Desain Rumah Tepi Pantai Di Ujung Tebing Karya Studio Hyde + Hyde

seaside_house_1

Review desain sebuah bangunan Karya Studio Hyde + Hyde yang lokasinya di ujung tebing di mana bagian bawah langsung mengarah ke laut.

Rumah yang berlokasi di tepi pantai memiliki keuntungan lebih, antara lain akses pemadangan laut yang indah dan potensi angin yang maksimal. Rumah di tepi pantai memungkinkan penghuninya merasakan layaknya berlibur setiap hari.

Desain rumah di pinggir pantai sekaligus di ujung tebing

Namun, rumah di pinggiran pantai juga menyajikan tantangan tersendiri, terutama berkaitan dengan potensi angin yang begitu kencang ditambah ancaman abrasi. Lalu, bagaimana jika sebuah rumah berada di pinggir pantai sekaligus di ujung tebing? Tentu akan semakin banyak tantangan yang dihadapi. Tantangan seperti inilah yang disodorkan pada studio arsitek Hyde + Hyde untuk mendesain sebuah bangunan yang lokasinya di ujung tebing di mana bagian bawah sudah mengarah ke laut. Tak percaya? Lihatlah foto – foto rumah tersebut yang diabadikan oleh David Schnabel.

seaside_house_2

Desain Rumah Ditepi Pantai – View 2

Penggunaan material kayu cedar mendominasi balkon

Rumah ini berlokasi di Selatan Welsh, tepatnya berada di garis pantai. Dari fasadnya, tampak balkon yang hampir meliputi seluruh tampilan fasad. Penggunaan material kayu cedar mendominasi balkon tersebut. Welsh studio Hyde + Hyde merancang Cliff House – sebutan untuk rumah ini – untuk memanfaatkan lokasinya yang berada di ujung tebing, dengan memaksimalkan pemandangan laut yang luas yang bisa diakses dari balkonnya. Dari sini, kita juga bisa melihat di mana air dari Bristol Channel bertemu dengan dan menyatu di Samudera Atlantik.

Desain tata letak rumah konvensional terbalik

Untuk tujuan ini, sang arsitek mengaplikasikan desain tata letak rumah konvensional terbalik. Artinya, area publik seperti balkon dan ruang tamu berada di lantai atas, sementara area private berada di lantai dasar. Hal ini memungkinkan para pengunjung yang datang ke rumah ini dapat memperoleh akses untuk melihat pemandangan laut dari area yang lebih tinggi.

seaside_house_5

Desain Rumah Ditepi Pantai – View 3

Ruang makan dan dapur yang membentang di sepanjang belakang dan samping denah ruangan memungkinkan balkon besar untuk memanjang di sepanjang arah Selatan dan Barat, di balik pintu kaca yang bisa dibuka dan ditutup sesuai keinginan.

Rumah menyediakan akses paling optimal dalam menikmati pemandangan laut

Kay Hyde, salah seorang arsitek yang terlibat dalam pembangunan Cliff House ini mengatakan bahwa lantai atas menjadi area yang pusat dari keseluruhan proyek ini. Di lantai ini, pemilik rumah akan dibawa pada sensasi melihat pemandangan samudra Atlantik dari area yang paling tinggi. Di sini lah akses paling optimal dalam menikmati pemandangan laut.

seaside_house_11

Desain Rumah Ditepi Pantai – View 4

Tinggal di area dekat laut menawarkan sesuatu yang sangat menguntungkan, yakni potensi cahaya matahari dan atmosfer yang relatif tetap, tidak banyak berubah. Hal ini menjadikan situasi di dalam rumah menjadi stabil, udara tetap segar, sehingga tercipta lingkungan yang santai dan menyenangkan untuk ditinggali.

Beton Terisolasi : Struktur yang kuat dan hemat energi

Beton terisolasi dimanfaatkan sebagai struktur bangunan guna memberikan struktur yang kuat dan hemat energi pada tempat tinggal ini, yang kelak akan banyak menguntungkan pemiliknya. Struktur yang kuat dan padat sangat dibutuhkan pada rumah yang berada di tepi laut, mengingat potensi angin yang begitu kencang terutama di malam hari.

seaside_house_7

Desain Rumah Ditepi Pantai – View 5

Warna abu – abu dipilih pada fasadnya, yang kemudian dipadukan dengan warna alami dari papan kayu cedar yang hampir menutupi seluruh balkoni. Hal ini pada akhirnya mampu menciptakan sebuah keseimbangan dan yang harmonis.

seaside_house_9

Desain Rumah Ditepi Pantai – View 6

Kayu cedar, ketahanan alaminya cocok untuk iklim maritim

Kayu cedar yang digunakan sebagai papan yang menutupi balkon adalah pilihan yang tepat, karena karakter kayu ini mampu memberikan ketahanan alami yang cocok ditempatkan pada bangunan yang berlokasi di daerah dengan iklim maritim. Di samping itu, penggunaan material kayu cedar dapat merepresentasikan kesan domestik sekaligus membumi pada bangunan ini.

seaside_house_8

Desain Rumah Ditepi Pantai – View 7

Struktur Angled louvres menawarkan perlindungan dari angin barat dan angin selatan. Tak hanya itu, struktur ini juga menawarkan privasi bagi penghuni. Sementara itu, sedangkan pagar depan yang dibuat glazing memungkinkan akses pemandangan yang kontinyu.

seaside_house_3

Desain Rumah Ditepi Pantai – View 8

Pintu masuk pada rumah ini juga diposisikan sepanjang elevasi yang menghadap selatan. Sehingga, baik pintu masuk maupun area parkir terlindung di bawah balkon.

Lantai bawah/ lantai dasar bangunan ini dibangun  di sekitar koridor sederhana yang membagi ruang menjadi tiga wilayah.

seaside_house_10

Desain Rumah Ditepi Pantai – View 9

Di sebelah kiri, Anda akan menemukan keberadaan ruang musik, di mana penghuni rumah bisa menyalurkan hobi bermusi dengan  bermain piano. Di samping ruang musik ini, terdapat kamar tidur. Dua kamar di sebelah kanan mencakup ruang belajar pribadi serta sebuah kamar mandi,  sedangkan kamar tidur utama dengan kamar ganti en suite yang ukurannya cukup besar dan luas terselip di bagian belakang.

Air-sourced heat pump dan panel surya: Perangkat hemat energi

Untuk penghangat ruangan, digunakan air-sourced heat pump. Energi panas yang dihasilkan dari pompa tersebut kemudian didistribusikan ke interior bangunan melalui sistem pemanas. Panel surya di atap  bangunan juga menjadi perangkat tambahan yang berguna untuk menghasilkan sumber air panas.

Dengan semua mekanisme dan perangkat yang dipasang di bangunan ini, diharapkan bangunan ini akan memiliki tingkat energi efisiensi yang tinggi dan bisa dimanfaatkan dalam jangka waktu lama

Lokasi bangunan ini dikelilingi oleh dinding batu sebagai retaining wall yang sudah ada sebelumnya, sehingga para arsitek hanya perlu menambahkan sebuah gerbang kayu yang baru.

(image source by: www.dezeen.com)

..

architectaria.com | Arsitek, Desain Interior, General Contractor

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

No Comments Yet.

Leave a Comment