Ingin Menginap di Hotel? Ini Beragam Tipe Hotel yang Mesti Anda Tahu

kamar hotel

Beragam tipe hotel berdasarkan tujuan, desain, hingga target pengunjungnya yang wajib diketahui para pelancong sebelum berpergian dan memesan kamar hotel.

Bagi para pelancong atau penikmat travelling, tentu tak asing lagi dengan berbagai tipe penginapan, mulai dari motel, villa, guest house, hotel, hingga resort. Hotel merupakan salah satu rujukan bagi mereka yang gemar bepergian. Hotel banyak terdapat di kota – kota besar di Indonesia mulai dari hotel dengan skala bintang 3 hingga skala bintang 5, semua menyajikan sensasi dan fasilitas yang berbeda.

Namun, taukah Anda bahwa hotel tidak hanya dibedakan dari segi fasilitas yang dilihat dari jumlah bintangnya, tapi juga dari tipe, tujuan, desain, hingga target pengunjungnya. Ingin tahu tipe – tipe hotel yang paling sering ditemui? Tertarik untuk menginap di sana? Yuk kita cari tahu ragam tipe hotel berikut ini.

  • Boutique hotel

Meskipun memiliki nama Boutique atau butik, namun Boutique hotel ini tidak ada kaitanya sama sekali dengan butik yang biasa kita kenal sebagai pusat penjualan pakaian. Boutique hotel merupakan hotel yang didesain tidak terlalu besar dan hanya hanya terdiri dari +- 100 kamar. Tidak seperti hotel pada umumnya yang kerap dihiasi dengan furnitur, ornamen, dan dekorasi yang mahal, Boutique hotel ini menyajikan nuansa yang lebih bersahaja dan santai. Dekorasinya dibuat lebih artistik dan lebih personalized tanpa menonjolkan kesan mewah.

  • Bed and Breakfast

Bed and breakfast merupakan jenis hotel yang lebih menyerupai guest house, di mana para tamu hotel diperlakukan sebagai bagian dari keluarga ketimbang sebagai tamu atau customer. Kamar – kamar yang tersedia di hotel tipe Bed and Breakfast dibuat berdekatan satu sama lain dengan pengunjung lainnya. Dan sesuai namanya, hotel jenis ini menyajikan menu breakfast atau sarapan yang menjadi salah satu fitur yang ditawarkan hotel.

Hotel tipe Bed and Breakfast kadang dibuat dari sebuah mansion atau rumah yang cukup luas dan dikomersialkan sebagai tempat penginapan layaknya hotel. Akibatnya, ruangan dan kamar – kamar yang tersedia di hotel ini jaraknya cukup berdekatan. Bahkan, kadang jumlah kamar mandi tidak sebanyak jumlah kamar tidur. Dengan kata lain, kamar mandi tidak selalu ada di setiap kamar tidur. Maka, pengunjung harus menggunakan satu kamar mandi yang digunakan secara bergantian. Tak heran, hotel tipe ini menyajikan tingkat privasi yang rendah bagi pengunjungnya.

  • Hostels

Hostel merupakan tipe hotel atau yang lebih tepat disebut sebagai penginapan. Hostel dikenal dengan standar harga penginapan yang cukup terjangkau, sehingga cocok bagi backpacker atau pelancong dengan budget terbatas. Mayoritas, tamu yang menginap di sini adalah pelajar atau pelancong yang ingin menikmati liburan dalam waktu yang lama, sehingga mereka memilih tinggal di tempat dengan biaya yang kecil agar bisa lebih lama berada di tempat tujuan wisata. Kadang, hostel ini menyajikan kamar dengan beberapa tempat tidur yang digunakan oleh beberapa pengunjung yang berbeda. Dalam satu kamar, bisa diisi 2 hingga 6 tamu sekaligus.

Berbeda dengan hotel yang segalanya full-service, di sini biasanya terdapat dapur atau pantry di mana pengunjung harus menyiapkan makanannya sendiri. Tak hanya itu, jumlah kamar mandi pun cukup terbatas, maka, para tamu harus sedikit berebut dengan tamu yang lain jika ingin menggunakan kamar mandi.

  • Hotel tematik

Hotel tematik biasanya menyajikan sensasi menginap yang luar biasa bagi pengunjungnya. Hotel tematik ini cukup diminati karena memberikan konsep desain yang tak biasa. Misalnya hotel yang terbuat dari tumpukan balok es, hotel yang terbuat dari bahan – bahan daur ulang, hingga hotel yang berbentuk menyerupai kapal pesiar seperti hotel The RMS Queen Mary di California. Anda ingin coba? 😀

  • Conference Hotel

Conference hotel merupakan hotel yang didesain untuk mengakomodasi kegiatan yang melibatkan banyak orang, sehingga jumlah kamar yang disediakan cukup banyak. Biasanya, conference hotel dilengkapi dengan meeting room, media presentasi (proyektor, sound system, layar, dll), kursi dan meja yang cukup banyak, dan fitur – fitur lain yang menunjang kepentingan konferensi, seminar, hingga meeting bisnis.

Beberapa fitur tambahan yang disediakan hotel ini antara lain kolam renang yang luas, fitness centre, lapangan tenis, area joging, dsb. Tak jarang, hotel ini juga menyediakan ballroom yang bisa disewa untuk pesta pernikahan, wisuda, atau perayaan tertentu.

butik hotel_2

Desain Resort dan Butik Hotel

  • Resort Hotel

Resort hotel, atau lebih sering disebut sebagai resort saja, merupakan hotel yang menawarkan paket menginap plus liburan ke tempat – tempat wisata yang lokasinya tak jauh dari resort. Resort ini menekankan pada konsep rekreasi, sehingga para pengunjung bisa menikmati liburan di tempat wisata sambil dimanjakan dengan fasilitas hotel yang mewah. Di sini, pengunjung akan ditawarkan beragam paket aktifitas liburan, mulai dari berenang, menyelam, berselancar, bermain golf, hingga aktifitas rileksasi seperti spa dan yoga. Maka, tak heran jika kebanyakan resort ini dibangun dekat dengan obyek wisata alam, seperti pegunungan, perbukitan, pantai, atau kawasan penyelaman.

Selamat mencoba 🙂

..

architectaria.com | Arsitek, Desain Interior, General Contractor

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

No Comments Yet.

Leave a Comment