Desain Rumah Mungil Type 45

Halo pengunjung setia architectaria.com, apa kabar anda semua? semoga anda dan keluarga senantiasa sehat selalu. Jika pada artikel desain rumah mungil sebelumnya saya memposting artikel tentang Desain Rumah Mungil Type 27 dan Desain Rumah Mungil Type 36, maka pada kesempatan kali ini akan saya lanjutkan dengan Desain Rumah Mungil Type 45.

Seperti 2 artikel sebelumnya, maka desain rumah mungil kali ini saya berikan free alias gratis, dan dapat anda pergunakan jika desain rumah ini sesuai dengan kebutuhan anda. Ada banyak comments yang masuk melalui website architectaria.com yang meminta desain rumah mungil diatas lahan dengan lebar 8 m dan panjang 15 m, dan dari hasil corat-coret maka didapatkan desain rumah dengan luas 45 m2 diatas lahan seluas 120 m2.

Denah dan Tampak Depan

Gambar 1 – Denah/Layout dan Tampak Depan Rumah Type 45 (Klik Pada Gambar Untuk Memperbesar)

Desain rumah mungil type 45 ini terdiri atas 2 kamar tidur, ruang tamu, ruang keluarga, beranda yang juga berfungsi sebagai tempat menerima tamu, dapur, dan taman (depan dan belakang). Jika anda memiliki lahan/kavling dikawasan perumahan, desain rumah ini dapat anda kembangkan lagi dalam bentuk layout baru yang tentu sesuai dan mengakomodasi kebutuhan anda dan keluarga. Gambar desain rumah mungil type 45 yang saya tampilkan hanyalah gambar referensi buat anda.

Denah

Gambar 2 – Denah/Layout Rumah Type 45 (Klik Pada Gambar Untuk Memperbesar)

Tampak Depan

Gambar 3 – Tampak Depan Rumah Type 45 (Klik Pada Gambar Untuk Memperbesar)

Perkiraan biaya untuk membangun rumah type 45 seperti gambar desain diatas adalah sebesar: 1,5 juta/m2 dan estimasi biaya produksi total untuk rumah seluas 45 m2 adalah sebesar: 70 juta rupiah. Tentunya perkiraan/taksiran biayanya harus disesuaikan dengan upah pekerja dan harga material dikota anda, dan biaya diatas tidak termasuk harga tanah (hanya harga/biaya produksi rumahnya saja).

Demikian posting artikel kali ini, semoga desain rumah mungil type 45 seperti pada gambar diatas bermanfaat buat anda. Pada kesempatan seri desain rumah mungil berikutnya saya akan menampilkan gambar desain rumah mungil type 50 atau type 70. Selamat berakhir pekan dan semoga kebahagiaan selalu menyertai anda dan keluarga.

Artikel lain yang sesuai: Desain Renovasi Dan Pengembangan Rumah Type 45

..

Architectaria – Arsitek dan Perencana

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

55 Comments

  1. Lian

    Kebetulan sekali saya sedang mencari denah rumah type 45. Bisa tidak kalau dengan ukuran tanah 8 m x 15 m dibuat lebih dari 2 kamar? misalnya 3 atau 4 kamar? karena kalau saya lihat masih ada sisa tanah dibelakang yg bisa dimanfaatkan?

    Trims,

    Lian

  2. ari m r

    Salam sukses utk architectaria.com
    Menarik sekali artikel2 tentang rumah mungil ini,hal ini sangat bermanfaat untuk orang2 yg bisa membeli lahan dikota besar namun karena harganya mahal shg lahan atau rumah yang dibeli biasanya berukuran kecil.namun kebanyakan contoh design yang ditampilkan bentuk tanahnya prporsional. Apakah architectaria bisa
    Membantu Saya membuat design utk uk.3,4x24m.dimana rumah yang dibuat memenuhi kriteria rumah sehat spt dalam artikel yang dimuat disini. Saya ingin dengan tanah yg ada bisa maksimal penggunaannya,spt punya resapan air hujan,ada garasi,kolam ikan kecil, KP n WC di lt 1(satu).di lantai atas ada kmr setrika,jemuran,kmr anak dan utama juga kmr mandi.sebagai informasi tanah didaerah saya ini ada rencana pelebaran jalan sepanjang 3mtr dimuka rumah. Demikian sekilas gambaran rumah yg saya inginkan,terimakasih atas bantuannya.

