Interior Desain Tips: Dekorasi Dinding Ruangan Dengan Wallpaper

WallpaperKegiatan mendekorasi dinding ruangan atau dinding kamar dengan wallpaper bukanlah pekerjaan yang boleh dilakukan dengan asal-asalan, bukan juga pekerjaan yang boleh dilakukan dengan lack of confidence. Untuk melakukan pekerjaan Wallpapering dibutuhkan keberanian untuk memilih pola wallpaper, menggantung atau memasang dengan rapi, sehingga wallpaper dapat terpasang dengan baik dan dinikmati oleh penghuni ruangan dalam jangka waktu yang lama. Ketika telah terpasang wallpaper tidak dapat diganti dengan mudah, bukan hanya karena biaya pembelian wallpaper-nya yang mahal sehingga membuat kita berfikir untuk menggantinya, tetapi karena biaya untuk menghapus atau mengupasnya juga cukup mahal.

Secara umum, interior rumah di cat dengan warna cat yang simple dan lembut, warna yang lembut memberikan aksen interior ruangan yang tenang.. Namun wallpaper adalah kebaikannya, wallpaper adalah petualangan, mungkin selama ini anda merasa terlalu terpaku pada pola tertentu, dan saat ini anda mencoba untuk menguasai perasaan anda sebelum perasaan ’terpaku’ itu menguasai dan membelenggu kreativitas anda. Seni ‘melapis dinding dengan kertas’ melibatkan pengambilan keputusan berdasarkan pola, skema warna, kordinasi, tema, gaya, dan aliran design.

Wallpaper

Jika anda ingin bereksperimen pada dekorasi wallpaper, mulailah dari sebuah pekerjaan atau project yang kecil (volume dan nilai project-nya). Tanyakan pada bagian sales assistant dari sebuah toko perlengkapan dekorasi rumah untuk memastikan bahwa anda telah membeli dan memiliki semua perlengkapan yang dibutuhkan untuk memasang wallpaper di dinding ruangan anda. Jika di dinding ruangan anda masih terdapat wallpaper yang masih melekat, anda harus mengupasnya terlebih dahulu dengan menggunakan cairan atau bahan kimia tertentu.

Pekerjaan mengupas wallpaper lama dengan cairan atau bahan kimia bukanlah pekerjaan rumah yang mudah sehingga anda harus berhati-hati. Perhatikan juga ketika anda melumuri dinding dengan bahan perekat wallpaper, pastikan lapisan wallpaper telah berada pada posisi yang rapi dan lurus. Ketika wallpaper telah direkatkan pada bagian dinding, segera bersihkan sisa pekerjaan anda untuk mencegah wallpaper anda kotor atau ternoda.

Wallpaper

Untuk masalah pola atau desain wallpaper, pilihlah wallpaper dengan desain yang simple. Terlebih jika yang ingin anda dekorasi dengan wallpaper adalah ruangan atau area yang bukan area public, area private yang hanya anda dan keluarga saja yang melihatnya, misalnya kamar mandi. Anda dapat melakukan apa saja yang anda suka dengan area tersebut, memilih pola wallpaper yang paling anda suka, memilih warna wallpaper untuk menghasilkan dekorasi ruangan yang unik, yang sesuai dengan ide dan keinginan anda. Sehingga ruangan tersebut nantinya akan menjadi unique creation of your own making..

Wallpaper

Untuk mulai terbiasa dengan seni wallpaper, bisa anda lakukan dengan melapisi wallpaper pada sebagian dinding diruangan anda. Misalnya, anda bisa memutuskan untuk membagi 2 bagian dinding diruang makan anda, bagian atas dinding bisa anda cat dengan warna tertentu yang anda sukai dan dinding bagian bawah anda dekorasi dengan menggunakan wallpaper. Berbagai macam kreasi atau kombinasi pola (pattern) wallpaper dapat anda coba sehingga anda mahir dalam seni wallpapering. Jika pada saatnya anda telah menjadi lebih mahir, dan jika anda telah menemukan art decorating style sendiri, berarti anda telah siap untuk melakukan pekerjaan wallpapering dalam skala (volume/luasan, atau nilai) yang lebih besar. Jika selama ini anda berlatih art of wallpapering di kamar mandi atau dapur, maka sudah saatnya anda mencoba untuk mengekploitasi kemampuan anda diruang keluarga (living room) atau kamar tidur utama (master bedroom).

