Ingin Mengadakan Pesta untuk Menyambut Tahun Baru? Siapkan Hal Berikut Ini!

dekorasi tahun baru

Berbagai macam dekorasi, alat, dan bahan untuk mewujudkan pesta tahun baru yang meriah di rumah.

Di akhir Desember ini, ada dua momen besar yang datangnya hampir berbarengan, yakni Natal dan Tahun Baru. Momen Natal akan berlangsung beberapa hari lagi, sementara Tahun Baru 2014 masih akan datang seminggu lagi. Nah untuk menyambut tahun baru tersebut, biasanya beberapa orang memilih merayakannya bersama orang – orang terdekat, rekan kerja, sahabat, dan keluarga dengan mengadakan pesta menyambut tahun baru. Pesta tahun baru ini bisa diadakan di mana saja, namun untuk membuat suasananya tampak akrab dan intim, akan lebih baik jika pesta tahun baru diadakan di rumah.

Bagaimana dengan Anda? Adakah rencana tahun baru Anda untuk mengadakan pesta menyambut tahun baru di rumah? Jika ya, pastinya Anda perlu mempersiapkan berbagai hal. Selain menyiapkan hidangan khas tahun baru, Anda juga perlu menata dan mendekorasi ruangan agar lekat dengan nuansa tahun baru. Tak perlu dekorasi yang mahal dan rumit. Dengan sentuhan kreatifitas Anda, Anda toh bisa membuat dekorasi tahun baru yang unik, kreatif, meriah, dan tetap hemat. Bahkan, Anda bisa memanfaatkan barang atau bahan yang tak terpakai di sekitar Anda untuk diikutkan sebagai salah satu elemen dekorasi tahun baru.

Membuat dekorasi tahun baru homemade memang mengasyikan. Yang tak kalah penting, siapkan juga furnitur dan peralatan pendukung lainnya. Ingin tahu bagaimana mengatur sebuah pesta tahun baru yang meriah? Tips – tips di bawah ini mungkin akan sangat berguna untuk membantu Anda mewujudkannya.

Siapkan dekorasi homemade yang mudah dibuat

Salah satu dekorasi yang paling penting dalam perayaan tahun baru adalah banner. Ya, banner ini bisa Anda buat dengan memanfaatkan butcher paper atau papan poster. Gunakan spidol atau marker untuk membuat tulisan “Happy New Year’s 2014”. Atau, Anda bisa membuat tulisan tersebut dari kertas manila / kuarto warna – warni. Buat pola menyerupai huruf pada kalimat tersebut, lalu gunting, dan tempelkan pada banner. Sebagai dekorasi tambahan, taburkan glitter di sekeliling banner agar tulisan terlihat bersinar.

Selain glitter, Anda bisa menambahkan kertas emas sebagai tepian dari banner. Sebagai alternatif, bisa juga Anda menambahkan kertas krep dan tempelkan di masing – masing sisi banner. Pasangkan tali di sisi kanan dan kiri banner untuk menggantung banner di dinding. Jika banner sudah siap, tempatkan pada dinding di mana pesta akan diselenggarakan. Bisa juga Anda membuat lebih dari 1 banner dan ditempatkan di sudut – sudut strategis, di depan pintu, maupun di area luar jika Anda ingin mengadakan pesta tahun baru secara outdoor.

Dekorasi meja

Dekorasi meja bisa diwujudkan dengan penataan makanan dan minuman. Sediakan beberapa cupcake dengan banyak taburan permen atau meses berwarna – warni di atasnya, kemudian susun hingga membentuk kerucut. Sediakan pula minuman berwarna sebagai pendampingnya. Anda bisa menggunakan gelas – gelas dengan bentuk unik dan tak biasa. Sebagai pemercantik, Anda bisa membuat bentuk – bentuk unik dari kertas makan yang disusun dan dilipat menyerupai angsa, bunga mawar, atau bentuk lainnya.

dekorasi meja makan untuk tahun baru

Dekorasi Meja Makan untuk Menyambut Tahun Baru

Tambahkan wall decoration bertemakan Silver and Gold

Tahun baru biasanya identik dengan warna – warna logam yang berkilau, misalnya emas dan perak. Maka, dalam perayaan tahun baru pun Anda tak boleh melewatkan untuk menggunakan tema Silver and Gold ini. Anda bisa mewujudkannya pada wall decoration. Anda bisa memilih wall paper atau wall sticker dengan salah satu atau kedua warna tersebut. Juga, Anda bisa menggunakan pita, confetti, atau kertas emas dan tempelkan pada dinding dan sudut – sudut strategis. Selain menggunakan kertas, Anda bisa mewujudkan tema Silver and Gold ini dengan menggunakan cat. Atau, boleh juga Anda menghadirkan kalung / karangan bunga berbentuk lingkaran dengan taburan warna emas dan perak. Kemudian, gantung karangan bunga ini di depan pintu.

Pilih pencahayaan yang mendukung

Untuk menciptakan pesta tahun baru yang meriah, tak lengkap rasanya jika tak menghadirkan pencahayaan yang terang dan meriah pula. Sebab, pencahayaan ini yang paling berperan penting dalam mensetting mood, baik para tamu undangan maupun penyelenggara pesta. Apapapun jenis pesta tahun baru Anda, entah bertemakan indoor atau outdoor, string lights bisa digunakan sebagai pencahayaan untuk memeriahkan perayaan pesta tahun baru, terutama tatkala puncak acara, yakni peniupan terompet di jam 12 malam.

Khusus untuk perayaan pesta tahun baru di luar ruangan, Anda bisa menambahkan lentera dengan string lights warna putih. Usahakan lentera yang Anda buat bukanlah lentera yang ‘biasa – biasa saja’, melainkan bentuk lentera yang unik dan kreatif, misal bentuk bintang, bentuk topi, dan bentuk wajah. Lalu, tempatkan lentera – lentera ini di sudut – sudut strategis yang banyak didatangi tamu.

Sediakan panggangan/alat untuk membuat BBQ

Acara tahun baru tak lengkap rasanya tanpa mengadakan acara bakar – bakaran atau Barbeque. Berbagai makanan bisa digunakan, mulai dari daging (ayam, sapi), ikan, hingga jagung. Yang pasti, sediakan alat pemanggang dan tempatkan di halaman belakang untuk menunjang kegiatan ini. Jika Anda tak memiliki alat pemanggang yang cukup besar, Anda bisa menggunakan api unggun dan biarkan para tamu menggunakan api unggun ini untuk membakar bahan makanan tersebut. Namun, pastikan lokasi api unggun cukup jauh dari benda yang mudah terbakar.

Selamat mencoba 🙂

..

Architectaria – Arsitek dan Perencana

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

No Comments Yet.

Leave a Comment