Desain Rumah Mungil Yang Artistik

Perkembangan dunia properti saat ini sangat pesat, hal ini ditandai dengan banyaknya pembangunan unit-unit properti, misalnya: apartemen atau kondominium eksklusif yang super mewah atau pembangunan rumah-rumah mungil yang sederhana.

Bersamaan dengan perkembangan dunia properti tersebut, kebutuhan masyarakat akan rumah belakangan ini sangat tinggi. Jika budget kurang mencukupi untuk membeli rumah yang middle end, rumah mungil atau sederhana pun tidak menjadi halangan untuk mewujudkan keinginan memiliki rumah. Hampir semua pengembang menawarkan kavling atau produk rumah mungil, karena tingginya kebutuhan masyarakat akan rumah/tempat tinggal, maka hanya dalam waktu singkat mampu terjual ratusan unit rumah. Masalahnya, banyak pengembang memanfaatkan momentum tersebut dengan membangun rumah mungil dengan fasilitas dan lingkungan yang ala kadarnya seperti yang selama ini kita kenal, yaitu Rumah Sangat Sederhana (RSS).

Mendeskripsikan rumah mungil dengan kondisi seperti itu sudah waktunya diubah. Konsumen adalah raja, manusia juga yang selayaknya diberikan yang terbaik. Rumah harus indah, sehat, dan bersahabat dengan lingkungan. Itulah kata kunci membangun rumah ukuran apa pun, termasuk membangun atau memilih rumah mungil. Rumah mungil yang dipasarkan biasanya memiliki luas maksimal 100 meter persegi dengan ukuran variasi 6 X 15 m, 7 X 15m, atau 8 X 12 m, dan bentuk bangunan rumah standar.

Desain rumah mungil dan artistik – denah/layout

Desain rumah mungil dan artistik – tampak depan

Indah tidak harus selalu mahal. Kreativitas desain yang arif dan cerdas dari seorang arsitek justru mampu mewujudkan rumah mungil yang hemat bahan bangunan dan menyiasati segala keterbatasan, baik dana maupun lahan. Konsep indah dapat diterjemahkan dalam bentuk denah rumah yang lugas dan mudah pemeliharaan. Keterbatasan lahan mendorong pembangunan rumah mungil bertingkat.

Denah ruang terbuka dan minim dinding pembatas, baik tembok, dinding, atau pintu, membuat ruang terasa lapang. Penggabungan fungsi ruang disesuaikan dengan kebutuhan penghuni.

Carport, teras, dan taman depan difungsikan sebagai ruang tamu, ruang bermain anak, parkir kendaraan, bahkan rapat RT/RW. Ruang dalam dioptimalkan sebagai ruang keluarga dan ruang makan. Fungsi ruang keluarga, ruang belajar, dan kamar tidur anak-anak juga dapat ditempatkan di lantai atas hingga ke kolong atap (attic). Taman dan teras belakang dimanfaatkan sebagai ruang makan terbuka, ruang keluarga, dan ruang belajar anak, dengan waktu berbeda.

Kamar mandi merupakan ruang yang memerlukan penanganan dan pemeliharaan khusus, mulai utilitas sanitasi, peranti utama, dan pemilihan bahan. Bahan lantai dari keramik atau teraso bertekstur kasar dimaksudkan agar tidak terpeleset dan berukuran kecil untuk memperluas kesan ruang. Keterbatasan luas dapat dibuat kamar mandi kering dengan shower box tertutup berdinding kaca atau tirai plastik. Penempatan septic tank meski ditempatkan di taman depan, namun jaraknya masih relatif dekat dengan pompa air sehingga untuk jangka panjang dapat mencemari air tanah. Untuk itu, perlu dipertimbangkan ulang penempatan septic tank kolektif dialihkan di taman-taman lingkungan.

Penataan dapur serba praktis menyatu dengan ruang makan atau di teras belakang (ruang makan terbuka).

Konsep umum rumah menyediakan kamar tidur dan kamar mandi pembantu di belakang, di bawah, atau di atas dekat ruang servis, mencuci, dan menjemur. Kini desain ruang servis, mencuci, dan menjemur, kamar tidur dan kamar mandi pembantu serta dapur kotor ditempatkan di bagian depan rumah, bersebelahan dengan ruang keluarga menghadap carport.

Tampilan artistik rumah tidak membutuhkan bahan mahal. Dinding rumah dari batako dan batu bata dengan penyelesaian dinding ekspos atau kombinasi plesteran atau kamprotan dengan pengerjaan hati-hati dan rapi, atau dapat pula memakai dinding pelat baja. Keramik KW-2, KW-3, atau teraso yang unik juga tak kalah menariknya mempercantik lantai rumah. Ketidakpresisian bahan masih dapat disiasati dengan nat-nat lebar.

Isi perabotan rumah harus serbaguna, sesuai dengan prioritas kebutuhan keluarga, dan proporsional antara ukuran perabot dan luas ruang. Meja, sofa, dipan, bawah wastafel, hingga kolong tangga dioptimalkan sebagai tempat penyimpanan barang dan tersebar sesuai dengan kebutuhan fungsi ruang sehingga tidak perlu membuat gudang.

Penyelesaian lantai, dinding, dan perabotan dengan warna dan/atau bahan senada pada ruang luar hingga ruang dalam memberikan kesan luas ruang imajiner. Gradasi perpaduan warna yang tepat di setiap ruang juga turut mempengaruhi kesan luas ruang sekaligus memberikan efek psikologis (terapi kejiwaan) kepada penghuni rumah. Kesatuan tema dan warna akan membantu rumah terkesan teratur dan lapang, antara lantai (gelap), dinding dan perabotan (sedang), dan atap plafon (terang).

Rumah mungil juga harus sehat. Rumah merupakan tempat terapi kesehatan fisik dan mental penghuni, baik di kala sehat, dalam penyembuhan, atau tengah sakit. Rumah tempat relaksasi memulihkan kesegaran tubuh.

Krisis listrik dan tarif listrik yang terus naik harus diantisipasi dengan prioritas pemakaian perangkat listrik dan desain rumah hemat energi. Optimalisasi sinar matahari sebagai sumber pencahayaan alami rumah sepanjang pagi-sore hari dan sinar rembulan dan bintang di malam hari.

Optimalisasi sinar matahari dan sirkulasi udara dapat dibuat dengan bukaan pintu dan jendela dengan lebar dan panjang hingga menyentuh lantai, tinggi plafon minimal 2,75 meter, serta skylight di atas ruang makan, kamar mandi, atau kamar tidur atas akan memberikan perluasan ruang imajiner.

Setiap ruang diupayakan mendapat sinar matahari dan udara segar yang baik untuk kesehatan rumah dan penghuni serta kocek penghuni. Rumah bahkan dapat meminimalkan pemakaian penyejuk udara (AC), kipas angin, dan lampu, terutama di siang hari.

Pemasangan cermin pada salah satu dinding, seperti di teras, ruang keluarga, dan kamar mandi, akan menambah luas imajiner ruangan. Dekorasi dinding dengan lukisan, foto keluarga, sertifikat, plakat, atau benda etnik sebagai titik perhatian menambah hidup suasana ruang sekaligus memberikan terapi kejiwaan kepada penghuni.

Halaman sempit dapat difungsikan sebagai taman resapan air (taman kering) dengan struktur sederhana dari bawah ke atas, batu apung, ijuk, koral, pasir kasar, dan tanah/koral/ kerikil, dengan ketebalan beragam sesuai kondisi tanah.

Penanaman pohon di taman depan (yang paling memungkinkan) dibandingkan dengan taman belakang merupakan pemasok oksigen sekaligus memberikan keteduhan dan kesejukan kepada penghuni. Di pagi hari, penghuni tetap disarankan membuka jendela dan pintu untuk menjamin ketersediaan sinar matahari dan udara segar masuk menghangatkan ruang dan menggantikan udara pengap dalam rumah.

Rumah mungil akan lebih nyaman jika masalah ketersediaan dan kualitas air bersih yang diperoleh dari PAM, pompa tangan, atau pompa mesin diperhatikan dengan baik, apalagi jika terjadi kesulitan air bersih di musim kemarau. Lalu, bagaimana sistem pengelolaan sampah juga perlu dipelajari dengan cermat, apakah dikelola sendiri (daur ulang) atau disediakan tempat penampungan sementara.

Selain hal-hal yang sudah disebutkan diatas, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat digunakan untuk memaksimalkan desain rumah mungil anda :

  • Gunakan Cermin. Cermin menciptakan kesan luas pada ruang. Gunakan cermin di daerah meja makan atau ruang keluarga. Cermin dengan ukuran besar di tempat tepat menghasilkan efek ruang yang kuat. Sebelum cermin diletakkan di dinding, kita dapat mencoba-coba dahulu penempatannya di beberapa tempat untuk mengetahui efeknya pada ruang.
  • Gunakan Furniture Built-in (Modular Furniture). Desain built-in menciptakan kesan ruang yang simpel dan membuat ruang lebih luas. Selain itu dapat mengurangi biaya pembelian furniture. Misalnya di ruang tidur, lemari dapat dibuat “menempel” ke tembok atau di dalam gypsum. Kita hanya perlu membuat ambalan di dalamnya dan membuat pintunya saja hingga memperkecil biaya pembuatan furniture. Bagian dalam lemari dapat dilapisi wallpaper supaya lebih manis.
  • Gunakan Furniture Berukuran Kecil. Misalnya untuk meja makan. Gunakan meja makan kecil dan diletakkan menempel tembok dengan 4 kursi. Kursi yang digunakan lebih baik puff sehingga kesan ruang lebih luas. Gunakan pula coffee table dan credenza yang berukuran kecil.
  • Pilih Furniture Yang Berkesan Ringan. Jangan memilih furniture yang “berat” dan tebal. Cari furniture yang tipis dan berbentuk rangka, bukan bidang. Contohnya untuk credenza tv, pilih furniture berkaki, jangan yang penuh sampai ke lantai.
  • Pilih Warna Ruangan Yang Berwarna Muda. Warna ruang jangan gelap untuk bidang dinding yang besar. Pilih warna muda sehingga terang dan berkesan luas.
  • Maksimalkan Tempat Penyimpanan. Gunakan semaksimal mungkin furniture untuk tempat penyimpanan. Misalnya membuat laci-laci di bawah ranjang, nakas yang dapat menyimpan barang, credenza yang dapat memuat majalah-majalah dan semua furniture lainnya. Dengan banyak penyimpanan akan mengurangi barang-barang yang dibiarkan tergeletak dan jika arang bertambah banyak tidak perlu membuat lagi tempat peyimpanan.
  • Ciptakan Kesan Final. Jangan biarkan dinding kosong terlalu besar. Dinding kosong dapat diisi dengan lukisan atau hiasan. Jangan pula dibuat terlalu penuh. Tapi secukupnya saja sehingga bangunan tidak terkesan kosong dan dingin.

Kini, Anda pun dapat menikmati rumah mungil yang artistik, indah, sehat, dan bersahabat dengan lingkungan.

Artikel lainnya yang harus anda baca : Membangun dan merenovasi rumah ala desainer

..

Architectaria – Arsitek dan Perencana

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

317 Comments

  1. Dian

    gw jadi ingin konsultasi nih setelah ngebaca deskripsi di atas. Jika tak ada halangan, tahun 2009 gw balik tanah air.gw sedang binggung bikin konsep perbaikan (renovasi)rumah, yang kesannya tuh semakin menjemukan aja tiap kali gw cuti kampung halaman.

    Tapi gw binggung mau di perbaiki gimana lagi.soalnya ukuran rumah 12×15 mtr doang.Jika ditingkat apakah itu solusi terbaik?

    oke, saya akan mempelajari tulisan2 dalam blog ini, siapa tahu bisa memberikan inspirasi. bye bye…

    konsultasi? silahkan.. gratis kok

    Kalo konsep sebenarnya gak perlu bingung, anda suka bunga? mari percantik rumah anda dengan bunga, anda suka air? mari hadirkan kesegaran air dirumah anda? anda suka membaca? jadikan rumah anda sebagai perpustakaan mini sekaligus portofolio atas tingkat intelektualitas anda, anda suka bersantai? jadikan rumah anda sebagai home entertainment.. masih banyak kok konsep yg bisa diterapkan.

    Kalo soal memperbaiki gimana lagi, mungkin suatu saat anda mau mengajak saya melihat kondisi disekitar rumah anda, landscape nya, interaksi antar individu disekitar rumah, baru kita bicara soal bagaimana merenovasi..

    Mendesain rumah nggak melulu bicara soal desain arsitektur, gak melulu bicara garis, bidang, atau ruang, jumlah lantai, dsb.. tp mencakup banyak hal.. seni, musik, tarian, dsb.

    Oc mbak dian..sukses selalu atas karier nya yah.

    Salam hangat,

    Aria

  2. Rahardja

    Bisa yah.. Ternyata dengan area yg terbatas bisa juga dibuat layout artistik seperti gambar diatas..Nice!

  3. elky roy

    good banget sangat inovatif dan more imajination

    Thx

  4. indrayana

    kami adalah perusahaan yang sanggup menyediakan ijuk anua dalam jumlah yang cukup besar, salah satunya ijuk resapan air, jika ada yang membutuhkanya bisa hubungi saya di no 085224030304/02657000503

    Kami arsipkan yah pak
    mungkin suatu saat kmi butuh

  5. meri

    hAI TOLONGIN GW dong w mau bikin rumah yang ukurannya 100 kali 100 meter tapi 50 meternya dah dibikin rumah gimana caranya supaya disain rumah itu bagus tapi gak diancurin semua rumah itu cuma ngancurin temboknya sebelah aja jadi istilahnya disambung kali yach?please tolongin gw

    Gimana nolongnya klo data2 rumahnya gak lengkap? ;) Maybe wise for you to find an architect, and than use their service deh :)

  6. charles

    rencana th dpn mau bangun rumah cm msh bingung denah bangunan nya tanah uk 20×30 m rcn mau buat rumah 8×12 m lengkap dgn kamar tidur 3 bisa bantu buat denah gak?thx

  7. Taufik Jayadi

    saya ingin membangun rumah diatas tanah ukuran 5×14 meter. saya pengen tau contoh desingn nya ya. terima kasih

  8. Dedi Setiawan

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Yang terhormat Narasumber.
    Kami keluarga muda yang memiliki tanah ukuran 11 m x 15 m. kira-kira ukuran berapa rumah yang ideal.tanah kami menghadap ke Timur,dengan samping kanan – kiri dan belakang rumah tetangga. Kami berencana membangun rumah dengan kebutuhan ruang sebagai berikut :
    1. Garasi
    2. Ruang Tamu
    3. Kamar tidur utama (dengan kamar mandi di dalam)
    4. 2 kamar tidur anak
    5. Kamar tidur tamu
    6. Ruang kerja mungil
    7. Dapur
    8. Kamar mandi + Wc
    9. Musholla mungil
    10. Ruang Keluarga
    11. Ruang Makan
    Saya ingin ada taman mungil di dalam rumah. Apakah kebutuhan tersebut mungkin di tanah saya.
    Terima kasih banyak atas jawabannya.

    Jawab: Semua kebutuhan anda bisa dituangkan dalam bentuk desain pak. Jika rumah 1 lantai terasa tidak bisa mengakomodasi kebutuhan ruangan yg bapak inginkan, maka bisa dibuat rumah 2 lantai. Search an architect, ask their opinion, got their service and you have to paid for that ;)

    • hendra nobawir

      As, wr, wb, slmt malam narasumber
      sy punya tanah luas 20m x 40m, sy minta bantuan’a kpd saudara utk dpt membantu sy dlm mendesain rumah type 2 lantai minimalis. Sy berencana membuat rumah, sbb :
      1) Taman depan rumah
      2) Garasi mobil
      3) Ruang tamu
      4) Ruang kluarga dgn di hiasi taman dan kolam ikan di dlm rumah
      5) Kamar tidur tamu plus kamar mandi di lantai dasar
      6) Kamar tidur utama plus kamar mandi di lantai dasar
      7) Ruang makan plus dapur di lantai dasar
      8) Ruang solat di lantai dasar
      9) Kamar tidur pmbantu lantai dasar
      10)Kamar mandi umum lantai dasar
      11)Kolam renang 4m x 18m yg posisi’a sedikit menghimpit tembok namun ada seni bbrp air terjun kecil yg seolah2 keluar dari sela2 batu dan di tambah teras di samping kolam 2m x 18m utk berjemur tubuh serta sedikit ada taman sebagai penyejuk lingkungan kolam renang
      12)Ruang utk gudang lantai dasar
      13)Kamar tidur anak 3 buah plus kamar mandi di masing2 kamar di lantai 2 (di lantai 2 ada balkon yg menghadap halaman depan rumah)
      14)Ruang utk Loundry plus jemuran pakaian di lantai 2
      15)Tempat utk tower air di lantai 2

      Apakah dari usulan sy tsb di hadapkan dgn luas tanah yg sy miliki tadi mencukupi tidak ya…. mohon bantuan’a ya, trima kasih banhak atas jawaban’a sy ucapkan trima kasih, wassalamu…

  9. rendra

    desaint oke banget….
    mo minta tolong gambarkan layout & desain rumah tipe36 dan ukuran tanah 10 X 15 meter…
    mohon semaksimal mungkin untuk penggunaan tanahnya…
    terima kasih…

  10. dewi

    Saya berencana membangun rumah pada tanah ukuran 8×18,5 m luas bangunan 161 mter persegi. saya menginginkan di dlmnya terdapat ruang tamu,r. keluarga, r. makan, 3 kamar, kamar mandi, dapur, mushola, garasi/warung, taman depan dan belakang.
    saya ingin desain rumah yang tidak terlalu rumit dan tidak memakan biaya banyak namun tetap artistik.
    tolong gambarkan layout dan desain rumahnya.
    ditunggu jawabannya.
    trima kasih.

  11. andy

    Dari dulu saya hobi banget baca2 seputar desain rumah. Saya keluarga muda punya tanah seluas 7 (lebar)x 23 meter(panjang ke belakang). Saya berencana membangun rumah dengan konsep minimalis dan konsep alam/sejuk.
    Yang saya inginkan:
    1. Kamar tidur utama (kmr mandi dalam)
    2. Kamar tidur anak (2)
    3. Kamar tidur pembantu
    4. Garasi
    5. Musholla, kalo bisa di-combine dg ruang buku2/perpustakaan kecil
    6. Ruang keluarga
    7. Ruang tamu
    8. Serta taman kecil di depan dan di belakang rumah
    9. Dapur beserta ruang makan
    10. Musholla

    Mohon gambar lay out serta desain rumahnya.

    Terima kasih sebelumnya,
    -andy-

  12. Sugi

    Assalamualaikum Wr. Wb.

    kami memiliki tanah ukuran 15 x 15 m posisi di “hoek”
    saya berencana membangun rumah 2 muka karena posisi tanah tersebut.
    saya pengin kriteria sbg berikut :

    1. Kamar tidur utama (kmr mandi dalam)
    2. Kamar tidur anak (2)
    3. Garasi
    4. Musholla
    5. Ruang keluarga
    6. Ruang tamu
    7. Taman kecil di depan dan di belakang rumah
    8. Dapur beserta ruang makan

    mohon di buatkan denahnya beserta gambar fasad

    terimah kasih

    Sugi

  13. Sudiatmika

    saya,sudiatmika.saya ingin membangun rumah ukuran 8m panjang ) dan lebar 6m.saya mau bikin :
    1 kamar tidur utama
    2 kamar tidur anak
    1 ruang tamu.
    saya mau bantuan nya bikin disain nya.terima kasih,

  14. Angga

    Assalamualaikum Wr. Wb.

    sudah lama kami ingin membangun rumah, tp sulit sekali untuk membuat/design rumah yg sesuai dengan keinginan kami (tidak terlalu besar dan tidak tingkat). Kami memiliki tanah ukuran 10 x 20 m saya berencana membangun rumah dengan kriteria sbg berikut :

    1. Kamar tidur utama (kmr mandi dalam)
    2. Kamar tidur anak (1)
    3. Garasi
    4. Ruang keluarga
    5. Ruang tamu
    6. Taman kecil di depan dan di belakang rumah
    7. Dapur beserta ruang makan

    Minta tolong bisakah kami dibuatkan denahnya beserta gambar.

    terima kasih

    -angga-

  15. levy

    Assalamu’alaikum. Wr.Wb
    Kami keluarga muda yg mau membangun rumah tp bingung desainnya….km mempunyai tanah uk 10 x 20 m..rumah yg rencana km bangun ukuran 8 x 10m dengan kriteria:
    1. Ruang Tamu
    2. kamar tidur utama (kmr mandi di dalam)
    3. kamar tidur
    4. kamar tidur anak
    5. ruang keluarga
    6. dapur
    7. kamar mandi
    8. kalo bisa ditambah ruang untuk sholat dan gudang.
    9. taman di depan dan belakang rumah.
    Mohon dibuatkan desain rumah dan gambar layoutnya. Mohon sekalian RAB nya.
    Terima kasih banyak sebelumnya.
    Wassalam. Wr.Wb

  16. ricky

    Kami baru berkeluarga dan memiliki rumah kecil type 27 luas tanah 6 m x 12 m.kami ingin merenovasi rumah kami tapi kami bingung dengan designnya. yang baik/bagusnya gimana? supaya rumah kami terlihat luas.yang ada sekarang :
    1.ruang tamu
    1.kamar tidur
    1.kamar mandi
    1.dapur
    taman depan, dan ada sedikit sisa tanah dibelakang dapur.
    mohon dibuatkan design dan gambar denah/layoutnya and +RABnya kira-kira berapa?( kami tunggu jawaban + gambarnya loh!!!).
    thank’s
    Ricky K

  17. eko haryanto

    Kami punya sebidang tanah ukuran 10 x 12 dan kami berrencana mau membangun rumah dengan model minimalis dengan kreteria sbb :
    1. 1 kamar tamu
    2. 2 kamar tidur
    3. 1 kamar tidur utama
    4. 1 kamar mandi
    5. 1 ruang makan
    6. taman
    7. ruang keluarga
    mohon dibuatkan design dan gambar denah/layoutnya and +RABnya kira-kira berapa?( kami tunggu jawaban + gambarnya loh!!!).
    thank’s
    eko

  18. BAGUS RY

    saya meminta saran tentang perencanaan rumah untuk ukuran luas 300m. dan saya mengimpikan ada ruangan keluarga yang memiliki pembatas dengan halam belakang berupa kaca yang berukuran besar.

