Desain Rumah Tinggal Sekaligus Rumah Kost, Counter HP, Wartel Atau Warnet

Kepada Yth. Bapak Arsitek dan Tim,

Saya baru saja membeli sebidang tanah seluas 192 m2 (12 m X 16 m) di tengah-tengah daerah padat penduduk di Jakarta Barat (kanan kiri sudah berdiri bangunan). Diatas tanah itu saya akan membangun rumah tinggal sekaligus toko untuk usaha counter HP+pulsa, warung kelontong dan wartel/warnet.

Saya tertarik bekerja sama dengan bapak arsitek dan tim architectaria untuk membantu merencanakan rumah idaman sekaligus tempat usaha saya tersebut. Berikut ini adalah kebutuhan ruang untuk rumah dan toko saya:

– Ruang Toko yang bisa kami manfaatkan sebagai toko kelontong atau wartel/warnet kecil
– Ruang untuk counter HP dan pulsa
– R. Tamu dan R. Keluarga
– 1 Kamar Tidur untuk saya+istri (dilantai 1)
– 2 Kamar Tidur Anak (dilantai 1)
– 1 Kamar Mandi (dilantai 1)
– 1 Dapur dan laundry room (dilantai 1)
– 3 Kamar Tidur untuk kamar kost karyawati/mahasiswi (dilantai 2)
– 1 Kamar Mandi (dilantai 2)
– Ruang Tamu untuk anak Kost (dilantai 2)
– Ruang Cuci dan Jemur untuk anak Kost (dilantai 2)

Saya menginginkan rumah yang dibangun tersebut seluruh ruangan mendapatkan sirkulasi cahaya dan udara yang baik serta masih ada lahan untuk taman atau kolam kecil. Demikian kebutuhan saya, kami menunggu follow up dari pihak bapak atau tim.

Terima kasih,

A. Hidayat
************@yahoo.com

……………………………………

Bagi anda atau siapapun juga yang memilki tanah/lahan atau kavling dikawasan perkotaan yang ramai biasanya cenderung untuk membangun rumah yang multifungsi. Rumah yang memiliki fungsi sebagai hunian dan tempat bekerja, menjalankan usaha dan mendapatkan income. Jika lokasi tanah atau kavling anda berada kawasan yang ramai penduduk, apalagi dekat dengan pusat perkantoran atau pusat pendidikan, menjalankan bisnis atau usaha dari rumah adalah keputusan yang tepat. Keberhasilan bisnis atau usaha anda diatas kertas bisa ditebak, mengingat pangsa pasarnya sudah ada dan sangat potensial.

Berbagai jenis usaha bisa dijalankan dari rumah, jika lokasi rumah anda sudah ramai dan dekat dengan pusat kegiatan. Beberapa diantaranya adalah: usaha fotocopy dan toko ATK (alat tulis kantor), rumah makan, warung atau toko kelontongan, toko handphone dan aksesorisnya, pulsa, warnet dan cyber café.

Pada artikel kali ini, saya mencoba menampilkan ilustrasi kebutuhan dari salah satu (mantan) client kami, dimana beliau akan menjalankan usaha atau bisnis dari rumah. Tidak tanggung-tanggung, usaha yang dijalankannya tidak hanya 1 jenis saja, melainkan ada 2 sampai dengan 3 jenis usaha sekaligus. Bisnis yang sudah pasti akan dijalankan adalah:

  • Counter HP dan pulsa
  • Jasa penyediaan kamar kost untuk karyawati atau mahasiswi
  • Warnet/Cyber café atau bila mungkin usaha warung atau toko kelontongan (dipertimbangkan kemudian, tugas kami hanya menyediakan ruangnya).

Gambar Tampak Depan Rumah dan Ruang Usaha (RUKO/RUKAN)

Gambar Tampak Samping Rumah dan Ruang Usaha (RUKO/RUKAN)

Lantai 1

Pada bagian depan, tepatnya disebelah kiri bangunan terdapat ruang berukuran 3,00 m x 4,00 m. Ruang ini kami rencanakan sebagai wartel/warnet atau cyber café. Tapi ruanagn ini sangat flexible dan cocok sekali jika pak Hidayat ingin mengubah fungsi dan pemanfaatannya menjadi warung atau toko kelontongan.

