Desain Rumah Mungil Type 70

Halo pengunjung setia architectaria.com, apa kabar anda semua? semoga anda dan keluarga senantiasa sehat selalu. Jika pada artikel desain rumah mungil sebelumnya saya memposting artikel tentang Desain Rumah Mungil Type 27, Desain Rumah Mungil Type 36, Desain Rumah Mungil Type 45, maka pada kesempatan kali ini akan saya lanjutkan dengan Desain Rumah Mungil Type 70.

Seperti 3 artikel sebelumnya, maka desain rumah mungil kali ini saya berikan free alias gratis, dan dapat anda pergunakan jika desain rumah ini sesuai dengan kebutuhan anda. Ada banyak comments yang masuk melalui website architectaria.com yang meminta desain rumah mungil diatas lahan dengan lebar 8 s/d 10 m dan panjang 15 m, dan dari hasil corat-coret maka didapatkan desain rumah dengan luas 70 m2 diatas lahan seluas 140 m2.

Denah dan Tampak Depan

Gambar 1 – Denah/Layout dan Tampak Depan Rumah Type 70 (Klik Pada Gambar Untuk Memperbesar)

Desain rumah mungil type 70 ini terdiri atas 3 kamar tidur, ruang tamu, ruang keluarga, beranda yang juga berfungsi sebagai tempat menerima tamu, dapur, ruang makan, dan taman (depan dan belakang). Jika anda memiliki lahan/kavling dikawasan perumahan, desain rumah ini dapat anda kembangkan lagi dalam bentuk layout baru yang tentu sesuai dan mengakomodasi kebutuhan anda dan keluarga. Gambar desain rumah mungil type 70 yang saya tampilkan hanyalah gambar referensi buat anda.

Denah

Gambar 2 – Denah/Layout Rumah Type 70 (Klik Pada Gambar Untuk Memperbesar)

Tampak Depan

Gambar 3 – Tampak Depan Rumah Type 70 (Klik Pada Gambar Untuk Memperbesar)

Perkiraan biaya untuk membangun rumah type 70 seperti gambar desain diatas adalah sebesar: 1,5 juta/m2 dan estimasi biaya produksi total untuk rumah seluas 70 m2 adalah sebesar: 100 s/d 105 juta rupiah. Tentunya perkiraan/taksiran biayanya harus disesuaikan dengan upah pekerja dan harga material dikota anda, dan biaya diatas tidak termasuk harga tanah (hanya harga/biaya produksi rumahnya saja).

Demikian posting artikel kali ini, semoga desain rumah mungil type 70 seperti pada gambar diatas bermanfaat buat anda. Pada kesempatan seri desain rumah mungil berikutnya saya akan menampilkan gambar desain rumah type 90. Selamat berakhir pekan dan semoga kebahagiaan selalu menyertai anda dan keluarga.

..

Architectaria – Arsitek dan Perencana

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

94 Comments

  1. Irani

    Saya suka sekali dengan gambar rumah ini.. tapi saya ingin desain pengembangannya, berapa biaya desain dan membangun rumah untuk rumah type 70 ini jika dibuat (dikembangkan) menjadi 2 lantai pak aria?

    sukses selalu buat anda pak..

  2. Himran Fahri

    assalamualaikum mas….salam kenal dari saya. Wah mas designnya sangat membantu sekali. Kebetulan saya juga sdg mencari design rumah minimalis. Mas saya mohon bantuannya…bulan kemarin saya membeli sebidang tanah seluas 200m2. Rencana saya ingin membangun rumah diatasnya. Tolong mas buatkan design rumah minimalis dgn perincian sbb :
    1. 1 kamar tdr utama dgn kmr mandi didlm
    2. 2 kamar tidur
    3. Tempat Sholat
    4. Kamar mandi
    5. Carport
    6. Teras depan dan belakang
    7. Dapur
    8. Area Mencuci
    9. Kolam utk pelihara ikan di belakang

    Demikian mas. Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih

  3. Amalia hanum marissa

    Mas apa ga keliru tuh perencananya?, utk bedroom no.3 gmna tuh?? mana jendelanya? Sirkulasi udara?pencahayaan alami? Apa mengAndalkan AC? Skrg krisis listrik kyk gini? Wah2 arsitek2.. Enak teknik sipil aja dech..

    Jawab:

    Perencanaanya keliru?? nggak tuch.. coba dibaca lagi tulisannya.. kan saya sudah tulis,
    - gambar itu free
    - gambar itu adalah gambar referensi, BELUM FIX
    - gambar itu dibuat untuk orang2 yg punya kavling diperumahan, yg mana umumnya susunan rumahnya adalah couple/kopel/sambung.. jika ingin dipakai dikavling yg tidak kopel, kan tinggal ditambahin jendela dibagian dinding yg dikehendaki ada jendelanya

    Untuk masalah penghawaan, diatas tiap2 jendela kan ada ventilasinya.. untuk area ditengah ruangan, penghawaan bisa menggunakan voide atau saluran penangkap angin.. jika cara alami masih tidak memungkinkan, bisa menggunakan cara mekanis dengan menambahkan exhaust fan atau blower.

    Untuk masalah pencahaayaan ditengan ruangan kan bisa pakai skylight

    Untuk masalah AC, didaerah jakarta dan sekitarnya rumah2 pasti menggunakan AC, tanya kenapa?? karena udaranya memang sudah panas berdebu dan kotor.. kalau masalah penghawaan alami, lebih cocok diterapkan didaerah yg masih sejuk dan udaranya bersih.

    Untuk masalah arsitek dan teknik sipil?? too bad anda membandingkan seperti cara anak kecil membandingkan mainan baru mereka.. kalau itu kita bahas, ngga akan selesainya.. dan kita akan terlihat childish, tidak dewasa sama sekali.. lebih baik kita bekerja sebaik2nya saja. OIA apa anda yakin kalau arsitek itu hanya sebagai arsitek saja?? belum tentu.. ada banyak arsitek yg juga punya background sarjana teknik sipil, saya termasuk salah satunya.. so, grow up dude! :D

    Regards,

    AMA

  4. Jaya Andhika

    Argumen dan jawaban yg bagus pak arie. Saya salut anda menjawab pertanyaan itu dengan dewasa dan tidak terpancing emosi.. karena jawaban anda itu mungkin adalah jawaban yang ingin diketahui oleh banyak orang :)

  5. rms

    bisa gambarin denah rumah saya gak bro?

