Desain Rumah Tradisional Yang Diubah Menjadi Modern Dengan Teras yang Terbuat Dari Batu

desain-rumah-kontemporer-dengan-dinding-batu-1

Review desain arsitektur rumah tradisional yang diberi sentuhan modern dengan bentuk dinding teras berlapis batu untuk meningkatkan nilai estetika rumah karya studio arsitek Create+Think design Studio.

Pada bahasa lokal di pesisir timur negara Taiwan, kata “A’Tolan” digunakan untuk mendeskripsikan sebuah tempat yang memiliki segala jenis batuan atau pada kasus rumah, maka kata tersebut digunakan untuk mendeskripsikan sebuah rumah yang terbuat dari batu. Rumah yang diberi nama A’tolan terletak di Taiwan dan di bangun oleh sebuah studio arsitektur bernama Create+Think Design Studio pada tahun 2015.

Rumah yang memiliki keunikan karena terbuat dari batu ini memberikan desain tradisional yang berubah dengan diberi sedikit sentuhan modern pada setiap sisinya. Ingin mengetahui lebih lanjut tentang ulasan lengkap rumah unik di Taiwan ini? berikut adalah penjelasannya.

Rumah yang terletak di sepanjang garis pantai

Langkah petama yang dilakukan oleh studio arsitektur untuk membangun rumah ini adalah dengan menggunakan persepsi dan interpretasi dari keinginan klien mereka yang menginginkan pengalaman unik dirumahnya. Team arsitektur menggunakan kemampuan profesional mereka untuk menawarkan solusi kemudahan yang akan membuat rumah lebih efisien, biaya yang efektif dan menghasilkan kepuasan dari klien mereka.

desain-rumah-kontemporer-dengan-dinding-batu-2

Desain Rumah Bergaya Kontemporer Dengan Dinding Batu – View 2

desain-rumah-kontemporer-dengan-dinding-batu-8

Desain Rumah Bergaya Kontemporer Dengan Dinding Batu – View 3

desain-rumah-kontemporer-dengan-dinding-batu-10

Desain Rumah Bergaya Kontemporer Dengan Dinding Batu – View 4

Setiap proyek yang dikerjakan oleh tim arsitektur ini menawarkan keunikan dan tantangan baru. Pada kasus pembangunan rumah di pesisir timur negara Taiwan ini tantangannya adalah dengan membangun sebuah rumah yang berada pada lokasi yang sempit dengan ukuran kurang lebih panjangnya 90 meter dan lebarnya sekitar 30 meter.

desain-rumah-kontemporer-dengan-dinding-batu-12

Desain Rumah Bergaya Kontemporer Dengan Dinding Batu – View 5

Lokasi pembangunan rumah tersebut berada pada garis pantai dan berada pada lereng yang menurun. Untuk mengatasi kondisi ini, sang arsitek mendesain rumah ini dengan membuat bangunan sebanyak 3 lantai. Pembagian ruangan terlihat begitu tak biasa karena situasi tempat dan juga permintaan dari klien.

desain-rumah-kontemporer-dengan-dinding-batu-14

Desain Rumah Bergaya Kontemporer Dengan Dinding Batu – View 6

Desain Rumah Bergaya Kontemporer Dengan Dinding Batu – View 7

Pada lantai paling atas terdapat jalan untuk kendaraan atau area parkir lalu pintu masuknya berada pada level yang sama dengan taman depan. Pada lantai tengah terdapat fungsi utama rumah sedangkan pada lantai paling bawah terdapat sebuah kolam dan rumah pohon yang merupakan lanjutan dari halaman rumah.

desain-rumah-kontemporer-dengan-dinding-batu-9

Desain Rumah Bergaya Kontemporer Dengan Dinding Batu – View 8

desain-rumah-kontemporer-dengan-dinding-batu-15

Desain Rumah Bergaya Kontemporer Dengan Dinding Batu – View 9

Proyek pembangunan rumah ini berfokus pada teknik arsitektur tradisional dari lokal yang secara konsep banyak menginspirasi pembangunan rumah ini. Batu yang telah di gali dari lokasi pembangunan digunakan untuk melapisi dinding di bagian timur dan barat rumah.  Rumah ini memiliki bingkai baja dengan selubung batu dan juga atap hijau yang di tutupi dengan berbagai tumbuh-tumbuhan obat dan tanaman.

desain-rumah-kontemporer-dengan-dinding-batu-19

Desain Rumah Bergaya Kontemporer Dengan Dinding Batu – View 10

Kombinasi material dan teknik pembangunan tersebut digunakan untuk menyamarkan beberapa elemen rumah dengan menyertakan background alam sehingga tampilan rumah nampak seperti taman atau pavilion dibandingkan dengan tampilan rumah pada umumnya.

