa nyaman berada didalam kamar tidur berwarna biru (pale blue atau navy blue), tetapi efek dari warna kamar tidur mungkin akan menyebabkan orang tersebut menjadi kurang dinamis. Seseorang dengan unsur dominan air dapat meningkatkan kualitas hidupnya dengan cara menambahkan beberapa warna yang dapat menyeimbangkan unsur/elemen dominannya, misalnya warna hijau untuk kayu, warna merah atau pink untuk api, warna kuning/oranye/coklat untuk tanah, dan warna putih/perak/emas untuk logam.

Memilih warna untuk kamar tidur anak mungkin sedikit lebih rumit. Kebanyakan orang tua ingin menggunakan warna pale (pucat) atau warna pastel yang termasuk kategori warna Yin dengan maksud untuk meningkatkan value unsur/element anak-anak mereka, tetapi yang harus diingat oleh para orang tua adalah: bahwa kamar anak adalah tempat bagi anak untuk tidur sekaligus juga tempat untuk bermain.

Mewarnai kamar tidur anak dengan warna yang dominan pucat atau pastel akan membuat anak selalu ingin keluar dari kamarnya saat diluar jam istirahat/tidur, jika anak dipaksa untuk selalu berada didalam kamar, maka akan menggangu pertumbuhan atau pengembangan ide-ide kreatif sang anak. Bermain bagi anak adalah bagian dari proses perkembangan, bermain akan mengasah kecerdasan dan kreatifitasnya.

Solusi yang bisa dilakukan adalah mengkombinasikan warna dinding kamar yang lembut (pale/pastel) dengan aksesoris pelengkap kamar (permadani, boneka, toys, meja belajar, lampu meja, dsb) yang berwarna kontras. Hal lain yang bisa dilakukan adalah membuat area bermain didalam kamar dengan menggunakan partisi ruangan, sehingga anak-anak bisa bermain sekaligus beristirahat didalam kamar tidurnya.

Kamar Mandi

Seperti halnya kamar tidur, kamar mandi juga harusnya menjadi tempat yang penuh dengan ketenangan. Bagi kebanyakan orang-orang yang sibuk, menghabiskan waktu sambil berendam dikamar mandi adalah hal yang paling tenang dan menyenangkan. Mewarnai dinding kamar mandi dengan warna-warna yang menyenangkan sebaiknya juga harus diusahakan. Ketika anda memilih warna untuk dinding kamar mandi anda, maka pikirkan tentang orang-orang yang akan menggunakan kamar mandi tersebut. Apa elemen dasar kelahiran mereka (api? air? tanah? kayu? atau logam?). Pastikan untuk memilih warna yang dapat meningkatkan kualitas elemen-elemen mereka. Harus diingat juga, bahwa mandi adalah kegiatan yang berkaitan dengan unsur Ying, dan pilihlah warna yang paling sesuai dengan unsur Ying. Bagian terakhir dari penataan kamar mandi adalah mengurangi efek/energi negatif dari area toilet dengan cara menambahkan salah satu dari warna yang masuk dalam unsur/elemen tanah, seperti warna kuning, oranye atau coklat.

Living Area

Aturan pertama ketika akan memilih warna untuk living area (yang termasuk dalam living area adalah: ruang tamu, ruang santai, ruang keluarga dan ruang makan) adalah: the entire family should feel comfortable with the color. Seluruh anggota keluarga harus merasa nyaman dengan warna yang dipilih.. Setiap warna akan memberikan semacam getaran, seperti halnya juga lampu yang mampu memberikan efek dramatis, efek dari warna juga demikian. Setiap anggota keluarga didalam rumah anda akan memberikan reaksi atau pendapat yang berbeda-beda soal efek daramtis atau getaran yang ditimbulkan oleh warna ruangan tersebut.

Misalnya, jika elemen anda adalah tanah, dan tanpa berdiskusi dengan anggota keluarga kemudian anda memutuskan untuk mewarnai dinding ruang makan yang semula berwarna putih bersih menjadi warna kuning terang (bright yellow), maka efeknya anda akan melihat putri anda yang memiliki unsur/elemen dominan logam tiba-tiba berubah menjadi pendiam pada saat waktunya makan malam.

