Desain Sekolah Berdekorasi Ubin dengan Pola Khas Negeri Kincir Angin

School-in-Rotterdam_1

Review desain arsitektur sebuah sekolah karya Korteknie Stuhlmacher Architecten di Rotterdam yang mengeksploitasi penggunaan ubin – ubin berpola tradisional khas Belanda.

Selain terkenal akan kincir angin dan bunga Tulipnya, ada satu hal lagi yang bisa kita kagumi dari negeri Belanda, yakni desain arsitektur bangunan yang indah yang ditopang dengan struktur – sturktur yang kuat. Ya, bangunan – bangunan Belanda memang identik dengan kesan kokoh dan kuat, seperti yang bisa kita saksikan di beberapa sudut kota di Indonesia yang dulunya banyak didirikan bangunan Belanda. Gedung – gedung tersebut meski terkesan tua, namun tetap berdiri kokoh meski dibangun ratusan tahun yang lalu. Hal inilah yang patut kita apresiasi dari negeri kincir angin tersebut.

School-in-Rotterdam_2

Desain Arsitektur Sekolah di Rotterdam – view 2

Salah satu keindahan arsitektur Belanda bisa kita saksikan pada sebuah bangunan sekolah yang terletak di Rotterdam. Bangunan ini didesain dan dirancang oleh sebuah firma arsitektur asal negeri tersebut, yakni Korteknie Stuhlmacher Architecten. Para arsitektur di firma tersebut saling berkolaborasi hingga terciptalah desain sekolah yang cantik dengan dilengkapi ubin hitam putih berpola, seperti yang bisa kita saksikan pada gambar – gambar hasil bidikan fotografer Luuk Kramer.

School-in-Rotterdam_23

Desain Arsitektur Sekolah di Rotterdam – view 3

School-in-Rotterdam_11

Desain Interior Sekolah di Rotterdam – view 1

School-in-Rotterdam_10

Desain Interior Sekolah di Rotterdam – view 2

School-in-Rotterdam_9

Desain Interior Sekolah di Rotterdam – view 3

Sekilas tentang A.J. Schreuderschool

Sekolah ini bernama A.J. Schreuderschool yang dikhususkan sebagai tempat belajar bagi anak – anak penyandang disabilitas. Keberadaan ubin – ubin berwarna hitam dan putih yang disusun secara berjajar ini dibuat dengan sangat detail pada fasad untuk menciptakan nuansa eksterior yang lebih familiar dan kental akan nuansa lokal. Sekolah ini didirikan di sebelah Lombardijen dengan tujuan untuk memperbaiki kembali hubungan di area – area di sekitar wilayah tersebut yang sempat menegang pada masa peperangan.

School-in-Rotterdam_13

Desain Arsitektur Sekolah di Rotterdam – view 4

Pola – pola ubin yang mengadaptasi unsur lokal khas Belanda

Ketika kita menengok pada bagian fasadnya, kita akan menjumpai pola – pola ubin yang merupakan pola tradisional yang banyak dijumpai di rumah – rumah di Belanda. Pola – pola ubin seperti ini bisa diterapkan di sudut mana saja pada rumah, namun mayoritas lebih sering diterapkan pada area pintu masuk (entrance) dan dapur.

School-in-Rotterdam_4

Desain Arsitektur Sekolah di Rotterdam – view 5

Keberadaan ubin – ubin pada fasadnya memang sekilas hanya berfungsi sebagai elemen dekoratif pada eksteriornya. Namun sebenarnya tujuannya lebih dari itu. Keberadaan ubin pada fasad ini dimaksudkan untuk membuat area outdoor nampak seperti area indoor. Sehingga, bagi orang – orang yang berada di sekitar fasad ini, mereka akan merasakan sensasi seperti halnya berada dalam ruangan.