  19. Lina

    Desain Rumah mungilnya diperbanyak donk mas. Bisa tidak architectaria menampilkan beberapa desain rumah, atau type-type desain rumah? yah memanjakan pembaca gitu loh. Anyway thanks yah..

  20. rekbin

    Assalamualaikum wr. wb.
    saya punya rumahan rs type 36 ukuran tanah : 10m x 14m rencananya ingin dikembangkan jd 2 lantai dengan konsep minimalis dgn kriteria sbb: lt.1 : ruang tamu, ruang keluraga, kamar tidur utama + kamar mandi di dalamnya, dapur kering + ruang makan, taman kecic,dapur basah, garase, kamar mandi dan lt.2 : ruang serba guna, kamar mandi, 2 kamar tidur, teras, bisakah dibuatkan disaign rumah,interior dan RABnya, pleace kami tunggu ya n Terimakasih

  21. Muldi harsyah

    saya memiliki tanah di area perumaha dg posisi hook,Luas tanah 14o m dg Lebar 10 m panjang 14 m

    Sisi depan rumah dasar menghadap timur, sedangkan samping menghadap selatan

    berencana untuk mengembangkan rumah dg Kebutuhan ruangan di Lantai I:

    1. K. Tidur Utama
    2. K. Tidur Anak
    3. R. Tamu
    4. R. Makan
    5. R keluarga
    6. K. Mandi 2 bh
    7. Teras
    8. ruang cuci pakaian disisi taman belakang
    9. Garasi mobil (fleksible) /carport

    Lantai 2

    1. K. Tidur Utama
    2. Ruang keluarga/Santai
    3. K. Mandi 1 buah
    4. Tempat Jemur pakaian

    Kondisi Yang di inginkan:

    1. Rumah memiliki konsep spt minimalis/meditrania dan terkesan asri
    2. Memanfaatkan posisi sudut, rumah menghadap ke 2 sisi jalan
    3. Ruang tamu pada posisi sudut sehingga tamu lepas memandang
    4. Pembagian ruang spt ruang tamu, ruang santai/keluarga dan ruang makan jelas, namun terkesan lapang/tidak sempit
    Sehingga dapat dimanfaatkan untuk berbagai acara

    5. Ada tamah kecil dibagian belakang
    6. Satu Kamar tidur jendela menghadap ke taman kecil dan yg lainnya menghadap ke satu sisi jalan
    7. Dapur menghadap ke salah satu sisi jalan.
    8. T. Jemur pakaian akses tersendiri dan tidak ada akses ke ruang lain di Lt. 2

    Terima kasih atas saran dan masukannya

  22. kamar.bedah@yahoo.com

    saya memiliki tanah dan sudah bangunan rumah didalamnya tipe 42, Luas tanah 150 m dg Lebar 10 m panjang 15 m

    Sisi depan rumah dasar menghadap barat berencana untuk mengembangkan rumah dg Kebutuhan ruangan :

    1. K. Tidur Utama
    2. K. Tidur Anak 2 buah
    3. R. Tamu
    4. R. Makan
    5. R keluarga
    6. K. Mandi 2 bh
    7. Teras
    8. ruang cuci pakaian disisi taman belakang
    9. Garasi mobil (

  23. Lita

    Saya punya sebidang tanah dengan ukuran 7,5 x 20
    ingin dibangun rumah tipe kecil (40-50 m) dengan desain minimalis, dengan kriteria sebagai berikut :
    1. Ruang tamu
    2. Ruang keluarga + ruang makan
    3. 1 Kamar tidur utama
    4. 1 Kamar tidur anak
    5. 1 Kamar Mandi
    6. 1 Dapur
    7. Taman Depan + Belakang
    8. Carport
    9. Ruang cuci dekat taman belakang

    Mohon dapat dibuatkan gambar lay outnya dan disain rumahnya dengan model minimalis.
    Mohon juga dapat dibantu untuk mengitung RABnya karena dana yang tersedia terbatas.
    Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih.

    Regards,
    Lita

  24. Cyntia

    Saya punya tanah 300m (L=9m, P=33m) Mhn bantunnya utk design dgn spesifikasi sbb:
    1. Taman didepan rumah
    2. Garasi Mobil
    3. Ruang Tamu
    4. Ruang Keluarga
    5. Dapur
    6. Kamar Tidur utama + kamar mandi
    7. Kamar tidur anak
    8. Kamar Tamu
    9. Kamar mandi

    di bagian belakang

    10. Mushola
    11. Taman belakang

    Mohon dapat dibuatkan gambar lay outnya dengan konsep rumahnya dengan model minimalis.

    Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih.

    Wasalam

    Cyntia

  25. Uus

    Saya punya tanah 112m (L=8m, P=14m) dgn ukuran bangunan (40-50 M2) Mhn bantunnya utk design dgn spesifikasi sbb:
    1. lt 1 (kmr tidur 1, ruang tamu, dapur, kmr mandi, ruang kelurga dan carport)
    2. lt 2 (kmr tidur 3 buah)
    Mohon dapat dibuatkan gambar lay outnya dengan konsep rumahnya dengan model minimalis.
    Mohon juga dapat dibantu untuk mengitung RABnya karena dana yang tersedia terbatas.

    Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih.

    Wasalam

  26. Uus

    tambahan maaf tanah tersebut letaknya hook. terima kasih
    wass

  27. edward sonata

    asalam mualaikum

    nama saya edward bang sebelumnya saya minta maaf mengganggu ni,saya berencana mau merenofasi rumah BTNdengan type 45/105,
    dengan spesipikasi sbb:
    panjang 14 m
    lebar 7.5 m
    rencana saya mau di buat bertingkat,dgan 2 bilik di bawah dan 2 bilik di atas,serta 2 kamar mandi di atas dan di bawah kalau bisa 1 mushola di bawah serta satu dapur,serta satu ruang tempat mencuci,untuk sementara ini saja dulu bang terima kasih sebelumnya saya ucapkan bang,

    best regart

    edward sonata

  28. SONY

    Saya mau bangun rumah,tolong dibuatkan gambar(layout) untuk rumah minimalis dengan 2 lantai.uk.tanah 8x15m.Sudah ada bangunan lama uk.6x12m,sisa tanah leter L.
    Thanks

  29. nur arafah

    saya mau bangun rumah minimalis, dua lantai, adapun uk tanah 10x15m. tanah depan lebar dan mengerucut ke belakang. oya, ruang yang saya inginkankan adalah;
    lantai I, 2 kamar tdr,ruang tamu, ruang keluarga,ruang sholat, dapur, t jemuran,taman kecil,satu kamar mandi,lantai dua, 2 kamar tiduranak, ruag bermain, kamar kerja yang menhadap ke taman kecil.saya mohon dibuatkan gambarnya dan disertai RABnya karena terbatas dananya.terimakasih

  30. DODO

    SAYA MAU RENOVASI RUMAH KPR BTN TYPE 21 LUAS 6.5M X 12M
    SELAMA INI BELUM SAYA RENOVASI DAN SEMENTARA INI SAYA CUMA PUNYA 1KAMAR TIDUR, K.MANDI, RUANG TAMU SEMUA JADI SATU DAN SEMENTARA UTUK DAPUR SAYA BUAT DIBELAKANG RUMAH, SEBAGAI BAHAN PERTIMBANGAN disamping rumah inti masih ada sisa 1,5m x 5m ,DIBELAKANG RUMAH INTI MASIH ADA SISA 6,5M X 6M DAN UNTUK DEPAN RUMAH MASIH ADA SISA 2,5M X 6,5M.
    Rumah yang saya tempati ini benar benar masih asli dari pengembang,
    SAYA MOHON DIBUATKAN GAMBAR DAN DISERTAI BERAPA BANYAK KEBUTUHAN MATERIAL
    YANG SAYA INGINKAN UNTUK PENGEMBANGAN RUMAH SAYA
    a. ruang tamu
    b. 3 kamar tidur (ruang tidur utama dan 2Ktidur anak)
    c. dapur
    d. kamar mandi
    e. ruang sholat
    f. garasi

    terima kasih

  31. gekutu

    gw mo bangun rumah tipe 60 diatas tanah20x20 bisa bantu bikin denah ga

  32. isti

    Pak Aria yang terhormat, saya ingin dibantu dibuatkan design rumah 1 lantai dengan luas tanah 7 x 15 dg spesifikasi sbb:
    a. ruang tamu
    b. perpustakaan
    c. garasi kecil (utk 2 motor)
    d. ruang keluarga
    e. 2 kamar tidur
    f. dapur+ruang makan
    g. kamar mandi luar
    h. ruang cuci & jemuran
    saya jg menginginkan ada taman di depan rumah (untuk mengurangi kebisingan dan debu, krn tanah sy ada di pinggir jalan yang selalu ramai baik siang maupun malam) dan taman di belakang rumah yg sekaligus sbg jemuran.
    Selain itu, sy juga tidak menyukai telalu byk sekat, tapi privacy keluarga tetap terjaga (tamu tidak bisa melihat keseluruhan ruang dalam).
    matur nuwun………

  33. Florenc

    sy mau bgn rumah 5 x 7.5 m,2 kmr tdr, 1dapur, 1 kmr mandi, ruang tamu & ruang keluarga.

    Mohon masukannya.
    thanks

  34. carolina

    saya punya rumah luasnya 60m2 (5×12), ingin punya :
    1. 2 kamar tidur
    2. ruang tamu
    3. dapur
    4. ruang keluarga.
    mohon bantuan denahnya. tq

  35. Jeff

    P Aria yg terhormat,
    Saya ada kendala dalam mengakali ruang tamu dan ruang tengah rumah saya. FYI, ruangan yg saya punya adaalah 3Mx6.5M, rencana saya akan membagi menjadi 2 bagian utk ruang tamu dan ruang keluarga. Agar tidak terkesan sempit, saya ingin memakai PARTISI RUANGAN yg simple tp terkesan mewah. Apakah Bapak mempunyai beberapa tips lain atau contoh partisi seperti apa yg bisa saya gunakan?
    Terima kasih atas kesediaan waktunya

  36. abdurrahman

    apa ada model rumah tumbuh yang teleh dibuat dari type 21

  37. abdurrahman

    model rumah yang cocok untuk tanah yang berukuran 8×6 pada daerah yang tropis kaya gimana ya. terimah kasih atas bantuanya

  38. JUMADI

    saya mempunyai tanah ukuran L=20 P=16, yang saya inginkan dari tanah tersebut untuk rumah dialokasikan ukuran 12×12, sedangkan disisi kiri rumah akan dialokasikan untuk ruko sebanyak 2 unit dengan ukuran @4×12
    untuk rumah 2 lantai dengan keinginan sebagai berikut :
    1, lantai bawah terdiri dari RUANG TIDUR UTAMA dengan KM didalam, RUANG DAPUR langsung dijadikan satu dengan ruang makan dan mini bar, ruang keluarga, dan ada taman dibelakang voip diruang tengah.
    2. lantai atas terdiri dari 2 kamar anak, 1 kamar mandi, ruang sholat serta ruang keluarga
    3. untuk ruang tamu lantai satu langsung blong sampai lantai 2.

  39. mosses

    saya sangat tertarik dengan konsultasi di web ini.
    saya memiliki rumah dengan lebar 9 dan panjang 14.
    kami mengiinginkan tempat :
    1. kamar utama
    2. kamar anak 2 kamar
    3. kamar pembantu
    4. ruang tamu
    5. ruang nonton
    6. ruang makan
    7. dapur
    8. ruang santai dibelakang
    9. taman belakang
    10 jemuran dibelakang
    11.carport untuk mobil
    terima kasih

  40. mosses

    tambahan rumah saya menghadap ke selatan

  41. Stefanus

    Salam hormat,
    Saya mempunyai rumah standar diperumahan dengan ukuran L=7 P=12 namun dapat tambahan tanah dibelakang dengan rincian sebelah kanan tembah 1m dan sebelah kiri 2m sehingga denah tanah menjadi serong pada bagian belakang.
    Saya ingin merenovasi dengan rincian :
    1. 3 kamar tidur
    2. 1 kamar pambantu
    3. ruang tamu
    4. ruang keluarga
    5. kamar mandi,
    Mohon penjelasan dan sekaligus gambar / denah usulan, terima kasih..

  42. Agah Kusumah

    saya punya rumah ga trlalu gede luas cuma 72m2 aja, ksan skarang dng 2 kamar di bawah kayanya sumpek bgt,dan mobil susah masuk. saya ingin renov dng desain minimalis tapi tetap apik.rencana saya rumah itu ingin di tingkat namun harus memuat 3 kamar tidur dan 1 kamar mandi, namun dana yg saya sediakan hanya 50jt, apakah mungkin?dan bagaimana desain trbaiknya.mohon di bantu trimakasih banyak,

  43. Syabana

    salam
    sya mau bangun rumah dengan uk. 6 x 6 (thp. I), dg. kebutuhan ruang : km. tdr 4 x3, km. mandi 2 X 1.5, tempt basahan 2 x 1.5,ruang tamu&ruang kel&dapur menyatu (6 x 3).
    spesi. bngunan:dinidng batako,atap asbes,pondasi pake sepatu tanpa batu.
    Kira2 dana yang dibutuhkan nyampe berapa?
    Makasih

  44. wiguna

    salam,
    sy mempunyai kolam dng luas 7x10m2, yg rencanya diatas kolam tsbt akan dibangun rumah, mohon bantuanya untuk mendesain rumahnya yg asri dan bernuansa alam. thanx

  45. wyguna

    salam,
    sya punya tanah kira2 20×10..
    kira2 gimna gambar rumahnya???
    plisss

  46. yanuar JL

    Saya punya tanah ukuran 11 x 18.6 m, akan dibangun rumah type 36 (2 kamar tidur, r. kerluarga, 1 kamar mandi,dapur) rencana sisa tanah akan dibuat taman. Teras digunakan untuk R. Tamu juga.tolong saya dibuatkan gambar layoutnya dana yg sy siapkan 80 jt, cukup nggak??
    Terima Kasih….

  47. Henny

    Selamat Pagi,
    Saya membeli sebuah rumah yang dikembangkan oleh developer dengan gaya modern sederhana. Rumah tersebut tipenya 70 dengan luas tanah 96 m2. lebar 6 m dan panjang 16m, dilengkapi dengan tangga belakang untuk ke ruang atas yang ukurannya hanya 5 x 4 m.

    Sebagai pembeli priority, saya mendapatkan kebebasan untuk menentukan bagaimana kiranya layout rumah yang saya inginkan.

    Mohon bantuannya segera untuk mengirimkan desain layout rumah dengan kondisi peruntukan ruangan (jika memungkinkan dengan luas bangunan yang ada) sbb:
    - 3 kamar tidur, 2 kamar tidur bersebelahan (untuk menghemat penggunaan AC)
    - 1 ruang tamu
    - 1 ruang keluarga
    - 1 dapur kotor
    - 1 dapur bersih
    - 1 teras depan
    - 1 taman belakang
    - 1 taman depan
    - 1 walkway in yang berfungsi sekalian untuk garasi mobil

    Mohon bantuannya segera karena rencananya lusa saya akan berkonsultasi masalah layout ini dnegan pihak pengembang :)

    Terimakasih banyak atas bantuannya

    Kind Regards
    Henny

  48. Henny

    Selamat pagi.
    Saya membeli sebuh rumah yang dikembangkan oleh developer dengan luas tanah sebesar 96 m2 dan luas bangunan sebesar 70m2 (tipe 70) dengan ukuran lebar 6m dan panjang 16m, dengan satu tangga belakang yang mengarah ke lantai atas yang ukurannya hanya 5m x 4m.

    Sebagai pembeli priority, saya mendapatkan kebebasan untuk mendesain sendiri layout rumah ini.Dikarenakan saya akan menemui pihak developer lusa pagi, bisakah saya meminta bantuannya kira kira bagaimana layout yang terbaik untuk peruntukan ruang kira kira sbb (jika memungkinkan dari sisi luas banguan yang terbatas):

    3 kamar tidur (dua kamar tidur bersebelahan sehingga dapat menghemat penggunaan AC
    1 ruang tamu
    1 ruang keluarga
    1 teras depan
    1 taman belakang
    1 dapur kotor (mungkin berada di halaman belakang rumah)
    1 dapur bersih (jika berada di belakang, kiranya penempatan tangga juga bisa dari arah dapur ini)
    2 kamar mandi (masing masing untuk lantai atas dan bawah)
    1 walkway in yang berfungsi sekalian untuk garasi mobil

    Atas bantuannya diucapkan banyak terimakasih

    Kind Regards
    Henny

  49. Dyah

    Selamat Pagi Pak Aria…..

    Saya mempunyai tanah seluas 150 meter persegi(10×15 m), saya ingin membangun rumah 2 lantai (kebetulan rumah terletak di huk, terdapat jalan utama 4 m di depan tanah dan jalan 3 m di sebelah kanan tanah)

    saya menginginkan rumah dengan perincian :

    Lantai 1 :
    1. Ruang tamu
    2. Ruang keluarga yang menyatu dengan ruang makan
    3. 2 kamar bersebelahan ( 1 kamar utama dan 1 kamar
    anak-anak yang dipisahkan dengan pintu dorong )
    4. Dapur
    5. kamar mandi
    6. Garasi di bagian belakang rumah, dan taman kecil di
    belakang rumah
    7. teras dan sedikit taman di depan rumah
    8. Taman di sebelah kanan rumah sekitar 2 m x 8 m

    Lantai 2 :

    1. 2 kamar anak
    2. Ruang bermain
    3. kamar mandi
    4. ruang cuci pakaian
    5. Ruang jemuran
    6. teras di sebelah kanan rumah dan depan rumah

    Mohon bantuannya untuk dapat memberikan gambar dan desain untuk rumah saya, juga berapa banyak material yang saya butuhkan.
    Terima kasih atas bantuannya pak Aria… saya tunggu jawabannya

    Hormat saya
    Dyah

  50. dania

    pak aria yg baik…sy punya lahan selus 200m2,sy ingin bangun rumah 2 tingkt,di mana didalam nya terdapat:ruang tamu,ruang keluarga,kmr tdr utama,2 kmr tdr anak,1 kmr pembantu,dapur kering dan basah,carport,serta ada taman kecil.mohon dibuat kan sketsa nya.trimakasih

  51. erwin

    Salam kenal Pak Aria,
    saya ada rencana untuk membangun rumah kecil ukuran bangunan 5 x 8 m2 saja (tidak termasuk teras depan) diatas tanah 6 x 15 m2, konsepnya berupa rumah tumbuh karena rencananya saya ingin membangun 2 lantai, tapi untuk tahap pertama ini lantai pertama dulu yang akan saya bangun. Lantai 1 ada 2 kamar tidur, 2 kamar mandi kecil,
    Dapur, ruang makan dan ruang keluarga jadi satu area cuma dipisah oleh sekat berupa meja bar yang sekaligus berfungsi sebagai meja makan … (ma’af agak maksa), lantai 2 rencananya ada 2 kamar tidur, ruang kerja dan teras atas … (walau baru mimpi .. he .. he ..), Ma’af karena anggaran saya terbatas kalau Bapak berkenan dan masih mau menambah pahala kebaikan sudikah kiranya memberikan saran kepada saya … gimana baiknya layout rumah saya itu kecil tapi bisa mengakomodir semua kebutuhan anggota, …. tambahan juga saya senang dengan alam, terbuka, suara gemericik air, ada anggreknya ada kolam kecilnya dan ada perpustakaan kecilnya juga … aduh Pak .. ma’af ya kalo udah bermimpi nih ya begini jadinya .. ma’af sekali lagi dan matur nuwun sanget nggih Pak Ari ..

  52. indri

    Salam kenal..

    Sebelumnya wah oke2 banget design nya ..
    Aku py rumah ukuran 6 x 14.5 .. mau donk design yang minimalis dan artistik .. thanks

  53. toni

    Sebelumnya salam kenal. Aku punya tanah ukuran 7 x 15 …Setelah melihat design yang ok2….
    Mau dong design rumah yang minimalis dan artistik.

