Inspirasi Ide – Ide Kreatif untuk Membuat Partisi di Rumah

partisi kaca

Berbagai varian dan alternatif material serta desain yang bisa Anda wujudkan sebagai partisi di rumah Anda.

Seperti yang telah disinggung di edisi yang lalu, partisi memiliki peran yang sangat penting dalam membagi sebuah ruangan yang luas menjadi beberapa ruangan baru dengan ukuran yang lebih kecil. Biasanya, partisi ini bisa kita beli di toko – toko dengan beragam pilihan desain dan material. Namun, bila Anda bosan dengan model yang ditawarkan atau memang tidak adanya opsi desain yang sesuai dengan keinginan Anda, Anda bisa menciptakan sebuah partisi sendiri dengan cara mengolah hal – hal yang ada di sekitar kita. Sehingga, Anda bisa menyajikan sebuah partisi yang indah dan artistik sekaligus fungsional.

Maka, kali ini kita akan memberikan inspirasi mengenai ide – ide kreatif dalam menciptakan partisi untuk interior desain Anda.

1. Dry Wall

Dry wall merupakan jenis partisi yang bersifat lebih permanen dibandingkan partisi yang biasa. Dry wall ini memerlukan proses instalasi khusus yang pemasangannya harus sesuai dengan instruksi yang diberikan bersamaan dengan dry wall ini. Dry wall ini juga bisa dicat atau dilapisi dengan wallpaper / wall sticker di kedua sisinya dengan motif sesuai keinginan Anda.

drywall

Drywall Partition

Namun, perlu diingat bahwa dry wall ini berbeda dengan dinding biasa. Sehingga bila Anda menancapkan paku dengan pukulan palu yang cukup keras, mungkin akan menghasilkan lubang yang cukup terlihat. Untuk itu, sebaiknya minimalkan penggunaan paku pada partisi jenis ini. Meskipun memilki kelemahan, dry wall ini sangat ampuh dalam meredam suara di dalam ruangan, sehingga tidak terdengar dari luar.

2. Screen / Layar

Ada berbagai macam layar yang dengan model berdiri yang bisa dimanfaatkan sebagai partisi. Partisi jenis ini biasa digunakan untuk menciptakan sebuah kesan privasi. Partisi model ini juga bisa kita temui di ruangan – ruangan bertema Oriental, khususnya Jepang. Bahkan, pada konsep Oriental tersebut, biasanya disusun 2 atau 3 layar berukuran medium dengan bambu sebagai kerangkanya.

screen partition

Screen Partition

Untuk bahan layar itu sendiri, biasanya dipilih dari kain sutra. Partisi jenis layar ini biasanya ditempatkan di area – area yang membutuhkan privasi tinggi, misalnya di kamar tidur, kamar mandi, atau ruang sauna.

3. Akordion dan Pocket Doors

Akordion dan Pocket Doors merupakan salah satu jenis partisi semi permanen. Kedua tipe ini juga membutuhkan pemasangan khusus. Selain itu, keduanya juga bisa dilipat atau dilepas bila tidak sedang digunakan. Perbedaanya adalah Akordion biasa dibuat dari kanvas yang dikeringkan dan dibuat kaku atau bisa juga dari bahan plastik. Akordion juga bisa dilipat dan disembunyikan / disisipkan di belakang pintu. Biasanya, di atas Akordion juga ada trek / alur yang biasanya menyatu dengan langit – langit. Sehingga, akan menimbulkan bunyi yang sangat khas ketika dibuka dan ditutup.

accordion partition

Accordion Partititon

Pocket doors merupakan partisi yang diinstal dan memiliki trek/alur baik di atas maupun di bawah. Trek yang ada di atas, biasanya melekat dengan langit – langit. Sedangkan trek yang ada di bawah akan melekat dengan lantai. Pocket Doors ini juga bisa dilipat dan disisipkan di sela – sela frame pintu. Partisi jenis ini biasa dibuat dari material padat, seperti kayu. Selain itu, pocket door juga memiliki fitur peredam suara.

Bila Anda ingin mengecatnya, terlebih dahulu lepaskan pintu ini dari treknya. Kemudian cat seluruhnya hingga mengering. Setelah kering, barulah pintu ini dipasang kembali pada framenya.

4. Peti / balok plastik

Balok – balok yang terbuat dari plastik dan disusun ke atas bisa saja digunakan sebagai partisi alternatif. Pilih balok dengan warna – waran favorit atau bisa saja Anda mengkombinasikan balok dengan warna yang berbeda – beda. Selain sebagai partisi, balok atau peti ini juga bisa dimanfaatkan sebagai area penyimpanan. Untuk itu, pilih lah balok yang memilki area yang cukup luas di dalamnya.

Tinggi dari tumpukan balok ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan, atau bisa juga Anda susun hingga mencapai langit – langit. Namun, pastikan bahwa antara balok satu dengan yang lain diikat cukup kuat, agar balok tetap stabil dan tidak mudah jatuh / roboh. Kekurangan dari partisi model ini adalah ketidakmampuan meredam suara yang ditimbulkan dalam ruangan.

partisi dan rak pajangan

Partisi Ruangan Sekaligus Display Frame untuk Barang Pajangan

5. Furnitur

Dengan memilih jenis – jenis furnitur yang tepat, maka Anda bisa mendapatkan dua manfaat sekaligus, yakni sebagai partisi dan juga sebagai furnitur itu sendiri. Misal, Anda bisa membeli sebuah lemari berukuran besar dan cukup tinggi, dan letakkan lemari ini di tengah – tengah ruangan yanga akan dipisahkan. Selain lemari, Anda bisa menggunakan meja rias sebagai partisi yang memisahkan antara ruang tidur dengan ruang pakaian. Maka, pilihlah meja rias yang cukup besar dengan cermin yang lebar, sehingga mampu membagi ruangan ke dalam dua area yang lebih kecil.

Di samping furnitur – furnitur berukuran besar di atas, Anda bisa juga memilih furnitur berukuran kecil sebagai partisi, misalnya sofa, banquet, atau meja. Furnitur tersebut bisa sekaligus menjadi partisi, misalnya untuk memisahkan area kerja dengan area beristirahat pada kamar tidur.

Selamat mencoba 🙂

..

Architectaria – Arsitek dan Perencana

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

1 Comment

  1. evi

    mau bertanya tentang partisi kamar tidur

Leave a Comment