Ide Desain Interior Ruangan Berukuran Kecil

Hai pembaca setia architectaria.com, apa kabar anda semua? Semoga anda senantiasa sehat dan bahagia bersama keluarga dan orang-orang terkasih. Artikel kali ini kembali membahas tentang ide-ide desain dan dekorasi interior ruangan yang berukuran kecil atau sempit. Sebenarnya sudah banyak artikel diweb ini yang membahas tentang desain interior untuk ruangan berukuran kecil atau sempit, namun ruangan berukuran kecil selalu menarik untuk dibahas. Ruang berukuran kecil ini bisa saja ruang kerja anda, kantor, kamar tidur, ruang tamu, kamar mandi atau ruang apartemen anda.

Mari kita bahas lebih jauh, jika anda memiliki ruang yang space atau luasannya terbatas bukan berarti ruangan tersebut boleh menjadi ruang yang tidak nyaman dilihat, ditinggali dan membosankan. Dengan ide yang kreatif, ruang kecil tersebut tetap bisa dimanfaatkan dan didesain menjadi ruang yang indah, nyaman dan menyenangkan. Berikut adalah beberapa ide dan tips untuk mendesain interior ruangan anda yang berukuran kecil..

Furniture Multifungsi

Bayangkan jika ruangan anda berukuran kecil, menempatkan meja makan berukuran besar diarea ruang makan pasti adalah sesuatu yang kurang bijak untuk dilakukan. Anda harus merencanakan untuk menggunakan meja makan yang bisa berfungsi sebagai meja kerja atau bisa berfungsi sebagai computer desk. Ketika waktu bekerja, anda bekerja dimeja tersebut, namun ketika waktunya makan anda juga bisa menggunakannya.. Bisakah anda membayangkan model meja seperti ini? Sama halnya dengan aneka furniture yang lain, anda harus kreatif menentukan furniture multifungsi yang kompak. Beberapa jenis furniture multifungsi adalah; rusban gantung+meja belajar, wall unit bisa dikombinasikan dengan tv stand dan rak DVD, display frame untuk pajangan aksesoris+photo frame+bookcase, dsb.

Wall Mounted TV Stand

Jika anda memiliki TV berukuran besar, usahakan tidak menggunakan rak TV konvensional seperti yang biasa kita gunakan atau kita lihat ditoko furniture. Menggunakan rak TV konvensional apalagi yang berukuran besar pasti akan menghabiskan space ruangan anda. Bayangkan ruang keluarga atau ruang nonton yang berukuran kecil kemudian anda letakkan rak TV berukuran besar disana? Sangat sumpek dan sempit pastinya. Silahkan menggunakan TV stand yang menempel didinding (wall mounted TV stand), seperti yang biasa kita lihat di bank atau kantor. Penggunaan wall mounted TV stand pastinya akan membuat ruangan anda menjadi lebih lega.

Panel Partisi Tembus Pandang

Sebuah elemen dekoratif namun fungsional, mampu membuat ruangan anda terlihat lebih gaya namun berfungsi juga sebagai partisi antar ruang. Perimbangan menggunakan panel partisi tembus pandang agar ruangan anda tidak terasa sempit akibat adanya sekat ruangan dari dinding bata yang masif dan memberi kesan ruwet dan sempit. Sifat panel partisi yang tembus pandang ini pastinya akan lebih mudah untuk meloloskan cahaya, dari satu ruangan ke ruangan yang lain. Sebuah ide yang hebat, selain membuat ruangan tampak gaya dan cantik, panel partisi ini juga sangat fungsional.

Wall Mounted Shelf (Ambalan)

Salah satu ide kreatif lainnya adalah dengan menambahkan elemen dekoratif dan fungsional didalam ruangan, misalnya ruangan tidur atau ruang kerja yaitu penggunaan wall mounted shelf atau ambalan. Ambalan bisa terbuat dari kayu atau kombinasi (aluminiium+kaca, aluminium+kayu,dsb). Penggunaan ambalan didalam ruangan sangat menghemat tempat karena anda tidak perlu memakai rak display yang masif untuk menyimpan buku, pigura atau aksesoris pajangan lainnya. Cukup gunakan ambalan dan sesuaikan jumlah raknya dengan barang yang akan anda letakkan diambalan tersebut. Ambalan; satu lagi ide kreatif yang menggabungkan fungsi dan keindahan.

Pattern (Pola) Dan Geometric Shape

Ruangan berukuran kecil menuntut ide kreatif yang mampu membuatnya terkesan luas. Salah satu ide tersebut adalah penggunaan pola dekoratif, pola garis lurus horizontal dan bentuk-bentuk geometris pada dinding akan memberi ritme pada sebuah ruangan. Mata secara alami akan mengikuti pola garis dan bentuk geometris yang ada, selanjutnya ilusi akan tercipta sehingga secara psikologis pola tersebut membuat ukuran ruangan terasa lebih besar daripada yang sebenarnya.

Menggunakan Warna Untuk Memberi Kesan Luas

Seperti beberapa artikel yang sudah saya tulis dan membahas masalah warna, warna memiliki efek psikologis untuk memberi ilusi dan menciptakan kesan luas bagi ruangan. Ide kreatif menggunakan warna ini adalah ide dekoratif yang sebenarnya sudah tua, namun ide ini selalu bisa diterapkan sepanjang waktu. Warna netral atau warna pucat atau light color terkesan jauh dari pandangan mata kita sehingga memeberi kesan luas. Sementara warna bright seolah-olah mendekati kita sehingga ruangan tampak kecil atau sempit. Gunakan warna netral ini pada ruangan yang space nya sempit. Berikan warna aksen sedikit untuk menghindari hasil yang monoton. Anda bisa menggabungkan warna aksen ini untuk pattern atau geometric shape seperti yang sudah kita bahas sebelumnya.

Menggunakan Warna Untuk Mendapatkan Kenyamanan

Warna bukan hanya dapat digunakan untuk memberi efek luas pada sebuah ruangan, tapi warna juga mampu memberikan rasa nyaman ketika kita berada didalam ruangan. Sebuah ruangan kecil dapat tampil cozy, dan ini membutuhkan ide dan tantangan tersendiri. Untuk memberi rasa nyaman apabila kita berada didalam ruangan, tidak hanya ditentukan oleh warna dinding ruangannya. Warna pada benda-benda didalam ruangan tersebut juga mempengaruhi, misalnya warna karpet, cushion atau warna sofa.

Demikian artikel dan tips tentang beberapa ide desain interior ruangan berukuran kecil, dengan menerapkan ide-ide ini saya berharap ruangan yang kecil tidak menghalangi anda untuk berkreasi dan mendapatkan tempat hunian yang indah dan nyaman. Selamat berkreasi..

..

Architectaria – Arsitek dan Perencana

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

LinkedInTumblrStumbleUponRedditAIMDiggDeliciousFlipboardShare

2 Comments

  1. Norma

    Kita memang dituntut harus kreatif dalam merenovasi rumah berukuran mungil dan mendesain interior ruangan yang kecil dan sempit.

    Ide-idenya akan saya terapkan pak. Saya juga menggunakan denah pengembangan rumah type 21/72 dari bapak.

    Thanks,

    Norma

  2. jessica zoyya agusna

    wah idenya bagus sekali, sangat sangat membantu saya menyelesaikan ide konsep tugas kuliah saya
    terimakasih banyak! sukses selalu

Leave a Comment