Putri anda bukannya keras kepala atau menentang hasil pekerjaan anda atas dinding ruang makan tersebut, tetapi yang terjadi sebenarnya adalah: warna dinding ruang makan yang awalnya putih lalu berubah menjadi kuning terang membuat putri anda merasa tidak mampu mengatasi suatu hal yang salah yang tiba-tiba terjadi padanya. Hal ini mungkin terdengar aneh bagi anda, sama anehnya bagi saya yang tiba-tiba merasa kurang bergairah ketika memasuki area/ruangan yang dindingnya didominasi oleh warna kuning atau coklat.

Pikirkan secara hati-hati tentang pemanfatan ruang pada wilayah living area (ruang tamu, ruang santai, ruang keluarga, dan ruang makan) tersebut, yang saya maksud adalah untuk kegiatan apa saja ruangan-ruangan tersebut anda gunakan. Misalnya, jika anda suka mengadakan jamuan/pesta diruang makan atau ruang tamu, kemudian menggunakan ruang keluarga/ruang santai yang dilengkapi perapian (fireplace) untuk menikmati kesunyian malam sambil membaca buku, maka perhatikan semua kebiasaan anda tersebut ketika menetukan skema warna (color scheme) antar ruangan.

Pesta-pesta yang dilakukan didalam ruangan yang didominasi oleh warna-warna Yin (Yin adalah warna-warna lembut, sebagian mengatakan warna gelap) akan terasa hambar dan akan diingat sebagai pesta yang terasa lama namun membosankan. Anda juga akan merasa sulit berkonsentrasi pada buku bacaan anda jika warna dinding ruang keluarga terlalu didominasi oleh warna Yang (Yang adalah warna hangat, sebagian mengatakan warna terang).

Ruang santai yang dicat dengan warna kuning terang dan aksesoris pelengkap ruangannya berwarna merah terang atau purple (ungu) mungkin akan menjadikan pemandangan diruangan tersebut terlihat sangat buruk dan terkesan tidak nyambung. Anda juga bisa tertidur ketika sedang membaca buku jika warna dinding ruangan anda didominasi oleh warna beige (abu-abu kecoklatan) dan warna pastel. Usahakan untuk selalu menyeimbangkan antara keduanya (Yin dan Yang) dalam pemilihan warna disetiap living area.

Akhirnya saya hanya ingin mengatakan; diruang manapun itu, apakah dikamar tidur, dikamar mandi, atau di area living rumah anda (ruang tamu, ruang santai dan ruang keluarga), jika pemilihan warna cat dilakukan dengan benar dan hati-hati akan membuat perbedaan yang sangat mencolok. Perbedaan yang mencolok tersebut akan dirasakan oleh orang-orang atau anggota keluarga yang ada didalam rumah.

Dengan memilih warna cat yang sesuai dengan kaidah-kaidah feng shui untuk dinding diruangan anda, anda dan seluruh anggota keluarga akan menemukan suatu kondisi dimana anda akan tidur lebih baik, sangat menikmati mandi atau berendam dikamar mandi anda, frekwensi kegiatan makan malam bersama menjadi lebih sering terjadi, dan hubungan anggota keluarga yang makin harmonis diantara satu sama lain.

..

Architectaria – Arsitek dan Perencana

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

62 Comments

  1. Pasti artikel ini gak dibaca yah? Baca lagi deh :)

  2. roki ms

    mas mau brtanya….warna apa yang bagus untuk kamar remaja ?

  3. Nisa

    Mas, saya pengen ngecat kamar tidur dengan warna biru (warna favorit). Pengennya ada kombinasi dengan warna lain. Sebaiknya pengaplikasiannya gmn ya? Apakah dua sisi warna biru dan dua sisi warna lain, atau selang-seling. Terus kombinasi warnanya yg bagus dengan warna apa? Saya pengen dikombinasikan, supaya kamar ga terlihat monoton dengan warna biru, mas….makasih sebelumnya lho, mas…

    Jawab: Kalau bisa jangan dibuat model 2 sisi warna biru dan 2 sisi warna lain..kesannya jd malah aneh nantinya. Warna dominanya tetep warna biru, sementara warna lain hanya sebagai warna tambahan untuk dekorasi atau warna aksesoris didalam ruangan.

    Kombinasi warna yang diinginkan berdasarkan feng shui atau berdasarkan kombinasi 2 warna?

