Ingin Membuat Lantai Marmer Tampak Bersih dan Mengkilap? Ini Triknya!

lantai marmer (marble flooring)_1

Berbagai bahan kimia, cara, dan tips & trik untuk membersihkan lantai marmer dari noda serta membuat permukaannya mengkilap.

Lantai marmer tergolong lantai yang perlu dijaga keindahannya karena bahan marmer ini identik dengan harga yang selangit dan kualitas yang baik. Tak hanya itu, lantai marmer ini kerap ditemui di tempat – tempat yang dianggap bergengsi, sehingga keberadaan lantai marmer ini akan semakin meningkatkan kesan prestisius pada tempat tersebut.

Tetapi jika tidak dirawat dan dibersihkan dengan rutin, bukan mustahil lantai marmer ini akan kehilangan keindahannya. Terlebih lantai merupakan area yang sangat mudah kotor, berdebu, dan mudah terkena noda. Jika noda – noda ini dibiarkan, terutama noda yang mengandung asam, maka bisa berpotensi merusak keindahan lantai marmer.

Jika hunian Anda tergolong salah satu hunian yang mengeksplorasi keindahan marmer, tak ada salahnya Anda memperhatikan beberapa poin penting dibawah ini terkait bahan – bahan dan cara membersihkan dan mengkilapkan lantai marmer. Beberapa produk bahkan bisa ditemui dengan mudah dan tersedia di rumah. Apa sajakah?

1. Amoniak

Amoniak merupakan pembersih yang bersifat basa dan cukup aman diterapkan pada lantai marmer jika digunakan seperlunya. Cairan pembersih yang bersifat basa atau alkali mampu mengelupas semua debu dan noda pada permukaan lantai marmer dengan lebih aman. Dalam membersihkan lantai marmer dengan amonia, gunakan campuran satu sendok amonia dengan 1 cangkir air, lalu usapkan pada bagian lantai yang terkena noda. Niscaya, noda akan lebih mudah terangkat tanpa merusak permukaan lantai. Hindari penggunaan bahan – bahan atau cairan pembersih yang mengandung asam, karena akan menimbulkan goresan pada permukaan lantai marmer.

2. Hidrogen Peroksida

Hidrogen peroksida adalah jenis alkali lain yang cocok digunakan sebagai cairan pembersih permukaan marmer. Cairan ini ampuh mengelupas noda, terutama noda – noda yang bersifat asam. Cara menggunakannya cukup mudah, yakni dengan membasahi kain dengan sedikit Hidrogen Peroksida, kemudian gosokkan pada lantai yang terkena noda hingga bersih. Noda akan cepat terkelupas dan lantai menjadi bersih.

3. Deterjen cair

Deterjen cair yang biasa kita gunakan untuk mencuci pakaian, bisa juga kita fungsikan untuk membersihkan debu dan noda bandel pada permukaan marmer. Cukup campurkan seperempat sendok teh cairan deterjen ke dalam 1 cangkir air, kemudian celupkan kertas atau kain yang bersih dan usapkan kain tersebut pada permukaan yang terkena noda. Pastikan Anda menggunakan deterjen cair sesedikit mungkin agar tidak menimbulkan bekas pada permukaan marmer. Pastikan juga bahwa deterjen cair yang Anda gunakan tidak mengandung bleaching atau pemutih.

4. Baking Soda

Selain bahan – bahan kimia yang telah disebutkan di atas, Anda bisa juga membuat cairan pembersih dari campuran baking soda dengan air, dan buat campuran yang agak kental dengan tekstur yang menyerupai pasta. Baking soda juga termasuk jenis alkali, dan campuran baking soda dan air cukup ampuh dalam mengkilapkan dan membersihkan noda pada lantai, namun tidak terlalu abrasif sehingga tidak menimbulkan goresan.

5. Handuk kecil

Agar lebih optimal dalam membersihkan noda, gunakan handuk kecil sebagai pengganti kain. Handuk memiliki permukaan yang berserabut, sehingga bisa mengangkat kotoran lebih cepat. Selain itu, permukaan halus cukup lembut, sehingga tidak akan merusak permukaan lantai marmer.

lantai marmer (marble flooring)_2

Ruang Keluarga Bergaya Modern Klasik dengan Lantai Marmer

Cara membersihkan dan mengkilapkan lantai marmer yang cepat dan efektif

Alat dan bahan yang dibutuhkan:

  • Cairan pembersih (pilih salah satu dari 4 bahan yang sudah disebutkan di atas)
  • Air hangat
  • Kain / handuk kering
  • Air untuk membilas
  • Kain yang bisa menyerap debu
  • Bahan pengkilap permukaan marmer (marmer polish)
  • Diamond polishing pad

Langkah – langkah membersihkan dan mengkilapkan lantai marmer:

