Desain Taman Kombinasi Pada Bubungan Atap Dari Secret Garden

Ulasan mengenai desain taman atap (rooftop garden) kombinasi antara klasik dan kontemporer dari Secret Garden serta tahapan-tahapan yang diperlukan untuk merealisasikan sebuah taman.

Mewujudkan taman bagi sebagian orang adalah hal yang mustahil, terlebih bagi mereka yang tak memiliki lahan kosong cukup luas. Dalam pembuatan taman, tentu kita membutuhkan lahan agar dapat mewujudkan sebuah taman di rumah sesuai keinginan. Perkara ketiadaan lahan sering menghinggapi benak orang-orang yang ingin memiliki taman di rumah. Kini, mereka tak perlu khawatir karena ada sebuah konsep taman rumahan yang berada di bubungan atap (rooftop).

Konsep taman seperti ini kerap dijumpai di rumah-rumah atau apartemen yang tidak mempunyai pelataran. Dengan menempatkan taman pada bubungan atap (rooftop garden) , Anda dapat mewujudkan taman impian tanpa khawatir masalah ketiadaan lahan. Untuk memberikan gambaran pada Anda mengenai desain taman pada bubungan atap, berikut ini ulasan mengenai salah satu desain taman dari Secret Garden, tim desainer taman asal Australia yang memfokuskan karya mereka pada penataan taman.

Tentang Secret Garden

Secret Garden merupakan sebuah Tim desainer yang terdiri dari arsitek, desainer, arsitek spesialis lanskap, ahli perkebunan, tukang kebun, dan tim administrasi. Didirikan pada tahun 1994 oleh Matthew Cantwell, saat ini Secret Garden memiliki lebih dari 35 karyawan. Mereka memiliki komitemen untuk mendesain taman yang unik bagi setiap klien. Sehingga, setiap klien yang datang pada mereka merasa yakin bahwa desain taman yang diterapkan pada rumah mereka adalah desain taman eksklusif.

Meraka tak segan-segan meminta pendapat klien mengenai konsep desain taman yang mereka tawarkan. Bahkan, klien dapat memberi usulan-usulan mengenai detail tambahan yang akan diterapkan pada taman mereka. Desain taman yang kreatif, tim yang pekerja keras dan luar biasa, serta kecintaan yang tinggi pada setiap karyanya membuat Secret Garden menjadi salah satu desainer taman terkemuka di Australia.

Secret Garden tak hanya berfokus pada desain dan instralasi taman, tapi juga menawarkan servis-servis lain seperti renovasi taman serta perawatan taman. Lokasi taman yang menjadi fokus pengerjaan mereka juga tak hanya berkutat pada taman-taman di rumah, tapi juga taman-taman pada perkantoran dan gedung-gedung lainnya.

View 1 – Desain Taman Diatas Atap/Rooftop Garden (by: Secret Garden)

Desain taman pada bubungan atap (Rooftop Garden): Penggabungan konsep antara klasik dengan kontemporer

Ketika Anda melihat desain taman yang ditawarkan Secret Garden ini, Anda tentu akan takjub dan terkesima melihatnya. Meski berada di bubungan atap sebuah rumah, taman tersebut tetap berhasil menciptakan suasana harmoni yang membuat setiap orang betah berlama-lama berada di lokasi itu. Walaupun ukuran tamannya tak terlalu besar, bahkan mungkin bisa kita sebut mini, namun penataannya sangat rapi dan sesuai, sehingga tidak menggangu desain dan arsitek rumah itu sendiri.

Desain klasik yang dipadukan dengan gaya Mediteranian dan kontemporer yang ditawarkan pada taman mampu menyatu dan tidak saling bertabrakan. Konsep taman pada bubungan atap seperti ini dapat menciptakan sebuah seni yang ramah lingkungan pada rumah.

View 2 – Desain Taman Diatas Atap/Rooftop Garden (by: Secret Garden)

Bahan-bahan yang digunakan selama proses desain hingga konstruksi taman pun tak luput dari kesan asri dan alami. Semua unsur yang ada di taman ini melibatkan batu bata daur ulang, batu pasir, dan kayu yang digabungkan menjadi satu untuk menciptakan kesan kontemporer. Selain itu, pemilihan jenis tanaman pun tak sembarangan. Mereka menentukan komposisi tanaman agar sesuai dengan konsep kontemporer di atas.

Tak hanya itu, mereka juga menggunakan dekorasi-dekorasi tambahan pada taman seperti cermin, patung, dan furniture. Sehingga, segala unsur serta dekorasi yang dilibatkan pada proses pembuatan taman ini dapat menyatu secara selaras untuk memberikan sebuah area luar ruangan yang nyaman untuk bersantai.

a

View 3 – Desain Taman Diatas Atap/Rooftop Garden (by: Secret Garden)

View 4 – Desain Taman Diatas Atap/Rooftop Garden (by: Secret Garden)

View 5 – Desain Taman Diatas Atap/Rooftop Garden (by: Secret Garden)

Tahapan dalam proses instalasi taman

1. Perencanaan konsep (Concept Plan)

Konsep yang matang sangat diperlukan dalam mewujudkan taman di rumah. Konsep taman menjadi kunci awal mengenai gambaran lanskap taman, elemen-elemen pendukung apa saja yang dibutuhkan, bahan-bahan yang harus dibeli, serta jenis tanaman apa yang cocok agar selaras dengan konsep taman.

2. Pengembangan Aplikasi (Development Application)

Langkah selanjutnya setelah menyusun konsep adalah meminta persetujuan seluruh tim dengan turut pula melibatkan klien. Bila perlu, dilakukan pengembangan-pengembangan pada konsep dasar yang telah disepakati.

3. Dokumentasi Konstruksi ( Construction Documentation)

Bila konsep telah matang dan disetujui seluruh tim desiner dan klien, maka tahapan selanjutnya yakni persiapan-persiapan sebelum memulai proses instalasi taman. Tak lupa mereka menyiapkan anggaran dana serta rancangan pengeluaran dana yang disetujui klien. Pada tahapan ini, dimungkinkan untuk mengembangkan konsep ke arah dekorasi dan struktural elemen, yakni tambahan-tambahan apa saja yang diperlukan pada instalasi taman tersebut (pencahayaan, pot, cermin, dsb).

4. Penetapan Proses Konstruksi ( Contruction Quotation )

Ketika semua tahapan di atas telah dilalui, tahapan akhirnya yakni Penetapan Awal Proses Konstruksi. Tahapan ini merupakan tahapan terakhir sebelum memulai instalasi taman yang baru.

Selamat menerapkan konsep ini untuk taman atap dirumah atau bangunan Anda..

..

Architectaria – Arsitek dan Perencana

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

No Comments Yet.

Leave a Comment