    Kalau berdasarkan feng shui, warna biru baiknya dikombinasikan dengan warna2 logam, seperti putih, perak (silver), abu-abu, abu-abu gelap (dark grey) atau warna emas (gold). Untuk warna2 kombinasi itu dijasikan warna aksen atau pelengkap , atau warna ornament dekorasi aja (bantal, sprei, bingkai cermin, bingkai lukisan, dll). Jadi warna dominanya teteup warna biru.

    Kalau kombinasi antara 2 warna, secara umum warna biru biasanya dikombinasikan dengan warna oranye. Seperti halnya keterangan sebelumnya, warna dominan kamarnya tetep biru, warna oranye nya dijadikan sebagai warna pelengkap untuk ornament didalam ruangan tsb.

    Selamat mendekorasi kamarnya yah ;)

  4. Maksum S.B

    Slamat Malam Pak,
    Mohon bantuan dan masukannya, Saya punya satu ruangan kira-kira ukuran -/+ 265 x 300 cm. Rencananya saya mau buat untuk Home Teather, dimana saya inginkan ruangan tetap kelihatan luas dan speaker-speaker tidak terlalu napak tetapi suara tetap menggema khusus dalam ruangan tersebut. Kira-kira tipe speaker mungil yang bagaimana dan model audio apa yang harus saya pasang dengan suara yang tetap seperti halnya audio di ruangan yang luas / bioskop. Terima kasih atas saran dan masukkannya. Jika tidak keberatan saya juga mohon gambar designernya

  5. Julie

    Mau nanya Pak Aria, itu kamar mandi yang ada shower warna abu2 di foto pake bahan apa dindingnya? Keramik bukan? Keren banget soalnya. Terima kasih.

    Jawab: Bukan keramik bu Julie, pakai grey stone atau batu candi ;)

  6. Julie

    Terima kasih Pak Aria. Saya sampai ngebayangin terus pengen punya kamar mandi kayak gitu. Ada pertanyaan lagi pak, kalau misalnya mau buat model kayak gitu, baiknya lantai bagian toilet dan sink pake warna apa ya? Juga warna dinding diluar shower nya sebaiknya warna apa? Dan apakah dindingnya juga lebih baik dari batu candi juga? Thanks for creating this website and really appreciate your time in answering all the queries we all have.

  7. Nisa

    Wah, makasih jawabannya ya,mas. Bermanfaat sekali nih…Saya jadi semangat mau dekorasi kamar…
    Keep up the good work, ya!!

  8. Rury

    Mas, saya mau bertanya… untuk warna di kamar tidur, apakah benar menggunakan sisi L untuk mengontraskan warna gelapnya?

    Satu lagi yah mas,.. apakah sesuai jika rumah saya bergaya minimalis tropis,.. tapi warna2 di dlm ruang ada warna2 kontras,.? terimakasih yah mas…

  9. teguh

    pak, saya mau tanya, ruang tamu saya identik dengan warna hijau, untuk warna dindingnya yang baik warna apa ya?

  10. Ola

    Mas, Aku mau ngecat kamar anaku, perempuan,umur 6 thn, anaknya pingin warna pink. Bagusnya dikombinasikan dengan warna apa ya? Dan bagaimana mengkombinasikannya? Thanks

    Jawab:

    Kombinasinya coba pilih warna putih. Buat 2 buah garis horizontal dengan cat berwarna putih pada bidang dinding yang dominan berwarna pink. Trus buat juga semacam frame didinding dengan cat berwatrna putih, bidang frame tersebut nantinya bisa dijadikan area untuk meletakkan/menggantung lukisan anak atau gambar2 yang anak ibu sukai.

    Semoga membantu..

  11. irfan

    saya punya kamar yang lembab dan dingin,saya berumur 22 dan punya bdan yang gemuk. warna apa yang cocok buat saya???

  12. resha

    mas, mau tanya….
    aku disuruh buat desain rumah di tempat yang panas banget..
    jarang pepohonan..
    mau saya buat desain modern de stijl (paduan bidang)..
    warna apa yang cocok buat eksteriornya?
    kira-kira berapa warna yang bisa dikombinasikan?