    • imron

      saya punya tanah kavling ukuran 12×12, mohon gambar desain rumahnya

  6. dwi widayanti

    Saya minta dibuatkan dong denah rumah. Saya punya rumah dengan tipe 36 diatas lahan 120m2. saya ingin merenovasinya. Saya ingin kamar tidur utama agak besar dengan kamar mandinya di kamar yg ukuran kamar mandinya agak sedang, ruang tamunya kecil saja tapi ruang keluarga dan dapur agak besar. Dan dibuatkan gudang yang tidak terlalu besar di belakang. Tapi di belakang rumah jg ada pintu untuk menuju keluar alias samping. Jadi saya butuh kamar besar 1 buah, kamar sedang 1. ruang keluarga 1, ruang tamu 1, dapur 1, wc di kamar utama 1, diluar 1. trimakasih atas denahnya ya…

  7. mohamad taufik

    pak saya punya rumah tipe 90 dengan luas tanah 93m2, tapi saya bingung menata ruangnya, inginnya punya 3 kamar, tolong carikan solusinya,kalo bisa kasih gambar sket tata ruangnya, makasih

  8. saffa

    Pak..saya punya rumah dilahan memanjang 4.7x23m, mau di renovasi.denah rmh skrg ini berurutan dari depan carport 4.7x5m, ruang tamu 4.7x5m, kamar tidur 3x5m, tangga 70cm, ruang makan 3×2.5m, kamar tidur 3x3m, dapur dan kamar mandi berdampingan 4,7 x2m.mulai dr kamar depan sampai kamar belakang berbentuk lorong, cahaya dan udara hy dari pintu depan. lantai 2 mulai dr tangga ke depan (1/2 rumah). dgn 2 kamar berdampingan 3×2,5m dan ruang keluarga 3x3m juga berbentuk lorong,dgn teras 4.7×1.2m. mohon sarannya agar sy mendptkan rumah yg sehat dan nyaman serta biaya yg tidak terlalu byk. kalo bisa disertai sket ruangnya tks banyak ya pak..

  9. yaya

    1,5 jt/m2? apa ngga kemurahan biaya pembangunan rumahnya pak arie? harga2 material kan udah pada naik semua.. utk sekarang normalnya sekitar 2 jt/m2.. apalagi kalau pakai jasa kontraktor dan arsitek, pasti lebih mahal.. tapi sesuai dong dengan hasilnya. Daripada kejar rumah murah, tapi setelah jadi ngga well planned kan kacau.. bocor sana-sini.. bongkar sana-sini.. jatuhnya malah lebih mahal yah pak arie? soalnya saya pernah ngalamin kayak gitu.. pingin murah, tp malah over cost.. nasib ^_*

    Jadi buat yang baru mau bikin rumah, mending urusan desain dan pembangunan rumah, serahkan pada ahlinya aja deh.. i trust architectaria..

    OIA thanks untuk gambar rumah type 70 nya pak arie..

    GBU

    Jawab:

    Betul banget mbak yaya, emang sekarang harga material/bahan banguna sudah pada naik semua.. itu harga 1,5 jt/m2 dengan anggapan proses pembangunannya dilakukan oleh user sendiri.. tinggal mempergunakan gambar seperti yang kita tampilkan. Tapi kalo user mau menggunakan jasa contractor, apalagi juika desain rumahnya custom, tentu harganya harus dieskalasi ulang.. normalnya saat ini biaya pembangunan sekitar 2,5 jt/m2.

    Regards,

    Architectaria

  10. tappa

    Pak, salam kenal
    Saya tertarik dengan design bapak.
    Kalo boleh tau, perkiraan biaya yang 1,5jt/m2 ini dengan spesifikasi bangunan seperti apa pak?
    terima kasih atas perhatiaanya

  11. Fatchur Rozikin

    assalamualaikum mas….salam kenal dari saya. Ni saya dari kalimantan,pengen membikin rumah minimalis, tpi dalam rumah tetap trasa nyaman tidak panas. soal di daerah saya panas sekali. Mas saya mohon bantuannya…bulan kemarin saya membeli sebidang tanah seluas 225m2 (15 x 15 m). Rencana saya ingin membangun rumah diatasnya. Tolong mas buatkan design rumah minimalis dengan konsep tropis, dgn perincian sbb :
    1. 1 kamar tdr utama
    2. 2 kamar tidur
    3. Tempat Sholat
    4. Kamar mandi
    5. Carport
    6. Teras depan dan belakang
    7. Dapur
    8. Area Mencuci
    9. Kolam utk pelihara ikan di belakang

    Demikian mas. Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih

  12. Herry Parinussa

    sama mau tanya..kira dengan luasan atap 90 m2, kira2 pemakaian seng gelombang 6 kaki berapa lembar ?

  13. rina dwi rahmika

    salam kenal…
    mohon bantuan mba/mas.
    saya berencana membangun rumah tipe 60 mhn bantuan mba/mas..desain dan kebutuhan material. misal : semen……zak
    bata….buah,besi ukuran…… batang

  14. sita

    salam kenal…
    mau nanya nih…
    saya punya rumah d perumahan 7x17m2… belakang pingin dbuat 2 lt tp bangunan rumah depan (type 45)tetap shg nyambung. tolong bantuannya kira2 model atapnya gmn ya? terutama pmakaian talang biar gk bocor?
    klo level lantai mkn k blkng mkn turun apa buruk yaa? knp?
    mksh bantuanya…

  15. ica

    Ass.

    Salam kenal, saya punya tanah yang memanjang (6mX 16m). Saya mau bangun rumah 1 lantai dengan 3 kamar tidur, 2 kamar mandi, 1 ruang tamu, ruang keluarga menyatu dengan ruang makan. dapur dan service area. Saya ingin semua kamar mendapat pencahan yang baik dan ada taman disisi depan dan belakang. Bisa tolong bantu pak?

  16. ichon

    wah.. banyak yg minta dibikinin gambar hehe..

    Pak saya berencana membangun rumah di atas lahan 8×15 m2, tapi di Bandung.

    Apabila Anda tidak mengerjakan proyek di bandung, barangkali ada referensi kontraktor di bandung yg relatif murah tapi tidak murahan hasilnya?

    terima kasih

  17. Efi afaroh

    Pak , saya ingin membuat rumah tipe minimalis dgn luas tanah 78m2 di bikin lantai 2, kebetulan d belakang rumah tepat berhadapan dgn pemandangan bukit sentul jadi saya ingin bagian belakng rumah tepatnya lantai atas d beri balkon utk bersantai ….. jadi tampak depan belakang ada modelnya… thanks utk jawabannya..