School-in-Rotterdam_15

Desain Arsitektur Sekolah di Rotterdam – view 6

Karya – karya siswa dibingkai dalam ubin hitam – putih

Tak hanya itu, sang arsitek juga melibatkan peran siswa – siswa yang belajar di A.J. Schreuderschool dengan memberikan kesempatan pada mereka untuk mewarnai ubin – ubin dengan pola dan warna yang mereka sukai. Setelah itu, ubin warna – warni hasil karya siswa ini dijadikan satu dengan ubin yang lain dan dipasang pada fasad yang dekat dengan entrance.

School-in-Rotterdam_21

Desain Arsitektur Sekolah di Rotterdam – view 7

Sang arsitek sengaja melibatkan peran siswa sebab mereka terkesan dengan hasil karya anak – anak disabilitas tersebut. Meski dalam keterbatasan, mereka tetap bisa berkarya dengan apik dengan didampingi guru yang mengajar bidang seni. Keberadaan ubin – ubin bercorak hitam dan putih ini berperan sebagai kerangka yang membingkai hasil karya siswa – siswa di sini. Ubin – ubin tersebut juga mengintegrasikan karya masing – masing anak sehingga bisa menjadi satu kesatuan yang utuh.

School-in-Rotterdam_7

Desain Interior Sekolah di Rotterdam – view 4

School-in-Rotterdam_5

Desain Interior Sekolah di Rotterdam – view 5

School-in-Rotterdam_8

Desain Interior Sekolah di Rotterdam – view 6

School-in-Rotterdam_6

Desain Interior Sekolah di Rotterdam – view 7

Dua area outdoor dengan karakter dan fungsi berbeda

Halaman sekolah tepat menghadap ke jalan yang menjadi akses menuju ke sekolah ini. Halaman ini juga digunakan sebagai area bermain. Dari halaman sekolah ini, kita akan langsung diarahkan menuju pintu utama.

School-in-Rotterdam_14

Desain Arsitektur Sekolah di Rotterdam – view 8

Sementara di bagian belakang bangunan sekolah, terdapat sebuah space yang cukup lebar. Di sini terdapat taman yang biasa digunakan anak – anak untuk bermain. Area ini juga difungsikan sebagai area mengajar di ruang terbuka. Tujuannya adalah agar anak – anak bisa lebih dekat dengan alam dan tumbuh – tumbuhan di sekelilingnya.

School-in-Rotterdam_12

Desain Arsitektur Sekolah di Rotterdam – view 9

Meski di sekolah ini ada dua area outdoor, masing – masing memiliki karakter yang berbeda. Area outdoor yang ada di bagian depan sekolah cenderung lebih terbuka dan bisa diakses siapa saja. Sementara area outdoor yang ada di belakang rumah lebih tertutup dan privat. Kedua area ini didesain untuk mengakomodasi kebutuhan anak dengan disabilitas mental.

School-in-Rotterdam_20

Desain Arsitektur Sekolah di Rotterdam – view 10

Area indoor yang saling terintegrasi dan menghadap taman

Di bagian dalam bangunan, terdapat ruang resepsionis yang menghubungkan koridor ke beberapa ruang pembelajaran, misal untuk pembelajaran seni, musik, komputer. Ruang – ruang ini langsung menghadap ke arah taman. Di seberang area resepsionis terdapat pintu masuk menuju hall untuk olahraga. Bagian langit – langit hall ditopang oleh balok – balok kayu yang kuat dan tebal.

School-in-Rotterdam_17

Desain Interior Sekolah di Rotterdam – view 8

School-in-Rotterdam_18

Desain Interior Sekolah di Rotterdam – view 9

School-in-Rotterdam_19

Desain Interior Sekolah di Rotterdam – view 10

Penerapan skylight di tengah – tengah gedung

Tepat di bagian tengah gedung terdapat skylight yang cukup luas yang memungkinkan sinar matahari masuk ke dalam ruangan. Hal ini sekaligus menjadi pencahaya alami agar ruangan lebih terasa lapang. Material yang digunakan juga cenderung memiliki tone warna yang lembut. Hal ini sengaja dibuat untuk menciptakan nuansa ruangan yang tenang dan netral.

(image source by: www.dezeen.com)

..

architectaria.com | Arsitek, Desain Interior, General Contractor

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

No Comments Yet.

Leave a Comment