  13. saya punya kamar dgn luas 10,5 M2.. lbih tepatnya,, 3 x 3,5m.. berisikan satu tempat tidur nomer 2,, satu lemari baju 2 pintu, & satu meja tulis 1×0,5m.. Saya sendiri,,laki2 umur 19 tahun,dan suka warna merah.. Nah,,warna apa yang cocok buat kamar saya,,dan klo bisa enggak mnimbulkan kesan kecil dikamarQ.. Dan,,krn saya suka warna merah,,saya ingin ada kesan merah di tembok kamar saya.. Trima kasih..

  14. dimas

    mas ak cow 21th.ak pengen ngecat kamar tidurku.lantainya keramik warna putih agak kuning gt.trus kamarku t di tempat paling depan deket terace jadi agak panas.warna yang baik n cocok apa ya???
    thanks

  15. riski

    saya ce umur 20thn lahir 29jan89 mau cat kamar cocok warna dengan saya apa rencana saya mau cat dengan warna biru?

  16. hani

    saya rencananya mo ngecat kamar tidur pake warna hijau yg soft trus warna baby yellow bwt ruang tamu+ruang keluarga,,,gimana tuh???
    kira2 bagus ga ya?

    Jawab:

    Penggunaan warna soft green atau baby yellow bisa dicoba, tapi kalau bisa warna2 tersebut tetap dikombinasikan dengan warna lain.. saya sarankan sih tetap ada warna putihnya.. karena kalau hanya menggunakan 1 warna untuk 1 ruangan, kesannya jadi monoton dan pada akhirnya akan membosankan.

    Regards,

    Architectaria

  17. bobo

    warna warni… jadi bingung,.. he..he… thanks info… rencananya tiap bulan agustus waktunya mengecat rumah.. (merdeka !!)

  18. wirawan

    Dear All ,
    Saya mau mengecat ulang kamar ,
    saya ingin kamar saya terlihat elegan .
    Sebaiknya dikasih warna apa ?? Pastel ??

  19. nheea

    hy lam nal aq mmpnyai beby yg berusia 1 thn 2 bln my beby msh tdur breng aq ma suami nach yg aq bngungin kmar aq aq ksich cat hijau cerah nach bgmn wrna yg cocok agar gak ngejenuhin soale dikamarku smwa brng kliatan sumpek dgn wrna cat yg itu2…mksih smga ada pnyelesaiannya…

  20. Salam kenal,

    dunia interior adalah hal baru bagi saya, saya ingin mengenal lebih jauh. Maaf jika ada artikel dari website mas yang saya comot untuk bahan blog saya, saya mohon ijin. Terima kasih.

  21. Nini

    Hello,

    jadi begini, saya mau beli sofa untuk ruang tamu, nah cocok nya perpauan warmanya apa ya?

  22. Nini

    klo perpaduan antara ungu muda dengan pink muda?
    atau hijau daun dengan kuning matahari? atau kuning agak sedikit gelap ?
    bagus mana ya untuk sofa ruang tamu?
    thanks

  23. Lely

    Pak aria….saya mau tanya
    saya kurang mengerti sama ilmu feng shui tentang mengelompokkan unsur / elemen kelahiran manusia….kalo saya yang lahir tahun 16 maret 1988 itu cocoknya tempat tidur saya warna apa yaa pak?????
    di antara warna ungu muda atau ijo muda atau pink itu lebih cocoknya yang mana yaa pak????tRuz di kombinasikan dengan warna apa
    tanya satu Lagi yaa pak….kan tempat tidur saya ada kaca yang menurut saya sangat tidak nyaman kalo siang hari
    itu untuk menutupi kaca tersebut selain pake gorden…..alternatif lainnya pake apa pak???
    makasiy sebelum nya…….^.^

  24. cum mi

    Sebenarnya saya kurang memahami arti Feng Shui, tapi disini saya mulai sedikit tertarik tentang warna-warna untuk desain interior yang cocok dengan kepribadian. Mungkin dengan sedikit penjelasan mengenai setiap arti warna akan lebih bagus dan sangat membantu kami orang awam. terimakasih :)

    Jawab:

    Untuk psikologi warna bisa dibaca pada ARTIKEL INI

    Regards,

    Aria

  25. dhika

    tanya:

    aku mo cat kamar pokoknya keliatan adem ja
    plafon rumah warna putih
    kira kira warna apa yg cocok

  26. erni

    saya ingin membenahi interior d rmah sy, lokasi d bekasi.. apa bersedia datang untuk diskusi dan survey dl.. tks

  27. Fauzin

    Dear Pak Aria
    Mohon Bertanya, Saya mo nanya bagaiman agarDinding rumah khususnya Kamar Tamu dan Kamar Tidur tidak mengelupas kalo sudah di cat? padahal dinding tsb katagori diding beton, tks

  28. izah

    apakah warna kuning bagus dibikin menjadi warna kamar tidur

    Jawab:

    Jika anda menginginkan suasana tenang atau efek relaksasi, coba warna putih yang dikombinasikan dengan warna biru laut, hijau daun, atau ungu.

