Desain Taman Gantung pada Fasad Hotel di Vietnam

desain-taman-gantung-pada-fasad-hotel-1

Review desain arsitektur bangunan – Desain fasad hotel ramah lingkungan melalui keberadaan taman gantung pada fasadnya karya  arsitek Vo Trong Nghia.

Tanaman – tanaman menjalar nampak menggantung dengan rapi dan mencakupi hampi vertikal louvres beton, menutupi hampir seluruh fasad hotel, sekaligus sebuah resort di pesisir Vietnam. Perancangan taman gantung pada fasad hotel ini dilakukan oleh Vo Trong Nghia Architects. Hiroyuki Oki akan menghadirkan tiap sudut hotel tropis ini melalui foto – foto berikut ini.

Deskripsi singkat proyek hotel dan resort di Vietnam: Naman Retreat

Arsitek                    : Vo Trong Nghia Architects

Arsitek utama       : Vo Trong Nghia

Tim desain            : Nguyen Viet Hung

Masterplan Naman Retreat Resort: Vo Trong Nghia Architects

Kontraktor             : Thanh Quan JSC

Klien                       : Thanh Do Investment Development and Construction JSC

Hotel ini bernama Naman Retreat, yang terletak di jalan utama yang menghubungkan kota Da Nang dengan kota bersejarah Hoi An. Hoi An adalah salah satu tujuan wisata yang populer di pantai timur laut Vietnam. Di samping menyediakan berbagai macam akomodasi yang umum dihadirkan pada sebuah hotel, resort ini juga memanjakan pengunjung dengan fasilitas pantai untuk olahraga dan yoga. Juga, terdapat pula fasilitas spa yang baru saja diselesaikan oleh MIA Design Studio.

Vo Trong Nghia arsitek diminta untuk merancang sebuah bangunan hotel bertingkat sebagai bagian dari fase pertama pembangunan resort, yang juga mencakup bungalow dan villa yang menjadi satu kompleks dengan resort tersebut. Adapun vila dan bungalow yang dihadirkan di kompleks ini semuanya didesain menghadap ke arah laut.

desain-taman-gantung-pada-fasad-hotel-2

Desain Taman Gantung Pada Fasad Hotel – View 2

desain-taman-gantung-pada-fasad-hotel-3

Desain Taman Gantung Pada Fasad Hotel – View 3

desain-taman-gantung-pada-fasad-hotel-4

Desain Taman Gantung Pada Fasad Hotel – View 4

Penggunaan tanaman dalam mendesain fasad hotel yang ramah lingkungan

Perusahaan penyedia jasa arsitektur tersebut memang terkenal inovatif dalam menempatkan dan menggunakan tumbuh-tumbuhan di setiap proyek  desain dan arsitekturnya, termasuk dalam mendesain fasad hotel yang ramah lingkungan ini. Proyek sebelumnya yang juga menghadirkan banyak tumbuhan yang meliputi Taman kanak-kanak dengan kebun-kebun yang menutupi atapnya berbentuk simpul, serta rumah yang terdiri dari lima bangunan beton berbentuk kubus dengan pohon-pohon yang tumbuh di atasnya.

desain-taman-gantung-pada-fasad-hotel-5

Desain Taman Gantung Pada Fasad Hotel – View 5

desain-taman-gantung-pada-fasad-hotel-6

Desain Taman Gantung Pada Fasad Hotel – View 6

desain-taman-gantung-pada-fasad-hotel-7

Desain Taman Gantung Pada Fasad Hotel – View 7

Pada pembangunan Naman Retreat retret Naman, tujuan utamanya adalah untuk memanjakan para tamu dengan suasana santai yang terpusat di sekitar lansekap hijau dan terkoneksi dengan alam. Koneksi dengan alam salah satunya dengan menghadirkan tanaman merambat yang menutupi hampir seluruh fasad hotel. Tak ayal, Naman Retreat ini  diberi nama Babylon, yang mengacu pada taman gantung bersejarah paling terkenal di dunia.

desain-taman-gantung-pada-fasad-hotel-8

Desain Taman Gantung Pada Fasad Hotel – View 8

desain-taman-gantung-pada-fasad-hotel-10

Desain Taman Gantung Pada Fasad Hotel – View 9

desain-taman-gantung-pada-fasad-hotel-11

Desain Taman Gantung Pada Fasad Hotel – View 10

Resort dengan perpaduan harmonis dari penghijauan, batu alam, dan bambu

Untuk mendapatkan suasana sempurna yang memungkinkan tubuh dan pikiran memperoleh pemurnian kembali dan relaksasi dengan maksimal, maka managemen memilih untuk merancang resort ini dengan perpaduan harmonis dari penghijauan, batu alam, dan bambu.

