Enam Tips Mendekorasi Ruangan Dengan Mudah

Ruang TamuDalam mendekorasi ruangan, sebenarnya ada banyak hal yang harus diperhatikan untuk menghasilkan ruangan dan desain yang maksimal. Anda tentu ingin konsep, ide, dan bayangan rumah impian anda menjadi kenyataan. Dekorasi interior rumah sesuai dengan gaya dan selera, aksesoris dan furnitur yang sesuai dengan keinginan anda sampai suasana nyaman yang membuat anda ingin selalu di rumah.

Idealnya pekerjaan mendekorasi ruangan sebaiknya diserahkan dan ditangani oleh orang yang memang ahli dan professional dibidangnya, desainer interior. Tetapi menggunakan jasa desainer interior tentu membutuhkan biaya ekstra, dan tidak semua orang mampu menyisihkan anggaran untuk menyewa desainer interior professional. Buat anda yang bosan dengan tampilan ruangan dan ingin merubahnya, berikut beberapa tips yang akan membantu anda mendekorasi ruangan.

Topeng Batik

1. Pasang aksesoris dengan jumlah ganjil. Hal ini berdampak kepada keseimbangan. Aksesoris dengan jumlah ganjil akan lebih baik dan enak dilihat dibanding dengan jumlah genap.

Interior Kamar Tidur

2. Sesuaikan dekorasi dengan gaya hidup anda. Bila anda sering pindah, pilihlah furnitur yang netral, karena dekorasi yang netral cocok dengan dekorasi apapun. Jika anda memiliki anak atau binatang peliharaan, pilih karpet yang mudah dibersihkan dan warna yang dapat mengkamuflasekan kotoran.

Interior Ruang Keluarga

3. Manfaatkan cat untuk meminimalkan kekurangan dan menonjolkan kelebihan ruangan. Sebagai contoh: warna cerah untuk membuat ruangan terlihat besar. Warna gelap untuk membuat ruangan terasa nyaman (cozy).

Modern Bedroom For Kids

4. Letakkan gambar/lukisan setinggi mata anda memandang. Dengan menggantung selevel mata, lukisan/gambar akan lebih dinikmati. Hal ini juga akan membuat lukisan lebih serasi dengan sofa atau kursi.

Wallpaper

5. Gunakan wallpaper dan sesuaikan dengan rumah anda. Gunakan wallpaper dengan tekstur cerah dan gambar berukuran kecil untuk ruangan yang lebih kecil. Sebaliknya gunakan wallpaper dengan gambar yang besar dan latar belakang gelap untuk ruangan yang besar.

Photo Frame

6. Kumpulkan foto-foto ruangan yang anda suka. Seringkali kita sulit untuk mendefinisikan dan mewujudkan ruangan yang kita suka dalam kata-kata. Lihat dari foto untuk menentukan kesamaan/kemiripan. Apakah itu warna yang sama, bentuk yang sama, kesamaan jenis furnitue, dll. Saat anda dapat menentukan satu persatu, anda akan lebih mudah mendeskripsikan dan menyimpulkan gaya/style apa yg tepat dengan anda.

Dengan mengikuti beberapa tips diatas, maka anda dapat mendekorasi sendiri interior ruangan dirumah anda. Selamat Mendekorasi..

..

Architectaria – Arsitek dan Perencana

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

4 Comments

  1. Sofia

    Salam kenal pak aria..
    Pertama kali saya mau ucapin terima kasih untuk tips-tips desain interior diwebsite architectaria.com..

    Saya sangat suka dengan gaya dekorasi interior seperti yang bapak tampilkan pada gambar-gambar diatas.

    Saya ingin mendekorasi interior apartemen saya sekaligus mengisi beberapa furniturenya. Lokasi apartemen saya di parkview, email permintaannya sudah saya kirimkan. Mohon segera dikirimkan surat penawaran nya yah pak aria.

    Regards,

    Sofia

  2. maroon property

    mas ada contoh gbr pondasi nggak? (konstruksi)

  3. Archi_TeCh_TrUsh

    met Kenal….Architectaria….!!!!!
    seneng nih bisa dpt tips2nya…., n liat cnth aplikasinya….
    suksess yah… !!!!

    -G B-

  4. This is a great blog it has helped me tremondously on learning more.

Leave a Comment