  54. alita

    saya memiliki tanah di area perumahan dg posisi hook,Luas tanah 157 m dg Lebar 10 m panjang 13 m di sisi kiri dan 16 m di sisi kanan

    Sisi depan rumah dasar menghadap selatan, sedangkan samping menghadap timur

    berencana untuk mengembangkan rumah dg Kebutuhan ruangan di Lantai I:

    1. K. Tidur Utama
    2. K. Tidur Anak
    3. R. Tamu
    4. R. Makan
    5. R keluarga
    6. K. Mandi 2 bh
    7. Teras
    8. ruang cuci pakaian disisi taman belakang
    9. dapur
    10. Garasi mobil (fleksible) /carport

    Lantai 2

    1. K. Tidur Utama
    2. Ruang keluarga/Santai
    3. K. Mandi 1 buah
    4. Tempat Jemur pakaian

    Kondisi Yang di inginkan:

    1. Rumah memiliki konsep spt minimalisdan terkesan asri
    2. Pembagian ruang spt ruang tamu, ruang santai/keluarga dan ruang makan jelas, namun terkesan lapang/tidak sempit
    Sehingga dapat dimanfaatkan untuk berbagai acara
    3. Ada tamah kecil dibagian belakang
    4. Dapur menghadap ke salah satu sisi jalan.

    Terima kasih atas saran dan masukannya

  55. ifa

    ass wr wb,,
    sy ingin konsultasi dan pencerahannxya mohon

  56. ifa

    lanjutan,,
    saya memiliki tanah ukr 10 x 17m2 dan ingin bangun rumah type minimalis tapi asri,,
    type atou kondisii yg diinginkan:
    1. K. Tidur Utama
    2. K. Tidur Anak
    3. R. Tamu
    4. R. Makan
    5. R keluarga
    6. K. Mandi 1 badtab bh
    7. Teras
    8. ruang cuci pakaian disisi taman belakang
    9. dapur
    10. Garasi mobil (fleksible) /carport
    11 Ada tamah kecil dibagian belakang
    12 Dapur menghadap ke salah satu sisi jalan.

    makasih atas saran dan pencerahannya

  57. inta

    Pak, saya punya sebidang tanah kecil ukuran 7.5x 18. Mohon dibuatkan sketsa rumah 2 lantai, dengan catatan ruang tamunya tidak terpisah dari ruang keluarga dan tidak terlalu banyak sekat-sekat.
    Rencananya di lantai 1 :
    1. K. Tidur Utama plus kamar mandi
    2. K. Tidur Anak
    3. R. Tamu
    4. R. Makan
    5. K. Mandi
    6. Teras
    7. dapur
    8. Garasi mobil /carport
    9. Ruang keluarga

    Dan di lantai 2 :
    1. 2 kamar tidur
    2. Kamar mandi
    3. Mushola
    4. Jemuran
    5. Perpustakaan
    6. Ruang Keluarga

    Trims banyak bantuannya!

  58. Henry

    Ass.Wr.Wb…Saya ingin merenovasi rumah tipe 32/120 dengan posisi hook.Adapun kebutuhan saya adalah:
    1.kamar tidur utama
    2.2 kamar tidur anak
    3.1kamar tidur pembantu
    4.ruang keluarga
    5.ruang tamu
    6.carport
    7.taman diluar dan didalam rumah

    terimakasih atas bantuannya

    Wass.Wr.Wb.

  59. gun's

    ass.wr.wb. saya minta tolong desain utk pos security diperusahaan. dgn L:10X80 m2. dengan penampilan yang terlihat cantik.trims

  60. amir

    bpk pengasuh yth mohon bantuannya saya mempunyai lahan diperumahan 8 x 14 m2 posisi ditengah. ingin membangun rumah 2 lantai minimalis modern : 1 kamar utama, 2 kamar anak, 1 kamar pembantu. ruang tamu, ruang keluarga, dapur. thanks

  61. sulistyoadi

    as. wr.wb bapak pengasuh yang terhormat saya keluarga muda baru mempunyai satu putra dan saya mempunyai sebidang tanah berukuran 10x15m2 meminta tolong untk desain rumah minimalis, modern, asri, hemat listrik (dg memanfatkan sinar matahari) dan tidak banyak sekat antar ruangan adapun kebutuhan saya adalah sbb :
    1. Tempat tidur utama
    2. 2 Kamar tidur anak
    3. 1 Kamar tidur tamu
    4. Ruang keluarga
    5. Ruang Tamu
    6. Dapur + Ruang makan
    7. Taman di depan dan di belakang rumah
    8. Kamar mandi
    9. mushola
    10.perpustakaan + ruang kerja mini
    11.Carport
    12.Tempat cuci dan jemuran disisi taman belakang

    Terima kasih atas bantuannya tolong disertai layout

    ws.wr.wb

  62. Charles

    Saya memiliki tanah 150m2. dengan type bangunan standart Type39 yang sementara dikerjakan s/d sekarang. melihat dari type standart. saya melihat beberapa kebutuhan yang masih kurang a.l R. Dapur, keluarga dan memanfaatkan Sisa lahan kosong dibelakang untuk menambah 1bh kamar berukuran 3×4 dg 1kamar mandi didalamnyam dan r.tangga ke lt.2 sebagai tempat jemuran. namun setelah 80% terbentuk, masalah yang timbul adalah terlihat kecilnya tiap ruangan yang ada, memang ini ada kesalahan konsep karena mengembangkan type39 tanpa membongkar type standart dari pihak Developer. konsep sketsa ruang sama dengan Artiket Sketsa Rumah Type 27 yang ada di blog ini. teras belakang diblock 2×4 menjadi Dapur, Block Tangga 2×4, dan Tambahan kamar belangang 3×4, saya berencana membongkar tembok pemisah antara R.Tamu dengan Dapur, Dan R.Dapur Dengan R.Tangga belakang sehingga kesan rumah menjadi lebih luas, karena u/menyiasati rumah tsb sptnya sudah ga mungkin, apa ini solusi yang terbaik untuk melapangkan rumah mungil dengan gaya minimalis? Terima kasih sebelumnya mas arya.

  63. Charles

    Saya memiliki tanah 150m2. dengan type bangunan standart Type39 Sudut yang sementara dikerjakan s/d sekarang. melihat dari type standart. Sayang sekali posisi sudut tidak membuat rumah terlihat spt rumah sudut, karena standart developer spt rumah kopel, dan itu membuat saya merancang pengembangan sisa lahan belakang sehingga ada sisi ruangan yang menonjol ke samping untuk membuat kesan sudut. dari pengembangan, saya melihat beberapa kebutuhan yang masih kurang a.l R. Dapur, keluarga dan memanfaatkan Sisa lahan kosong dibelakang untuk menambah 1bh kamar berukuran 3×4 dg 1kamar mandi didalamnyam dan r.tangga ke lt.2 sebagai tempat jemuran. namun setelah 80% terbentuk, masalah yang timbul adalah terlihat kecilnya tiap ruangan yang ada, memang ini ada kesalahan konsep karena mengembangkan type39 tanpa membongkar type standart dari pihak Developer. konsep sketsa ruang sama dengan Artiket Sketsa Rumah Type 27 yang ada di blog ini. teras belakang diblock 2×4 menjadi Dapur, Block Tangga 2×4, dan Tambahan kamar belangang 3×4, saya berencana membongkar tembok pemisah antara R.Tamu dengan Dapur, Dan R.Dapur Dengan R.Tangga belakang sehingga kesan rumah menjadi lebih luas, karena u/menyiasati rumah tsb sptnya sudah ga mungkin, apa ini solusi yang terbaik untuk melapangkan rumah mungil dengan gaya minimalis? Terima kasih sebelumnya mas arya.

  64. agus

    pak Aria saya punya tanah luas 6 x 15 mtr ,sementara yang 3 x 15 sudah ditempati.sebelahnya ada tanah luas 3 x 17 mtr,saya ingin menggabungkan kedua tanah tsb menjadi satu bangunan dengan model minimalis dua lantai beserta taman di depan rumah dengan
    3 Kamar tidur
    1 Ruang tamu
    1 Toilet
    2 kamar mandi
    1 Dapur
    1 tempat jemuran
    saya tunggu sketsa layoutnya,
    Tlfn (021)89110827
    Hp 081546262466
    Saya ucapkanterima kasih

  65. Joko hariadi

    pak saya punya tanah seluas 10x10m saya menginginkan design rumah minimalis dengan 2 lantai yang meliputi :
    lantai bawah
    - kamar tidur utama dgn kamar mandi didalam
    - ruang keluarga
    - ruang dapur
    - teras samping belakang
    lantai atas
    - kamar standar untuk anak (2 kamar tidur)
    - ruang santai dan teras samping
    - area jemuran
    termakasih pak dan mohon dikirim ke email hariadijoko@yahoo.co.id
    hormat saya
    joko hariadi banjarmasin kalsel

  66. darmawan

    merdeka,

    Saya igin membangun rumah , luas bangunan saya yg sy inginkan 6×12 , yang saya butuhkan 3 kamar tidur ( 1 kmr tdr utama) ,ruang tamu ,ruang keluarga, tmpt makan ( bs all in dng ruang keluarga) ,dapur ,dan kamar mandi. Toong dibantu ya..

    salam

  67. Hanik

    Dear…..

    Saya tertarik dengan artikelnya.
    mo tanya nich….
    Saya punya:
    1. Tanah luas 65m2
    2. Sudah berdiri bangunan dengan ruang belakang berdiri kamar 8 m2 dan dapur 4m2dan sisa tanah yang sengaja dikosongkan seluas 5m2
    3. sudah ada ruang tamu 12 m2, kamar mandi 1 m2 dan kamar depan 5 m2.

    Rencana akan direnovasi untuk penambahan satu kamar dan ruang tengah.
    Bagaimana tata ruang yang baik dan tampak depan supaya kelihatan rapih tapi tetap bisa menghemat biaya???

  68. vecky

    saya mempunyai sebidang tanah kecil berukuran lebar 5 cm dan panjang 8 cm.yang saya inginkan adalah desain yang cantik dan sederhana untuk rumah yang sebentar saya bangun.tolong dikirimkan ke alamat email saya ya……thank’s.

  69. vecky

    eh iya tolong dikirimkan ya ke alamt email saya…
    vecky_kiky@yahoo.com.

  70. suryadi

    pagi,saya mau konsultasi soal gambar denah rumah.saya punya tanah seluas 200m tapi saya ingin rumah minimalis dengan :
    1.2 kamar tidur
    2.1 kamar utama (kamar mandi didalam)
    3.mushola sebelah barat
    4.dapur sebelah barat
    5.gudang
    6.ruang keluarga
    7.ruang tamu
    8.tempat cuci yg ada halamannya
    9.garasi
    mohon gambar denah rumahnya di balas,terimakasih

  71. St

    Pagi..
    Pak Aria,
    saya mau konsultasi soal gambar denah rumah saya,rumah saya type 45: 112m2 dg ukuran 8×14,rencananya saya mau renovasi rumah saya, tapi masih bingung,adapun yg saya inginkan adalah:
    1.Kamar tidur utama (kamar mandi didlm)
    2.Kamar tidur anak
    3.kamar tidur tamu
    4.ruang keluarga
    5.Ruang Tamu
    6. Dapur
    7. Kamar Mandi
    8. Gudang
    9. Taman belakang untuk tempat jemuran.
    Kira2 bisa ga ya semua itu untuk seukuran tanah rumah saya,kalo bisa
    ruang keluarganya ada pintu menuju tempat jemuran dan setiap kamar ada jendela biar ga sumpek,begitu juga dengan dapur dan kamar mandinya
    ada ventilasinya. Tolong denah rumahnya dibalas ke imel saya ya (kalo bisa pdf).Terim kasih.

  72. sidiq

    Sore, Pak Aria

    Saya punya rumah seluas kurang lebih 69 m2 dengan luas tanah 118 m2, yang terdiri dari 3 kamar tidur, 2 kamar mandi, 1 kmr pmbntu, dapur, ruang tamu yang menyatu dengan ruang makan/keluarga. Saat ini rumah tersebut belum kami tempati. Yang ingin saya tanyakan bagaimana interior desain untuk 3 kamar tidur yang masing-masing luasnya sektr 3m x 3m, dan desain interior untuk ruang tamu yang menyatu dengan ruang makan/keluarga sehingga nantinya ruangan dalam rumah kami tidak terlihat sempit pada saat akan ditinggali. sebelumnya kami ucapkan terima kasih.

  73. aris

    siang..siang pak aria, saya mempunyai tanah seluas 372 m2 dengan lebar muka 10m2 x 300 m2 kebelakang.. rencananya saya ingin bangun rumah ukuan 7x9m saya menginginkan :
    1.Kamar tidur utama (kamar mandi didlm)
    2.Kamar tidur anak
    3.ruang keluarga
    5.Ruang Tamu
    6. Dapur
    7. Kamar Mandi
    8. ruang sholat
    9. Taman belakang untuk tempat jemuran.
    10. kalau bisa ada tempat buat garasi motor
    perlu diketahui bahwa kanan kiri tanah saya sudah berdiri rumah tetanga.
    setiap kamar ada jendela biar ga sumpek,begitu juga dengan dapur dan kamar mandinya
    ada ventilasinya. Tolong denah rumahnya dibalas ke imel saya ya (kalo bisa pdf).Terim kasih.

  74. Makmun

    Siang pak,

    saya memiliki tanah 100 m2 (8m x 12.5m), 1 meter terpakai jalan setapak jadi ukurannya hanya 7m x 12,5m, saya mempunyai kebutuhan ruang sebagai berikut :
    ruang tamu, ruang keluarga, 1 kamar tidur utama, 1 kamar tidur anak, kamar mandi, WC (terpisah dengan kamar mandi), ruang makan, ruang memasak (dapur), ruang cuci & jemur, taman di tengah atau belakang rumah.
    berdasarkan kebutuhan ruang tersebut, bisakah rumah dibangun 1 lantai saja. saya senang design rumah minimalis, kalau bisa design berikut RAB-nya yah pak.
    demikian pertanyaan saya, mohon maaf kalo kebanyakan,
    terima kasih atas perhatian yang bapak berikan.

    hormat saya,

    makmun

  75. OSCAR
  76. bato

    selamat siang pak aria,

    saya ingin membangun rumah panjang 14 lebar 7, tolong di buatkan desain rumah kantor tanpa bertingkat pak. rencananya ada tempat garasi, KT.2, KM.1 di belakang, dapur, dan teras belakang.

    terimaksih sebelumnya pak.

    salam

    bato

  77. andy

    ass………
    saya punya tanah ukuran 12×20 m panjang depan 10m dan kebelakang 15m tolong nara sumber memberikan masukan tentang disain rumah Minimalis yang rencana saya bangun segera saya pingin:
    - R Tamu
    - R Keluarga
    - Ruang Makan
    - R Tidur Utama ada k Mandi
    - R Tidur anak 1
    - R Tidur Pembantu
    - K Mandi luar 1
    - Garasi / Car Port
    saya Tggu Infonya Terima kasih
    Wass…………..

  78. benu

    pengasuh yang terhormat, mohon dengan sangat dibantu merancang rumah 2 lantai dengan kriteria sbb:
    1. luas tanah 7×15 meter.
    2. tanah yang dibangun 7×12 m
    3. lantai bawah terdiri: 2 kamar tidur, ruang makan, dapur , ruang keluarga, kamar tamu, garasi, kamar mandi.
    4. lantai 2 akan dipakai untuk 2 ruang kelas kecil dan ruang santai , kamar mandi kecil.
    5. gaya rumah kotak-kotak dengan jendela kaca pada sudut ruang

    demikian kriteria yang ingin kami buat
    , mohon sekali lagi dengan hormat dikirim ke email saya. atas bantuannya kami haturkan terima kasih.

  79. Burhanuddin Luthfi

    To : Yth bp Insiyur

    tolong buatkan model teras rumah depan dan samping kanan. ukuran rumah 6,5 m X 13 meter. dengan double pintu ruang tamu. sebelah kana kusen gendong. atap segitiga. bukan leter L.

    matur nuwun

  80. Dadan Kusdinar

    pengasuh yang terhormat,
    bulan juni 2009 ini saya mau rehab total rumah. rumah saya menghadap timur, ukurannya LT 6×15 m yg akan dibangun 6×12 dengan kriteria:
    1. 2 lantai
    2. lantai bawah terdiri dari carport, 2 kamar tidur, ruang tamu, ruang keluarga, dapur, 1 kamar mandi, ruang kerja (dibagian belakang), dan taman di belakang (ukuran 1,5×3)
    3. lantai 2 ukuran 6×10 untuk ruang keluarga, jemuran, tower untuk air, dan kamar kecil
    4. pintu depan di lantai bawah ada 2

    demikian gambaran dari rumah yang kami inginkan, kami berharap pengasuh dapat memberikan solusi untuk desain ini.
    atas bantuannya kami ucapkan terima kasih.
    mohon di kirim kan ke email saya.

  81. Arif

    Pengasuh yang terhormat,
    Pak, untuk desain ruang tamu + ruang keluarga dengan luas bidang 3 x 4.75 meter sebaiknya dibuat seperti apa?
    Ada foto-foto tentang desain interior untuk apartemen tidak pak?

    Terima kasih atas bantuannya

  82. Haris

    Bagaimana mendisain kamar tidur anak perempuan untuk kelas I sd,dengan luas kamar 3×3. Kami put tidak mempunyai bajet yg besar. Funicer yg kami punya tempat tidur 2 in 1 bermotif barbie.

  83. Gita Cahyaningsih

    Bagus banget desain rumah ini..

  84. fransiscus

    Penulis yang terhormat,

    saya mempunyai rencana untuk membangun sebuah rumah di atas tanah yang luasnya 8 x 23 M, dengan spesifikasi sbb :

    1. Master Bed Room + Kamar mandi di dalam(1)
    2. Kamar Anak (2)
    3. Ruang tamu
    4. Ruang Keluarga
    5. Ruang makan
    6. kamar mandi
    7. Dapur
    8. Taman depan
    9. Taman Belakang
    10. Gudang
    11. Teras depan dan belakang

    dan Rencana kedepan akan di bangun

    - kolam renang
    - Lantai atas (lantai atas bisa dilihat dari ruang keluarga / ruang tamu)

    mohon bantuan untuk di buatkan sketsa / denah dan perkiraan anggaran biaya.

    terima kasih atas bantuannya

    hormat saya,

    fransiscus

  85. Artikel dan gambar desain rumah yang sangat berguna sekali.. Silahkan berkunjung ke blog saya jika membutuhkan informasi mengenai RUMAH MURAH atau JUAL-BELI RUMAH.

    Regards,

    -Beryl Realty-

  86. Maharani

    saya suka rumah tropis yang indah, mungil, dan nyaman.

  87. rif'a

    saya ingin melanjutkan bangunan rumah kami tapi kami bingung karena bangunan yang pertama kami salah langkah. lahan kami seluas 18x18m, utara rumah tetangga, timur kebun tebu, depan ada jalan kecil, 100 m sebelah barat jalan raya. Kami sudah membangun ruang untuk warnat + mushola dibagian barat dengan luas 3x10m (terlalu maju karena jarak dengan batas depan hanya 2 m), dibelakangnya ada kamar mandi dan dapur kotor (terpisah). Sekarang kami bigung bagaimana melanjutkannya di satu sisi kami ingin membuat rumah di pinggir timur dengan maksud tidak membuat pagar batas lagi, di satu sisi kami masih ingin ada lahan untuk berkebun. Untuk itu mohon petunjuk desaign yang mewakili semuanya dan tentunya dengan anggaran yang murah. Adapun ruang yang kami inginkan adalah:
    1 ruang tamu
    1 ruang keluarga
    1 ruang makan
    3 kamar tidur boleh 4 kalau bisa
    1 musshola
    1 kamar mandi
    1 gudang
    1 dapur bersih
    1 dapur kotor
    1 garasi
    plus suatu saat ada ruang untuk panti asuhan yang terpisah
    Demikian gambaran rumah kami, mohon petunjuk dan atas bantuannya kamiucapkan banyak terima kasih.