    Tapi jika anda menginginkan suasana yang hangat, silahkan pilih warna merah, oranye atau kuning.

    Untuk lebih jelasnya mengenai pemilihan dan psikologis warna, silahkan baca ARTIKEL INI.

    Regards,

    Aria

  29. dian ardini

    selamat malam…

    saya ingin bertanya,,, saya tinggal di kamar kos yang berukuran 3x3m dengan dinding warna putih,,saya ingin merubah warna kmar menjadi warna biru tapi saya bingung mengkombinasikannya bagaimana karna melihat kamar saya sudah mulai penuh dengan lemari 2 pintu, lemari rak 4 pintu,dispenser, meja belajar, tempat tidur..
    menurut mas,,bagaimana desain yang baik untuk warna kmar dan tata letak ruang…

    mohon jawabannya yya mas…
    terima kasih..

  30. great tips.
    modern interior design memang gak bisa lepas dari fengshui

    Warna Impian on Facebook
    http://www.facebook.com/pages/Warna-Impian/252776552839

    Warnapedia on Twitter

  31. agung bimo satrio

    mas kamar saya berwarna hijau terang.
    saya bosan dengn kamar saya , kra benar benar sangat monoton warnanya.
    saya ingin mengkombinasikan warna hijau ini.
    tapi saya bingung mas , saya ingin membuat kamar saya nyaman dan saya bisa mersasa nyaman saat berada didalamnya.

    mohon sarannya mas , baiknya saya mengkombinasikan dengan warna apaa iah . trimakasih mas

  32. Agusanti

    Dear pak Aria,

    Saya baru saja membangun rumah dgn 2 kamar tidur (1 kamar utama dan 1 kamar anak) Ukuran masing2 sekitar 3×3 m2.

    Saya pernah membaca artikel psikologi yg menjelaskan efek warna menenangkan untuk anak yang sangat aktif (bukan hiper aktif). Apakah keputusan saya untuk mengecat kamar anak dgn warna putih dan 1 sisi dinding dgn warna hijau sudah tepat? Warna hijau seperti apa yg cocok?

    Kamar utama didominasi furniture-tempat tidur dan lemari warna kayu (coklat kehitaman). Agar tidak monoton dgn dinding putih, saya akan mengecat 1 sisi dinding di belakang tempat tidur dgn warna yg hangat, intim, relax tetapi tidak membuat ruangan terkesan sempit. Kira2 warna apa yg cocok ?

    Terimakasih atas sarannya.

    Jawab:

    Untuk kamar anak ibu bisa menggunakan warna light green atau hijau stabillo. Untuk contoh aplikasinya ibu bisa lihat warna hijau untuk kamar anak pada artikel: Enam Tips Mendekorasi Ruangan Dengan Mudah.

    Untuk mengecat ruangan agar menimbulkan suasana intim, biasanya dengan menggunakan warna2 gelap. Tapi konsekwensinya ruangan akan terkesan sempit. Untuk itu ibu ambil saja jalan tengahnya, gunakan warna pink tapi yang terang (light pink). Kalau bisa tambahkan aksesoris lain seperti candle holder, aroma terapi dan kain atau kelambu2 kecil sebagai akses saja.