    Salam,
    Ari

  3. Nunuk

    Minta izin untuk menggunakan desain rumah type 45 seperti gambar-gambar rumah diatas.

    Thanks,

    Nunuk TW

  4. Nunuk

    Saya mau tanya lagi pak, kalau saya mau menggunakan desain rumah type 45 diatas.. untuk master desainnya saya harus bayar berapa? Kalau bisa jangan terlalu mahal yah pak, antara 1 jt s/d 1,5 jt bisa nggak pak?

    Thanks,

    Nunuk TW

  5. IPUNK

    Saya mau tanya adakah contoh design rumah yang 1 lantai minimalis, karena saya akan membangun rumah diatas lahan kecil ukuran 7 x 12 m memanjang kesamping. saya kepengin membangunnya dengan spec 1 kamar tamu sekaligus tempat aktifitas (kantor kecil), 2 kamar tidur, ruang makan, ruang kelurga, dapur, garasi.
    Rumah menghadap 2 arah (depan dan samping),tp yang utama yg menghadap ke depan yg ukuran 12 meter tersebut.
    Mohon penjelasannya.
    terima kasih banyak…

  6. Emelya.S

    Pagi Pak,

    Saya mohon informasi, kl saya akan renovasi rumah type 36 diatas lahan 156m, kira2 brp biaya yg dikeluarkan utk membantu kami membuat model/denah rumah. kami mengingkan sekali rumah yg kami renovasi dpt menggunakan lahan secara maksimal dan dengan hasil yang baik. Mohon sekali bantuannya

    Terimakasih
    Melly

  7. murniati

    pak saya mau bangun rmh minimalis diatas tnh 6x15m2 tingkat..dgn rincian sbb ; lt bwh 1 kt uk 4 x 3 n n lt atas 2 kt ank n 1 kt tamu uk 3 x 3,5m..ttl seluruh bngn 120-130m2..km 2 bh ats n bwh..tlg digambarin dong..berapa biaya designnya..tks

  8. Yoseph

    Kebetulan rumah kami persis dengan design bapak ini, baik bentuk maupun ukurannya (mgkn developernya dapat ide dari sini kali ya….)
    bedanya hanya letak pintu belakang dibuat lurus dengan pintu depan.

    Selanjutnya kami ingin membangun untuk sisa tanah dibelakang (2 lantai).
    yang kami butuhkan adalah :

    Lantai 1
    - km mandi + tempat cuci
    - dapur
    - 1 kamar (rencana untuk gudang barang2)

    Lantai 2
    - 1 Kamar
    - Lantai jemur

    kami sangat mengharapkan contoh design / denahnya dari bapak..
    trims sebelumnya..

  9. fitri prianda

    Pak..saya ingin membangun rumah diatas tanah seluas 72m2. sebenarnya sekarang sudah ada bangunan diatas lahan tersebut berupa rumah dengn ruang tamu, 1 kamar tidur & kamar mandi, tetapi blm dilengkapi dengan mesin air & septic tank.
    Rencananya saya ingin membangun rumah dua lantai. Lantai 1 terdiri dari 1 Kamar tidur, 1 ruang tamu, ruang makan, dapur & kamar mandi. di lantai 2 terdiri dari 2 kamar tidur anak, 1 kamar mandi, ruang nonton TV, tempat cuci + jemur. Pertanyaan saya adalah:
    1. saya masih bingung dimana sebaiknya saya membuat 1 kamar lagi untuk pembantu.
    2. Berapa dana yg dibutuhkan untuk membangun rumah ini dengan konsep minimalis? dana yg saya punya sekarang adalah 80 juta.
    Terimakasih sekali atas perhatian bapak.

