Furniture yang Umumnya Terdapat di Ruang Tamu

Benda atau furniture apa saja yang biasa diletakkan di ruang tamu beserta jenis dan kegunaannya.

Memiliki rumah baru merupakan impian sekaligus kebanggaan setiap individu maupun keluarga. Tinggal rumah baru tentu sangat ditunggu-tunggu terlebih bagi mereka yang belum pernah memiliki rumah sebelumnya. Sebuah keluarga yang memiliki rumah baru kemudian akan berfikir untuk mendekorasi dan menata ruangan-ruangan yang ada seketika setelah menempati rumah tersebut.

Salah satu agenda yang tak boleh dilewatkan ketika memikirkan untuk menempati rumah baru adalah mengisi rumah tersebut dengan perabotan dan furniture secukupnya. Jenis dan jumlah furniture tentu menyesuaikan dengan tujuan penggunaan sebuah ruangan itu sendiri.

Bila kita ingin menjadikan sebuah ruangan sebagai kamar tidur, tentu furniture yang kita perlukan untuk mengisi ruangan tersebut akan lebih banyak dan beragam dibandingkan jika kita akan menggunakan ruangan tersebut sebagai ruang baca. Selain jumlahnya, jenis furniture yang dibutuhkan untuk melengkapi satu ruangan dengan ruangan lain pun tentu berbeda. Misalnya, tempat tidur merupakan furniture yang hanya dapat kita temui di ruang tidur dan bukan di dapur atau ruang keluarga.

Salah satu ruang di dalam sebuah rumah yang diperlakukan khusus dan mungkin paling istimewa dibandingkan ruangan lain adalah ruang tamu. Ya, ruang tamu merupakan ruang yang kerap ditonjolkan pemiliknya karena tamu yang datang berkunjung akan menilai ruangan ini seketika ketika mereka datang bertamu. Hal-hal yang kita pajang dan tampilkan di ruang tamu pun terkadang adalah benda-benda kebanggaan kita.

Melihat begitu krusialnya peran ruang tamu di sebuah rumah, entah itu rumah lama maupun rumah baru, orang-orang kini semakin getol untuk mendekorasi ruangan ini sebaik mungkin, termasuk dalam pemilihan furniture yang ada di ruang tamu tersebut. Seperti halnya ruangan lain, ruang tamu pun memiliki tipe furniture sendiri yang berbeda dengan tipe furniture di ruangan lain. Apa sajakah itu? Berikut ini beberapa furniture yang umum kita temui di sebuah ruang tamu.

Desain Interior Ruang Tamu – Sofa dan Aksesoris Pengisi Ruang Tamu

1. Sofa

Sofa merupakan tempat dimana baik pemilik rumah maupun tamu dapat duduk dengan nyaman sambil mengobrol. Sofa sendiri memiliki bermacam-macam tipe serta bahan yang bervariasi. Tipe sofa yang paling sering ditemui di rumah-rumah adalah tipe sofa sudut, sofa bed, dan reclining sofa. Sofa bed adalah jenis sofa yang sekaligus dapat difungsikan sebagai tempat tidur sedangkan reclining sofa adalah sofa yang memiliki mekanisme agar kaki kita bisa diluruskan ketika duduk di atas sofa ini.

Reclining sofa memungkinkan kita dapat duduk lebih nyaman di atasnya karena kaki kita diposisikan secara santai. Untuk penjelasan lebih detail tentang tipe-tipe sofa, mungkin akan kami hadirkan pada edisi lain.

Adapun untuk bahan sofa sendiri biasanya ada dua macam, yakni sofa yang terbuat dari kulit atau sofa yang terbuat dari kain. Semua itu tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri. Di bagian dalam sofa umumnya diisi oleh busa yang membuat sofa menjadi empuk ketika diduduki. Selain bahan, kini model sofa pun beragam. Mulai dari sofa dengan 2 dudukan, 3 dudukan, hingga 4 dudukan dapat Anda temui di toko-toko furniture.

Desain Interior Ruang Tamu – Rak Buku/Pajangan, Wall Unit, Sofa dan Recliner Sofa

2. Rak Buku atau Pajangan

Rak merupakan furniture kedua yang hampir selalu ada di ruang tamu. Rak adalah furniture untuk menempatkan buku, koran, majalah, atau bahkan benda-benda koleksi. Rak buku adalah yang paling umum kita temui dan biasanya si pemilik rumah sengaja memajang koleksi bukunya di ruang tamu. Kebiasaan untuk memajang rak buku ini sering kita jumpai terutama di rumah-rumah kaum intelektual.

Rak sendiri ada yang berbentuk tetap dan ada yang berbentuk bongkar pasang. Untuk rak yang dapat dibongkar pasang, satu per satu bagian dapat disusun hingga membentuk sebuah rak berukuran besar yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Desain Interior Ruang Tamu – Sofa Bergaya Ottoman

3. Ottoman/Kursi tanpa sandaran

Otoman merupakan kursi tanpa sandaran yang biasanya terdapat laci penyimpan di bawahnya. Letak dudukannya pun lebih rendah dari kursi atau sofa biasa dan maka dari itu ottoman sering difungsikan sebagai sandaran kaki. Adapun laci yang ada di otoman dapat difungsikan sebagai tempat penyimpanan tambahan. Benda yang kerap disimpan di tempat tersebut adalah majalah atau koran.

4. Meja tamu

Meja tamu umumnya ditempatkan di depan kursi atau sofa. Fungsi dari meja tamu sendiri yakni untuk meletakkan suguhan kepada tamu. Di tengah meja tamu sering ditempatkan vas bunga untuk mempercantik ruang tamu. Meja tamu biasanya terbuat dari kayu atau kaca dengan kaki meja yang terbuat dari logam.

Selain meja tamu utama, terdapat meja tamu kecil yang biasanya diletakkan di samping kursi atau sofa. Fungsi meja kecil tersebut adalah untuk meletakkan lampu meja atau foto keluarga.

Desain Interior Ruang Tamu – Lemari Buku dan Pajangan di Ruang Tamu

5. Lemari pajangan

Lemari pajangan juga merupakan furnitur yang kerap kita jumpai di ruang tamu. Lemari pajangan ini biasanya terbuat dari kayu dengan kaca pada permukaanya yang berfungsi untuk menampilkan atau memajang benda-benda di dalamnya. Benda-benda itu biasanya berupa souvenir, koleksi, foto keluarga, atau piagam penghargaan.

..

Architectaria – Arsitek dan Perencana

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

No Comments Yet.

Leave a Comment