    Regards,

    Aria

  33. Agus

    Mas salam kenal ak mau nanya warna apa yg cocok menurut fengshui untuk keramik dan dinding baik ruang tamu,dapur,kamar tidur dan kamar mandi,ak lahir 28juni 1981,sebelumnya terimakasih mas

  34. Topenx

    Mas lam knal ,mas klau menurut fengshui bangusnya apa warna keramik dan dinding to ruang tamu,dapur,k.Mandi,k.Tidur,klau keramik motif kayu bagusnya dinding/langit cocoknya warna pa ak lahir 28 juni 1981 trims mas

  35. Impotence Remedy :

    candle holders that are made of porcelain or brass are very nice looking but a bit expensive compared to cast iron;”:

  36. matius

    warna apa yang cocok saya buat cat dinding kamar tidur, saya lahir 3 Maret 1963 dan luas kamarnya 5 x 5m persegi terims

  37. elisa

    pngen tnya pak .
    saya ingin mendekorasi kamar saya, saya ingin mengecat dengan warna biru, tapi bingung akan di padukan dengan warna apa, adakah pendapat bpk yang mngkin dapat memberikan saya motivasi. dan saran untuk settingan warna.
    trims :)

  38. ukitake

    mas w mw tanya warna2 bwt bangunan minimalis apa yah??
    bwt makalah neh.. hehehe…
    kita satu job cma w blon jdi.. maklum bru kuliah

  39. Nuraini Natsir

    Sy baru aja renopasi keramik rumah dengan warna merah mudah dan pariasi putih dikit tp yang menonjol warna merah mudahnya, pertanyaan saya sebaiknya warna apa yg serasi dengan cat dindingnya, dan warna flafonnya,
    mohon infonya tks sebelumnya.

  40. melda

    ass.
    waduh aku pingin punya kamar yang cerah dan soft…
    biar tar kalau aku n suamiku ngerasa nyaman trd dikamar kira” warna apa ya yang cocok buat kamar suami istri?

  41. neng nurul

    pagy mas…
    mav mas saya kan sedang mengecat kamar v saya btuh tips warna dasar saya menggunakan warna cream,, trus pinggir2 atap / atau cocok nya pakai warna apa yah?? tolong saya kasih tips,, makacih mas

  42. Maria

    Dear Mr.Aria,

    Saya baru stengah membangun rumah, warna dasar dinding yang diberikan developernya adalah putih, saya berencana memadukan warna furniture agar terlihat sejuk dan nyaman di dalam rumah… apalagi cuaca sekarang panas sekali saat siang hari, saya ingin anak-anak dan suami saya bisa merasa nyaman dan sejuk semenjak masuk rumah, suami saya kelahiran tahun ayam logam lalu anak saya ayam kayu dan anjing api, warna apa yang baik untuk saya padukan dalam hunting furniture supaya baik untuk kehidupan dan kreativitas anak, kalau Bapak berkenan saya minta untuk seluruh ruangan (kamar utama, kamar anak, kamar mandi, ruang makan/dapur, ruang keluarga, ruang belajar anak)

    terimakasih sebelumnya, saya tunggu reply nya di email saya.

    Best Regards,
    Maria

  43. Real

    said :

    mas,kalau cat tembkx it bergambar foto kta bsa gk yah ? dan menarik gk yah ? jdi catx tdk pols tpi bergambr fto kta !

  44. siiiiip om…

  45. ali

    asalamualaikum
    mas saya mau mengecat kamar tidur sebaiknya satu warna atau lebih, dan yg bagus warna apa??
    mohon saranya
    wasalam

  46. nidha

    saya memiliki satu kama yang ukuranya sagat kecil…. yaitu 3×3 m dan interior didalamnya kebanyakan warna pink… yang mau saya tanyakan warna yang bagus untuk cat diding kamar itu apan ya…..?

  47. Ahmad Sadeli

    hai semua bagi yang membutuhkan cat atau repainting silakan hubungi saya di sadeli@pacificpaint.com atau sadelippf@yahoo.com

  48. Celyne

    aku pengen tanya nih..
    aku punya kamar tidur yang ukurannya 3×4 dan dikamarku banyak sekali barang-barang sehing kamarku terlihat sangat kecil dan aku ingin memilih warna cat tapi aku bingung kira-kira yang cocok warna apa ya? mohon sarannya
    Terima kasih sebelum-Nya :)

  49. setyawati

    saya ingin mengecat kamar makan saya bagaimana warna yang cocok untuk kamar makan saya biar kelihatan enak dan nyaman

    • Dear Ibu Setyawati,

      Kalau untuk ruangan makan, ibu bisa mewarnai dindingnya dengan warna yg netral.. Putih lebih baik karena terkesan bersih. Cuma yg sebaiknya diperhatikan adalah warna aksennya. Gunakan warna kuning dan oranye untuk meningkatkan gairah dan nafsu makan. Pilih perkakas atau benda yang berwarna oranye sbg aksen tambahan (misalnya: buah jeruk, tapklak meja, dsb).