  10. Oka

    Melihat denah tersebut diatas, belum sempurna :
    1. Pintu kamar saling barhadapan
    Tidak baik, karena dalam ilmu Feng Shui dapat menimbulkan prahara dalam rumah tangga.
    2. Pintu belakang yang ngambang / tanpa dinding.
    Membuat ruangan dibelakang pintu sulit dijangkau, dan sepertinya hanya bisa digunakan sebagai taman.
    3. Kamar Mandi tanpa fentilasi.
    Kalaupun diatas pintu KM/WC ada pentilasi/lobang angin, tentunya tidak baik karena mengarah ke R.Tamu. Perlu tambahan “Exhaust Fan” pada flafond KM/WC.

    Sekian sekiranya dapat digunakan sebagai masukan!

  11. Tetin

    bagus sekali artikel bapak. Pak, rumah saya merupakan gabungan dari 2 rumah tipe 21 luas tanah 60m, hanya di bagian tengah saja yang dibongkar. Bagaimana desain yang bagus untuk rumah ini pak, trims.

  12. jonk_banten

    Kalw disertain dgn RAB-nya
    Pasti lebih mantap surantap…

  13. Very interesting project

  14. sriwanti belani

    Aq mw bkin rmh yg cntik n mnimalis,,bsa gak mnta gmbar desain rmhnya hehe…

  15. Atikah

    Saya punya nah seluas 95Mtr di atas tanah tsb ada bangunan Type 21 masih standart banget, nah saya ingin bangun bagian belakang dan depan mau di pagar depan….tapi masih bingung neh design dan RAB nya…..bisa bantu , supaya siap dari segi keuangannya….tks

  16. Rasidi

    salam kenal, saya punya KPR dengan luas tanah 14×13,5 m hook, tapi yang sudah dibangun oleh developer adalah 6×6, dengan perincian :
    - sisa tanah didepan 4 meter, belakang 4 meter, samping kiri 0,5meter dan samping kanan 7 meter, bagai manakah sebainya saya melakukan pengembangan dengan keinginan 2 KT, 1 wc/KM, R tamu, R kel, dapur dan R makan. terima kasih atas perhatian & balasannya.

  17. Rasidi

    salam kenal, saya punya KPR dengan luas tanah 14×13,5 m hook, tapi yang sudah dibangun oleh developer adalah 6×6, dengan perincian :
    - sisa tanah didepan 4 meter, belakang 4 meter, samping kiri 0,5meter dan samping kanan 7 meter, bagai manakah sebainya saya melakukan pengembangan dengan keinginan 2 KT, 1 wc/KM, R tamu, R kel, dapur dan R makan dengan catatan samping kanan rumah dibiarkan kosong. terima kasih atas perhatian & balasannya.

  18. IKA

    mau tanya..klo saya punya lahan itu hanya sekitar 5 x 6 meter. klo misal mau di bangun rumah itu desainnya kayak apa ya? terima kasih sebelumnya

  19. dedi_ws

    Mau tanya, sya punya tanah 10 x 15 m, rencana sih mau bangun rumah papan diatasnya dgn uk 7×9 m, bisa tlg digambarkan denahnya (spek. 3 kmr, n mau model L, r,tamu dan r.keluarga pisah) dengan papannya model berdiri.

  20. johan

    Thanks atas infonya kebetulan sudah lama ada rencana bangun rumah di tanah ukuran 10 x 28M2.

    Thanks,

  21. Anto

    Saya punya lahan 8m x 16m, berencana bangun rumah 2 lantai dengan desain kalau dilihat dari depan, seolah olah rumah 1 lantai.
    Mohon saran desain :
    Lantai 1 : 2 kamar tidur, 1 kamar mandi + wc, dapur, ruang tamu, ruang keluarga, carport.
    Lantai 2 : 2 kamar tidur anak, mushala + ruang baca, tempat cuci + tempat jemuran, 1 kamar mandi, 1 wc.
    Terimakasih

  22. jumah

    Asalamualaikum, dan salam sejahtera bagi bapak…
    smoga dalam keadaan sehat dan tidak kurang suatu apapun.