  88. herman

    Halo,

    Saya memiliki tanah yg tidak luas yaitu 10 x 11. Dengan luas tanah segitu, saya ingin membangun rumah dengan 1 ruang tamu, 2 kamar tidur, dapur, 1 kamar mandi dan ruang tengah(keluarga) + carport. Mohon bantuanya bagaimana desain rumah dan perkiraan RAB nya?

    terima Kasih

  89. Ary Udiyanto,SE

    Ary:
    Assalamualaikum Wr. Wb.

    sudah lama kami ingin membangun rumah, tp sulit sekali untuk membuat/design rumah lantai 2 minimalis & modern yg sesuai dengan keinginan kami. Kami memiliki tanah ukuran 10 x 12 m saya berencana membangun rumah dengan kriteria sbg berikut :

    Lantai 1–>
    1. Kamar tidur utama (kmr mandi dalam tdk dg tembok tapi kaca)
    2. Kamar tidur anak 1
    3. Ruang keluarga
    4. Ruang tamu
    5. Taman kecil di depan
    6. Dapur seperti cafe beserta ruang makan
    7. Garasi kecil (motor)
    8. Kamar mandi Anak”1 buah
    Lantai 2–>
    1. Kamar tidur anak 1
    2. Kamar mandi 1 buah
    3. Ruang keluarga

    Itulah gambaran denah rumah yang kami inginkan,minimalis modern, mohon bantuannya kami dibuatkan denahnya beserta gambar dengan ukuran tanah yg kecil tersebut.. terima kasih atas bantuan nya.
    wassalam

    Ary Udiyanto,SE

  90. rahmanto

    hallo

    saya ingin renofasi rumah. type rumah 23, LT:60 m2 dan ada tanah lebih 35m2
    saya menginginkan 1 ruang tamu, 2 kamar tidur 1 kamar mandi dan dapur dengan bentuk rumah yang minimalis.Mohon bantuanya bagaimana desain rumah dan perkiraan RAB nya?

    terima Kasih

  91. bobo

    hhmmm…kok banyak ya yang nanya desain rumah, pak gimana klo bikin standar (best)desain untuk T36 T45 T60 T90 di tahun 2009 ini. tampilin di architectaria.com jadi klo orang bingung bikin rumah bisa mencontoh desain yang bapak bikin..!!

  92. ika riftin

    saya baru beli rumah dgn tipe mungil karena kami baru saja menikah,rumah kami dgn tipe 22/65,,kira2 desain seperti apa yg tidak terkesan penuh dgn ada musholla kecil?mohon dibuatkan lay outnya…..terima kasih sebelumnya mohon dibalas di email saya

  93. herybest

    aku mau bikin rumah di atas tanah ukuran lebar 8 x 10 m. menghadap ke selatan. lantai bawah ruang tamu, ruang keluarga, kamar tamu, daapur+ruang makan. lantai atas ruang baca dan 2 kamar, mohon di buatkan designnya/sketsa. kalau bisa bikin model amerika sytle

  94. juju junaedi

    aya punya sebidang tanah dengan ukuran 13.7 x 13.5
    ingin dibangun rumah sederhana dengan desain minimalis, dengan kriteria sebagai berikut :
    1. Ruang tamu
    2. Ruang keluarga + ruang makan
    3. 1 Kamar tidur utama
    4. 3 Kamar tidur
    5. 1 Kamar Mandi
    6. 1 Dapur
    7. Taman Depan + Belakang
    8. Ruang cuci dekat taman belakang
    9. gudang

    Mohon dapat dibuatkan gambar lay outnya dan disain rumahnya dengan model minimalis.
    Mohon juga dapat dibantu untuk mengitung RABnya karena dana yang tersedia terbatas.
    Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih.

    regards
    juju junaedi
    juju_pama@yahoo.com

  95. Farrell

    Mas. saya punya tanah 1000meter. mau bangun rumah. Luasnya kecil saja. sekitar 300 or 250. Tapi saya membayangkannya.. jalannya dari jalan utama, kerumah, jalannya masuk yang besar, kiri kanan taman, trus nanti sebelum rumah ada bundaran, air mancur ditengah tengah… seperti itulah bayangan saya. Konsultasi ke email saya. Terimakasih.

  96. hery

    mas saya punya sebidang tanah seluas 12m x 13m mo bikin rumah dengan desain minimalis dengan kriteria sbb:
    1.kamar tidur utama
    2.kamar tidur anak
    3.dapur
    4.ruang keluarga
    5.ruang musholla
    6.ruang cuci dan seterika
    7.carport

  97. july

    assalammualaikum wr.wb

    maaf ne merepotkan
    saya minta bantu ne!!
    saya punya tanah ukuran 11×35
    saya bingung mo buat rumah
    tlng bntuan ny
    saya kepingin buat rmh dgn 2 lantai

    lantai 1;
    garasi mobil
    ruang tamu
    ruang keluarga
    kamar ada 2
    dapur + ruang makan yg berbentuk seperti cafe
    kamar mandi
    mushola kecil

    lantai 2;
    kamar dgn ukuran lumayan besar
    kamar mandi
    jemeuran

    demikian gambaran kami tolong bntuan ny y
    n saya minta tlong kirimn kan gambaran denah rumah yg tlah jd

    makasih

  98. fahri

    Salam kenal, saya mempunyai sebidang tanah 3.5 x 10 m2 ingin di bangun 2 lantai gaya minimalis, dgn kriteria sbb:

    Lantai 1
    1. Ruang Tamu
    2. Ruang keluarga
    3. Dapur
    4. Kamar Mandi
    5. taman depan

    Lantai 2
    1. 1 Kamar utama
    2. 2 kamar tidur
    3. 1 kamar mandi
    4. ruang tv
    5. teras atas
    Mohon dpt dibuatkan layout dan desainnya rmh minimalis dgn rincian biayanya? Terima Kasih

  99. IRFAN

    pak saya punya tanah 5x14m.ingim d bangun rumah.modernminimalis
    kamar utama 4×3 (1),kamar tamu 2,5×3(1,) ruang tamu,ruang keluarga,garasi, dapur,ruang makan, taman depan/taman dkt ruang keluarga,tmn belakang.kamar mandi 1, ruan cuci.tidaktingkat.
    desainnya seperti apa ya,,, dan berapa kira2 biayanya
    terima kasih.

  100. irwan

    gua punya tanah 4×8 gimana desainnya ?
    a.tampak depan minimlis
    b.dua lantai/satu lantai
    c.dua kamar tidur
    tolong gambar disainya

  101. Kinanti

    Dear Mas Aria,

    Kami mempunyai rumah tipe 36 dgn LT -/+ 160m2 (9×17,5m). Rumah yang sudah jd terdiri dari 2 kmr tidur, kamar mandi, ruang tamu dan ruang keluarga. Rencananya kami ingin menambah :
    1. 1 kamar tidur utama dgn kamar mandi di dlm
    2. dapur beserta ruang makannya.
    3. kamar mandi
    4. ruang cuci (bisa nyambung dgn kamar mandi or dekat taman belakang
    5. taman belakang.
    Ada tanah kosong dgn ukuran 9x6m ke bag.belakang dari ujung rumah dan 3 meter ke samping kanan.(bingung ya mas sama rinciannya??hehe…mudah2an mas aria ngerti maksudku)

    Untuk meminimalkan budget kami berencana untuk tidak mengganggu rumah asal tapi tinggal menambah saja ke bag belakang dan samping rumah. Mohon bantuannya untuk design rumah yg kami inginkan, sebelum dan sesudahnya trims ya mas…

    Regard,
    Kinanti

  102. izul

    halo
    saya mau konsul tentang renofasi rumah saya.,
    rumah saya brukuran P20xL9 Dsain rumah lumayan jadul,sdikit.
    ingin di tambah+direnofasi:
    1.tampak asri dari depan
    2.ingain tambah satu kamar tidur
    3.ruang sholat
    4.satu kamar mandi
    5.dapur
    6.plafon ingin d perbaiki
    saya minta tolong di berikan gambaran mengenai harga+desain Rumah yang ingin di renofasi.,
    sekian mas,makasi atas waktunya ,.

  103. anik

    pak, bisa bantu desain rumah super imut untuk lahan 5 x 20m 2 lantai

    hmm, karena dana sangat terbatas rencananya kami akan membangun secara bertahap dari bagian belakang. paling tidak yang akan kami bangun paling awal adalah 2 km tidur satu kamar mandi dan dapur.

    terimakasih

  104. novie

    Dear Mas Aria…

    Saya punya sebidang tanah dengan luas 7,5 m x 14 m dan ingin dibuat rumah minimalis 2 lantai dengan kriteria sbb :

    Lantai 1 :

    1. Taman depan
    2. Garasi u/ 1 mobil
    3. 1 kamar tidur utama
    4. 1 kamar tidur anak
    5. 1 kamar mandi
    6. dapur
    7. ruang tamu
    8. ruang keluarga
    9. ruang makan

    Lantai 2 :

    1. balcony
    2. 2 kamar tidur
    3. 1 kamar mandi
    4. ruang mencuci + jemuran
    5. kamar tidur + kmr mandi pembantu
    6. ruang keluarga

    mohon dibuatkan design, layout beserta RAB nya ya mas…sebelumnya saya ucapkan terima kasih..

  105. Rini

    Pak, saya punya rumah dgn tipe 29 Lt 72 m2 ( kondisi asli )
    Rencananya akan saya renovasi dgn :
    2 KT
    1 KM
    R. cuci ( bila memungkinkan )
    Dapur + r. makan

    Saya minta tolong dibuatkan desainnya dan anggaran biaya dengan dana yg terbatas..

    Trima kasih

  106. jasadesainrenovasirumah

    Informasi yang sangat bermanfaat untuk yang ingin me-renovasi rumah…Terimakasih

  107. iwan

    Pak saya punya tanah ukuran 20 x 15 meter persegi, dan ingin membangun rumah modern minimalis 2 pintu (bentuk bedeng) dengan 2 kamar tidur, 2 kamar mandi.
    Saya minta tolong dibuatkan desainnya dengan anggaran yang terbatas.
    Sebelum dan sesudah serta atas kesediaannya saya ucapkan banyak terima kasih.

  108. Wahyu E. Prasetyo

    as. wr.wb bapak pengasuh yang terhormat saya keluarga muda baru mempunyai satu putra dan saya mempunyai sebidang tanah berukuran 7,5×18m2 meminta tolong untk desain rumah minimalis, modern, asri, dan tidak banyak sekat antar ruangan adapun kebutuhan saya adalah sbb :
    1. Tempat tidur utama
    2. 2 Kamar tidur anak/ tamu
    3. Ruang keluarga
    4. Ruang Tamu
    5. Dapur + Ruang makan
    7. Taman di depan dan di belakang rumah
    8. Kamar mandi
    9.Carport + Garasi
    10.Tempat cuci dan jemuran disisi taman belakang

    Terima kasih atas bantuannya tolong disertai layout

    ws.wr.wb

  109. dolf

    mohon saran…..
    saya mau beli rumah type 21/60…(6×10)
    tapi saya mau beli 2 unit berdampingan,mohon petunjuknya apabila
    itu saya renov tapi biaya tidak terlalu besar….

    trims

    Dolf

    Jawab:

    Daripada beli 2 unit type 21, kenapa ngga beli kavling tanah aja, trus diatas kavling tersebut dibangun rumah yang ukurannya 2x type 21? Karena menggabungkan 2 bangunan type 21 juga butuh penyesuaian agar desainnya kohesif.. itu juga butuh additional cost kan?? Kalau bangunan baru, konsep, desain (arsitektur dan interiornya) bisa disesuaikan dengan selera mas Dolf.. So, lebih puas kan mas Dolf ;)

    Regards,

    Aria

  110. nana

    mohon saran,

    saya baru membeli rumah dengan type 40 ( dapur di luar ).

    ruang tamu saya jadi satu dengan ruang tv dan ruang makan. mohon

    saran bagaimana penataan yang baik agar tidak kelihatan penuh sesak

    barang ( karena kursi tamu yang sudah terlanjur saya beli besar sudah

    memenuhi ruang tamu ). atas sarannya terima kasih.

  111. nungkim

    ass..mohon bantuannya dibuatkan desain rumah minimalis,sy punya tanah dgn panjang 13m lebar 9m.kebutuhan sy: 3 kamar tidur, 2 kamar mandi (1 di kamar utama),r.tamu,dapur,r.keluarga,r.makan,garasi.makasih atas bantuannya.

  112. Ordayanus Laowo

    Salam kenal… mohon bantuannya untuk membuatkan denah rumah 2 lantai dengan luas tanah 84m persegi (6m x 14m).
    Kebutuhan ruangan :
    1. Ruang tamu.
    2. Ruang keluarga.
    3. Car port.
    4. Teras.
    5. Ruang tidur Utama.
    6. Ruang tidur anak (3).
    7. Ruang tidur pembantu.
    8. Kamar mandi.
    9. Ruang cuci, setrika, tempat jemuran.
    10. Ruang makan.
    11. Dapur.
    12. Gudang.
    terima kasih.

  113. Budi

    Assalamu’alaikum wr. wb

    Yang terhormat nara sumber

    saya mempunyai tanah ukuran 10m x 40m. saya menginginkan membuat rumah dengan ukuran 9m x 15m, dan terdiri dari ”
    1 ruang tamu
    garasi
    1 kamar tidur utama
    3 kamar tidur anak
    ruang keluarga
    ruang kerja
    ruang makan
    2 kamar mandi
    gudang
    ruang dapur

    saya minta tolong dibuatkan skesta/desain rumah tersebut
    terimakasih atas bantuannya

    Wass

    Budi

  114. fatur

    mas mohon bantuannya..sy punya tanah uk. 12 x 22m dan berencana bangun rumah ukuran 8 x 15m kira2 desain apa ya yang bagus? mgk mas punya contoh desain dgn ukuran rmh yg saya mksd..tlg di post y ato kirim ke email sy mas..dengan layoutnya sekalian ..hehe sy tgg y mas..terimakasih

  115. tigor samuel

    mas, bisa minta tolong buatin desain rumah model minimalis. ukuran tanah 8x17m. naik dari jalan 1,5 m. 2 lantai dengan 1 kamar utama di bawah dan 3 kamar dilantai 2(2 kamar anak dan 1 kamar PRT. kamar mandi di bawah 1 dan kamar mandi PRT 1. 2 kamar mandi(1 di dlam kmar dan 1 diluar). lahan parkir untuk 2 mobil. gaya rumah minimalis. bagian belakang rumah di beri lahan kosong untk sirkulasi udara yang terusan di atas(tertutup)
    thanks…

  116. Salam Kenal yaa, saya tanpa sengaja searching ehh ketemu addres ini mkasih infonya,
    pak main juga ke blog saya ya : http://infoafni.blogspot.com/

  117. Dian

    Salam Kenal,
    Kami Perusahaan Jasa Untuk Pengendaian Rayap untuk bangunan rumah sebelum & sesudah jadi karena populasi rayap untuk di Indonesia cukup tinggi, ingin konsultasi bisa hub
    Dian : 08889061106

  118. khidir

    AQ rencananya ingin bangun rumah dgn desain minimalis denganb ukuran tanah 10 x 19,5 (L x P. gmn ya caranya bs dapat gambar rumah….. ???? mhn petunjuknya.

  119. Ahmad hariyanto

    seneng banget bisa nemukan web ini, tapi saya masih bingung model kaya apa rumah saya nanti.

    saya ingin bangun rumah yang terdiri dari :
    1. ruang tamu (minimal ukuran 4x4m)
    2. 3 kamar tidur(ukuran stndar)
    3. ruang keluarga (min 5x4m)
    4. dapur + ruang makan (5 x 5M)
    5. Kamar mandi (min3 x3m)
    teras pengennya 2 dari depan dan samping
    model rumahnya pengen ga panjang ke belakang gitu.

    ukuran rumahnya pengen 8 x 14 atau ga jauh dari itulah.

    kalo mas bisa bantu tolong ya kirim via email.

    thank atas bantuannya.

  120. arip

    salam kenal bapak-bapak, tante, om ,bos yang pada bikin rumah kalo yang di jakarta saya siap untuk bikin pagar dan tralisnya, dengan biaya yang ekonomis, dijamin rapih.disainnya di usahakan sesuai dengan tema rumahnya.

  121. Ira

    Siang Mas/Mbak…
    Aku mau konsul nie…boleh kah….
    Aku bli rumah BTN 2 rumah tipe 29/72, jadi klo digabung jd 12x12m or 144m2.
    Ruang yang ada sekarang 2 kamar tidur 2 kamar mandi 1 dapur 1 ruang tamu blong dengan ruang keluarga, ruang di belakang masih kosong rencana mau nambah ruang makan dan kamr satu lagi, plus untuk ruang servis mau saya tempat kan diatas bersama kamar pembantu…kebetulan dibelakang rumah nempel juga rumah kakak ku type sama tapi posisinya membelakangi rumah ku dan berada di antara 2 rumah ku mas/mbak..jadi rencana aku juga mau kasih pintu untuk rumah tersebut..tolong dibantu ya Mas / Mbak

  122. Ira

    O ya satu lagi…aku pingin nambah ruang kerja dan taman minimalis, pengennya sih ruang makan menghadap taman gitu deh

  123. Desiree

    Hmm… nggak tahu ya.. tapi menurut saya sih, 105m2 (7x15m, spt di denah) itu bukan rumah mungil deh. I clicked on the link expecting something more like 36m2 or so.. kalau semungil itu, baru deh tantangan utk membuat desain yg artistik & manis ;)

    Tapi, sy suka desain yg 105m2 di atas, keren! :)

    Jawab:

    Ada kok contoh rumah mungil.. Desain rumah type 27, 36, 45, 60, 70 dan type 90. Silahkan aja di browse arsip2 web ini.

    Regards,

    Aria

  124. Aditia Yana R

    Assalamu’alaikum wr. wb

    Yang terhormat mas Aria,

    Saya baru membeli tanah ukuran 10,5m x 13,5m dan 7,5 x 25m kebelakang bentuk lahan L dan sudah ada bangunannya.
    Rumah yg sudah ada 6,5 m dari pagar depan,rapat kekanan kedinding tetangga.
    Sebelah kiri rumah ada ruang terbuka 2m memanjang kebelakang.
    Luas rumah yang sudah ada depan8x7m dan blk(dapur) 6x4m menyatu
    Bagian depan menghadap ke Barat dihalaman belakang ada kolam 3×5 m 1meter dari batas tanah,saya ingin merenovasi atau membuat rumah baru dengan kebutuhan :

    - 1 ruang tamu
    - garasi
    - 1 kamar tidur utama + K Mandi
    - 3 kamar tidur anak
    - kamar pembantu
    - ruang keluarga
    - ruang kerja
    - ruang makan
    - 2 kamar mandi
    - gudang
    - ruang dapur
    - Warung/tempat usaha

    saya minta tolong untuk dapat dibuatkan skesta/desain rumah tersebut kalau bisa kirim via email ya mas.
    terimakasih atas bantuannya.

    Wass

    Aditia

  125. endra zulfa

    Dear mas Arya,
    Saya beli rmh tua di dlm Gang,sdh +/- 3th tdk ditempati,Luas keseluruhan 78m,uk.lebar dpn 3m & makin melebar kedalam(ngantong/5x16m),dr yg saya lihat atap sama lantainya sdh hancur.Saya jg punya usaha Biro iklan kecil2 an di rumah(saat ini saya masih ngontrak),dgn 2 org anak(putra 9th & putri 5th).Konsepnya,saya mau rumah sekaligus tempat usaha.Ruangan yg saya mau:ruang kerja utk 3 org,3 Kmr.Tdr,R.Kel,Dpr,Kmr.mandi,Mushola kecil,Ruang Service kalau bisa diatas(berupa mezanin/dak) & gudang.Saya minta tolong dibuatkan disainnya dan anggaran biaya dengan dana yg terbatas(kalo tdk merepotkan krm ke email saya aja ya mas Arya). Terimakasih sebelumnya.

  126. Annike Apriani

    Assalamu’alaikum wr.wb
    sudah lama kami ingin membangun rumah, tp sulit sekali untuk membuat/design rumah yg sesuai dengan keinginan kami (tidak terlalu besar dan tidak tingkat). Kami memiliki tanah ukuran 11 x 20 m saya berencana membangun rumah dengan kriteria sbg berikut :

    1. Kamar tidur utama (kmr mandi dalam)
    2. Kamar tidur anak (2)
    3. Garasi
    4. Ruang keluarga
    5. Ruang tamu
    6. Taman kecil di depan dan di belakang rumah
    7. Dapur beserta ruang makan

    Minta tolong bisakah kami dibuatkan denahnya beserta gambar.

  127. lala

    Halo Pak,

    Boleh minta tolong gambar layout dan design fasad untuk tanah kami, ukuran 7,5x24m.
    Ruangan yang kami butuhkan:
    - kamar utama dgn kamar mandi dalam
    - 2 kamar anak
    - kamar mandi anak
    - ruang tamu
    - ruang makan
    - dapur bersih
    - dapur kotor
    - ruang keluarga
    - toilet tamu
    - parkir 2 mobil
    - gudang
    - kamar pembantu
    - kamar mandi pembantu
    - tempat jemur
    - tempat cuci baju
    - teras + taman luar
    - taman dalam

    Kami menginginkan rumah yang asri, dgn ventilasi dan pencahayaan yg baik.
    Bisa 2 lantai, yang penting kamar tidur jgn terlalu kecil.

    Design minimalis namun teduh.

    Terima kasih pak..