  • Buat larutan pembersih dengan memanfaatkan satu dari keempat bahan yang sudah dijabarkan di atas. Kemudian, campurkan dengan air hangat. Jika area lantai cukup luas, tingkatkan takarannya namun dengan tetap mengikuti aturan komposisi bahan yang sudah disebutkan di atas. Aduk hingga rata.
  • Celupkan kain atau handuk pada larutan pembersih tersebut, kemudian gosokkan secara perlahan pada lantai dan jangan sampai permukaannya tergores.
  • Untuk area – area yang terkena noda lebih parah, beri sedikit penekanan ketika menggosok permukaan lantai marmer dengan kain. Ulangi beberapa kali hingga noda benar – benar hilang. Celupkan kain ke dalam larutan pembersih sesekali.
  • Biarkan cairan pembersih berada di lantai selama beberapa waktu, sekitar 1 – 2 jam.
  • Bilas permukaan lantai marmer dengan air bersih, lalu keringkan dengan kain yang bisa menyerap debu.
  • Saat lantai benar – benar telah kering, Anda bisa menambahkan bahan pengkilap marmer pada seluruh permukaanya. Bahan pengkilap ini diaplikasikan pada lantai dengan menggunakan kain yang baru. Jangan lupa baca petunjuk penggunaan bahan ini dan takaran yang pas sebelum mengaplikasikannya pada lantai. Setelah itu, gunakan Diamond polishing pad agar permukaan marmer lebih mengkilat.

Selamat mencoba 🙂

..

architectaria.com | Arsitek, Desain Interior, General Contractor

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

9 Comments

  1. Anonymous

    Teknologi beton yang dikenal masyarakat luas umumnya dipersepsikan sebagai produk yang berfungsi sebagai penunjang konstruksi atau struktur bangunan rumah serta diketahui memiliki keawetan (durability) tinggi. Namun di saat ini beton juga dapat di aplikasikan sebagai material finishing bangunan rumah. Beton decoratif (Concrate Decorative) merupakan penggunaan untuk meningkatkan estetika dari sebuah konstruksi atau struktur – sumber

  2. Teknologi beton yang dikenal masyarakat luas umumnya dipersepsikan sebagai produk yang berfungsi sebagai penunjang konstruksi atau struktur bangunan rumah serta diketahui memiliki keawetan (durability) tinggi. Namun di saat ini beton juga dapat di aplikasikan sebagai material finishing bangunan rumah. Beton decoratif (Concrate Decorative) merupakan penggunaan untuk meningkatkan estetika dari sebuah konstruksi atau struktur – sumber

  3. Nice info 🙂
    Selanjutnya.
    Perkenankan kami untuk promote.
    Kami Jasapolesindo | melayani jasa poles marmer, jasa poles teraso, jasa poles granit, jasa poles tegel dan perawatan lantai lainnya. Kami berlokasi di Daerah Jakarta Selatan. More info : 0816 90 95 94. | http://www.jasapolesindo.com
    Terima kasih.

  4. untuk tipsnya membuat marmer tampak mengkilat menarik dan bisa di coba di rumah , trima kasih

  5. Mencari jasa untuk pemolesan marmer, granit, teraso dan keramik ? Silahakan kunjungi , kami di .
    http://www.jasindopoles.com
    http://www.poleskita.com

  6. Untuk daftar harga poles marmer kami memberi harga yang murah , khusus wilayah DKI JAKARTA
    Tlp. 0811 880 345

  7. Info yang sangat membantu. 🙂
    Selanjutnya kami meminta ijin pada admin, untuk promote.
    Kami Jasapoleslantai.id adalah layanan jasa dibidang perawatan lantai, khususnya lantai marmer, teraso, tegel dan granit.
    Jasapoleslantai.id melayani; jasa poles marmer, jasa poles teraso, jasa poles granit dan jasa poles tegel.
    Kami berlokasi di Jakarta Selatan.
    Untuk info lebih lanjut, hubungi : 0816 90 95 94.
    Atau kunjungi : http://www.jasapoleslantai.id
    Terima kasih

  8. Info yang sangat membantu. 🙂
    Selanjutnya kami meminta ijin pada admin, untuk promote.
    Kami Jasapoleslantai.id adalah layanan jasa dibidang perawatan lantai, khususnya lantai marmer, teraso, tegel dan granit.
    Jasapoleslantai.id melayani; jasa poles marmer, jasa poles teraso, jasa poles granit dan jasa poles tegel.
    Kami berlokasi di Jakarta Selatan.
    Untuk info lebih lanjut, hubungi : 0811 900 145.
    Atau kunjungi : http://www.jasapoleslantai.id
    Terima kasih

  9. Yang mau cari jasa poles marmer poles granit poles teraso … bisa hubungi saya

Leave a Comment