Masih dibagian depan rumah, tepat dibagian tengah dan berhadapan dengan teras depan kami sisakan space untuk taman mungil berukuran 2,00 m x 4,00 m. Area terbuka dirumah seperti taman memiliki banyak sekali manfaat, misalnya: untuk meresapkan air hujan kedalam tanah dan meningkatkan nilai estetika sebuah rumah.

Dibagian dalam rumah kami rencanakan sebuah kamar tidur utama untuk bapak Hidayat, dan sebuah kamar lagi untuk anak-anaknya. Denah atau layout rumah kami buat dalam 2 alternatif, dimana alternatif denah pertama terdapat 1 kamar berukuran 3,00 m x 4,50 m untuk bapak Hidayat, dan 1 buah kamar tidur berukuran 3,00 m x 3,00 m untuk kedua orang anaknya.
Sementara alternatif kedua terdapat 3 buah kamar tidur dilantai 1. Sebuah kamar berukuran 3,00 m x 3,00 m untuk bapak hidayat, kemudian disampingnya terdapat 2 buah kamar tidur berukuran 2,00 m x 3,00 m dan 2,50 m x 3,00 m masing-masing untuk anak-anak bapak Hidayat.

Sebuah ruangan dibagian tengah berukuran 3,00 m x 7,00 m dijadikan sebagai ruang tamu sekaligus ruang keluarga. Antara kedua ruang tersebut dibuat menyatu tanpa sekat dinding permanent. Jika dikemudian hari alasan privasi mengharuskan adanya pemisah diantara 2 ruang beda fungsi tersebut, maka sebaiknya digunakan partisi ringan dan tidak permanen.

Gambar Denah/Layout Lantai 1 dan lantai 2 (Alternatif I)

Dibagian kanan bangunan kami siapkan space berukuran 3,00 m x 6,00 m sebagai tempat untuk menjalankan usaha counter handphone (HP), aksesoris handphone, dan penjualan pulsa.

Dibelakang area counter HP terdapat ruangan berukuran 3,00 m x 3,50 m yang direncanakan sebagai ruang makan. Dibagian belakangnya adalah area servis dengan luas 1,65 m x 4,00 m.

Lantai 2

Pada lantai 2 ini seluruh kamarnya direncanakan untuk dijadikan sebagai kamar sewaan atau kamar kost yang akan ditawarkan pada karywati atau mahasiswi.

Terdapat 3 buah kamar tidur dilantai 2 ini, masing-masing ukuran kamar adalah: 3,45 m x 3,00 m yang terdapat dibagian kanan belakang, kemudian 3,00 m x 4,00 m dibagian kanan depan, dan dibagian kiri depan berukuran 3,00 m x 3,00 m.

Dibagian tengah terdapat ruang santai atau ruang duduk berukuran 3,00 m x 3,00 m yang dapat dimanfaatkan oleh penghuni kost sebagai tempat untuk menerima tamu atau kerabat yang sedang berkunjung. Ruangan ini juga berfungsi sebagai ruang tamu, sehingga tamu yang berkunjung tidak langsung masuk kedalam kamar.

Pada lantai 2 ini terdapat balkon yang berukuran 2,50 m x 10,00 m cukup besar dan lega jika ingin dijadikan tempat bersantai dan melakukan observasi atau kegiatan lainnya (misalnya: membaca, bermain, dsb).

Dibagian kiri belakang disediakan area yang cukup luas sebagai kamar mandi berukuran 1,50 m x 2,00 m, kemudian ada ruang cuci berukuran 1,50 m x 2,00 m dan ruang terbuka berukuran 2,85 x 4,00 m untuk menjemur pakaian.