  128. Titi

    Saya mau dak rumah dengan lebar 3m, panjang 10m, kira – kira membutuhkan biaya berapa?terima kasih

  129. Ali

    Dear Architectaria,

    Terima kasih atas content2 yg sedikit banyak memberikan inspirasi kepada kami, saya n istri.
    Kami sekeluarga saat ini tidak berada di Indonesia, sehingga kesulitan untuk secara langsung bertandang ke para konsultan bangunan. Saat ini yg kami lakukan sekedar browsing dan menyisipkan beberapa tulisan ke para pemilik blog tentang design dan architecture.
    Sudah berapa kali, tak terhitung..kami konsultasi ke para pemilik Blogs, mereka terbilang sangat generous untuk memberikan saran-saran.
    Hanya saja, bagi kami yang awam…ketika sudah sampai pada gambar struktural..tak satupun yg akan sudi menjawab. Mustahil, kami dapat menuangkan saran2 mereka kepada bentuk gambar arsitektural secara kongkrit. Jangankan AUTOCAD, simple drawing saja kami tak pernah menyentuh.
    Alhasil, dari sekian blogs yg ada…majority penulisnya hanya fokus terhadap berapa banyak traffic rate yg masuk ke blok mereka. When it comes to reality, mereka tidak ada yg berani berspekulasi memberikan gambar ke seseorang semisal kami yg awam. Karena khawatir, kita tidak kembali ke mereka dan hanya keeping gambar tersebut tanpa follow up back ke mereka.
    Asumsi salah, jika mereka memberikan gambar secara gratis will not gain any benefit for them. Akan tetapi sebaliknya, jika orang awam hooked, terpesona dg gambar tersebut…tak ada jalan lain, mereka akan come back ke pada designer-nya. Gambar secantik apapun tak akan berbuah sesuatupun jika berada tangan org awam…
    Saran kpd para expert, jika berbagi ilmu, janganlah setengah-setengah..jika ilmu tidak ada aplikasinya, menurut saya percuma.
    Pertanyaan: Apakah anda sama dengan mereka? Semoga tidak.
    Kami desperately butuh seorang expert yang generous…maaf jika day dreaming. Thanks Ali.

    Jawab:

    Dear Bapak Ali,

    Saya yakin bapak dapat menilai sendiri, apakah content2 web kami itu content yang bermutu dan mencerahkan atau tidak. Di web ini kami sudah berikan sekian banyak artikel dari disiplin ilmu: teknik sipil, arsitektur, desain interior dan ilmu lingkungan..

    Mengenai keluhan bapak tentang konsultan yang tidak mau menjawab masalah struktural, coba bapak memposisikan diri sebagai konsultan.. Saya yakin biro konsultan itu mau untuk merencanakan struktur rumah atau bangunan milik bapak atau client2 yang lain, tapi tentu harus ada reward atau ikatan kerja sama yang saling menguntungkan kan? Karena Merencanakan struktur bangunan itu tidak sederhana, malah kalau bisa saya katakan rumit.

    Semoga penjelasan singkat saya bisa menjawab pertanyaan bapak..

    Regards,

    Architectaria

  130. sofyan

    pak Aria saya punya tanah luas 5 x 15 mtr ,ssaya ingin menggabungkan membangun rumah dengan model minimalis dua lantai dengan :
    3 Kamar tidur
    1 Ruang tamu
    1 Toilet
    2 kamar mandi
    1 Dapur
    1 tempat jemuran
    saya tunggu sketsa desain runag dan gambar tampaknya
    tolong kirim ke email saya : alfarizy@ymail.com
    Hp 081546262466
    sebelum dan sesudahnya Saya ucapkan banyak terima kasih

  131. sofyan

    pak Aria saya punya tanah luas 5 x 15 mtr ,saya ingin membangun rumah dengan model minimalis dua lantai dengan :
    3 Kamar tidur
    1 Ruang tamu
    1 Toilet
    2 kamar mandi
    1 Dapur
    1 tempat jemuran
    saya tunggu sketsa desain runag dan gambar tampaknya
    tolong kirim ke email saya : alfarizy@ymail.com
    Hp 081546262466
    sekalian kira2 berapa besarnya ongkos tukang dan bangunannya.
    sebelum dan sesudahnya Saya ucapkan banyak terima kasih

  132. sobi

    mas umpama saya punya lahan terus saya minta dibuatkan sketsa rumah untuk saya bisa gak?
    apa harus membayar?
    kalo bisa sih gratis!
    ma kasih

  133. Johny

    saya pingin hidup sendiri, ingi bangun tempat tinggal 4,5×5 m saja, dua lantai, apa bisa ya,….

  134. Fathur

    Assalamu’alaikum wrwb

    Kami memiliki tanah ukuran 11 x 21m, berencana membangun rumah dengan kriteria sbg berikut :

    1. Kamar tidur utama (kmr mandi dalam)
    2. Kamar tidur anak (2)+ 1 kamar mandi dalam
    3. Musholla + Kamar mandi keluarga / tamu
    4. Ruang keluarga
    5. Ruang tamu
    6. Taman kecil di depan rumah
    7. Dapur beserta ruang makan
    8. Halaman jemuran

    Minta tolong bisakah kami dibuatkan denahnya beserta gambar, tapi berhubung dana terbatas, kami berencana membangun 2 kamar saja dulu.. namun jika dilihat dari luar seloah telah siap keseluruhan, sisa ruang ruang lainnya akan diangsur bertahap jika telah punya dana.

    Sangat membantu sekali jika Mas Arya bisa memberikan gambaran dana keseluruhan maupun sebatas 2 kamar seperti kami sebutkan. Sebelumnya terimakasih dan mhn kalau bisa ke email saya..

  135. danny

    Untuk tangga bentuk U design yang benar gimana ya begitu juga untuk ketebalan cor berapa.
    Bentuk rangkaian besi untuk tangga dan dak lantai atas gimana ya?

  136. bisa nggak buatin desain rumah toko (warung) yang pantas untuk di desa tp tidak terlalu jadul…???

  137. Elwitri Silvia

    minta desain rumah sederhana dan minimalis dunk….
    tanah dengan lebar 11 meterx 17 meter…
    saya mw dengan 4 kamar tidur ( dengan 1 kamar bisa langsung masuk dari luar, maksudnya kamar itu terletak di depan, bisa langsung masuk dari luar), 1 buah garace, 2 kamar mandi, 1 ruang tamu, 1 dapur, 1 ruang keluarga,,,
    mohon desain gambarnya y,,,,
    klw udah ad desainnya tolong kirim via email aj,,,,
    ke email q:
    sil3_purity@ymail.com
    makasih…..

  138. aku

    Assalamu Alaikum Wr. Wb
    Pa / Bu
    saya minta tolong digambarkan rumah / Design rumah tingkat luas tanah saya 60m saya ingin
    Untuk Bawah :
    – kamar tidur
    – kamar mandi
    – dapur
    – ruang tamu
    – garasi / taman
    – teras didepan
    – taman di belakang / tempat jemuran
    kalau bisa dapur dibelakang menyatu dengan taman dibelakang / jemuran & kamar mandi

    Untuk Atas :
    – 2 kamar tidur
    – kamar mandi
    – Ruang Santai / TV
    – Balkon Depan

    Sama Perkiraan Estimasi Biayanya berapa…..Kalau Kira2 saya ada dana 50 juta cukup / tidak.
    Balas Ke Email Saya Yaaa….

    Terima Kasih Sebelumnya,

    Wassalamu Alaikum Wr Wb

  139. Rat

    Tolong pak saya dibuatkan desain rumah, 3 kamar, 1 dapur, ruang tamu, ruang keluarga, kamar mandi, dan teras. Ukuran tanah yang tersedia 7×12 m2

    makasih pak….

  140. taufik

    pak ari kami memiliki tanah 10 m x 20 m dan kami telah membangun sebagian sekarang bagian depan mohon bantuannya membri kami model bagian depan dengan rincian 1 km tidur uk 3 m x 5 m ruang tamu uk 3,5 m x 4 m dan teras uk 3.5 m x 2,5 m.

    terima kasih

  141. eko

    Salam Pak Ari,

    Saya berniat membangun rumah kontrakan/bedeng 6 rumah, atau lebih bila memungkin. Luas lahan yg saya miliki 12×12 M.

    Setiap rumah memiliki kamar tidur, kamar mandi, ruang tamu, dapur, teras depan dan belakang.

    Saya juga ingin setiap rumah mempunyai ventilasi udara dan cahaya yg baik.

    Terima kasih

  142. Rini

    Saya punya rumah type 27/72 di Bogor tapi dengan kondisi tidak beratap sekarang (lama ditinggal) sekarang saya mau bangun kembali kalau saya buat 2 tingkat berapa besar biaya yg harus saya keluarkan, rencara saya lahan belakang ingin tetap dengan kondisi yang terbuka tolong berikan saya solusi dan gambar contohnya yang model minimalis…terima kasih

  143. erhard

    selamat siang pak..saya senang sekali dengan masukan dan apa yang sudah bapak buat ini,,,saya ingin saran dari bapak..saya ingin membangun rumah tapi tanah saya hanya berukuran kecil ( 6 x 20 )Saya mohon bantuan dan saran bapak tolong desain rumah saya dengan tiga kamar ,ruang tamu dan ruang keluarga..klo bole ada dapur kering di belakang nya…kalo bisa kirim ke alamat email saya ( theis_ayal@yahoo.com ).Atas bantuan dan saran nya saya ucapkan banyak trimakasih.

  144. alap

    kelihatannya Bapak banyak bantu desain orang, jadi pengen ikutan :) kalau ada yang butuh bantuan desain elektrikal mekanikal, bisa email saya, dengan senang hati akan saya bantu, tapi tidak buru2 karena dikerjakannya pada waktu-2 luang.

  145. Suwarno S

    Tolong dibuatkan lay out dan gambar penuh rumah
    Ukuran 12 x 8
    1. Kamar tidur utama (kmr mandi dalam)
    2. Kamar tidur anak (2)
    3. Kamar pembantu
    4. Kamar mandi keluarga / tamu
    5. Ruang keluarga
    6. Ruang tamu
    7. Car Port
    8. Dapur beserta ruang makan
    9. Ruang santai / Paviliun

    Dana Rp.250 juta
    Luas tanah 20 x 70 meter
    Type rumah sederhana /minimalis

  146. Suwarno S

    Tolong dibuatkan lay out dan gambar penuh rumah
    Ukuran 15 x 8
    1. Kamar tidur utama (kmr mandi dalam)
    2. Kamar tidur anak (2)
    3. Kamar pembantu
    4. Kamar mandi keluarga / tamu
    5. Ruang keluarga
    6. Ruang tamu
    7. Car Port
    8. Dapur beserta ruang makan
    9. Ruang santai / Paviliun

    Dana Rp.250 juta
    Luas tanah 20 x 70 meter
    Type rumah sederhana /minimalis

  147. aleks

    selamat pagi pak saya aleks dari maumere NTT mau minta bantuan untuk membuat sketsa rumah munggil ukuran 8 X 6 m2 .dengan 2 kamar tidur .ruang keluarga .car port.ruang tamu. dapur.kamar mandi dan taman belakang

  148. Ushuluddin Nur

    Saya punya tanah kurus 7,5mx25m. Saya punya anak 3 (tiga) orang. Gede SMA cewek, SMP cowok dan SD cewek. Maunya semua punya kamar, ada kamar untuk kami suami istri, ada kamar persiapan kalo ada tamu. Ada ruang tengah, ruang tamu, ada musholla keluarga, ruang makan. Pengennya rumahnnya lantai dua. Bingung ngrancangnya karena tanahnya kurus. Kasih masukan dan support donk…..trims.

  149. Rosiin

    Sy punya rumah luas bangunan 8×6 kmr 2 berderet KM.1. Luas tanah 8 x 15 kondisi sangat sederhana. saya berkeinginan merehab rumah tersebut dengan menyisakan tanah sedikit untuk halaman depan dan sedikit memberikan ruang untuk fentilasi dan jemuran di belakang. dengan fasilitas Kamar Mandi 1 Ruang Tidur Utama 1 ruang tidur lainnya 2, dapur tempat cuci dan KM/WC di belakang, ruang mkn dan ruang tamu serta ruang Klrg bs digunakan dengan ruang mushola klrga mhn saran (satu Lantai)

  150. ray

    rmh tp 22, luas tanah 72 tapi posisi miring…, masih bingung untuk membangunnya…bagusnya gimn ya..?

  151. ACHMAD MUTAQIN

    SALAM SEJAHTERA

    SAYA PUNYA TANAH UKURANNYA PANJANG 30M LEBAR 5.60 M RENCANA AKAN SAYA BIKIN KOST-KOSTSA ADA TEMPAT JEMURAN DAN PARKIR MOTOR? KIRA-KIRA DAPAT
    BERAPA KAMAR YA DAN KAMAR MANDINYA DI DALAM SERTA TEMPAT CUCI BERSAMA
    DI LUAR, MOHON DI GAMBARKAN SKETNYA ? DEMIKIAN DATANYA ATAS SEGALA PERHATIAH SAYA UCAPKAN TERIMAHASIH

  152. mamang

    saya mempunyai tanah ukuran 12 X 30 , saya ingin membuat rumah 1/2 dari ukuran tanah saya.saya menginginkan rumah berlantai 2 dengan model minimalis,yang memiliki :
    3 ruang kamar
    1 kamar utama dengan kamar mandi didalamnya
    1 dapur menghadap halaman belakang
    1 ruang tamu menghadap taman
    1 ruang makan menghadap taman
    tempat patri
    1 ruang keluarga
    1 ruang kamar mandi dan WC
    1 ruang mushola
    1 ruang perputakaan
    1 ruang bermain anak

  153. Duda Ghaul

    Selamat mlm pak saya membutuhkan design rumah mungil yg artistik

  154. Duda Ghaul

    Selamat mlm pak saya membutuhkan design rumah mungil yg artistik sblm dan sesudahny saya ucpkn terima kasih

  155. eko

    Pak, gimana mendesain rumah tipe 27/192 yang gambarnya, tentram, nyaman pencahayaan jg bagus….dengan ruangan terdiri dari :
    1 bh kamar utama + kamar mandi
    2 bh kamar anak
    1 bh KM/wc luar
    2 bh kamar praktek bidan
    ruang tamu
    ruang keluarga
    Ruang Makan
    Musholla kecil
    Dapur
    Tempat Cuci
    teras depan dan belakang
    Garasi Mobil

    Kalau kedepannya bisa di bikin tingkat 2 lantai.
    Kira2 semuanya habis biaya berapa? bisa kirim email ke saya : eko.purnomo1278@yahoo.com

    Terima kasih,

    Eko

  156. wina

    ass…
    pak sya punya tanah 6×18,rencana mao saya bikin rumah minimalis dg
    3kamar(2kamar biasa,1kamar utama),ruang tamu,garasi,ruang keluarga,r.sholat,kamar mandi,dapur+ruang makan.mohon bantuan desainnya…terimakasih

  157. yuli

    saya minta tolong,gimana enaknya rumah saya biar terlihat luas dari dalam,tapi isi ruangannya tetap dan tidak merubah pondasi yang sudah ada.rumah saya termasuk tipe rumah sangat sederhana dengan ukuran lebar 6,5 m panjang 12 m dan ruangannya terdiri dari ruang tamu,kamar 2 berdekatan,kamar mandi dengan pintu menghadap dihalaman belakang,luas bangunan 30m.

  158. Gun Gun Gunawan

    Assalamu’alaikum Wr.Wb.
    Pak, saya mau minta saran desain rumah. Saya keluarga muda, berencana untuk membangun rumah di atas tanah dengan luas 140 m persegi (P = 14 m, L= 10 m). Rencananya rumah ingin dibangun di atas tanah 10 x 9 m. Bangunan dasar yang ada dari developer type 45 (2 kamar tidur (kamar depan 3×3 m dan kamar belakang 3×3,5 m), 1 toilet, 1 Ruang Tamu, Garasi Mobil). Dengan posisi hook 3 x 10 meter tanah ada di sebelah kanan dan kelebihan tanah belakang sebagai berikut: 2,10 x 3 m di sebelah kamar belakang dan tanah kosong 5 x 4 m di sebelah ruang utama dasar), dengan pintu utama menghadap ke selatan. Saya ingin menambah ruangan sebagai berikut:
    1. 1 Kamar Tidur
    2. 1 Dapur
    3. 1 Toilet
    4. Taman Pinggir dan Belakang(Kalau memungkinkan)
    5. Ruang Keluarga (Ruang Nonton + Makan)
    6. Garasi Motor
    7. Ruang Cuci + Jemuran
    8. Dak untuk Toren Air 5000 L)
    9. Salah satu kamar yang sudah ada (bangunan dari developer) ingin diperluas menjadi 3 x 4 m).

    Mohon Sarannya segera Pak. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih. Semoga Alloh Swt. membalas segala kebaikan bapak. Amiin.

    Gun Gun Gunawan
    Margahayu Raya Bandung

  159. rosidi ibad

    sore pak…saya minta agar dibantu saya punya tanah 6×11,5m saya mau buat 2 kamar 1 ruang tamu 1 dapur 1 kamar mandi 1 ruang makan..bisa ga ya pak kalau saya pakai garasi buat mobil? mohon dibantu pencerahannya pak

  160. suwarno

    Saya pingin bikin rumah ukuran 9×6, 1 lantai mohon disaint 3 kamar tidur bisa tidak

  161. tanto

    siang…
    mohon referensi
    saya mau coba bikin lantai rumah pake kayu, ada tips/langkah-langkah pembuatan yang praktis ga yah??
    untuk finishing yang bagus menggunakan apa??
    makasih…

  162. Irwan

    Ass..Wr.Wb pak saya mempunyai rumah ukuran 8×12 M2, tinggi atap lebih kurang 2,75 M, kamar tidur 4 buah, ruang tamu, ruang makan, dapur dan grasi mobil. tipe rumah saya termasuk tipe yang lama atau model rumah rendah, yang ingin saya tanyakan kira2 berapa anggaran biaya untuk dijadikan model minimalis dengan atap yang lebih tinggi dari yang sekarang ? kemudian boleh dong dikirimi gambar tipe rumah minimalis dengan biaya terjangkau, sekalian desain tampak depan, belakang, samping kiri, samping kanan, ditambah teras depan dan taman.
    trims atas pencerahannya. Wassalam

  163. beautifulhomesdesign

    can be used as inspiration …

  164. Lukisan Minimalis

    Disain nya bgus,,, boleh pinjem gak buat taroh gambar lukisan,,hehe..

  165. mirza

    Assalamu’alaikum wrwb

    Kami memiliki tanah ukuran 15 x 8m, berencana membangun rumah minimalis dengan kriteria sbg berikut :

    1. Kamar tidur utama (kmr mandi dalam)bergabung dengan kamar mandi anak)
    2. Kamar tidur anak + kamar mandi dalam
    3. Musholla kecil menghadap taman belakang
    4. Ruang keluarga
    5. Ruang tamu
    6. Taman beserta kolam ikan kecil di belakang rumah
    7. Dapur bersih dan dapur kotor
    8. Ruang makan
    8. Halaman jemuran

    mohon perkiraan dana yang harus kami siapkan dan desainnya pak….terima kasih sebelum dan sesudahnya…

  166. Yuni

    Assalaamu’alaikum, Saya ada tanah dengan ukuran 9,4 x 21 m menghadap ke utara, ingin membangun rumah 2 lantai dengan kriteria sbb (pojok kanan depan sudah ada pompa air dan gak bisa dipindah):
    1. 1 kamar tidur utama
    2. 3 kamar tidur standar
    3. 1 ruang tamu gabung dengan ruang keluarga
    4. garasi dengan 2 mobil
    5. dapur
    6. gudang
    7. taman depan
    8. taman belakang
    9. musholla
    10. ruang makan

    Mohon bantuannya untuk RAB dan designnya pak. Terima kasih atas bantuannya.
    Wassalamu’alaikum

  167. HOME DESIGN | INTERIOR DESIGN | FURNITURE (inspiration to make a room into a beautiful, pleasing to the eye, and create a fun atmosphere and make a dwelling that is priceless)

  168. prabowo

    Assalaamu’alaikum, kami mempunyai rumah type 36 (2 kmr tidur & 1 kmr. mandi) dengan sebidang tanah 108m2 (12 m x 9 m) di hook menghadap ke utara, kami ingin membangun rumah minimalis 2 lantai dengan mengubah muka menghadap ke timur kriteria sbb :
    01. 1 kamar tidur utama berikut kmr.mandi pribadi (dibawah)
    02. 3 kamar tidur standar (diatas)
    03. 1 ruang tamu
    04. 1 ruang keluarga
    05. 2 kmr. mandi ( dibawah & diatas)
    06. carport dengan 1 mobil
    07. dapur
    08. ruang mushola
    09. taman depan
    10. taman belakang
    11. ruang makan

    Mohon bantuannya untuk RAB dan designnya pak. Terima kasih atas bantuannya.
    Wassalamu’alaikum

  169. sulistyawati pl

    tolong desain rumah kami uk luas +200 m2 p 13,5 m l 16 m
    yang kami inginkan ruang tamu, kamar utama, kamar anak, kamar tamu, kamar pembantu, Ruang makan, R santai, dapur kotor, dapur bersih, garasi. Bangunan lama kami 2 lantai untuk lantai bawah 135 m 2 lantai atas 40 m2

  170. bagaimana mendisain rumah saya yg saling menempel dengan rumah tetangga. dan halaman depan yg cuma sedikit…

    saya mengalami kendala di sirkulasi udara dan pencahayaan. mohon solusinya

    terimakasih

  171. pak…sy punya lahan selus 154m2,sy ingin bangun rumah 2 tingkt,di mana didalam nya terdapat:ruang tamu,ruang keluarga,kmr tdr utama,2 kmr tdr anak,1 kmr pembantu,dapur kering dan basah,carport,serta ada taman kecil.mohon dibuat kan sketsa nya. salam sukses selalu

  172. norma

    ukuran tanahnya 10×20 m
    bagaimana cara menyiasati tata ruang yg saya inginkan 3 kamar dengan masing2 ada kamar mandi,ruang tamu,ruang makan,dapur,mushola dan kamar mandi umum.serta ada halaman depan belakang.sebelum nya saya ucapkan banyak terima kasih

  173. Andi Baso Alam

    Kami memiliki tanah ukuran 10 x 20m, berencana membangun rumah dengan kriteria sbg berikut :

    1. Kamar tidur utama + kamar mandi dalam
    2. Kamar tidur anak (3 unit)
    3. Musholla kecil menghadap taman belakang
    4. Ruang keluarga
    5. Ruang tamu
    6. Taman beserta kolam ikan kecil di belakang rumah
    7. Dapur bersih dan dapur kotor
    8. Ruang makan
    9. Halaman jemuran
    10. Gudang

    Mohon perkiraan dana yang harus kami siapkan dan desainnya pak….terima kasih sebelum dan sesudahnya…

  174. winqy

    saya berencana ingin mengecat tp sy ingin mengecat dinding multi warna…kira2 warna apakah yg sesuai…rumah saya tipe 29/6o

  175. izzel

    saya memiliki luas tanah panjang 30m dan lebar 10m.karena memiliki dana yang sangat minim kami berencana membangun sebuah rumah dengan panjang 7m dan lebar 6m,dan kami ingin kondisi rumah dengan desain yang sangat sederhana dan terlihat luas serta tinggi.kriteria yang kami inginkan sbb:

    * kamar tidur 2 masing2 memiliki cendela yang lebar untuk akses ventilasi.
    *ruang tamu.
    *kamar mandi.
    *dapur dengan ventilasi.

    kami juga ingin memiliki ruang tengah untuk bersantai.mengenai bangunan yang kami rencanakan memang kecil karena kami ingin di luar rumah akan dipakai banyak tanaman dan pohon.tentunya semua itu kami sesuaikan dengan keuangan yang sangat minim.mohon bantuannya dengan sangat.terima kasih.