Ruangan interior yang di desain secara unik

Struktur bangunan rumah memanjang seperti garis pantai yang menawarkan pemandangan laut pada angle 130 derajat. Selain itu, bangunan rumah tersebut juga menyertakan beberapa ruangan luar dan tentu saja fitur tersebut disertakan untuk menghilangkan batasan tradisional antara area indoor dan outdoor.  Interior ruangan nampak tak seperti interior pada umumnya karena terdapat beberapa alasan.

desain-rumah-kontemporer-dengan-dinding-batu-12

Desain Rumah Bergaya Kontemporer Dengan Dinding Batu – View 11

Klien meminta agar ruang indoor hanya digunakan sebagai tempat memasak dan kamar tidur yang tentunya tidak terdapat ruangan lain seperti ruang tamu atau ruang makan. Tujuan interior yang didesain secara khusus ini adalah agar ruang indoor memiliki koneksi dengan sekitarnya. Ruang interior di definisikan dengan pintu yang terbuat dari kaca.

desain-rumah-kontemporer-dengan-dinding-batu-5

Desain Rumah Bergaya Kontemporer Dengan Dinding Batu – View 12

Pintu semacam ini membuat pencahayaan dan aliran udara lebih bebas sehingga mampu membangun koneksi secara visual antar ruangan. Simbiosis mutualisme antara bangunan dan alam sekitar yang juga ditegaskan dengan berbagai fitur.

Dinding kaca interior yang menangkap pemandangan menakjubkan dari Alam sekitar

Pada area dapur, terdapat pulau dapur yang bertumpu pada tumpuan seperti cermin yang mampu merefleksikan dekorasi disekitarnya yang membuat meja konter yang berada di dapur nampak seperti mengapung. Pada waktu yang bersamaan, ruang dapur mampu menangkap pemandangan yang terlihat dari dinding kaca yang tinggi.

desain-rumah-kontemporer-dengan-dinding-batu-5

Desain Rumah Bergaya Kontemporer Dengan Dinding Batu – View 13

desain-rumah-kontemporer-dengan-dinding-batu-6

Desain Rumah Bergaya Kontemporer Dengan Dinding Batu – View 14

desain-rumah-kontemporer-dengan-dinding-batu-7

Desain Rumah Bergaya Kontemporer Dengan Dinding Batu – View 15

Ruang dapur berdampingan dengan sebuah teras kayu yang lebar yang dapat digunakan sebagai ruang tamu outdoor. Tangga batu yang lebar mengajak pemilik rumah menuju ruang tunggu terbuka yang menawarkan udara segar. Disamping ruang tunggu , terdapat sebuah ruang makan terbuka yang didesain dengan menawan.

desain-rumah-kontemporer-dengan-dinding-batu-15

Desain Rumah Bergaya Kontemporer Dengan Dinding Batu – View 16

desain-rumah-kontemporer-dengan-dinding-batu-16

Desain Rumah Bergaya Kontemporer Dengan Dinding Batu – View 17

desain-rumah-kontemporer-dengan-dinding-batu-17

Desain Rumah Bergaya Kontemporer Dengan Dinding Batu – View 18

Selanjutnya adalah kamar tidur yang berdekatan dengan kamar mandi yang  memiliki kolam dengan batu kerikil dibagian belakang rumah.  Area tersebut mampu merefleksikan ruang terbuka dan ruang pribadi pada waktu yang bersamaan. Sebuah kolam yang terlihat tanpa batas terletak di lantai bawah berdekatan dengan yang sebelumya disebut dengan rumah pohon. Dari lantai paling bawah, pemandangan nampak begitu menakjubkan.

desain-rumah-kontemporer-dengan-dinding-batu-18

Desain Rumah Bergaya Kontemporer Dengan Dinding Batu – View 19

desain-rumah-kontemporer-dengan-dinding-batu-19

Desain Rumah Bergaya Kontemporer Dengan Dinding Batu – View 20

Demikianlah review singkat rumah unik yang berada di pesisir timur Taiwan. Rumah yang tampilan luarnya dibalut dengan dinding batu ini tentunya bisa memberikan inspirasi tersendiri bagi Anda yang mungkin saja berencana untuk membangun bangunan rumah yang terlihat tidak biasa.

Anda juga harus menemukan perusahaan jasa arsitek atau jasa kontraktor yang tepat sehingga mimpi Anda untuk mewujudkan rumah impian dapat terlaksana.

Selamat mencoba 🙂

(image source by: www.homedit.com)

..

architectaria.com | Arsitek, Desain Interior, General Contractor

Untuk Anda yang berada diwilayah JABODETABEK dan membutuhkan jasa arsitek, desain interior dan jasa kontraktor untuk membangun/merenovasi rumah, silahkan menghubungi kami melalui nomor: 081229400888, 087710400888, 021-83836281, atau 0251-9195383 (Bogor).

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

1 Comment

  1. Rory

    Dear Architectaria,
    Mohon informasinya apakah ada panduan untuk membangun rumah dengan material full batu?

Leave a Comment