  18. y.habibie

    mas mau tanya, bisa bantu bikinkan tampak depan untuk rumah dengan luas tanah yang melebar kesamping.
    ukuran tanah 15×10 dan semntara luas bangunan kurang lebih 70 m2,
    untuk samping kanan udah dempet dengan rumah sebelah dan samping kirinya masih ada sisa tanah kosong ukuran 4X10 Mtr yang rencananya buat carpot, terima kasih atas bantuannya

  19. ETTY

    Saya ingin mengetahui denah dan perkiraan biaya membangun rumah 2 lantai untuk lahan 130 m2 (10x13m) dengan memrubuhkan bangunan lama terlebih dahulu.
    Ruangan yang kami perlukan adalah sbb:
    1. Ruang Tamu
    2. Ruang Keluarga
    3. Ruang Makan
    4. Master Bedroom ukrn. 3.5m x 4m
    5. Kamar anak (3 kamar)
    6. Kamar Tambahan (2 kamar)
    7. Kamar Pembantu 1
    8. Taman kecil di bagian depan dan belakang
    9. Car port
    10. Dapur
    11. Tempat cucui pakaian
    12. Mini Home Theatre

  20. dwiht

    met kenal nih mas. saya mau tanya soal membangun rumah di bekas tanah sawah, yg ktnya kl rumah di bekas sawah krg kuat (artinya tanahnya suka turun, jd pondasi gak bs diandalkan). Tanah sawah sy luasnya +/- 150 m2, sy mau bangun rumah minimalis yg kekeh/kokoh. o ya mas daerah rumah tanah sy masih sering banjir sampai +/- dengkul orang dewasa. yg sy inginkan selain minimalis, sy jg berencana mendesign rumah sbb:
    1. 1 kamar tdr utama + Km Mandi dalam
    2. 2 kamar tidur
    3. Tempat Sholat
    4. R. Tamu
    5. Menggunakan Tulang Baja Ringan
    6. Plafon rumah tinggi (utk sirkulasi/tanpa AC)
    7. Penataan cahaya (utk mengurangi pemakaian listrik)
    8. Kamar mandi
    9. Carport
    10.Dapur
    12.Area Mencuci
    13.Teras depan dan belakang (dg bentuk taman/kolam ikan)
    14.Kira2 berapa budget yg harus sy keluarkan utk rumah sekelas ini utk daerah. jika dibangun +/- th 2011/2012. Trims atas penjelasannya (tlg di kirim via email sy)

  21. budhi

    kapan ane bisa bikin rumah + warung mungil yaaa ??? mas, brpa cara menaksir hrg rumah yg mau dijual (utk rumah biasa/sedang kira2 per meter luas bangunan wajarnya dihargai brpa, utk rumah menengah / bagus kira2 hrga brpa per meter luas bangunannya? sori bgt byk nanya, coz mimpi selangit tp budget mepet…

  22. Ninik

    Saya memiliki tanah lebar 16 meter, panjang 20 meter. Bisa minta tolong untuk buatkan desain pak?

    1. Kamar utama dg kamar mandi
    2. 2 Kamar tidur anak
    3. 1 kamar tidur pembantu
    4. mushola
    5. ruang tamu
    6. ruang makan
    7. ruang baca/perpustakaan.
    8. Dapur
    9. ruang keluarga
    10. untuk nyuci

    Saya ingin di samping ada ruangan agak terbuka, jadi jendela yg bisa terbuka. Kalau bisa ditaman depan/belakang akn saya kasih gasebo. Ruang makan bisa di taman belakang. Terus ada ruangan luas yang kalau kursi2nya di pindah bisa untuk acara kumpul-kumpul, maklum saya keluarga besar.

    Thanks Pak

  23. SOFYAN

    bagus sekali gambarnya, tentram, nyaman pencahayaan jg bagus….mas
    tolong dong gambarin saya juga sebuah rumah minimalis dengan luas
    tanah 8 x 12 dan luas bangunan yang diinginkan 7m x 8/9,5m (1
    lantai)atau Luas Bangunan antara 60 – 65 m2 dengan
    ruangan terdiri dari :
    1 bh kamar utama + kamar mandi
    2 bh kamar anak
    1 bh KM/wc luar
    ruang tamu
    ruang keluarga
    Ruang Makan
    Musholla kecil
    Dapur
    Tempat Cuci
    teras depan dan belakang
    carport
    Menghadap ke selatan
    TOLONG YA MAS DESAINKAN DAN KIRIM KE EMAIL KAMI
    sofyannurhakim@gmail.com ditunggu mas.

  24. Ari

    Saya tertarik dengan Desain bapak…. Saya minta tolong di desainkan dengan type 72, ukuran panjang 12m dan lebar 6m dengan ruangan terdiri dari:
    1 buah Kamar Utama + Kamar Mandi (Kamar mandi dalam kamar dengan kloset duduk dan shower)
    2 buah kamar anak
    1 buah dapur+ruang makan
    1 buah sumur (untuk tempat cuci2x + jemur)
    1 buah kamar mandi+WC
    1 ruang tamu
    1 ruang keluarga (untuk nonton, dll)
    Musholla kecil
    teras depan + taman kecil
    teras belakang + taman kecil
    carport
    Rumah Menghadap Barat
    Semuanya dengan ukuran minimalis y pak…. :)
    Tolong desainnya dikirim ke email saya, dengan alamat
    ari.yusti@yahoo.com
    Saya tunggu kirimannya dan saya ucapkan terimakasih banyak atas balasannya…. dtunggu y pak…

    Thank’s
    Ari

  25. ass…salam kenal pak!!!
    mohon bantuan referensinya : saya ingin membangun rumah dg luas tana h 7x12m2 bangunan 1 lantai
    2m utk teras dan taman
    ruang tamu
    ruang keluarga
    1 kmr tidur dengn kamar mandi
    2 kamar anak
    dapur

  26. ass…salam kenal pak!!!
    mohon bantuan referensinya : saya ingin membangun rumah dg luas tana h 7×12m2 bangunan 1 lantai
    2m utk teras dan taman
    ruang tamu
    ruang keluarga
    1 kmr tidur dengn kamar mandi
    2 kamar anak
    dapur

    sblmnya makasih atas bantuanya!!!
    huda_neh@yahoo.com saya tunggu masss

  27. ass…salam kenal pak!!!
    mohon bantuan referensinya : saya ingin membangun rumah dg luas tana h 7×12m2 bangunan 1 lantai
    2m utk teras dan taman
    ruang tamu
    ruang keluarga
    1 kmr tidur dengn kamar mandi
    2 kamar anak
    dapur

    sblmnya makasih atas bantuanya!!!
    huda_neh@yahoo.com saya tunggu pak

  28. trisno

    pak,aku mau bangun rumah diatas tanah 10×15 dg ukuran rumah 7×10.aku ingin ada 3kmr tidur, 1ruang tamu,1 dapur 1 kamar mandi,1 ruang keluarga, gimana dong pak denahnya. terima kasih.