  176. Hangky

    Minta Masukan pak,,saya memiliki tanah dengan ukurang kurang lebih 7 X 12 M, saya bingung karena posisi rumah berada di tengah,dan dikelilingi oleh rumah penduduk,saya ingin membangun rumah yang minimalis dan berkesan modern,mohon bantuannya pak untuk membuatkan desain rumah saya tanpa garasi,.,terima kasih,.

  177. WIDIANANTO

    Saya minta tolong saran dan petunjuk untuk rencana bangun rumah dengan ukuran tanah 6 x 12 pas ,dengan tanah 6 x 6 sebelah belakang lebih tinggi 75 cm,desain rumah minimalis tapi kelihatan modern dari depan ,kalau bisa bagian depan & teras beton untuk kemungkinan tingkat bagian depan & teras,sebelumnya saya ucapkan terima kasih

  178. Antioch personal injury attorney

    Great post. YOu insure that it is seem so easy to share with you your experiences. I wish we can do as well during sharing on my site. I just got the item started and sometimes feel stuck on the amount to share or whether it is the right thing to share. what to do?

  179. Mulyono

    saya minta tolong dibuatkan desain / gambar rumah 1 lantai dengan ukuran 9 x 17 dengan posisi portrait yang berisi 5 kamar tidur, 1 kamar mandi di dalam rumah, ruang tamu, ruang keluarga, mushollah, dapur, gudang dan garasi. terima kasih atas bantuannya

  180. endy

    wah mantep nieh info_y…..coba tambahin dgn total biaya pembagunan_y….pasti lebih JOS

  181. ari yulian

    maaf pak,saya mohon bantuan bapak.saya mempunyai lahan kosong dengan ukuran tanah 15 X 47 tapi saya bingung bagaimana desain rumah yang cocok.jadi yang bagus menurut bapak gimana?dan disisakan untuk halaman depan dan halaman belakang untuk tempat anak-anak bermain atau lainnya..trims pak,mohon jawabannya.

  182. bothar pudhi

    nice site…… ditunggu tulisan -tulisan lainnya!!!!!

  183. Kenapa umumnya komentar disini pada kepengen digambarin ini itu… puhlease deh… saya aja yang rumahnya berantakan dan perlu renovasi abis-abisan, mikir dua kali sebelum minta mas Aria gambarin desainnya.

    Saya yang awam ini butuh waktu dua bulanan buat ngedesain rehaban rumah bersama istri, dan itu pun masih berupa coretan gambar dan banyak poin yang belum tercakupi.

    Buat mas Aria, thanks buat artikel dan pencerahannya….

  184. Novie

    Ass pa aria, saya sdg membangun rumah ukuran 6×12, udh stghnya berdiri,tapi saya msh bingung menentukan tampak depannya,halaman kedepan memang hanya bersisa 3mtr,kira2 gmn ya model yg bgs bt fasad dpnnya,dan wrna apa yg cocok,trmksh

  185. fauzi

    Salam kenal dnagan fauzi .tolong bantuan saya untuk bentuk tampak depan rumah ukuran 6 x 13 m.terimakasih

  186. junind

    mohon bantuannya,saya pgn buat rumah sederhana tp bs terlihat luas.uk tanah yg saya punya 6x18m2.dg kriteria sbb:
    1.ruang tamu
    2.kamar tidur tamu
    3.kamar tidur utama
    4.kamar tidur anak
    5.ruang kluarga
    6.kamar mandi
    7.mushola
    8.dapur
    9.taman
    10.ruang mkn
    thanks,besar harapan sya kiranya saudara memberikan jwban atas pertanyaan saya.wassalam..

  187. MUDAH

    saya ingin mengambil perumahan KPR, tapi saya masih bingung banyak hal, apa saja yang perlu menjaDI pertimbangan saya? arah manakah rumah yang baik menurut anda? alasannya? bagaimana mensiasati rumah yang Kopel? thankssss

  188. Asm, pak bisa minta gambarkan nggak ukuran rumah 8×9 m, dengan 3 kamar tidur

  189. pondok

    aslkm.pa aria…saya akan membangun rumah.ukuran 5 x 25 meter.saya mw desain rumah yang kesannya minimalis,bertinggkat,ruang tidur di lengkapi kamar mandi, taman, kolam ikan dan garasi.saya suka bunga dan taman pak.saya mw rumah saya di hiasi dengan taman2 yang alami.saya mw taman di depan dan di belakang rumah pak.tolong bantu saya pak.saya punya anak 5.3 perempuan dan 1 laki – laki.tolong saya pak.saya suka disain2 rumah yang minimalis.tolong kirimkan disainnya pak.balasan bapak sangat saya tunggu.oya pak,tanah saya itu,yang menghadap ke depannya yang 5 m nya pak. terima kasih atas balasannya ya pak

  190. hadi

    bekasi, 21 maret 2011
    Kepada Yth :
    Bapak/ibu
    di
    Tempat .

    Perihal : Penawaran pemasangan talang lindap/ talang metal baja
    Lampiran : 1 buah Proposal Penawaran, 1 lembar gambar sampel
    Dengan hormat

    Bersama surat ini kami mengajukan penawaran kerjasama dalam pemasangan talang air hujan yang terbuat dari metal baja dan mempunyai kelebihan anti karat dan tahn lama..

    Sebagai informasi, perusahaan kami telah menangani beberapa perusahaan di Indonesia untuk masalah pemasangan talang, oleh sebab itu kami mengajukan penawaran kerjasama dengan perusahaan bapak/ibu

    Demikian surat penawaran ini kami ajukan, atas perhatian dan kerjasamanya yang baik kami ucapkan terima kasih

    Hormat kami,

    (Hadi budi utomo)
    Manager Marketing CV.karya mandiri
    08569822611/021 94076385

  191. Suwanto

    Hallo salam kenal, saya ingin minta tolong buatin denah rumah 5×16 dengan ruangan sbb:
    1. toko didepan
    2. kamar 2 tidur
    3. kamar mandi 1
    4. dapur
    5. ruang tamu
    6. ruang makan

    Sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih.

    Hormat saya,

    Suwanto

  192. iik

    mo nanya, saya py rmh ukuran 7 x 12m, rencana mo renovasi mjd 2 lantai yg minimalis spy didlamnya trdpt :
    lt 1 : kamar tidur ( 1 )
    : garasi
    : kamar tamu
    : kamar mandi+wc
    : dapur
    : ruang kelrga
    lt 2
    : kamar tidur ( 2 )
    : tempat jemuran
    : gudang
    : ruang santai

  193. roryaja

    maaf pak numpang konsultasi ni… saya punya rmh BTN dg Type 36, sy ada rencana mau renovasi bangunan tersbt dg ukuran lahan L10M x P16M.
    so sy minta tlg desian dg kriteria sbb;
    1. Kamar tidur utama (kmr mandi dalam)
    2. 2bh Kamar tidur anak + kamar mandi dalam
    3. Musholla kecil menghadap taman belakang
    4. Ruang keluarga
    5. Ruang tamu
    6. Ruang kerja
    6. Taman beserta kolam ikan kecil di belakang rumah
    7. Dapur bersih dan dapur kotor
    8. Ruang makan
    8. Halaman jemuran

    mohon perkiraan dana yang harus kami siapkan dan desainnya pak….terima

  194. leo

    Dengan hormat, Selamat siang pak Aria. Saya punya tanah ukuran panjang :23,75m dan lebar 8.75m. Saya mau bangun rumah dengan fasilitas 2 kmr tidur ukuran 4×6 (kamar tidur utama) dan 3×4 (kmr tidur anak), 2 kmr mandi (1 kmr mandi berada di dalam kamar tidur utama, ada tman di halaman depan dan belakang rumah, garasi pake kanopi saja (takut lahannya tidak cukup karena tanahnya kurang lebar). Mohon bantuannya desain denah rumah yg cocok utk hal tsb diatas termasuk juga alternatif jika dibuat tambahan 2 lantai. tanahnya menghadap ke barat. Terimakasih sebelumnya.

  195. kanali

    Teman yang baik, berapa saya mesti bayar untuk konsultasi arsitektural pada anda?

    Kami saat ini mempunyai sebidang tanah 12,5 x 20 m (sebut Kav A)
    kami menginginkan rumah yang tumbuh, karena awal tahun depan rumah yang dibelakang kami (sebut kav B) dengan ukuran 12,5 x 20 m akan kami beli.
    Akhir tahun depan rencana rumah sebelah kiri akan kami beli juga (12,5 x 20 m, sebut kav C) dan rumah dibelakang kav C (12,5 x 20 m) sebut kav D.

    Setahun berikutnya rencana kami akan membeli rumah disebelah kiri kav C , sebut kav E (20 x 20 m), yang merupakan lokasi pojok dan satu sisi menghadap ke lapangan basket. demikian pula dengan rumah dibelakang kav E sebut kav F.(20 x 20 )

    Demikian dalam 2 tahun kami ingin mendapatkan ke 5 kav disekitar kami, pertanyaan, bagaimana desain yang bisa berkesinambungan. Kami menginginkan rumah kami menghadap ke lapangan.

    Jalan lebar 8 m
    A C E Jalan lebar 8 m Lapangan
    B D F Jalan lebar 8 m Lapangan
    Jalan lebar 8 m

    seperti inilah kira posisi tersebut, kami ingin mempunyai master plan design.?

  196. RAGAS

    saya mempunyai rumah luas 10 M Panjang 15 meter dengan teras. rumah pas dengan tanah jadi tidak bisa dikembangkan yang mau saya tanyakan ingin membuat teras minimalis saya ingin dak keatas sesuai ukuran teras panjang 3 meter dan panjang 10 meter dan saya minta dibuat kan sket agar terlihat indah dan rapi dengan gaya minimalis hormat saya ragas

  197. Raymond

    Saya miliki bagunan rumah dengan luas tanah 6 x 15 Meter/ 90m2, kiranya bapak/ibu dapat membentu saya untuk dalam mendesin rumah yang tidak terlalu mahal tetapi menerik untuk dilihat, dengan nuansa minimalis.terima kasih untuk semua bantuannya

    hormat saya,

    Raymond

  198. Sigit P

    Dengan hormat,
    Mohon masukannya,rumah mungil kami di bagian belakang (ruang dapur+taman), dgn ukuran 3×2,5 mtr….dinding belakangnya setengahnya terbuka. Ukuran dinding 3x2m dan bagian terbuka ukurannya jg 3x2m.
    Kami ingin bagian terbuka tsb tidak ditembok spy udara+sinarmatahari bisa masuk ttp pd waktu hujan air tdk masuk.
    Mohon sarannya, apa hrs dikasi teralis+canopy?
    Apa jenis canopynya.
    Trima kasih utk pencerahannya.

  199. maya

    saya puya rumah dengan luas tanah 6 x 10.
    saya ingin merenofasi dengan 2 lantai,
    saya ingin pya 3 kamar, 1 mushola, 2 kmr mandi,1 ruang tamu,1 ruang makan yg berdekatan dengan dapur. dan yg penting, saya ingin rumah saya sehat. krn pada umumnya tempat yg saya tempati, temboknya melepuh. entah karna kurang ventilasi atau keadaan rumah yg rapat. tolong donk kasih saya saran …… trims

  200. yayu

    Aslm…saya punya tanah kecil ukuran 69m2. diluar ukuran tanah tsb ada sumur, yg nantinya bakal disatuin di dalam rumah. apa dengan ukuran tanah kecil seperti itu bisa untuk dibuat bangunan rumah dengan 2 lantai?. kalau boleh saya mohon bantuan bapak untuk desain rumahnya dengan ruangan yang saya butuhkan sbb :
    * kamar tidur anak 1
    * kamar tidur ortu + kamar mandi/wc
    * kamar mandi / wc umum
    * ruang tamu
    * ruang keluarga
    * ruang makan
    * dapur
    * tempat cuci
    * ruang setrika
    * garasi

    Saya juga mengharapkan saran dari bapak mengenai kebutuhan ruangan tersebut.
    Sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih.

    Hormat saya,

    Yayu

  201. yayu

    Aslm…maaf pak, ada koreksi dikit….saya punya tanah kecil ukuran 69m2. diluar ukuran tanah tsb ada sumur, yg nantinya bakal disatuin di dalam rumah. apa dengan ukuran tanah kecil seperti itu bisa untuk dibuat bangunan rumah dengan 2 lantai?. kalau boleh saya mohon bantuan bapak untuk desain rumahnya dengan ruangan yang saya butuhkan sbb :
    * kamar tidur anak 1
    * kamar tidur ortu + kamar mandi/wc
    Kamar tidur anak dan ortu disatuin kamar mandinya jadi 2 pintu
    * kamar tamu
    * kamar mandi / wc
    * ruang tamu
    * ruang keluarga
    * ruang makan
    * dapur
    * tempat cuci
    * ruang setrika
    * garasi

    Saya juga mengharapkan saran dari bapak mengenai kebutuhan ruangan tersebut, mungkin kelebihan atau kalo cukup bisa ditambahin taman kecil yang ada kolam ikan kecil.
    Sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih.

    Hormat saya,

    Yayu

  202. bobby

    Saya punya tanah ukuran 9×150 m2 saya ingin rumah plus gudang,tolong donk solusinya, maksih

  203. ubedz

    terima kasih gan info nya . . . info anda bisa menajdi inspirasi bagi saya dalam mendesain rumah . . .

  204. marsono

    Pak tolong buat desain rumah ukuran tanahnya 12 X 20 M rumah kecil yg nyaman

    Trim`s

    Mar

    Jawab:

    Dear Bpk/Ibu Marsono,

    Silahkan langsung menghubungi kami jika anda tertarik menggunakan jasa profesional kami.

    Menggunakan jasa arsitek sesungguhnya tidak mahal, dengan konsep dan desain yang matang akan dapat menghemat uang anda dan memaksimalkan investasi anda.

    Sebuah bangunan yang terdesain dengan baik dapat mengurangi biaya tak terduga akibat miss planning dan meningkatkan nilainya untuk jangka panjang.

    Regards,

    Architectaria.

  205. basri

    Saya punya tanah seluas 65m (6,5 X 10). Pak tolong buatkan desain rumah minimalis:
    1 R.tamu
    1 R. keluarga
    1 R. makan
    1 dapur &
    2 Kamar tidur.
    makasih…

    Jawab:

    Dear Bpk. Basri,

    Silahkan langsung menghubungi kami jika bapak tertarik menggunakan jasa profesional kami.

    Menggunakan jasa arsitek sesungguhnya tidak mahal, dengan konsep dan desain yang matang akan dapat menghemat uang anda dan memaksimalkan investasi anda.

    Sebuah bangunan yang terdesain dengan baik dapat mengurangi biaya tak terduga akibat miss planning dan meningkatkan nilainya untuk jangka panjang.

    Regards,

    Architectaria.

  206. icut

    kami baru bli tanah ukuran 8*13,rencana ingin segera dibangun dan ditempati,mohon bantu buatkn desain rumah dengan bangunan 6*7:
    1.kmr tidur utama
    2.kmr tidur anak
    3.R.tamu
    4.R.keluarga
    5.Dapur/R.makan
    6.kmr mandi
    7.garasi mobil
    8.taman
    untuk taman pengen di depan dan samping kanan rumah.makasih bgt sblm nya

    Jawab:

    Dear Ibu Icut,

    Silahkan langsung menghubungi kami jika ibu tertarik menggunakan jasa profesional kami.

    Menggunakan jasa arsitek sesungguhnya tidak mahal, dengan konsep dan desain yang matang akan dapat menghemat uang anda dan memaksimalkan investasi anda.

    Sebuah bangunan yang terdesain dengan baik dapat mengurangi biaya tak terduga akibat miss planning dan meningkatkan nilainya untuk jangka panjang.

    Regards,

    Architectaria.

  207. eka gumilar.

    jika ada yg berniat membngun/renov rmah..slahkan hbngi nmr saya,,,gmbr bs d ssuaikan dgn prmntaan…..utk lbh jlas slhkan hbngi nmr ini…087871767043…..083870087023………rumah 0217456252…KOSWARA BUILDING N INTERIOR

  208. soukat

    pak.tolong buatkan desain rumah.lahan yang mau di bangun 15×18
    yang saya bangun 7×12 dengan kriteria:
    1.1 kamar utama plus kamar mandi
    2.2 kamar tidur anak plus kamar mandi
    3. 1 kamar tamu
    4.Ruang Tamu
    5.Ruang Keluarga

    Jawab:

    Ini luasan bangunannya mirip dengan rumah L;70 m2. Coba cek arsip kami: desain rumah type 70.

    Rgrds,

    Architectaria

  209. Supi

    Ass..
    maaf Pak, saat ini kami berencana untuk merenovasi rmh kami. ukuran rmh kira2 6x13m. sebagai gambaran denah rmh saat ini adalah sebagai berikut:

    rmh depan adalah rmh asli tipe 27 dengan 2 kamar tidur dan 1 kmr mandi di antara kmr tidur. selanjutnya pd thn kmrn kami tambahi bangunan di belakangnya untuk ruang keluarga, dapur, 1 kamar tidur, kamar mandi, dan mushola. di antara ruang keluarga dan kamar tidur ada ruang terbuka (tanpa atap) yang dimaksudkan untuk sirkulasi udara karena rmh kami memanjang ke belakang yang sekaligus difungsikan untuk jemuran. posisi dapur bersebelahan dengan ruang terbuka kemudian di belakangnya adalah kamar tidur yang bersebelahan dengan kamar mandi dan mushola.

    renovasi yang kami inginkan adalah memperbaiki rmh asli tipe 27 (di bagian depan), menambah lantai atas (tdk seluas lantai bawah) utk kamar tidur anak dan tamu (sekitar 3 kamar tidur)disertai kamar mandi. di lantai bawah kami masih menginginkan 3 kamar tidur yang salah satunya untuk kamar pembantu. kami agak kurang pas dengan posisi mushola ada di belakang kamar mandi dan ruang terbuka yang ternyata digunakan untuk lalu lalang tikus dari atap rumah. sebenarnya kami masih menginginkan adanya ruang terbuka tersebut tetapi yg tidak bs dilewati tikus. kira2 bagaimana design yang pas untuk rmh kami?

    Jawab:

    Untuk rumah ukuran 6×12 anda bisa menggunakan desain pengembangan type 21 seperti yang sudah kami posting pada artikel: Renovasi Rumah Type 21/72. Luas lahannya kurang lebih dengan rumah bapak yg tipe 27.

    Regards,

    Architectaria

  210. Agus Obed

    Artikel yang menarik, jika ditambahkan RAB mungkin lebih baik.

  211. massyae

    Assalamu’alaikum…
    saya punya tanah ukuran dengan lebar depan 10 m, lebar belakang 6 m dan panjang 20 m. Kalau boleh saya mohon bantuan bapak untuk desain rumahnya dengan ruangan yang saya butuhkan sbb :
    * kamar tidur anak
    * kamar tidur ortu + kamar mandi/wc
    * kamar tamu
    * kamar mandi / wc
    * ruang tamu
    * ruang keluarga
    * ruang makan
    * dapur
    * tempat cuci
    * musholla
    * garasi

    Saya juga mengharapkan saran dari bapak mengenai kebutuhan ruangan tersebut, mungkin kalau cukup bisa ditambahin taman kecil yang ada kolam ikan kecil.
    Sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih.