      Regards,

      Architectaria

  50. silvya

    mas saya mau nanya nih, rencananya saya mau ngedekor kamar yg minimalis ukuran 3X4 buat yang berumur 15thn bagusnya kaya gimana ya? dan di beri warna apa?
    inginnya sih ada 2warna gitu terus di garis garis kira2 gimana ya? makasih :)
    tlong di jawab ya hehe

    • @Silvya,

      Unsur penting yang harus diperhatikan untuk kamar mungil itu ada beberapa, diantaranya:
      - furniture ringan yang multifungsi
      - warna cerah agar terkesan luas,
      - penggunaan cermin
      - pola (pattern) garis horizontal untuk memeberi ilusi lebar
      - partisi ringan

      Coba browse arsip web ini, banyak kok tips tentang mendesain interior kamar atau ruang berukuran kecil.

      Kalau untuk kombinasi warna bisa dicoba 2 atau 3 kombinasi warna. Coba kombinasikan putih, dan pink.

      Pola garis sebaiknya pola horizontal, sehingga mata diarahkan untuk mengikuti pola tsb, sehingga kamar anda terkesan lebar.

      Regards,

      Aria

  51. Lient

    Pak saya mau nanya nih, warna apa yang cocok dengan saya(khususnya kamar tidur&ruang keluarga)), saya lahir pada 08 mei 1978, kira2 interior apa saja yang cocok, trims

    • @Lient,

      saya mungkin bisa menjawab pertanyaan ini dengan mengacu pada Pa Kua chart, tetapi lebih baik ibu berkonsultasi langsung dengan ahli Hong Shui yang pastinya lebih ahli dan lebih berpengalaman dari saya..

      regards,

      Aria

  52. You could definitely see your enthusiasm within the paintings you write. The sector hopes for even more passionate writers like you who are not afraid to mention how they believe. All the time go after your heart.

  53. Rina

    Saya mau nanya nih, warna apa yg cocok utk ruang tamu saya ukuran 3 1/5×4 kursi tamu saya jati coklat, ruang keluarga, ruang makan dan dapur serta ruang santai saya berhubungan, mohon bantuannya gimana biar kelihatan enak gitu, tks.

  54. Riena

    mas, thanks y, tulisannya bagus…

  55. watty

    mas,aku mau cat kamar akuu
    aku cew,umur 16thun,,aku pengen perpadua tiga warnaa,kalau bisa ada warna biruu lautnyaa,,kira” yg cocok warna ap lagi ???
    thanks :)

    • @Waty,

      Biru laut, oranye, putih.

      regards,

      Aria

  56. naomi

    Mat pg Pak,,
    Pak mau minta tolong..q mau mengecet rmh sy dr cat dinding/ tembok luar warnaya yg bgs warna ap dan untuk jendelanya warna ap supaya bgs, trus untuk ruang tamu bisa terdiri 4 atau 3 wrna di dlmnya,kemudian di rungan keluarga yg bagus wrna apa,trus di ruang makan wrnanya ,,warna yg cocok wrnya ap,trus ruang santainya wrna yg cocok warna ap.,,trus di kamar tdr saya saya pakek wrna kuning tapi ternyata kayaknya wrnanya silau bgt,,saya mau gantu cat warna abu2 kombinasi warna dgn warna apa pak…itu aja terima kasih sebelumnya..selamat berktifitas GBU

  57. Yan Leleona

    Saya mau cat rumah, rumah saya menghadap ke timur, bagaiman kira-kira pilih warna cat yang baik.

  58. melati citra

    mas, saya mau bertanya ..
    Tempat tinggal saya itu beriklim panas dan rumah saya itu jika siang berhadapan langsung dengan matahari, dan kamar tidur saya terletak d ruang depan, posisinya pun sama langsung menghadap matahari.
    Kebetulan saya tidak memakai ac saya memakai kipas angin dan jika siang hari suhu dalam kamar panas sekali (ngelekeb istilah sundanya)
    saya bingung mau mendekorasi kamar saya dengan warna apa agar menjadi sejuk, nyaman dan tenang. Bisa bantu saya ?
    Untuk sekarang kamar saya berwarna putih.

    Terima kasihh :)

Leave a Comment