Ide Desain Mengubah Gudang Menjadi Kantor

Review tentang desain arstiktur modern dengan memanfaatkan gudang tua yang sudah lama tidak digunakan menjadi kantor oleh Studio Ferris.

Studio Ferris adalah perusahaan dibelakang ini semua. Mereka memang selalu mencari sisi potensial sebuah bangunan sehingga bernilai tinggi. Konsep ini pula yang diterapkan ketika mereka merubah dan merenovasi gudang tua menjadi kantor yang sangat menakjubkan. Masuk ke dalam kantor tersebut, setiap orang tidak akan tahu jika awalnya kantor tersebut adalah sebuah gudang tua yang kotor.

Dari luar, sepertinya gudang ini masih sangat asli. Bentuknya sangat kuno. Kesan kuno sangat terlihat. Batu bata yang masih terlihat membuat bangunan ini terlihat sangat kotor. Jauh dari kesan modern.

Akan tetapi, jika Anda masuk ke dalam, maka Anda akan tahu betapa nyamannya berada di dalam bangunan ini.

Sentuhan yang Diberikan oleh Studio Ferris

Ada permintaan khusus dari klien Studio Ferris. Ia menginginkan gudang diubah menjadi kantor yang berfungsi maksimal.

law office

Desain Arsitektur dan Interior Gudang Menjadi Kantor – View 2

Oleh sebab itu, hal pertama yang dilakukan oleh Studio Ferris merubah total interior. Dinding pembatas antar ruangan yang kecil dihilangkan sehingga sisi interior menjadi sangat luas.

law office

Desain Arsitektur dan Interior Gudang Menjadi Kantor – View 3

law office

Desain Arsitektur dan Interior Gudang Menjadi Kantor – View 4

Ini seperti desain interior kantor modern di mana sekat antar ruangan di minimalisir. Yang menjadi fokus adalah open space layout. Selain mengandung estetika desain kantor yang modern, model seperti ini juga akan meningkatkan produktivitas kerja. Karena tidak ada sekat, maka setiap karyawan bisa lebih cepat berinteraksi satu sama lain.

law office

Desain Arsitektur dan Interior Gudang Menjadi Kantor – View 5

law office

Desain Arsitektur dan Interior Gudang Menjadi Kantor – View 6

Namun, bukan berarti tidak ada pembagian ruangan di dalam kantor gudang ini. Di dalam ada ruangan meeting, area kerja lengkap dengan meja dan kursi, ruang membaca, serta perpustakaan. Sekat antar ruangan dibuat dari tumpukan kotak dengan dimensi yang berbeda. Kotak tersebut disusun tidak beraturan sehingga menopang bagian atas yang digunakan sebagai lantai dua.

law office

Desain Arsitektur dan Interior Gudang Menjadi Kantor – View 7

Jadi, ada dua lantai. Lantai bawah dan lantai atas. Tangga serta penopang lantai atas terbuat dari tumpukan kotak tersebut. Orang tidak akan menyangka jika tumpukan kotak tersebut merupakan tangga yang sekaligus penopang lantai dua. Sekilas tumpukan kotak tersebut seperti hiasan interior saja.

law office

Desain Arsitektur dan Interior Gudang Menjadi Kantor – View 8

law office

Desain Arsitektur dan Interior Gudang Menjadi Kantor – View 9

Tumpukan kotak tersebut berperan sangat signifikan. Dengan fitur baru ini, bangunan ini sama sekali tidak terkesan seperti gudang walaupun dari luar orang masih melihat bangunan tersebut adalah gudang.

Ide Utama Merubah Gudang Menjadi Kantor

Ide yang sangat brilian digunakan untuk memaksimalkan space gudang yang sebenarnya tidak terlalu luas. Akan tetapi, dengan menyekat antar ruangan dengan menggunakan tumpukan kotak yang sekaligus menjadi penyangga lantai dua dan juga ornamen interior ruangan, ruangan terlihat sangat artistik tanpa meniadakan fungsinya sebagai kantor.

Karena bentuk dan ukuran kotak tidak sama serta penerapannya yang tidak beraturan, ada space antar kotak yang digunakan sebagai tempat untuk menaruh peralatan kantor, dokumen, atau buku. Sangat menarik. Seolah memiliki rak buku yang multifungsi.

law office

Desain Arsitektur dan Interior Gudang Menjadi Kantor – View 10

Untuk memastikan klien betah berada di dalam kantor ini, maka dibuatlah ventilasi tambahan. Ventilasi ini terbuat dari kaca untuk memastikan selalu ada cahaya yang masuk ke dalam ruangan.

law office

Desain Arsitektur dan Interior Gudang Menjadi Kantor – View 11

Penempatan ventilasi juga tidak asal-asalan. Arsitek sangat memperdulikan keindahan desain interior sehingga ventilasi selain menjadi tempat masuknya cahaya juga menjadi ornamen yang sangat menarik.

Demikianlah review singat tentang bagaimana memaksimalkan gudang menjadi kantor. Jika Anda memiliki gudang yang sudah tidak terpakai, Anda bisa memaksimalkannya sehingga menjadi kantor. Anda harus pastikan perusahaan jasa arsitek atau kontraktor yang Anda pilih mampu merubah gudang menjadi kantor dengan desain arsitektur yang tinggi.

Selamat mencoba 🙂

(image source by: www.homedit.com)

..

architectaria.com | Arsitek, Desain Interior, General Contractor

Untuk Anda yang berada diwilayah JABODETABEK dan membutuhkan jasa arsitek, desain interior dan jasa kontraktor untuk membangun/merenovasi rumah, silahkan menghubungi kami melalui nomor: 081229400888, 087710400888, 021-83836281, atau 0251-8386706 (Bogor).

(Jika Anda menganggap artikel ini bermanfaat, dan menikmati membaca artikel-artikel di web ini, Anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika Anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

1 Comment

  1. dari gudang jadi kantor, keren banget , terimakasih artikelnya sangat bermanfaat

Leave a Comment