    Wassalamu’alaikum…

    Hormat saya,

    Syaiful

    • Dear Bapak/Ibu Masyae,

      Silahkan langsung menghubungi kami jika ibu tertarik menggunakan jasa profesional kami.

      Menggunakan jasa arsitek sesungguhnya tidak mahal, dengan konsep dan desain yang matang akan dapat menghemat uang anda dan memaksimalkan investasi anda.

      Sebuah bangunan yang terdesain dengan baik dapat mengurangi biaya tak terduga akibat miss planning dan meningkatkan nilainya untuk jangka panjang.

      Regards,

      Architectaria.

  212. aida

    asslm,

    kami ingin membangun rumah dilahan dg ukuran p: 10m l: 9m.
    ruangan yg kami butuhkan :
    - carport
    -teras
    - ruang tamu
    - ruang tidur utama
    - ruang tidur tamu
    - kamar mandi
    - ruang keluarga
    - ruang makan dan
    - dapur
    - taman mungil sebagi center point.
    kami menginginkan sprit level untuk membedakan fungsi ruang. terima kasih, mohon denah dan sprektive bangunan dg jelas.

    wass,

    • Dear Ibu Aida,

      Silahkan langsung menghubungi kami jika ibu tertarik menggunakan jasa profesional kami.

      Menggunakan jasa arsitek sesungguhnya tidak mahal, dengan konsep dan desain yang matang akan dapat menghemat uang anda dan memaksimalkan investasi anda.

      Sebuah bangunan yang terdesain dengan baik dapat mengurangi biaya tak terduga akibat miss planning dan meningkatkan nilainya untuk jangka panjang.

      Regards,

      Architectaria.

  213. a.chopur

    Assalamualaikum wrb,
    saya mau tanya dan minta saran kepada Bapak / Ibu
    saya mempunya tanah dengan ukuran 5 x 6 m” dengan rencana akan di bangun dua lantai adapun yang di inginkan adalah
    1.Parkir mobil dan motor
    2.ruang tamu
    3.kamar tidur utama
    4.kamar tidur anak 1
    5.kamar tidur anak 2
    6.kamar mandi
    7.dapur
    8.tempat menjemur pakaian
    9.mushollah
    demikian pertanyaan dari saya semoga bisa di jawab dan di gambar layout nya
    sekian dan terima kasih
    Thanks Abc

    Jawab:

    Dear Bpk. A. Chopur,

    Silahkan langsung menghubungi kami jika bapak tertarik menggunakan jasa profesional kami.

    Menggunakan jasa arsitek sesungguhnya tidak mahal, dengan konsep dan desain yang matang akan dapat menghemat uang anda dan memaksimalkan investasi anda.

    Sebuah bangunan yang terdesain dengan baik dapat mengurangi biaya tak terduga akibat miss planning dan meningkatkan nilainya untuk jangka panjang.

    Regards,

    Architectaria.

  214. Spesialis Kanopi Rumah dan Pagar Minimalis

    Artikelnya sangat membantu Pak,, terima kasih
    keep posting

  215. dian

    Saya punya tanah dengan ukuran 4*14 meter. Saya minta tolong dibuatkan layout untuk rumah dengan
    Carport
    3 kamar tidur
    2 kamar manndi
    Ruang tamu, dapur
    Ruang belajar
    Terima kasih banyak atas bantuannya.

  216. rachmad

    mohon untuk dbuatkan lay out untuk banguna rumh dg luas bangunan,6x9m.
    dg 1 ruang tamu.3 kamr tdr.ruang kluarga/1 kmr mndi kcil.dan dapur.tks ats gambar denah+tamapak atapnya yg sederhana.

  217. luts

    bagus mas, sip..

  218. eko

    mohon konsultasi mau membangun rumah dengan ukuran 12X27,d pinggir jln besar,rumah sekalian tmpt usaha dengan 3 kamar tidur(1 utama n 2 anak),3 kamar mandi (1 kamar mandi kosumen),dapur kotor dan bersih..trmksh sblmnya

    • Dear Bpk/Ibu Eko,

      Silahkan langsung menghubungi kami jika anda tertarik menggunakan jasa profesional kami.

      Menggunakan jasa arsitek sesungguhnya tidak mahal, dengan konsep dan desain yang matang akan dapat menghemat uang anda dan memaksimalkan investasi anda.

      Dengan bangunan yang terdesain dengan baik, anda dapat menghindari biaya tak terduga akibat miss planning dan meningkatkan nilainya untuk jangka panjang.

      Regards,

      Architectaria

  219. kosyani

    berapa kira@ biaya yang di butuhkan untuk membuat pondasi rumah minimalis ukuran 8×10 sampai dengan proses pengurugan (tinggi pengurugan 1 meter) ?

    • Dear Bpk. Kosyani,

      Untuk mengetahui biaya pekerjaan pondasi kita harus tau volume total pondasinya. Untuk mendapatkan volume pondasi kan kita butuh denah rumah dan denah pondasinya pak ;)

      Dari denah itu kita bisa hitung berapa dimensi dan panjang total pondasi (dalam kasus ini, pondasi pasangan batu kali type menerus).

      Regards,

      Aria

  220. sari

    ass.
    saya memiliki rumah seluas 3×15.ruang yg sudah ada ruang tamu,dapur,1 kamar mandi,1 kamar tidur.saya ingin merenovasi agar memiliki dua lantai.lantai pertama ruang tamu,teras,1 kamar tidur,1 kamar mandi,dan dapur.untuk lantai ke dua saya menginginkan 2 ruang kamar tidur,1 tempat jemuran,dan 1 kamar mandi.saya mohon bantuannya bagaimana merenovasi yang terbaik
    terima kasih atas bantuannya

    wass.

    • Dear Bpk/Ibu. Sari,

      Silahkan langsung menghubungi kami jika anda tertarik menggunakan jasa profesional kami.

      Menggunakan jasa arsitek sesungguhnya tidak mahal, dengan konsep dan desain yang matang akan dapat menghemat uang anda dan memaksimalkan investasi anda.

      Dengan bangunan yang terdesain dengan baik, anda dapat menghindari biaya tak terduga akibat miss planning dan meningkatkan nilainya untuk jangka panjang.

      Best regards,

      Architectaria.

  221. sari

    jika saya ingin menggunakan jasa anda,saya harus menghubungi ke mana ?
    terima kasih

    • Dear Ibu Sari,

      Ibu bisa menghubungi kami melalui nomor-nomor telfon yang tersedia di halaman CONTACT.

      Atau ibu bisa kirim email ke: info@architectaria.com dan mohon cantumkan nomer telfon/hp ibu, nanti kami yang akan menghubungi ibu.

      Best regards,

      Aria

  222. Musiana

    saya mempunyai tanah uk.8M x 14M,saya minta tolong di buatkan denah rumah minimalis dengan : 3 kmr tidur, gudang, ruang tamu, ruang keluarga, dapur,kamar mandi, garasi taman depan dan belakang, terima kasih

    • Dear Bpk/Ibu. Musiana,

      Silahkan langsung menghubungi kami jika anda tertarik menggunakan jasa profesional kami.

      Menggunakan jasa arsitek sesungguhnya tidak mahal, dengan konsep dan desain yang matang akan dapat menghemat uang anda dan memaksimalkan investasi anda.

      Dengan bangunan yang terdesain dengan baik, anda dapat menghindari biaya tak terduga akibat miss planning dan meningkatkan nilainya untuk jangka panjang.

      Best regards,

      Architectaria.

  223. adelia

    assalamu’alaikum.. saya ingin bertanya kepada saudara/i ..
    bagaimana dengan desain rumah berukuran 12×9 m, 2 lantai dengan fasilitas

    1 ruang tamu
    1 ruang kerja
    1 kamar tamu
    4 kamar tidur
    4 kamar mandi
    1 dapur
    1 ruang makan
    1 teras
    1 garasi
    1 gudang
    1 ruang keluarga
    1 ruangan agak besar.. untuk bermain musik dan membcara buku..

    terimakasih.. wassalamu’alaikum wr wb

    • Dear Bpk/Ibu. Adelia,

      Silahkan langsung menghubungi kami jika anda tertarik menggunakan jasa profesional kami.

      Menggunakan jasa arsitek sesungguhnya tidak mahal, dengan konsep dan desain yang matang akan dapat menghemat uang anda dan memaksimalkan investasi anda.

      Dengan bangunan yang terdesain dengan baik, anda dapat menghindari biaya tak terduga akibat miss planning dan meningkatkan nilainya untuk jangka panjang.

      Best regards,

      Architectaria.

  224. fitriyah

    Dari dulu saya hobi banget baca2 seputar desain rumah. Saya keluarga muda punya tanah seluas 9 (lebar)x 40 meter(panjang ke belakang). Saya berencana membangun rumah dengan konsep minimalis dan konsep alam/sejuk.
    Yang saya inginkan:
    1. Kamar tidur utama
    2. Kamar tidur anak (3)
    3. Garasi
    4. Musholla, kalo bisa di-combine dg ruang buku2/perpustakaan kecil
    5. Ruang keluarga
    6. Ruang tamu
    7. Serta taman kecil di depan dan di belakang rumah
    8. Dapur beserta ruang makan
    9. Musholla

    Mohon gambar lay out serta desain rumahnya.

    • Dear Bpk/Ibu. Fitriyah,

      Silahkan langsung menghubungi kami jika anda tertarik menggunakan jasa profesional kami.

      Menggunakan jasa arsitek sesungguhnya tidak mahal, dengan konsep dan desain yang matang akan dapat menghemat uang anda dan memaksimalkan investasi anda.

      Dengan bangunan yang terdesain dengan baik, anda dapat menghindari biaya tak terduga akibat miss planning dan meningkatkan nilainya untuk jangka panjang.

      Best regards,

      Architectaria.

  225. wisnu

    saya memiliki teras dengan ukuran 3×3, minta tolong untuk dibuatkan sketsa desain interior nya beserta gambar layoutnya..
    thx.

    • @Wisnu,

      Kalau teras jarang sekali didekorasi pak.. Paling hanya penataan meja+kursi kecil, biasanya dari kayu atau gerabah. Kemudian dipercantik juga dengan bunga dan potnya.
      Teras tidak didekorasi lebih dari itu, karena merupakan elemen luar bangunan. Untuk dekorasi utama bisa diterapkan mulai dari ruang tamu sampai dengan ruang2 dalam rumah.

      Regards,

      Aria

  226. Ahmad

    sy baru beli rumah diperumahan dengan konsep cluster, posisi rumah sy ditengah, diapit rumah kanan, kiri, dan belakang. Rumah tipe 30/72 yang sdh ditambah dapur + km mandi dibelakangnya sampe mentok lahan. Jadi sangat terasa sumpek dan cahaya yang kurang.Bukaan jendela hanya ada didepan tuk kamar depan dan ruang tamu. Kira2 bagaimana supaya sirkulasi udaranya baik, jg ada pencahayaan matahari. Trimakasih…

    • @Ahmad,

      Untuk rumah yang ‘terjepit’ atau ruang yang berda dibagian tengah bangunan (dengan layout berbentuk memanjang) memang selalu bermasalah dengan penghawaan dan pencahayaan.

      Solus untuk pencahaayaan bisa menggunakan skylight atau menambahkan titik lampu sehingga intensitas cahayanya bertambah. Bapak tinggal pilih; mana yg paling efektif dan ekonomis.Saya tidak bisa mengatakan bahwa harus menggunakan skylight karena lebih hemat energi atau lebih ramah lingkungan, masalahnya rumah bapak kan sudah terlanjur dibangunan dan sudah ditempati yah?

      Sama dengan kasus penghawaan yang kurang baik, jika rumahnya masih dalam tahap perencanaan kita bisa merencanakan voide atau channel penangkap angin. Tapi dalam kasus rumah yang sudah dibangun atau dibeli dari pengembang, seperti kasus bapak, kami hanya bisa merekomendasikan untuk menggunakan alat bantu mekanis (seperti: exhaust fan, blower, atau air conditioner). Karena solusi dengan menggunakan peralatan mekanis itu yang paling praktis dan ekonomis.

      regards,

      Aria

  227. lukisan bunga

    saya py ruang kamar tidur agak lumayan sempit…di dalamnya itu ada 3 lemari besar sama t4 tdur,,,saya pengen ruangan itu menjadi hidup n elegan..

    • 2Lukisan Bunga,

      Ada banyak sekali artikel yang membahas tentang penataan dan dekorasi ruang/kamar berukuran kecil atau sempit.

      Coba di browse lagi arsip-arsip kami.

      Regards,

      Aria

  228. Nanik

    Saya memiliki rumah tipe 21 luas tanah L5xP12 = 60M tapi posisi rumahnya berdampingan dengan rumah yang lain, saya berencana mau membangun utk waktu dekat, rencananya di tingakat, dilantai bawah mau dibuat khusus ruang tamu yg luas, di depan ada taman sedikit dan teras dibelakang cmn kamar mandi dan dapur dan ruang makan juga, diatas ada kamar 3 buah dan didepan ada teras kecil, seperti apa model(gambar) rumah yang cocok utk ukuran tanah seperti ini dan bagaimana cara menata ruangannya, boleh dibuat denah rumahnya makasih sebelumnya.

    • @Ibu Nanik,

      Coba browse arsip2 artikel kami, sepertinya ada gambar sketsa desain yang cocok dengan kebutuhan ibu..

      Regards,

      Aria

  229. rizkiansyah

    Assalamualaikum Wr. Wb

    saya mau bertanya saya mau bangun rumah tapi binggung dengan bentuk rumah yang bagus tanah saya dengan ukuran 10x 34 m2 kira2 dengan seukuran begitu bagaimana menurut bapak bentuk rumah tersebut

    • Dear Bpk/Ibu. Rizkiansyah,

      Silahkan langsung menghubungi kami jika anda tertarik menggunakan jasa profesional kami.

      Menggunakan jasa arsitek sesungguhnya tidak mahal, dengan konsep dan desain yang matang akan dapat menghemat uang anda dan memaksimalkan investasi anda.

      Dengan bangunan yang terdesain dengan baik, anda dapat menghindari biaya tak terduga akibat miss planning dan meningkatkan nilainya untuk jangka panjang.

      Best regards,

      Architectaria.

  230. mamo

    Permisi Pak,
    saya mo nanya, rencana mo bangun halaman belakang rumah habis buat dapur dgn luas 4 x 3,25 m2, atapny mo di asbesin aj, kira2 bahan2 dan biayany brp ya?
    oiya numpang nanya lg nih klo mo buat pagar dgn panjang 6 m bangunan bata dan besi, biaya brp?
    trus, ada info t4 langganan buat teralis dan kanopi murah dan bagus daerah serpong dmn ya?

    terima kasih

    • @Mamo,

      Maaf pak, kami tidak ada langganan tukang fabrikasi pagar dan kanopi diarea Serpong.

      Regards,

      Aria

  231. Dindin

    Maaf kalo boleh numpang iklan, Kami menjual keramik Roman ukuran 40×40 motif G449237,449234,G449235,G449201 harga Rp.57000. dan tersedian ukuran lainya. Hubungi Krakatao Keramik 087876599588. Terimakasih.

    • @Dindin,

      Goodluck buat bisnisnya.

      regards,

      Aria

  232. basri

    Saya beli rumah tipe 36 dengan ukuran 8m x 12m. dgn model 2 kamar tdur berdekatan ukuran 3×3 & 3x4m, ruang tamu ukuran 5×3,disamping ruang tamu ada kosong 2m/pintu samping & dibelakang ukuran 8×4 ada dpur rung makan & wc. sy ingin merombakx. gimana agar penataannya bagus

    • @Basri,

      Coba browse arsip artikel kami. Sudah pernah dibahas renovasi rumah type 36.

      regards,

      Aria

  233. ichsan mashuri

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Kami keluarga muda yang memiliki tanah ukuran 9 m x 13 m. kira-kira ukuran berapa rumah yang ideal.tanah kami menghadap ke Timur,Kami berencana membangun rumah dengan kebutuhan ruang sebagai berikut :
    1. Garasi
    2. Ruang Tamu
    3. Kamar tidur utama (dengan kamar mandi di dalam)
    4. 2 kamar tidur anak
    5. Kamar tidur tamu
    6. Ruang kerja mungil
    7. Dapur
    8. Kamar mandi + Wc
    9. Musholla mungil
    10. Ruang Keluarga
    11. Ruang Makan
    Saya ingin ada taman mungil di dalam rumah. Apakah kebutuhan tersebut mungkin di tanah saya.
    Terima kasih banyak atas jawabannya.

  234. AGUSTRI

    Pak sy punya rumah type 23 luas tanah 96,renc mau sy renovasi dengan bajad 70 jt.

    LANTAI BAWAH = 1 R.tamu, 2 Kamar tidur, dapur, R.keluarga, kamar mandi, wc, halaman depan untuk parkir mobil.

    LANTAI ATAS(ren hanya lebar 8×5 m/diukur dr belakang) 1 kamar tidur, R. santai, kamar mandi, tempat jemuran/teras atas.

    sy minta tolong kira2 sprt apa bentuknya, tolooong sy pak……..

    • @Agustri,

      Kami sudah pernah buat pengembangan rumah type 21 diatas lahan ukuran 6 m x 12 m atau 6 m x 15 m. Sepertinya sesuai dengan kebutuhan ibu.

      Regards,

      Aria

  235. ifud

    Pak sy punya rumah type 54 luas tanah 120,renc mau sy renovasi dengan bajad 50 jt.

    LANTAI BAWAH = 1 R.tamu, 2 Kamar tidur, dapur, R.keluarga,R.Sholat, kamar mandi, wc, halaman depan untuk parkir mobil.

    LANTAI ATAS(ren hanya lebar 8×5 m/diukur dr belakang) 1 kamar tidur, R. santai, kamar mandi, tempat jemuran/teras atas.

    selain itu juga biar rumah keliatan tampak luas, kira2 sprt apa bentuknya,Terimakasih

    • Dear Bpk/Ibu. Ifud,

      Silahkan langsung menghubungi kami jika anda tertarik menggunakan jasa profesional kami.

      Menggunakan jasa arsitek sesungguhnya tidak mahal, dengan konsep dan desain yang matang akan dapat menghemat uang anda dan memaksimalkan investasi anda.

      Dengan bangunan yang terdesain dengan baik, anda dapat menghindari biaya tak terduga akibat miss planning dan meningkatkan nilainya untuk jangka panjang.

      Best regards,

      Architectaria.

  236. Rasyid

    Halo Architectaria,

    Saya mau membangun rumah LT/LB 70/70 (2 lantai), bisa minta bantu mendesain rumah saya? jika saya mau menggunakan jasa Architectaria, ke siapa saya harus kontak. Japri aja ke email saya ya, thank’s.

    Rasyid

    • Dear Bpk. Rasyid,

      Sudah kami kirimkan email dan no telfon yang bisa dihubungi yah.

      regards,

      Aria

  237. Rizki Fadilah

    Halo Architectaria,

    Saya mau membangun rumah LT/LB 80/150 (2 lantai), bisa minta bantu mendesain rumah saya? saya minta tolong kira2 seperti apa bentuknya, tolooong saya pak……..

    Rizki

    • Dear Bpk/Ibu. Rizki Fadilah,

      Silahkan langsung menghubungi kami jika anda tertarik menggunakan jasa profesional kami.

      Menggunakan jasa arsitek sesungguhnya tidak mahal, dengan konsep dan desain yang matang akan dapat menghemat uang anda dan memaksimalkan investasi anda.

      Dengan bangunan yang terdesain dengan baik, anda dapat menghindari biaya tak terduga akibat miss planning dan meningkatkan nilainya untuk jangka panjang.

      Best regards,

      Architectaria.

  238. julius

    Halo Architectaria,

    Kami keluarga muda yg mau membangun rumah tp bingung desainnya….km mempunyai tanah uk 10 x 20 m..rumah yg rencana km bangun ukuran 8 x 10m dengan kriteria:
    1. Ruang Tamu
    2. kamar tidur utama (k.Mandi dalam)
    3. kamar tidur
    4. kamar tidur anak 2 (kamar dalam)
    5. ruang keluarga
    6. dapur
    7. kamar mandi
    8. gudang.
    9. taman di depan dan belakang rumah.
    Mohon dibuatkan desain rumah dan gambar layoutnya. Mohon sekalian RAB nya.ditunggu
    Terima kasih banyak sebelumnya.
    salam……

    • Dear Bpk/Ibu. Julius,

      Silahkan langsung menghubungi kami jika anda tertarik menggunakan jasa profesional kami.

      Menggunakan jasa arsitek sesungguhnya tidak mahal, dengan konsep dan desain yang matang akan dapat menghemat uang anda dan memaksimalkan investasi anda.

      Dengan bangunan yang terdesain dengan baik, anda dapat menghindari biaya tak terduga akibat miss planning dan meningkatkan nilainya untuk jangka panjang.

      Best regards,

      Architectaria.