  29. aris

    Dh,

    Saya py tanah 10 x 20 m dan ingin membangun rumah type 70 dengan spesifikasi :
    1. Kamar tidur 3
    2. Kamar mandi 2 ( 1 dlm kamar utama )
    3. Dapur
    4. Ruang tamu
    5. Ruang keluarga
    6. Gudang

    Mohon bantuan dan sarannya untuk denah sebaiknya gmn ya, dan kira2 biaya yg dibutuhkan berapa. Klo nyusun RAB spt apa ya kira2 agar penggunaan biaya bisa hemat.

    Terimakasih sebelumnya.

    Email : arisinyp@yahoo.co.id

  30. Piter

    Pak..saya punya rumah type 40 luas tanah 12X12 M,rencana saya mau renovasi dengan 3(tiga kamar tidur dengan garasi mobil dan tempat jemuran pakaian.

    Trim’s

  31. very

    Sore pak…
    Saya sangat tertarik dengan Desain bapak…. Saya minta tolong di desainkan rumah minimalis, ukuran tanah saya 500 m2 (panjang 30,25 m dan lebar 16,5 m menghadap (barat/jalan umum), adapun rumah yg ingin saya bangun terdiri dari :
    1 buah Kamar Utama + Kamar Mandi (Kamar mandi dalam kamar dengan kloset duduk dan shower)
    2 buah kamar anak
    1 buah dapur+ ruang makan
    1 buah kamar mandi+WC
    1 ruang tamu
    1 ruang keluarga (untuk nonton, dll)
    1 teras depan + taman kecil
    1 teras belakang + taman kecil
    1 carport
    Rumah Menghadap Barat/jalan aspal

    Saya tunggu kiriman dari bapak ke : vry_firdaus@yahoo.com
    Akhri kata saya ucapkan terimakasih banyak atas balasannya…

    Thank’s
    vry

  32. LUQMAN

    PAK SAYA PUNYA RUMAH TYPE 42 ATAU PANJANG 7M DAN LEBAR 6M TYPE MODEL GUDANG. SEKARANG SAYA MAU NAMBAH DAPUR DAN KAMAR MANDI DI BELAKANG RUMAH YANG SUDAH ADA. SISA TANAH TERSISA KE BELAKANG 5 METER DI SAMPING TERSISA 1 METER DAN 3 METER.
    MOHON BANTUAN BAPAK UNTUK SOLUSI TERBAIKNYA GMANA.
    SAYA TUNGGU DI Luqy_sijok@yahoo.com
    TERIMAKASIH UNTUK BALASANNYA.

    THKS…

  33. RISTO

    Pak..saya punya rumah type 40 luas tanah 12X12 M,rencana saya mau renovasi dengan 3(tiga kamar tidur dengan garasi mobil dan tempat jemuran pakaian.

    Trim’s

  34. OKTARINA

    assalamualaikum mas….salam kenal dari saya. Ni saya dari kalimantan,saya beli rumah type 45,luas tanah 10 x 25 m,rencana saya mau merenovasi rumah saya,dimana saat ini yang ada 2 kamar tidur yang sejajar, Tolong mas buatkan design rumah minimalis dengan konsep tropis, dgn perincian sbb :
    1. 1 kamar tdr utama
    2. 2 kamar tidur
    3. Tempat Sholat
    4. Kamar mandi
    5. Carport
    6. Teras depan dan belakang
    7. Dapur
    8. Area Mencuci
    9. Kolam utk pelihara ikan di belakang

    Demikian mas. Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih

  35. Hasanuddintkj

    Mas tolong gambarin saya juga sebuah rumah minimalis dengan luas tanah 8 x 12 dan luas bangunan yang diinginkan 7m x 8/9,5m (1 lantai)atau Luas Bangunan antara 60 – 65 m2 dengan ruangan terdiri dari :
    1 bh kamar utama, 2 bh kamar anak, 1 bh KM/wc luar, ruang tamu, ruang keluarga, Ruang Makan, Dapur, Tempat Cuci, teras depan dan belakang, carport, Menghadap ke selatan
    Tolong Ya Mas Desainkan Dan Kirim Ke Email
    Hasanuddintkj@gmail.com
    ditunggu mas
    Terima Kasih banyak atas bantuannya…

  36. Muhammad Lutfi Akib

    Bagaimana dengan rumah type 36 Pak dirubah menjadi type 70 dengan luas bangunan 9 X 13.
    terima kasih Pak.

  37. yanti

    Salam Kenal…
    saya mau renov rumah tipe 45 menjadi 70 dengan luas tanah 9x15m. suda Kebutuhan ruang: kamar tidur utama, 2 kamar tidur, ruang shalat, k. tamu, r. keluarga, ruang cuci, kamar mandi.

    mohon bantuannya ya..
    mohon jawabannya segera mas…

  38. ferry lazwardi

    lam kenal mas , saya punya rumah btn luas tanah 9 x 12 , mohon bantuan di buatkan sketsa desain gambar rumah nya , saya pengen kamar tidur 2, dapur , kmr mandi 2 yg 1 di dlm kmr utama .mohon bantuannya mas segera terimakasih

  39. ferry lazwardi

    maaf mas luas lahan 9 x 12 , ingin punya kamar tidur 3 , dapur 1 , kmr mandi 2 yg 1 klo bisa di dlm kmr utama, garasi sama tamn kecil di depan rumah trima kasih

    • Dear Bpk. Ferry,

      Silahkan langsung menghubungi kami jika bapak tertarik menggunakan jasa profesional kami.

      Menggunakan jasa arsitek sesungguhnya tidak mahal, dengan konsep dan desain yang matang akan dapat menghemat uang anda dan memaksimalkan investasi anda.