Dibagian kanan belakang terdapat area seluas 1,85 m x 6,00 m dan kami rencanakan sebagai ruang setrika dan storage. Kami juga mengaplikasikan penggunaan glass block dibeberapa bagian dinding bangunan untuk menjamin intensitas cahaya matahari yang cukup didalam ruangan, serta penggunaan rooster sebagai ventilasi untuk menjamin sirkulasi udara yang lebih lancar.

Gambar Denah/Layout Lantai 1 dan lantai 2 (Alternatif II)

Demikianlah artikel tentang desain rumah sekaligus ruang usaha (Ruko/Rukan) berlantai 2. Pada desain kali ini rumah tinggal juga didesain untuk mengakomodasi beberapa jenis usaha yang umumnya dapat dijalankan dari rumah seperti: warung, counter handphone (HP), toko kelontongan, warnet, dan rumah kost-kostan. Jika secara kebetulan anda membutuhkan desain rumah yang juga dapat dimanfaatkan sebagai ruang usaha, anda pun dapat memanfaatkan desain rumah seperti yang saya tampilkan diatas.

..

Architectaria – Arsitek dan Perencana

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

17 Comments

  1. Irfan

    Penjelasan tentang desain rumah sekaligus ruang usahanya detail sekali pak.

    3 jenis usaha bsia dilakukan dari rumah tersebut? ide yang menarik juga.

    • @Irfan,

      Kalau kata salah satu pembaca yang mengirim email pada saya, bisa ditambahin jenis usaha lain lagi yaitu usaha air minum isi ulang.

      regards,

      Aria

      • bramanto

        bisa minta email pak aria?

        maturnuwun

  2. Hisar

    Salam sejahtera!!!

    Saya baru saja membeli tanah kosong uk 13,5 x 40 m persegi, persis dipinggir sungai , kiri kanan rumah penduduk. Rencana mau buat rumah kost, mohon bantuan desainnya dan kira2 berapa respon biayanya.

    Terima kasih untuk responnya.

    • Dear Bpk/Ibu. Hisar,

      Silahkan langsung menghubungi kami jika anda tertarik menggunakan jasa profesional kami.

      Menggunakan jasa arsitek sesungguhnya tidak mahal, dengan konsep dan desain yang matang akan dapat menghemat uang anda dan memaksimalkan investasi anda.

      Dengan bangunan yang terdesain dengan baik, anda dapat menghindari biaya tak terduga akibat miss planning dan meningkatkan nilainya untuk jangka panjang.

      Best regards,

      Architectaria.

  3. Hisar

    Salam sejahtera!!!

    Saya baru saja membeli tanah kosong uk 13,5 x 40 m(540 m2) persegi, persis dipinggir sungai , kiri kanan rumah penduduk. Rencana mau buat rumah kost, mohon bantuan desainnya dan kira2 berapa biayanya.

    Terima kasih untuk responnya.

  4. Lina

    Salam sejahtera,

    Saya ada lahan seluas 9×17 m2, dimana yang mau dijadikan bangunan untuk lt 1 hanya 7×17 m2 (2 x 17m2 untuk gang/garasi),dan lt II uk 9/17 m2. lokasi di pinggir jalan raya, dan bagian belakang berlatar belakang pemandangan danau, saya ingin di lt 1 untuk tempat usaha dan lt 2 sebagai rumah tinggal (yang dinding belakangnya dari kaca), harapannya di lt 2 ada ruang terbuka untuk dapur (terpisah). Bagaimana desain bangunannya yang cocok beserta anggaran biayanya ? tks atas responnya

    • Dear Bpk/Ibu. Lina,

      Silahkan langsung menghubungi kami jika anda tertarik menggunakan jasa profesional kami.

      Menggunakan jasa arsitek sesungguhnya tidak mahal, dengan konsep dan desain yang matang akan dapat menghemat uang anda dan memaksimalkan investasi anda.

      Dengan bangunan yang terdesain dengan baik, anda dapat menghindari biaya tak terduga akibat miss planning dan meningkatkan nilainya untuk jangka panjang.

