Inspirasi Desain Interior Bergaya Meksiko

ruang keluarga bergaya mexico

Cara sederhana dalam mendesain dan mendekorasi interior ala Meksiko pada ruangan Anda.

Setelah pada edisi yang lalu kita telah membahas furnitur apa saja yang lazim digunakan untuk ruangan bergaya interior ala Meksiko, kali ini kita akan membahas cara sederhana untuk menyulap ruangan Anda yang semula tampak kusam dan biasa – biasa saja, menjadi ruangan yang atraktif dengan unsur – unsur Meksiko yang kental.

Seperti yang kita tahu, Meksiko sendiri banyak mendapat pengaruh dari Prancis dan Spanyol karena hubungannya di masa lampau dengan negara – negara tersebut. Hasilnya, banyak ornamen – ornamen Meksiko yang mendapat pengaruh kebudayaan Eropa, meskipun sejatinya Meksiko masuk dalam wilayah Amerika. Kombinasi dari kebudayaan ini melahirkan desain dan ornamen yang bercirikan utilitarian, tangguh, tanpa mengurangi pesona dari furnitur itu sendiri. Nah, penasaran hal – hal apa saja yang mesti Anda tempuh untuk mewujudkan gaya desain ala Meksiko ini? ikuti beberapa tahap berikut ini.

Langkah – langkah:

1. Siapkan barang serta furnitur yang dibutuhkan

Karena nuansa Meksiko yang akan kita angkat kali ini adalah nuansa yang lebih bersifat etnik dan tradisional, maka barang – barang atau furnitur antik akan lebih disukai. Namun, furnitur antik di sini bukan sembarang furnitur antik, melainkan furnitur yang mampu menunjukkan usianya yang sudah lama yang merupakan refleski dari perjalanan waktu. Hal ini bisa dilihat melalui tampilannya yang sedikit usang. Meja kayu antik yang pinggir – pinggirnya sudah agak terkikis bisa Anda pilih, namun pastikan bahwa kondisinya masih cukup kuat. Namun, bisa juga Anda menggunakan furnitur baru. Tetapi. bila Anda ingin menampilkan furnitur yang baru, sebaiknya pilih yang furnitur kayu yang telah dicat pernis.

furniture bergaya mexico

Desain Furnitur Bergaya Meksiko

2. Cek kondisi furnitur antik tersebut

Terkadang saat dibeli, furnitur antik tidak benar – benar dalam kondisi baik. Namun, hal ini masih bisa ditoleransi dengan melakukan sedikit perbaikan di beberapa bagiannya, terutama pada bagian penghubung antar kerangka. Biasanya, pada bagian ini akan tampak sedikit aus yang mengikabatkan furnitur goyang dan tak kokoh. Untuk hal ini, Anda bisa mengakalinya dengan menyoldernya menggunakan timah panas. Jangan khawatir furnitur Anda akan tampak tak menarik, karena terkadang justru bekas penambalan ini akan semakin menguatkan kesan antik pada furnitur.

3. Letakkan benda dan furnitur jauh dari dinding

untuk memberikan keleluasaan Anda ketika beraktifitas dan mengobrol pada ruangan ini, sebaiknya furnitur, terutama sofa, diletakkan tidak menempel dengan dinding. Akan lebih baik bila sofa diletakkan di tengah dan jaraknya dekat satu sama lain, sehingga kegiatan mengobrol akan lebih terasa santai dan akrab. Jangan lupa, tambahkan beberapa bantal sofa dengan warna yang terang untuk menambah kenyamanan pada sofa tersebut.

4. Pada dindingnya, gunakan semen stucco untuk membuat tekstur lebih hidup

untuk lebih menonjolkan nuansa tradisional dari dinding pada ruangan ala tradisional Meksiko ini, sebaiknya gunakan semen stucco yang diratakan pada dinding dengan kulir atau sendok semen. Dengan menggunakan sikat yang keras, buat tekstur pada semen yang masih setengah kering dengan cara menggosokan sikat secara perlahan pada permukaan dinding sesuai motif tekstur yang diinginkan. Bila perlu, Anda bisa melakukan proses yang sama pada langit – langitnya.

terracotta flooring

Desain Interior Rumah Bergaya Meksiko Dengan Lantai Terracotta

5. Gunakan lantai kayu atau ubin berbahan terakota

Lantai kayu tak akan pernah gagal dalam memainkan perannya untuk menciptakn suasana tradisional dan alami pada sebuah ruangan. Begitu juga pada ruangan berinterior ala Meksiko ini. Dengan menerapkan lantai kayu, maka sense tradisional Meksikonya akan lebih terasa. Untuk hal ini, pilihlah papan – papan kayu yang cukup tebal dengan warna coklat medium, yakni tak terlalu terang maupun terlalu gelap. Usahakan pilih kayu yang memiliki tampilan sedikit usang ketimbang kayu yang mengkilap dan nampak baru. Kayu – kayu tersebut bisa saja Anda dapatkan dari sisa industri, dimana nuansa usangnya akan lebih terasa.

Bila Anda tak menginkan penggunaan lantai kayu atau parket ini, Anda bisa menngunakan ubin berbahan terakota. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa barang – barang berbahan terakota memang sangat kental akan nuansa Meksikonya. Sehingga, tak salah bila kita mengaplikasikan bahan ini sebagai ubin ruangan. Terakhir, Anda bisa menutupinya dengan permadani agar lebih nyaman digunakan untuk beraktifitas. Selain itu, permadani yang berwarna terang akan mampu memberikan sentuhan yang menarik pada ruangan ini.

gerabah mexico

Gerabah Khas Meksiko

6. Hiasi ruangan tersebut dengan seni pajangan atau gerabah khas Meksiko

pada edisi kemarin, telah disebutkan bahwa barang – barang gerabah seperti guci atau vas bunga yang terbuat dari terakota sangat identik dengan nuansa Meksiko. Maka, Anda pun sepertinya perlu menghadirkan barang – barang ini di ruangan bergaya Meksiko ini. Letakkan barang – barang ini di samping lemari, di dekat sofa, di atas meja, atau di sebelah meja TV. Lukisan – lukisan karya seniman Meksiko, atau gambar – gambar suku Aztec dan suku Maya yang telah disebutkan kemarin juga bisa Anda terapkan pada ruangan ini. Letakkan benda – benda tersebut secara seimbang pada tiap sudut ruangan, agar tidak berkumpul dan terfokus pada satu area saja.

Selamat mencoba :)

..

Architectaria – Arsitek dan Perencana

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

No Comments Yet.

Leave a Comment