Bangunan resort ini memiliki 32 kamar yang tersebar di tiga lantai dan memiliki berbentuk denah L yang memanjang di sepanjang dua sisi dari sebuah kolam renang, dengan tangga, area penyimpanan dan pusat layanan yang diposisikan pada sudutnya.

desain-taman-gantung-pada-fasad-hotel-9

Desain Taman Gantung Pada Fasad Hotel – View 11

Layar pada beton louvres sebagai tempat tumbuhnya pepohonan dan tanaman merambat

Sebuah layar pada beton louvres menutupi seluruh bagian luar, menopang, dan menjadi tempat tumbuhnya berbagai jenis pepohonan dan tanaman merambat. Fasad hotel yang seluruhnya ditutupi tanaman merambat ini memberikan perlindungan bagi ruang internal dari terpaan sinar matahari langsung yang cukup menyengat, mengingat hotel ini berlokasi di negara dengan iklim tropis. Keberadaan tanaman rambat ini juga memberikan privasi bagi pengunjung hotel yang menginap di sini,  sembari memungkinkan angin untuk berhembus semilir.

desain-taman-gantung-pada-fasad-hotel-15

Desain Taman Gantung Pada Fasad Hotel – View 12

desain-taman-gantung-pada-fasad-hotel-16

Desain Taman Gantung Pada Fasad Hotel – View 13

desain-taman-gantung-pada-fasad-hotel-18

Desain Taman Gantung Pada Fasad Hotel – View 14

Tekstur dan warna permukaan yang lebih menonjolkan unsur-unsur alami

Penggunaan bahan beton di seluruh interior hotel dirancang guna mempertahankan tekstur dan warna permukaan yang kasar, yang lebih menonjolkan unsur-unsur alami.

Layer yang terbentuk dari barisan tanaman hijau di sepanjang fasadnya mampu berperan sebagai penghalang visual yang menciptakan pemisahan antara jalan di luar hotel, dengan area di dalam hotel. Sehingga, pengunjung lebih merasa nyaman. Material finishing menjaga agar tampilan hotel terlihat alami serta menciptakan harmoni antara bangunan yang terbuat dari beton, dengan alam di sekitarnya.

desain-taman-gantung-pada-fasad-hotel-14

Desain Taman Gantung Pada Fasad Hotel – View 15

Dinding internal yang berjajar di tepi kolam renang diselingi oleh beberapa bukaan, yang membingkai balkon dan menghadapkannya pada ruang tengah. Masing – masing balkon memiliki area duduk kecil dengan tanaman – tanaman yang ditanam di sepanjang tepi luar.

Vegetasi eksternal menghadirkan pola belang-belang di lantai

Koridor yang membentang di sepanjang pinggiran bangunan pada setiap tingkat dilapisi dengan tanaman di tingkat rendah, dan sinar matahari yang menerobos vegetasi eksternal mampu menghadirkan pola belang-belang di lantai.

desain-taman-gantung-pada-fasad-hotel-10

Desain Taman Gantung Pada Fasad Hotel – View 16

Sebuah bukaan besar dikelilingi oleh tanaman hijau di sudut gedung menjadi semacam pintu masuk bangunan, dan terus masuk ke dalam melalui daerah tepi kolam renang. Keberadaan vegetasi  cukup lazim ditemui di setiap area resort. Pemandangan dari berbagai ruang interior pun diarahkan pada vegetasi tanaman.

desain-taman-gantung-pada-fasad-hotel-12

Desain Taman Gantung Pada Fasad Hotel – View 17

desain-taman-gantung-pada-fasad-hotel-13

Desain Taman Gantung Pada Fasad Hotel – View 18

Ketika tamu mendekati hotel ini, mereka mungkin merasa seperti menyelam ke dalam alam tropis melalui fasad dan koridor hotel nan hijau. Bahkan dari kamar mandi, pengunjung masih dapat menangkap pemandangan tanaman hijau melalui balkon mereka.

(image source by: www.dezeen.com)

..

architectaria.com | Arsitek, Desain Interior, General Contractor

Untuk Anda yang berada diwilayah JABODETABEK dan membutuhkan jasa arsitek, desain interior dan jasa kontraktor untuk membangun/merenovasi rumah, silahkan menghubungi kami melalui nomor: 081229400888, 087710400888, 021-83836281, atau 0251-9195383 (Bogor).

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

Comments are closed.