Goodwood Residence, Saatnya Apartemen Kembali ke Konsep Green Living

Goodwood-Residence-apartments-by-WOHA_12

Goodwood Residence, apartemen di pusat perkotaan Singapura yang dekat dengan kawasan perbukitan dengan konsep green living dan ramah lingkungan.

Goodwood residence terletak di kawasan apartemen tak jauh dari area utama Orchard Scotts Road. Kawasan ini memiliki latar belakang hijau berkat adanya taman seluas 20 hektar di belakangnya. Daerah Goodwood sendiri merupakan salah satu daerah yang cukup luas dan lapang yang masih terdapat banyak area hijau karena lokasinya yang berada kawasan konservasi pohon Goodwood.

Kawasan apartemen ini terdiri atas 12 lantai berbentuk L-blok. Di sekelilingnya, kita juga bisa menemukan 2,5 hektar lahan luas yang menghadirkan kesan keterbukaan dan kontinuitas yang bisa kita saksikan melalui gambar – gambar hasil jepretan fotografer Patrick Bingham-Hall berikut ini.

Apartemen di kelilingi bukit

Halaman di Goodwood residence ini terhubung ke bukit Goodwood yang jaraknya sekitar 100m di seberang blok. Keberadaan bukit ini mampu menawarkan pemandangan yang sangat indah dengan tanaman yang hijau dan tumbuh subur. Selain menawarkan lokasi dan pemandangan yang indah, Goodwood residence ini juga dilengkapi dengan fasilitas club house (ruang baca, ruang pribadi dan kolam renang) yang paralel dari apartemen. Halaman yang tak begitu luas juga terhampar di depan apartemen.

Goodwood-Residence-apartments-by-WOHA_2

Goodwood Apartment Residence – view 2

Parkir mobil terletak di basement yang sekaligus menjadi entry point bagi penghuni apartemen untuk memasuki Goodwood residence ini. Dengan penataan desain apartemen seperti ini, tak heran kawasan ini memiliki limpahan cahaya alami dan udara segar yang cukup banyak.

Goodwood-Residence-apartments-by-WOHA_6

Goodwood Apartment Residence – view 3

Goodwood-Residence-apartments-by-WOHA_7

Goodwood Apartment Residence – view 4

Pada apartemen ini, unit ground floor atau lantai dasar dirancang sebagai tipologi dan nafas baru layaknya rumah biasa, dengan keberadaan langit-langit yang tinggi, kolam renang outdoor, dan pintu gerbang geser otomatis (sliding gates) yang didesain khusus untuk memudahkan para penghuni apartemen ketika keluar masuk. Pintu geser ini juga memungkinkan pemilik apartemen untuk menikmati pemandangan di sekitar perbukitan.

Goodwood-Residence-apartments-by-WOHA_3

Goodwood Apartment Residence – view 5

15 unit apartemen berada di lantai 2 dan 3 didesain dengan konsep treehouse yang bertengger di tengah-tengah kanopi treetop, sehingga membuat penghuni apartemen tersebut semakin merasa dekat dengan alam. Sementara itu, lantai 4-11 lantai didesain tumpang tindih. Di lantai teratas, yakni lantai 12, kita bisa menemukan akses menuju teras/ taman atap (garden roof). Garden roof ini mampu menciptakan area di mana kita bisa mendapatkan pemandangan kota secara luas tanpa banyak penghalang. Sementara itu, udara sejuk dari kawasan perbukitan terasa sekali di sini, sehingga bisa memanjakan para penghuni apartemen yang ingin sejenak bersantai dari rutinitas.

Goodwood-Residence-apartments-by-WOHA_1

Goodwood Apartment Residence – view 6

Terinspirasi pola – pola rumit tekstil tenun tradisional Asia

Secara umum, desain bangunan ini terinspirasi oleh pola tekstil tenun tradisional Asia. Semua unit apartemen (mulai dari lantai 2 ke atas) dilengkapi plang aluminium dengan kemiringan 45 derajat yang mengarah dari utara-selatan. Alumunium ini merupakan screen fasad yang berfungsi sebagai sun shading vertikal, di mana penghuni apartemen bisa mengontrol banyak sedikitnya cahaya matahari yang masuk ke dalam apartemen mereka. Di samping itu, terdapat taman vertikal setinggi 1 meter pada balkon dengan kedalaman yang bervariasi, mulai dari 2.7m hingga 4.5m.

Goodwood-Residence-apartments-by-WOHA_8

Goodwood Apartment Residence – view 7

Apartemen dengan konsep green living

Untuk melengkapi dan memperluas kesan hijau ala Goodwill Hill, di kawasan ini kita bisa menemukan 55 jenis pohon yang diawetkan serta 500 pohon baru yang merupakan tanaman asli Asia Tenggara. Keberadaan area tersebut diperkuat dengan adanya lahan vertikal seluas 1700 meter persegi yang ditempatkan di pusat kawasan. Sehingga secara keseluruhan, hampir 80% dari dari kawasan apartemen Goodwood ini didedikasikan untuk menciptakan lanskap yang bisa memfasilitasi kehidupan green living untuk komunal ala kaum urban di perkotaan Singapura.

Goodwood-Residence-apartments-by-WOHA_10

Goodwood Apartment Residence – view 8

Sistem manajemen air dan irigasi yang canggih

Dalam rangka mengurangi konsumsi air yang berlebih untuk menyirami tanaman – tanaman yang ada di sekitar apartemen ini, dibangunlah sistem irigasi yang menampung air hujan melalui sistem run-off yang mengalirkan sekaligus menyimpan air di bawah tanah (underground). Air cadangan ini akan digunakan untuk menyirami tanaman selama musim kemarau. Sistem ini cukup mudah diterapkan di area ini mengingat adanya lapisan penampung air serta situasinya yang terletak di kaki perbukitan, sehingga air dari atas bukit akan terkumpul di kantung – kantung penyimpanan air yang ada di bawahnya. Lapisan tanah tersebut juga berfungsi sebagai bio-filtrasi alami yang bisa memperbaiki kualitas air sebelum disimpan untuk siklus irigasi berikutnya.

Goodwood-Residence-apartments-by-WOHA_9

Goodwood Apartment Residence – view 9

Tempat pembuangan sampah yang terintegrasi

Di kawasan apartemen ini, disediakan tempat – tempat khusus yang digunakan untuk membuang sampah organik dan sampah yang bisa didaur ulang secara terpisah. Lokasinya tak jauh dari lobby utama demi memudahkan semua penghuni apartemen dalam membuang sampah. Tempat sampah ini juga terhubung langsung dengan pneumatic waste system yang cukup lebar. Dengan adanya sistem yang terintegrasi ini, maka sampah – sampah bisa tergabung dan dikumpulkan di satu tempat khusus, sehingga tidak terkesan terpisah – pisah di tempat yang berbeda.

Bangunan dengan konsep zero waste

Karena ingin mengusung konsep hijau dan ramah lingkungan, salah satu bukti nyata yang ditunjukkan apartemen ini adalah dengan membuat dinding interior yang tersusun atas dinding – dinding dan struktur bangunan lama yang difungsikan kembali.

(image source by: www.dezeen.com)

..

architectaria.com | Arsitek, Desain Interior, General Contractor

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

1 Comment

  1. Ratna

    review desain apartemennya menarik sekali. thanks artikel review nya architectaria

Leave a Comment