  239. dwi p hartono

    Dear architectaia

    saya punya tanah ukuran depan 20 m x 15 m. rencananya kami akan bangun rumah minimalis dengan 4 kamar (1 kamar utama dengan kamar mandi didalam, 3 kamar anak),ruang musola,ruang kerja,garasi mobil, dapur, ruang keluarga dan ruang makan.
    mohon diberi gambaran desain yang memungkinkan untuk bangunan tersebut
    terima kasih sebelumnya

    • Dear Bpk/Ibu. Dwi P Hartono,

      Silahkan langsung menghubungi kami jika anda tertarik menggunakan jasa profesional kami.

      Menggunakan jasa arsitek sesungguhnya tidak mahal, dengan konsep dan desain yang matang akan dapat menghemat uang anda dan memaksimalkan investasi anda.

      Dengan bangunan yang terdesain dengan baik, anda dapat menghindari biaya tak terduga akibat miss planning dan meningkatkan nilainya untuk jangka panjang.

      Best regards,

      Architectaria.

  240. Hery s

    aku pingin bangun rumah ukuran 7*12m dengan rencana 2,kamar tidur 1, ruang tamu, 1ruang keluarga ,1,ruang sholat, dan dapur, kamar mandi didalam ,tolong kasih contoh denah ruhmahnya, sebelumnya saya ucspkan banyak-banyak trimakasih

    • Dear Bpk/Ibu. Hery S,

      Silahkan langsung menghubungi kami jika anda tertarik menggunakan jasa profesional kami.

      Menggunakan jasa arsitek sesungguhnya tidak mahal, dengan konsep dan desain yang matang akan dapat menghemat uang anda dan memaksimalkan investasi anda.

      Dengan bangunan yang terdesain dengan baik, anda dapat menghindari biaya tak terduga akibat miss planning dan meningkatkan nilainya untuk jangka panjang.

      Best regards,

      Architectaria.

  241. rakhmatia

    hy..
    mo nanya,saya punya lokasi ukuran 10×15 rencana pengen di bangunin rumah,kira2 rumah model kaya gemana ya yg cocok?
    klo bisa tolong ya kirim denah gambar rumahnya???
    makasih ya sebelumnya……….

    • Dear Bpk/Ibu. Rahmatia,

      Silahkan langsung menghubungi kami jika anda tertarik menggunakan jasa profesional kami.

      Menggunakan jasa arsitek sesungguhnya tidak mahal, dengan konsep dan desain yang matang akan dapat menghemat uang anda dan memaksimalkan investasi anda.

      Dengan bangunan yang terdesain dengan baik, anda dapat menghindari biaya tak terduga akibat miss planning dan meningkatkan nilainya untuk jangka panjang.

      Best regards,

      Architectaria.

  242. rakhmatia

    hy…
    mo nanya,saya punya lokasi ukuran 10×15 rencananya pengen di bangunin rumah,kira-kira model rumah kaya gemana ya yang cocok??
    pengennya seeh yang minimalis aja kriterianya :
    1.1 kamar tidur utama + kamar mandi di dlmnya
    2.1 kamar tamu
    3.ruang keluarga
    4.ruang makan
    5.dapur
    6.kamar mandi
    7.teras depan
    8.halaman samping kanan/kiri

  243. kalo untuk rumah dengan lebar 6 meter bagaimana caranya?

    • @Putri,

      Coba search arsip web kami yah bu. Banyak kok desain rumah dengan lebar tanah 6,00 m.

      regards,

      Aria

  244. Ria

    Mlm…saya mempunyai rmh berukuran 7x 15m2,saya berencana akan membuat lantai 2. Namun saya bingung dengan modelnya,sementara sy sudah mempunyai 1km utama,1km anak,1km pembantu,2 km mandi,ruang mkn+dapur,tmpt jemur diatas,dan kolam ikan di depan,carport. Yg sy inginkan sy mau memperbesar km anak agar muat mnjd 3 tmpt tidur,dan memperbesar km pembntu,1km tamu,1gudang,dan tmpt memcuci.saya mohon bantuannya,terimakasih…ria

    • Dear Bpk/Ibu. Ria,

      Silahkan langsung menghubungi kami jika anda tertarik menggunakan jasa profesional kami.

      Menggunakan jasa arsitek sesungguhnya tidak mahal, dengan konsep dan desain yang matang akan dapat menghemat uang anda dan memaksimalkan investasi anda.

      Dengan bangunan yang terdesain dengan baik, anda dapat menghindari biaya tak terduga akibat miss planning dan meningkatkan nilainya untuk jangka panjang.

      Best regards,

      Architectaria.

  245. elisa

    saya punya tanah ukuran 4 x 15 m2.
    mohon untuk dibuatkan disainnya pak.
    terima kasih

    • Dear Bpk/Ibu. Elisa,

      Silahkan langsung menghubungi kami jika anda tertarik menggunakan jasa profesional kami.

      Menggunakan jasa arsitek sesungguhnya tidak mahal, dengan konsep dan desain yang matang akan dapat menghemat uang anda dan memaksimalkan investasi anda.

      Dengan bangunan yang terdesain dengan baik, anda dapat menghindari biaya tak terduga akibat miss planning dan meningkatkan nilainya untuk jangka panjang.

      Best regards,

      Architectaria.

  246. Tarya Suhendar

    dear, pa saya mau minta tolong saya punya lahan 3mx10m mau buat rumah 2lantai tanpa kamar tidur yang saya butuhkan 1 kamar mandi dan dapur.tolong pa minta dibuatkan lay out nya dan desain rumah nya.sebelum dan sesudahnya kami ucapkan terimakasih

    • Dear Bpk/Ibu. Tarya Suhendar,

      Silahkan langsung menghubungi kami jika anda tertarik menggunakan jasa profesional kami.

      Menggunakan jasa arsitek sesungguhnya tidak mahal, dengan konsep dan desain yang matang akan dapat menghemat uang anda dan memaksimalkan investasi anda.

      Dengan bangunan yang terdesain dengan baik, anda dapat menghindari biaya tak terduga akibat miss planning dan meningkatkan nilainya untuk jangka panjang.

      Best regards,

      Architectaria.

  247. Situs Media Online

    Saya igin membangun rumah , luas bangunan saya yg sy inginkan 6×12 , yang saya butuhkan 3 kamar tidur ( 1 kmr tdr utama) ,ruang tamu ,ruang keluarga, tmpt makan ( bs all in dng ruang keluarga) ,dapur ,dan kamar mandi. Toong dibantu ya..

    • Dear Situs Media,

      Silahkan langsung menghubungi kami jika anda tertarik menggunakan jasa profesional kami.

      Menggunakan jasa arsitek sesungguhnya tidak mahal, dengan konsep dan desain yang matang akan dapat menghemat uang anda dan memaksimalkan investasi anda.

      Dengan bangunan yang terdesain dengan baik, anda dapat menghindari biaya tak terduga akibat miss planning dan meningkatkan nilainya untuk jangka panjang.

      Best regards,

      Architectaria.

  248. san

    dear mr,

    kami punya rumah dgn uk.4×16 dengan 2 1/2 tingkat. kami ingin buat rumah kami minimalis modern tp simple. karena keterbatasan luasnya. bisa tolong bantu kami utk buat denah rumah yg pas utk rmh kami?

    thx.

    • Dear Bpk/Ibu. San,

      Silahkan langsung menghubungi kami jika anda tertarik menggunakan jasa profesional kami.

      Menggunakan jasa arsitek sesungguhnya tidak mahal, dengan konsep dan desain yang matang akan dapat menghemat uang anda dan memaksimalkan investasi anda.

      Dengan bangunan yang terdesain dengan baik, anda dapat menghindari biaya tak terduga akibat miss planning dan meningkatkan nilainya untuk jangka panjang.

      Best regards,

      Architectaria.

  249. hanri

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Yang terhormat Narasumber.
    Kami keluarga muda yang memiliki tanah ukuran 10 m x 34 m.tanah kami menghadap ke Timur,dengan samping kanan dan belakang tanah kosong milik orang dan kiri rumah tetangga . Kami berencana membangun rumah dengan kebutuhan ruang sebagai berikut :
    1. Garasi dibelakang rumah tapi mobil bisa lewat dalam rumah melalui halaman depan ke belakang.
    2. Ruang Tamu
    3. Kamar tidur utama (dengan kamar mandi di dalam dan ruang ganti)
    4. 3 kamar tidur anak
    5. Kamar tidur tamu (dengan kamar mandi di dalam)
    6. Ruang kerja mungil
    7. Dapur
    8. 2Wc
    9. Musholla mungil
    10. Ruang Keluarga
    11. Ruang Makan
    Saya ingin ada taman di depan rumah,teras rumah,kolam renang dibelakang rumah,kamar mandi dan kolam ikan. Apakah kebutuhan tersebut mungkin di tanah saya dan dapat dibuat desainnya.
    Terima kasih banyak atas jawabannya.

  250. ibnu hajar

    assalamualaikum
    bpk yg terhormat, sy minta bantuan idenya, sy mau bangun rumah 9×13 dengan luas tanah 12×18. rencana yg ingin dibuat:
    1. ruang tamu
    2.ruang keluarga
    3.ruang makan
    4. kamar utama 4×4
    5.kamar anak 3×4
    6.kamar tamu
    7.ruang sholat
    5.dapur
    6.kamar mandi 2buah dikamar utama dan anak
    7.kamar mandi belakang
    8.taman depan
    9.teras depan
    terima kasih atas bantuan dan jawabannya

    • Dear Bpk/Ibu. Ibnu Hajar,

      Silahkan langsung menghubungi kami jika anda tertarik menggunakan jasa profesional kami.

      Menggunakan jasa arsitek sesungguhnya tidak mahal, dengan konsep dan desain yang matang akan dapat menghemat uang anda dan memaksimalkan investasi anda.

      Dengan bangunan yang terdesain dengan baik, anda dapat menghindari biaya tak terduga akibat miss planning dan meningkatkan nilainya untuk jangka panjang.

      Best regards,

      Architectaria.

  251. zaydi

    assalamualaikum
    bpk yg terhormat, sy minta bantuan desainnyanya, sy mau renov rumah ukuran 4mx20m bentuk tanah seperti huruf L : saya membutuhkan 2 ruangan tmpt tidur 1 kmr mandi dan ruang keluarga untuk ditingkat 2nya info kan ke email saya zaydi88@yahoo.co.id. trims atas desainnya

    • Dear Bpk/Ibu. Zaydi,

      Silahkan langsung menghubungi kami jika anda tertarik menggunakan jasa profesional kami.

      Menggunakan jasa arsitek sesungguhnya tidak mahal, dengan konsep dan desain yang matang akan dapat menghemat uang anda dan memaksimalkan investasi anda.

      Dengan bangunan yang terdesain dengan baik, anda dapat menghindari biaya tak terduga akibat miss planning dan meningkatkan nilainya untuk jangka panjang.

      Best regards,

      Architectaria.

  252. aldy

    saya memiliki tanah 14mX12,5m,ingin 2 kamar di bawah(salah satu km&wc di dalam),garasi agak besar,ruang tamu,dapur besar,km&wc,mushola kecil,sedikit teras,di lantai dua, 5 kamar(km&wc ada di dalam 3 kamar),km&wc,lantai tiga, kamar pembantu,km&wc,ruang cuci baju,ruang setrika,tempat jemuran,minta tolong yaa…bentuk kasar & bentuk pondasi awal seperti apa (tanah kebun rata)karena saya ngebangunnya nyicil (pondasi dulu,pager,ruang bawah dst…trims…

    • Dear Bpk/Ibu. Aldy,

      Silahkan langsung menghubungi kami jika anda tertarik menggunakan jasa profesional kami.

      Menggunakan jasa arsitek sesungguhnya tidak mahal, dengan konsep dan desain yang matang akan dapat menghemat uang anda dan memaksimalkan investasi anda.

      Dengan bangunan yang terdesain dengan baik, anda dapat menghindari biaya tak terduga akibat miss planning dan meningkatkan nilainya untuk jangka panjang.

      Best regards,

      Architectaria.

  253. Ishak Juarsah

    Assalamualaikum Wr, Wb
    Kami Keluarga Muda Yang Mempunyai Tanah Seluas 21 M x 31 M ingin membuat Rumah Minimalis Artistik menghadap ke Barat dengan rincian sebagai berikut :
    1. Gerasi
    2. Ruang Tamu
    3. Ruang Keluarga
    4. Kamar Utama + Kamar Mandi + wc
    5. Kamar Anak 2 Unit
    6. Tempat sholat
    7. Dapur
    8. Kamar Pembantu
    9. Teras Depan
    10.Kamar Mandi + wc
    11.Arsetektur pemandangan gunung dan air mancur disamping kanan Posisi Rumah
    kira – kira RAB yang dibutuhkan berapa Terima Kasih

    • Dear Bpk/Ibu. Ishak Juarsyah,

      Silahkan langsung menghubungi kami jika anda tertarik menggunakan jasa profesional kami.

      Menggunakan jasa arsitek sesungguhnya tidak mahal, dengan konsep dan desain yang matang akan dapat menghemat uang anda dan memaksimalkan investasi anda.

      Dengan bangunan yang terdesain dengan baik, anda dapat menghindari biaya tak terduga akibat miss planning dan meningkatkan nilainya untuk jangka panjang.

      Best regards,

      Architectaria.

  254. kurotsuki

    Met sore. Saya pingin ikutan konsultasi nih. Saya kan sedang membeli rumah baru yang mungkin bukan cuma RSS, tapi RSSS. Tanahnya cuma 60m2. Nah. Sama yang bikin klusternya rencananya mau diterusin ke belakang (full ke belakang), jadi ga ada halaman belakang. Pengalaman saya waktu kontrak di rumah yang seperti itu hawa terasa panas dan pengap. Saya udah coba minta rombak modelnya ke beliau dengan meminta desain dari kami (ga terlalu berbeda dengan aslinya, cuma ada pergeseran dikit supaya ada halaman belakang (developernya perorangan, belinya ke orangnya langsung, bukan PT dan ga pake KPR). Tapi sampe sekarang ga jelas disetujuin ato ngga.

    Yang saya pingin tanya, kalo terpaksa musti full ke belakang, gimana menyiasatinya supaya rumah tetap sejuk/tidak pengap?

    • @Kurotsuki,

      Bisa dengan menambahkan taman dan bukaan ditengah rumah atau membagi bangunan rumah menjadi 2 massa dan menempatkan taman terbuka diantara massa bangunan tersebut.

      regards,

      Aria

  255. Ajeng

    wahhh bagussssss bangeeettt pingin punya rumah kayak begutuan

    • @Ajeng,

      OK semoga cepet memiliki rumah idamannya yah :)

      regards,

      Aria

  256. Nadiaananda

    mantappp sekali,, ini baru ..

  257. Implementasi alternatif untuk pelapis dinding pun dapat menggunakan panel komposit aluminium

    • @Dave,

      OK.. Good luck untuk panelnya :)

      regards,

      Aria

  258. mita

    saya mau bangun rumah di atas tanah ukuran 3×11 meter. dan insyallah dibuat dua lantai. namun, masih bingung desain yang cocok untuk rumah mungil ini. tolong saran dan jawabannya secepatnya.. trims

  259. yanto

    saya ingin membangun rumah tanah 8x16m, 2 kamar mandi, 4 kamar, dapur, garasi, kamar kerja, ruang makan. tolong dibuatkan sketsa

  260. lovi

    saya ingin membangun rumah diatas tanah 60m2 (5x12m), 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, dapur, ruang tamu, ruang keluarga. mohon dibuatkan sketsa thx

  261. Desain Rumah Sederhana

    Teima kasi mas.. setelah saya membaca artikel desain rumah mungil yang artistik, menambah wawasan saya mengenai arsitektur. Penggabungan fungsi ruangan sangat perlu untuk efisiensi ruang/lahan sempit seperti yang dijelaskan dalam postingan di atas. Selamat berkarya!

  262. hantoro

    saya mau tanya ni friend.. tolong di desainkan rumah minimalis type 4×7,5. saya bingng ni friend yang cocok tuk ruangannya, soalnya lahannya kecil. apakah bisa buat ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur, dapur, sama wc. tolong bantuannya friend. please

  263. samsirwan

    Assalamualaikum Wr, Wb
    Kami Keluarga Muda Yang Mempunyai Tanah Seluas l =10 M x p = 20 M ingin membuat Rumah utara dengan rincian sebagai berikut :
    1. Garasi mobil sebelah kanan
    2. Ruang Tamu
    3. Ruang Keluarga
    4. Kamar Utama + Kamar Mandi + wc
    5. Kamar Anak 2 Unit + kamar mandi di dalam
    6. Tempat sholat
    7. Dapur
    8. Kamar Pembantu
    9. Teras Depan
    10.Kamar Mandi + wc
    Mohon bantuan desainnya, denahnya dan kira – kira RAB yang dibutuhkan berapa Terima Kasih
    .

    • @Samsirwan,

      Silahkan langsung menghubungi kami jika anda tertarik menggunakan jasa profesional kami.

      Menggunakan jasa arsitek sesungguhnya tidak mahal, dengan konsep dan desain yang matang akan dapat menghemat uang anda dan memaksimalkan investasi anda.

      Dengan bangunan yang terdesain dengan baik, anda dapat menghindari biaya tak terduga akibat miss planning dan meningkatkan nilainya untuk jangka panjang.

      Best regards,

      Architectaria.

  264. manaf

    Kami baru berkeluarga dan memiliki rumah kecil type 42 luas tanah 9 m x 12 m.kami ingin merenovasi rumah kami tapi kami bingung dengan designnya. yang baik/bagusnya gimana? supaya rumah kami terlihat luas.yang ada sekarang :
    1.ruang tamu
    1.ruang keluarga kecil
    2.kamar tidur
    1.kamar mandi
    1.dapur kecil
    taman depan, mohon dibuatkan design dan gambar denah/layoutnya and +RABnya kira-kira berapa?( kami tunggu jawaban + gambarnya loh!!!).

    • @Manaf,

      Silahkan langsung menghubungi kami jika anda tertarik menggunakan jasa profesional kami.

      Menggunakan jasa arsitek sesungguhnya tidak mahal, dengan konsep dan desain yang matang akan dapat menghemat uang anda dan memaksimalkan investasi anda.

      Dengan bangunan yang terdesain dengan baik, anda dapat menghindari biaya tak terduga akibat miss planning dan meningkatkan nilainya untuk jangka panjang.

      Best regards,

      Architectaria.

  265. Terima kasih Pak Aria, saya mendapat tambahan ilmu dari konsep “desain rumah mungil yang artistik”. Saya terkesan dengan kata-kata “Indah itu tidak perlu mahal”, dan banyak lagi yang membuat saya terkesan. Sukses selalu menyertai Pak Aria. Salam kenal..!

  266. Situs anda sangat bagus, dan sangat mudah untuk di mengerti.
    sekian bayak web yang saya cari di google tentang “desain rumah mungil” ternyata saya menumukan situs web anda dan saya sangat senang karna penjelasan nya lebih cepet saya mengerti.

    Terimakasih bayak posting dan Gambar anda berkualitas tinggi.

  267. Hendro

    Hi, design rumahnya inspiratif
    saya punya tanah dengan ukuran 14m x 8m tampak depan mengambil sisi terpanjang 14m.

    Apakah saya tetap bisa menggunakan referensi design dari yang sudah anda muat di artikel ini ?

    atau barangkali ada saran, saya ucapkan terima kasih banyak.

    Regards,
    Hendro.

  268. darwin rachmanto

    Saya punya tanah 6 x 14 dan akan saya bangun dgn kebutuhan ruang sbb :

    Taman depan & belakang
    3 kamar tidur
    ruang tamu
    ruang keluarga
    dapur
    kamar mandi (sukur2 bisa jadi 2 kamarmandi)
    carport

    mohon bantuan desainnya dgn mempertimbangkan aliran udara & sinar matahari

    atas bantuannya kami ucapkan tks

    • @Darwin,

      Silahkan langsung menghubungi kami jika anda tertarik menggunakan jasa profesional kami.

      Menggunakan jasa arsitek sesungguhnya tidak mahal, dengan konsep dan desain yang matang akan dapat menghemat uang anda dan memaksimalkan investasi anda.

      Dengan bangunan yang terdesain dengan baik, anda dapat menghindari biaya tak terduga akibat miss planning dan meningkatkan nilainya untuk jangka panjang.

      Best regards,

      Architectaria.

  269. Desain Rumah Mungil Yang Artistik | PT. Architectaria Media Cipta Thanks infonya
    ya

  270. mohammad saipul

    Saya mnt bantuan buat desain rumh lahn 6×15 2lntai… lntai 1(1 kmr tdr+kmr mandi, 2 kmr tdr anak, ruang tamu, ruang mkn, dapur, musholah, tmpt cuci, taman dan garasi) lntai2 sya buat kos2an… mohon bantun buat desain rumhx… terima kasih….. saya tunggu gambar desainx..

  271. tolong bikinin desain rumah ukuran 3,8 meter

  272. atik hastuti

    untuk membuat rumah sperti gambar di atas butuh dana berapa. dari peletakan batu pertama sampai di kasih genting dlu. ukuran besi yang di pakai yg berapaan.

Leave a Comment