      Sebuah bangunan yang terdesain dengan baik dapat mengurangi biaya tak terduga akibat miss planning dan meningkatkan nilainya untuk jangka panjang.

      Regards,

      Architectaria.

  40. ferry lazwardi

    menghubunginya kemana mas …….?
    biaya nya berapa? itungan nya per M2 ya. mas

    • Dear Bpk Ferry,

      Bisa cek halaman CONTACT kami.

      Phone: 021-70519723, 90468563
      Fax: 021-5738105
      Mobile: 081229400888, 08122938936
      Email: info@architectaria.com

      Iya betul pak, rate nya bisa berdasarkan % biaya konstruksinya atau bisa juga per m2 luas bangunannya.

      Regards,

      Architectaria

  41. ferry lazwardi

    klo yang gratis aza ga mas kira2 …………………….

  42. iwan

    pa saya punya tanah 9m x 9m tolong di bantu bagusnya desainnya kaya gimana?

  43. paijo

    mas,saya mau bangun rumah type 70.kira kira biaya bahannya saja berapa ya? Tanpa keramik,seng gelombang,pokoknya bahan ”serba irit”.itu anggaran dananya berapa ya mas?15 juta nyampai apa gak (siap huni,lantai aci,atas seng swan,cat murahan,adukan semen standart)?balas ke pesan facebook aku aja,emailnya priasatan@ymail.com.terimakasih,saya tunggu secepatnya.

    • Dear Mas Paijo,

      Kalau budgetnya 15 jt kemungkinan kurang mas..

      regards,

      Aria

  44. Kunamtumpul

    pak aria….
    saya kan punya rumah kosong, sudah cukup lama saya mengosongkan rumah itu, awalnya saya sih tinggal disitu pak, tapi tetangga saya suka usil ambilin mangga saya, jadi kan lama2 saya males bgt bilangin mereka, o ya pak ukuran rumah kosong saya itu sekitar 20 x 15 meter , rencananya akan saya renovasi… klau ditambah luas halaman kira2 luasnya menjadi 400m2.
    saya pengen sekali membuat rumah yang lebih kecil dari rumah sebelumnya, kalau ukuran rumah yang saya inginkan itu 15 x 10 sisanya untuk halaman….
    nah… menurut bapak? disaat musim hujan yang sudah tidak menetap dan musim panas yang juga semakin kacau.. apalagi kan jakarta sering banjir pak…. kebetulan juga rumah saya itu ada di daerah yang rawan banjir…
    pertanyaannya pak…
    apa bisa rumah yang akan saya bangun itu aman dari banjir… sedangkan daerah yang dibelakang saya saja uda sering terendam banjir…

    • @Kunamtumpul,

      Kalo membuat rumahnya aman dari banjir dalam arti rumah tidak terendam air, seharusnya bisa dengan peningktan muka tanahnya. Didaerah PIK, sunter rata2 rumah ditinggikan 1,5 s/d 2 meter.

      Tapi kalau aman dari efek banjirnya belum tentu mas.. rumah anda ditinggikan 2 meter, tapi kompleks atau kawasan sekitar terendam banjir yah anda ngga bisa ngapa2in juga kan :D Solusi dari masalah banjir ini sebenernya bukan pada ketinggian rumah, tapi pengaturan sistem drainase.. Volume saluran harus mampu menampung limpasan air, tapi harus dipikirkan juga masalah teknik resapan airnya.

      Regards,

      Aria

  45. harumi

    Dear

    Maaf Pak mau tanya untuk rumah tipe 70 kira-kira u awal tahun 2012 budgetnya berapa yack yg plg sederhana?
    Tolong donk Pak diberi tau

    Regards,
    Harumi ( Denpasar )

    • @Harumi,

      Untuk biaya konstruksi siapkan saja 3.000.000/m2 nya.

      Perkiraan biaya konstruksi untuk rumah dengan luas 70 m2 = IDR 210.000.000

      Regards,

      Aria

  46. rafika permatasari

    Berapa biaya untuk biaya untuk men-design rmh sy….
    Dgn tipe 60/135 di hoek?

    • Dear Bpk/Ibu. Rafika Permatasari,

      Silahkan langsung menghubungi kami jika anda tertarik menggunakan jasa profesional kami.

      Menggunakan jasa arsitek sesungguhnya tidak mahal, dengan konsep dan desain yang matang akan dapat menghemat uang anda dan memaksimalkan investasi anda.

      Dengan bangunan yang terdesain dengan baik, anda dapat menghindari biaya tak terduga akibat miss planning dan meningkatkan nilainya untuk jangka panjang.

      Best regards,

      Architectaria.

  47. nakthifa Awwaliah Fasur

    Saya ingin mengetahui denah dan perkiraan biaya membangun rumah 1 lantai untuk lahan 150 m2 (10x15m)
    Ruangan yang kami perlukan adalah sbb:
    1. Ruang Tamu 2
    2. Ruang Keluarga
    3. Ruang Makan
    4. Master Bedroom ukrn. 3.5m x 4m
    5. Kamar anak (1 kamar)
    6. Kamar Tambahan (1 kamar)
    7. Taman kecil di bagian dalam
    9. Car port
    10. Dapur
    11. Tempat cuci pakaian
    12. Mini Home Theatre

    • Dear Bpk/Ibu. Nakthifa Awaliyah Fasur,

      Silahkan langsung menghubungi kami jika anda tertarik menggunakan jasa profesional kami.

      Menggunakan jasa arsitek sesungguhnya tidak mahal, dengan konsep dan desain yang matang akan dapat menghemat uang anda dan memaksimalkan investasi anda.

      Dengan bangunan yang terdesain dengan baik, anda dapat menghindari biaya tak terduga akibat miss planning dan meningkatkan nilainya untuk jangka panjang.

      Best regards,

      Architectaria.

  48. junaidi

    assalamualaikum mas….salam kenal dari saya.Mas saya mohon bantuannya saya punya sebidang tanah seluas 300m2 (15 x 20). Rencana saya ingin membangun rumah diatasnya. Tolong mas buatkan design rumah minimalis dgn perincian sbb :
    1. 1 kamar tdr utama dgn kmr mandi didlm
    2. 2 kamar tidur
    3. Tempat Sholat
    4. Kamar mandi
    5. Carport
    6. Teras depan dan belakang
    7. Dapur
    8. Area Mencuci
    9. Kolam utk pelihara ikan di belakang

    Demikian mas. Atas bantuannya saya ucapkan terima kasi

    • Dear Bpk/Ibu. Junaidi,

      Silahkan langsung menghubungi kami jika anda tertarik menggunakan jasa profesional kami.