Wallpaper

Cara Menghitung Kebutuhan Wallpaper

Kita ambil contoh ruangan seluas 4m x 4m dengan tinggi dinding (dari lantai ke plafond) setinggi 3,5m. Dan wallpaper yang digunakan berukuran 10 m x 0,50 m.

Luas bidang dinding = ((panjang dinding + lebar dinding)x 2) x tinggi ruang
= ((4m + 4m)x 2) x 3,5m
= (8m x 2) x 3,5 m
= 16 m x 3,5 m = 56 m2.

Luas bidang wallpaper 1 roll
= panjang wallpaper x lebar wallpaper
= 10m x 0,50 m
= 5 m2.

Bahan yang dibutuhkan
= Luas bidang dinding / luas bidang 1 roll
= 56 m2 / 5 m2
= 11, 20 dibulatkan menjadi 12 roll

Maka jumlah wallpaper yang dibutuhkan sebanyak 12 roll. Namun untuk menghindari kekurangan bahan pada saat pemasangan akibat pemotongan, sebaiknya anda siapkan 10 persen dari wolume yang ada.
= 12 + (12 x 10%) = 12 + 1,2 = 13,2 dibulatkan menjadi 14 roll.

Dengan mempersiapkan 14 roll, maka anda tidak perlu khawair lagi akan kekurangan bahan, atau jika terjadi kesalahan pemasangan.

Pink Wallpaper

Akhirnya, jika anda telah siap untuk menutup atau melapisi seluruh dinding ruangan dengan wallpaper bermotif flora atau motif geometris, tetap harus anda ingat bahwa wallpaper itu akan menempel dinding ruangan anda dalam waktu yang cukup lama. Jangan sampai ada bagian yang terlalu terang atau terlalu rumit, karena anda akan menyesalinya dikemudian hari. Usahakan untuk menghasilkan tampilan yang ceria namun tetap sederhana tanpa ada yang terlalu menonjol (pola dan warnanya). Pilih dan gunakan warna-warna yang menyatu dengan warna lain yang ada didalam ruangan, atau warna yang menyatu dengan warna perabotan yang ada didalam ruangan.. Wallpaper harusnya bisa tampil menyatu bersama ceiling dan dinding, bukannya menjadi border pemisah diantara keduanya. Wallpaper, layaknya kosmetik untuk wajah, seharusnya ‘berbisik dengan lembut’ dan bukannya ‘menjerit histeris’.

..

Architectaria – Arsitek dan Perencana

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

24 Comments

  1. Jaya Andhika

    Desain interior dengan menggunakan wallpaper adalah salah satu cara mendekorasi yg efektif untuk mendapatkan suasana ruang yang fresh, tapi metode wallpapering ini masih awam dan jarang dipraktekkan oleh masyarakat indonesia.

    Padahal diluar negeri, penggunaaan wallpeper sudah umum terjadi.

    Mungkin karena masyarakat indonesia banyak yang beranggapan bahwa desain interior = desain furniture baru kali yah pak arie?

    Regards,

    Jaya

  2. Sushmita

    Setelah membaca artikel ini, saya menjadi tertarik untuk mendekorasi dinding kamar dan dinding ruangan yang ada dirumah saya dengan menggunakan wallpaper.

    Best regards yah pak aria ^_^

    Jawab:

    OK.. selamat mendesain interior rumahnya dengan wallpaper yah ibu Mita ;)

    Regards,

    Aria

  3. adi

    Sekedar masukan untuk perhitungan kebutuhan wallpaper:
    untuk ruang sesuai contoh 4x4x3.5m3 disarankan tidak menyambung secara horizontal.

    1 roll (10×0.5) wallpaper untuk cover maksimum:
    panjang wallpaper per roll dibagi tinggi ruang maksimum (bila seluruh ruang ditutup wallpaper)
    =10 : 3.5
    = 2.85
    ~ 2 kali tinggi ruang (dibulatkan ke bawah karena sisa wallpaper tidak efektif untuk digunakan lagi)
    sehingga 1 roll (10x.5m) bisa menutup dinding seluas
    = 2×3.5×0.5
    = 3.5m2

    Kebutuhan wallpaper adalah:
    luas dinding yang harus ditutup wallpaper dibagi luas per roll
    = (2x(4+4)x3.5) : 3.5
    = 16 roll

    untuk mengantisipasi kesalahan bisa ditambahkan 10% dari kebutuhan.
    sehingga kebutuhan wallpaper menjadi:
    =16 x (1+10%)
    =17.6 roll
    ~18 roll (dibulatkan ke atas)

    salam,

    @di

    Jawab:

    Dear mas Adi,

    Thanks untuk masukan mengenai perhitungan wallpaper-nya yah.. tentunya masukan dari mas Adi akan membuat isi web architectaria.com menjadi lebih bermanfaat untuk banyak orang ;)

    Regards,

    Aria

  4. Arsiteku

    Bagusna…..