      Best regards,

      Architectaria.

  5. budi

    salam sejahtera

    perkenalkan saya budi saya tertarik skl dg artikel-artikel yg bapak buat,
    mohon saran dan masukkannya, saya baru beli tanah ukuran 5m tampak depan x 13m kebelakang. rencana Saya mau dibuat ruko 1 lantai kemungkinan bisa dipake usaha WARNET , KELONTONGAN , FOTO COPY , BUTIK.
    kira kira denah gambar desain yg cocok gmn pak ya ? dg ukuran tanan tsb?

    terimakasih atas pencerahaannya.

    • Budi,

      Silahkan langsung menghubungi kami jika anda tertarik menggunakan jasa profesional kami.

      Menggunakan jasa arsitek sesungguhnya tidak mahal, dengan konsep dan desain yang matang akan dapat menghemat uang anda dan memaksimalkan investasi anda.

      Dengan bangunan yang terdesain dengan baik, anda dapat menghindari biaya tak terduga akibat miss planning dan meningkatkan nilainya untuk jangka panjang.

      Best regards,

      Architectaria.

  6. Parmitu

    Dear…Mas Budi,
    Saya berencana ingin membangun rumah tinggal sekaligus tempat kost dgn luas lahan 15 m x 22 m.Kalo Boleh lt 1 ajah ya mas, dan kira2 dana Rp 135 jt cukup. Mohon dibantu ya mas.

    thanks…

  7. decky

    saya berencana membuat ruko dengan luas tanah 5 x 10..2lantai….
    rencananya untuk toko komputer…desainnya mau yg unik dan minimalis

  8. ryan

    salam kenal mas, saya berencana membangun beberapa tempat usaha seperti usaha pencucian mobil/motor, warung kopi/makan minimalis, beberapa petak/kios minimalis di lahan dengan ukuran lebar 25m panjang 70m. mohon di bantu mas, trm kasih..

    • @Ryan,

      Silahkan langsung menghubungi kami jika anda tertarik menggunakan jasa profesional kami.

      Menggunakan jasa arsitek sesungguhnya tidak mahal, dengan konsep dan desain yang matang akan dapat menghemat uang anda dan memaksimalkan investasi anda.

      Dengan bangunan yang terdesain dengan baik, anda dapat menghindari biaya tak terduga akibat miss planning dan meningkatkan nilainya untuk jangka panjang.

      Best regards,

      Architectaria.

  9. Budiono

    Pak ,

    Saya mempunyai tanah ukuran P-29m dan L-21 saya ingin membangun rumah kos 2 atau 3 lantai apakah saya bisa dapat gambar denah bangunannya

    Terima kasih.
    Budiono

  10. Nur Asmah

    Saya tertarik membangun rumah tinggal u lt 1 n kmr kost full u lt 2 uk.tnh 9.8 x 17 sudut.adapun ruang yg kami butuhkan u lt1 yt 2 kmr tdr anak +1 kmr mandi serta r.tdr utama + kmr mandi dlm; r.tamu; r.ruang klrg; r.dapur;tempat parkir u anak kost.serta taman kecil di belakang.u lt 2 k.kost mhsw + kmr mandi dlm;dpr umum serta r.bersama.mohon diberikan desainnya minimalis yg semuanya dari luar tampak rumah pribadi.tk.

  11. ivandiar

    Mohon bantuannya pak .Saya ingin merenovasi rumah lantai 1 menjadi rumah kost lantai 2 dengan ukuran 7 X 15 .
    Spesifikasinya 4 kamar tidur di lantai bawah dengan kamar mandi pada masing-masing kamar dan ruang tamu di depan serta bagian teras untuk parkir kendaraan, dapur terletak dibagian belakang dan samping rumah ada tempat untuk mengeringkan baju dan dilantai 2 ada 2 tempat tidur dngan masing-masing kamar mandibagian tengah ada ruang tamu yang cukup lebar dan sisanya kamar pribadi dan kamar mandi .

Leave a Comment