      Menggunakan jasa arsitek sesungguhnya tidak mahal, dengan konsep dan desain yang matang akan dapat menghemat uang anda dan memaksimalkan investasi anda.

      Dengan bangunan yang terdesain dengan baik, anda dapat menghindari biaya tak terduga akibat miss planning dan meningkatkan nilainya untuk jangka panjang.

      Best regards,

      Architectaria.

  49. kasmawati

    ass mas aria, slm kenal
    sy ingin mengetahui denah dan biaya u bangun rumah di atas lahan 12 X 15m2, yg kami perlukan

    1 kamar tidur utama + kmr mandi d lt 1
    2 kmr tidur ank
    1 kmr tidur mertua
    1 ruang tamu
    1 ruang keluarga (u nonton tv dll)
    kmr mandi
    tempat sholat
    carport
    dapur menyatu dgn taman u pelihara ikan
    tempat mencuci
    taman depan rumah
    sebagai info tmbhan, kami baru saja membeli rumah t35 ( 1 ruang tamu, 2 kmr tdur dan 1 ruang keluarga tnpa wc )tanah yg tersisa 4mtr d dpan rmh, 1mtr samping knan dgn tetangga,5mtr samping kiri brbtsan dgn jln aspal,dan 6mtr bag blakang rmh) rencana rumah kami mw renovasi scra bertahap. jd yg kami bngun dapurnya dulu lalu renovasi ke depan,

    terima kasih banyak kami ucapkan sebelumnya atas bantuannya

    • Dear Bpk/Ibu. Kasmawati,

      Silahkan langsung menghubungi kami jika anda tertarik menggunakan jasa profesional kami.

      Menggunakan jasa arsitek sesungguhnya tidak mahal, dengan konsep dan desain yang matang akan dapat menghemat uang anda dan memaksimalkan investasi anda.

      Dengan bangunan yang terdesain dengan baik, anda dapat menghindari biaya tak terduga akibat miss planning dan meningkatkan nilainya untuk jangka panjang.

      Best regards,

      Architectaria.

  50. Arum

    Salam kenal,,
    Saya mohon bantuannya saya punya sebidang tanah seluas 140m2 (7 x 20). Rencana saya ingin membangun rumah diatasnya. Tolong buatkan design rumah minimalis dgn perincian sbb :
    1 kamar tidur utama yg luas dgn kamar mandi dalam
    2 kamar tidur anak
    1 kamar mandi
    Ruang tamu
    Ruang keluarga
    Dapur dan ruang makan
    Area mencuci dan menjemur
    Taman depan dan garasi
    Teras depan
    Saya ingin pencahayaan yang bagus untuk ruang tengahnya. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas bantuannya…

    • Dear Bpk/Ibu. Arum,

      Silahkan langsung menghubungi kami jika anda tertarik menggunakan jasa profesional kami.

      Menggunakan jasa arsitek sesungguhnya tidak mahal, dengan konsep dan desain yang matang akan dapat menghemat uang anda dan memaksimalkan investasi anda.

      Dengan bangunan yang terdesain dengan baik, anda dapat menghindari biaya tak terduga akibat miss planning dan meningkatkan nilainya untuk jangka panjang.

      Best regards,

      Architectaria.

  51. mei

    salam kenal,
    bisa minta tlg desain rumah untuk daerah yg berair ( rumah harus panggung )dg ukuran tanah 10 x 20 ,yg simpel tp modern,dg kondisi tanah bukan darat.
    thanks before

    • Dear Bpk/Ibu. Mei,

      Silahkan langsung menghubungi kami jika anda tertarik menggunakan jasa profesional kami.

      Menggunakan jasa arsitek sesungguhnya tidak mahal, dengan konsep dan desain yang matang akan dapat menghemat uang anda dan memaksimalkan investasi anda.

      Dengan bangunan yang terdesain dengan baik, anda dapat menghindari biaya tak terduga akibat miss planning dan meningkatkan nilainya untuk jangka panjang.

      Best regards,

      Architectaria.

  52. UHUI BAGUS BANGET. MAU BUAT AH TYPE 70

    • @Tas Kertas,

      Silahkan dipergunakan mas.. Semoga bermanfaat :)

      regards,

      Aria

  53. jay

    saya punya tanah 9 x 12 m rencana pengen bikin rumah dengan rincian 3 kamar, 2 wc, dan ada ruang terbuka di bagian belakang.

  54. sayna

    Mohon penjelasan dan sarannya sy kebetulan punya tanah dengan ukuran 10 x 20 M2 mau sy bangun rumah type 70 lantai 1 lngkp dgn pagar, 3 K Tidur (K Tidur Utama lngkp dgn wc),R keluarga, R Tamu, Dapur bsh & Dapur krng,Taman Depan dan Belakang dan 1 ruangan khusus buat kucing. Kira-kira cukup ga ya lahannya dan berapa kira-kira biaya yg hrs sy sediakan untuk membangun rumah tersebut. Tks

    • @Sayna,

      Perkiraan biaya untuk membangun rumah seluas 70 m2 adalah sebesar IDR 245.000.000 (tidak termasuk pagar). Untuk pembuatan pagarnya berkisar 1 s/d 1,5 jt/m’. Tinggal anda kalikan saja dengan keliling pagar secara keseluruhan.

      Jika anda membutuhkan jasa kami untuk mendesain dan membangun rumah anda, silahkan hubungi kami by email, phone atau by mobile phone. Anda dapat memeriksa alamat email dan nomor2 telfon kami pada halaman CONTACT.

      regards,

      Aria

  55. abie haz

    pak arya…cukup gak ya, dengan budget 120 jt membangun rumah panggung type 70?