  5. dian.ajeng

    wah…jd tertarik untuk terjun (spesifikasi) ke dunia desain wallpaper

  6. Marvels Fit-An Gallery

    kalau ada yg butuh wallpaper tinggal call aja ke 081382846528 ntar kita jelasin harga nya

  7. dwi putri jayanthi

    kloo mu pesan dimana??
    aku mu buat rumah menggunakan wallpaper….

  8. Aneka Papera Indah memiliki Variasi yg lengkap.
    Banyak end-user, toko-toko yang beli dari Aneka Papera Indah

    Harga bervariasi mulai Rp 12.000,00/M2

    http://www.anekapaperaindah.co.id
    021-6322483

  9. Hidayat

    Mohon masukan bagi saya yang ingin menggunakan walpaper untuk dinding rumah, dan saya berada Buntok, Kabupaten Barito Selatan Provinsi Kalimatan Tengah….. tks.

  10. aan farid

    kalo gambar foto sendiri bisa gak yach?

  11. nurdin.nurung

    nampaknya wallpaper kamar maw di ganti..he.h.e. :D

  12. lia ayu ivan jelita

    Kalau memasang wallpaper hanya satu sisi ditembok bisa gak yah :D

  13. herlina

    Hmm… pertama kali membeli rumah tahun 2006, saya sudah mendesain ruangan dengan wallpaper,,, hasilnya cantikkk, warm, dan keliatan lebih unik. Sampai sekarang, saya belum berniat mengganti wallpaper saya dengan yang baru, karena wallpaper saya masih terpasang dengan baik dan belum ada yang terkelupas, padahal sdh sekitar 4thn lebih tapi tempelan wallpapernya mash baik.
    Yang perlu diingat, untuk memasang wallpaper, usahakan memilih wallpaper dengan tema dan warna yang tepat, sehingga tidak sering mengganti wallpaper, bhb harganya agak “mahal” (variatif) tergantung selera dan model.
    Untuk mengupas wallpaper, cara yg paling sederhana bisa dengan air hangat…
    saya senang dengan kalimat anda “Wallpaper, layaknya kosmetik untuk wajah, seharusnya ‘berbisik dengan lembut’ dan bukannya ‘menjerit histeris’”.

    • @Ibu Herlina,

      Thanks buat sharing tipsnya..

      Regards,

      Aria

  14. anang

    keren ya… jadi pingin nyoba untuk kamar.
    inspiratif,
    thank

  15. kevin

    Hi Pak Aria saya mau tanya. kenapa wallpaper yg sudah di pasang muncul bercak bercak warna merah(bulatan kecil berdiameter +- 5 mili meter. Terima kasih sebelumnya untuk jawabannya

    • @Bpk.Kevin,

      Bercaknya muncul dari sela diantara wallpaper dan dindingnya pak?

      Regards,

      Aria

  16. I think this is among the most vital info for me. And i am glad reading your article. But should remark on some general things, The site style is great, the articles is really excellent : D. Good job, cheers

  17. diah anwar

    saya ingin mendisgn ruang tamu yg punya dua sisi yg berhadapan dengan pintu masuk posisi ditengah. Yg saya mau tanyakan, jika sisi kanan pintu sdh bermotif lingkaran besar, untuk sisi kiri nya motif apa yg sebaiknya kami pakai. Garis, polos atau motif bunga?

    • @Diah,

      Motif lingkaran besar itu apa? wallpaper atau ornamen dekorasi? Kalau wallpaper, tinggal anda samakan saja dengan yang sudah ada biar desainnya kohesif.

      regards,

      Aria

  18. indra

    Bagaimana cara memasang wallpaper, dengan menggunakan lem apa ? trimakasih atas penjelasan….

  19. AWAN

    aku ingin memesan barangnya.kebetulan aku sedang buat rumah baru!hanya aku gak tahu caranya tolong aku dkasih petunjuknya

    Hubungi aku dinomor ini 082194484999

  20. alina

    Bs pesen walpaper’nya ga nih..

Leave a Comment