    • @Abie,

      Materialnya kayu? Kalau ngga salah saya pernah liat vendor yang menyediakan rumah panggung berbahan dasar kayu kelapa. Kalau itu yang bapak maksud, sepertinya budget bapak cukup :)

      regards,

      Aria

  56. nova

    Malam Pak Arya

    Saya berencana bangun rumah Type 70.Ruangan yang saya butuhkan 1 kamar tidur utama +kamar mandi.2 kamar anak.Ruang tamu.Ruang kelurga.Dapur.Modelnya minimalis tapi yang sederhana saja.luas kamar 3x 3,5.Berapa kira kira biaya yang saya butuhkan. Saya tinggal di payakumbuh.Kotanya tidak terlalu besar.Apa ada perbedaan biaya dengan kota besar2 seperti yang saya baca sebelumnya.Karena saya hanya memiliki dana maksimal 175jt.Mohon bantuannya

    • @Nova,

      Untuk rumah dengan luas 70 m2, setidaknya anda siapkan dana 200 juta. Lebih baik anda spare diatas kebutuhannya, daripada ditengah jalan progressnya tertunda atau mandeg.

      regards,

      Aria

  57. mardan

    pak arya yang terhormat,setelah saya baca artikel anda di atas,kurang lengkap rasanya jika tidak di tampilkan daftar bahan dan jumlah bahan yang akan di gunakan,saya mohon tolong lampirkan bahan2 yang akan terpakai untuk membangun rumah type 70 seperti di atas,contoh besi berapa batang,semen berapa zak dan seterusnya,agar saya dapat memperhitungkan kekuatan dana saya,karena harga bahan di daerah bapak tidak sama dengan harga di daerah saya,saya berdomisili di bukittinggi sumatra barat. mohon bantuannya ya pak trims

    • @Mardon,

      Terlalu banyak filenya jika RAB nya juga harus dilampirkan pak :) Yang penting kan taksiran biaya pembangunannya sudah saya berikan, lagian pembangunan rumahnya juga anda laksanakan dan supervisi sendiri, kenapa harus bingung sama bill of quantity nya? Kecuali anda akan menggunakan jasa kontraktor, maka RAB itu penting buat mengontrol budget dan progress pekerjaannya.

      regards,

      Aria

  58. mardan

    pak arya yang terhormat,setelah saya baca artikel anda di atas,kurang lengkap rasanya jika tidak di tampilkan daftar bahan dan jumlah bahan yang akan di gunakan,saya mohon tolong lampirkan bahan2 yang akan terpakai untuk membangun rumah type 70 seperti di atas,contoh besi berapa batang,semen berapa zak dan seterusnya,agar saya dapat memperhitungkan kekuatan dana saya,karena harga bahan di daerah bapak tidak sama dengan harga di daerah saya,saya berdomisili di bukittinggi sumatra barat. mohon bantuannya ya pak trims, tolong di balas fia e mail saya ya pak?

  59. Budi

    Salam kenal mas,

    Rumah saya 70 m persegi dengan design kira-kira hampir sama seperti design mas, hanya saja saya tidak punya kamar no 3. Area tersebut hanya diisi sebuah jendela ke taman belakang. Saya ingin renovasi rumah saya karena 2 kamar sekarang tidak cukup. Tapi saat yang sama saya merasa sayang kehilangan jendela ke belakang karena cahaya akan tertutup kalau saya bangun kamar ketiga di atas garden. Apa yang harus saya lakukan ya mas. Mohon saran. Terima kasih sebelumnya.

    • @Budi,

      Gunakan skylight untuk tetap mendapatkan cahaya alami.

      regards,

      Aria

  60. Edward

    Selamat Pagi pak Arya,

    Mohon izin untuk menggunakan design rumah type 70 ini untuk pembangunan rumah kami di Lampung.
    Hanya saya mohon saran bapak, bagaimana strateginya kalau saya mau membangun rumah ini dalam 3-4 tahap, mengingat biayanya tidak bisa sekaligus. Bagian mana yang harus dibuat dulu, berikutnya yang mana dst..
    Saya mohon saran bapak, saya ucapkan terima kasih semoga bapak selalu diberi rejeki dan kesehatan. Amin

    • @Edward,

      Untuk proses pembangunananya, mungkin yg jadi prioritas adalah strukturnya dulu pak, setelah itu baru proses pekerjaan finishingnya.

      Best regards,

      Aria

  61. boby eko

    salam kenal pak. saya tertarik dengan design yang anda buat
    mohon bantuannya ,saya berencana membangun rumah dengan luas tanah 18 x 38 m. Saya berencana membangun rumah dengan ukuran 14 x 16 m. Dengan spesifikasi sebagai berikut :1. Ruang tamu2. Kamar tidur utama dengan kamar mandi di dalam (tidak usah terlalu besar)3. 3 Kamar tidur anak ( 2 kamar tersedia kamar mandi )4. Ruang keluarga5. Ruang makan + dapur6. Kamar mandi7. Taman+teras belakang+teras depan8. Tempat mencuci+jemur9. Mushola kecil10. Gudang11. Garasi mobilMohon bantuannya dan penataannya1. atas bantuannya saya mengucapkan terimakasih.

    • @Boby,

      Silahkan langsung menghubungi kami jika anda tertarik menggunakan jasa profesional kami.

      Menggunakan jasa arsitek sesungguhnya tidak mahal, dengan konsep dan desain yang matang akan dapat menghemat uang anda dan memaksimalkan investasi anda.

      Dengan bangunan yang terdesain dengan baik, anda dapat menghindari biaya tak terduga akibat miss planning dan meningkatkan nilainya untuk jangka panjang.

      Best regards,

      Architectaria.

  62. AMRULLAH

    Assalamualaikum Wr.Wb. Selamat Malam….
    Salam kenal pak. saya tertarik dengan design yang anda buat
    mohon bantuannya ,saya berencana membangun rumah dengan luas tanah L 10 x P 24 m. Saya berencana membangun rumah dengan ukuran P 18 x L 8 m. Dengan spesifikasi sebagai berikut :
    Bertingkat 2 (ada balkon)
    1.Ruang tamu
    2.Kamar tidur utama dengan kamar mandi+WC di dalam (tidak usah terlalu besar)
    3. 2 Kamar tidur anak (2 kamar tersedia kamar mandi+WC)
    4.Ruang keluarga
    5.Ruang makan + dapur
    6.1 Kamar mandi 1 WC
    7.Taman+teras depan. Taman+teras samping
    8.Tempat mencuci+jemur
    9.Mushola kecil
    10.Gudang
    11.Garasi mobil
    Mohon bantuannya dan penataannya.
    Atas bantuannya saya mengucapkan terimakasih.

  63. Idham Cholik W

    dear mas
    Sy mempunyai sebidang tanah dgn luas 10X20 m, yang akan saya relisasikan dalam wkt 1 – 2 thn ke depan. saya bermaksud merencanakan denah 1 lantai, sy sdh mencari informasi denah yg pas baik dari internet maupun brosur di pameran rumah, tapi msh bingung menentukan tata ruang yang pas untuk denah rumah kami, sebagai informasi saya inginkan :
    1. ruang tamu
    2. ruang tidur utama dgn kmr mandi di dalam dgn / tanpa bathup tanpa WC.
    3. 2 ruang tidur anak
    4. ruang tengah/keluarga
    5. dapur model terbuka menyatu dgn r. tengah
    6. kmr mandi luar dgn WC, depan kamar mandi buat cucian ( ato bisa dtambahkn kmr mandi lagi )
    7. taman teras depan & belakang
    8. garasi mobil + motor di dalam dan ada teras menuju ruang tengah.
    9. cahaya dan sirkulasi udara pada stiap ruang jg menjadi petimbangan
    10. gudang
    11. tempat jemur (bias memanfaatkan sisa tanah)
    Sy sdh mencoba corat-coret dengan membuat ruang dengan mambuat jalan di samping ( lompongan : bhs jawa ) di kanan dan kiri untuk sirkulasi udara, tp seakan2 belum pas.
    Mohon bantuan Mas Rudy untuk memberi gambaran model denah berikut fasat yang pas buat saya.
    Atas bantuan dan perhatiannya, saya mengucapkan banyak terima kasih.

    With best regard

  64. hanum

    Assalamualaikum Wr.Wb. Selamat Malam….
    Salam kenal pak. saya sangat tertarik dengan design yang bapak buat,kbtulan saya mau bangun rumah pak tapi saya gak pandai bikin denahnya pak,saya minta tolong di desainkan rumah minimalis, ukuran tanah saya 408 m (panjang 12 m dan lebar 34 m menghadap (matahri terbit), adapun rumah yg ingin saya bangun terdiri dari :
    1 buah Kamar Utama + Kamar Mandi (Kamar mandi dalam kamar dengan shower+bathup+kloset biasa)
    2 buah kamar anak + kmr mandi biasa
    1 buah mushala kecil
    1 buah dapur+ ruang makan
    1 buah kamar mandi+WC
    1 ruang tamu
    1 ruang keluarga (untuk nonton, dll)
    1 teras depan + taman kecil
    1 teras belakang + taman kecil
    garasi mobil dan mtor
    cahaya dan sirkulasi udara pada stiap ruang jg menjadi petimbangan dan sya inginnya jalan kedapur diberi sdkit jenjang karena saya pngen area dapur dan ruang makan tersendiri pak..tolong banget ya pak dan brapa kira2 biayanya pak??sebelumnya saya ucapkan terimakasih pak

    Saya tunggu kiriman dari bapak ke : hanum_shi@yahoo.com
    Akhri kata saya ucapkan terimakasih banyak atas balasannya…

    • @Hanum,

      Silahkan langsung menghubungi kami jika anda tertarik menggunakan jasa profesional kami.

      Menggunakan jasa arsitek sesungguhnya tidak mahal, dengan konsep dan desain yang matang akan dapat menghemat uang anda dan memaksimalkan investasi anda.

      Dengan bangunan yang terdesain dengan baik, anda dapat menghindari biaya tak terduga akibat miss planning dan meningkatkan nilainya untuk jangka panjang.

      Best regards,

      Architectaria.

  65. tantri niwnofur

    salam kenal,,,
    saya punya sebidang tanah dengan ukuran 15m X 15m. saya ingin membangun rumah dengan ukuran 12m X 12m. Rumah saya menghadap arah selatan. saya minta tolong berikan contoh design rumah, yang sesuai dengan kebutuhan kami. diantaranya:
    1 ruang tamu
    1 ruang keluarga
    1 dapur
    2 kamar tidur dewasa
    1 kamar tidur anak
    2 kamar mandi
    1 tempat untuk mencuci & setrika pakaian
    1 tempat jemur pakaian
    1 gudang
    1 teras depan
    1 teras samping dengan dek kayu
    1 taman dan mini kolam di sebelah teras depan.
    pencahayaan dan sirkulasi udara yang baik. dengan gaya tradisional jepang yang modern.
    thanx yahc… mas. maaf kalau terlalu banyak.. :-)

    • @Tantri,

      Silahkan langsung menghubungi kami jika anda tertarik menggunakan jasa profesional kami.

      Menggunakan jasa arsitek sesungguhnya tidak mahal, dengan konsep dan desain yang matang akan dapat menghemat uang anda dan memaksimalkan investasi anda.

      Dengan bangunan yang terdesain dengan baik, anda dapat menghindari biaya tak terduga akibat miss planning dan meningkatkan nilainya untuk jangka panjang.

      Best regards,

      Architectaria.

  66. Sbachrun

    Sore pak,
    Mohon izin untuk memakai desain untuk rumah saya
    terimakasih

    seto

  67. supriyanto

    Slamat malam saya tertarik dengan artikel anda , kalo bisa bantu desain rumah saya tolong di bantu, sya punya rumah 70 meter lebar belakang 4 meter lebar depan 6.5 meter, sedangkan rumah saya sudah saya bangun setengahnya yang di belakang sudah saya dak, nah rencananya sya mau renovasi skalian rubah depan untuk garasi dan ruang tamu + taman kecil,kamar saya mau tarok di lantai dua, mhon bantuanya bila berkenan silahkan Email ke saya supriyanto8@ymail.com.
    salam

  68. nice info
    tanks

  69. WIWIN WINARSIH

    Saya punya sebidang tanah dengan ukuran 7×20 meter persegi.Dengan luas segitu saya pakai untuk rumah hanya
    7x12meter persegi saja,sisanya untuk pekarangan ,bisa dibuatkan
    layout denahnya?terima kasih banyak.

    wiwin.w- Sumedang

  70. WIWIN WINARSIH

    Saya mempunyai sebidang tanah dengan ukuran 7 x 20 meter persegi,dengan ukuran segitu saya buatkan untuk rumah dan warung kecil dengan ukuran 7 x 14 meter persegi sisanya untuk
    pekarangan rumah,minta bantuannya untuk dibuatkan layout denahnya seperti apa,terima kasih.

    wiwin.w

  71. tati nurhayati

    Semangat pagi

    Saya punya rumah yg akan di renovasi luas tanah 9 x 12 =105 m , luas bangunan 36, 2 kamar tidur dan ruang tamu dan keluarga. Saya ingin menambahkan 1 kamar tidur, kamar mandi , dapur dan ruang makan serta utk laudri di belakang. Rencananya kamar yg blakang di perbesar dan ada kamar mandi dalam. Setiap ruangan mendapatkan ventilasi udara. Mohon dibantu

Leave a Comment