    Saya mau minta tolong untuk dibuatkan model rumah minimalis dengan tipe 45 ( gambar dan denah )serta spesifikasi bahan yg dibutuhkan serta RAB nya pak.

    Ukuran Tanah saya : 10 M x 22,5 M, Ukuran tersebut sulit bagi saya untuk membuat rumah pak, bagian tanah yg uk. 10 M menghadap kejalan pak.

    Demikian pak, kiranya bapak dapat membantu saya, lebih dan kurang saya aturkan terima kasih.

    an. Jumah-Pekanbaru ( Riau )

  23. Athie

    Halo Salam Kenal!
    Saya berencana ingin membangun rumah 1 lantai diatas lahan seluas +/- 90m2 dgn deskripsi sbb :

    1. Garasi mobil
    2. 2 kamar tidur
    3. 1 kamar mandi (closet duduk + shower)
    4. dapur
    5. ruang tamu
    6. ruang makan
    7. kmr tidur pembantu
    8. kamar mandi pembantu
    9. taman belakang
    10. taman depan

    Mohon bantuannya, fyr sy prefer ada akses 2 pintu masuk kedalam rumah,
    melalui raung tamu dan ruangan lain (ex: dapur), sehingga tidak mengganggu jika sedang menerima tamu.

    Sebelumnya saya ucapkan terimakasih atas bantuannya.

    Salam Athie

  24. nathasya

    mas…ada ga desain rumah minimalis 2 lantai di atas lahan 330m2..??
    kalo ada,,boleh tolong dikirim ke email saya buat referensi,,alx mw bangun rumah nii…
    tq ya

  25. Tawakkal

    dear Architectaria

    salam kenal,

    setelah saya membaca beberapa artikel yang dimuat di situs ini, saya mempunyai konsep / gambaran seperti apa rumah idaman yang akan buat..
    terima kasih saya ucapkan

  26. gusna

    salam kenal. saya punya tanah uk. 10 x 13M dan berencana ingin membangun rumah denga type 45. bisa saya minta contoh rumah minimalis. dan berapa kira-kira biaya yang di perlukan untuk membangun rumah tersebut. atas bantuannya saya ucapkan terima kasih banyak.

  27. aspari

    AssWW
    Saya punya tanah yang lebarnya 4,3 M panjangnya 20 M.
    Tolong donk buatkan desain nya untuk 2 lantai lengkap.
    Dengan sirkulasi udara yang apik dari depan tengah dan belakang.
    Dan ada sedikit tamanlah ditempat sirkulasi udara tersebut untuk cuci mata.
    Sehingga ngak sumpek, walaupun lebarnya minim.
    Atas bantuannya saya ucapkan banyak-2 terima kasih.
    Wassalam
    Aspari

  28. muhamad

    Ass.wr.wb

    saya pak Muhamad, asal solo
    saya mempunyai tanah lebar 10,5 m x 20 m
    rencana saya mau jadikan 2 rumah dgn ukuran 5m x 20 m (tingkat/2 lantai)
    mohon bantuan atau desain dgn denah 2 lantai yang mana nanti terdapat sirkulasi udara, dan tidak terlihat sumpek. desain modern dan minimalis.
    dengan jumlah kamar 3 kamar, 2 kamar mandi
    atas bantuannya saya ucapkan terima kasih
    wassalam
    muhamad

  29. ego

    tlg di buatkan denah untuk ruma type 43/112 pak.
    kamar 3 dan kamar mandi 2..satu kamar mandi berada dalam kamar utama.
    terimakasih sebelumnya pak.

  30. Olick

    kebetulan x gan ane ge cari brosur na g dpt rupanya d sini ada.btw gan sebenarnya tipe 45 mksd nya apa y??ane kurang faham

    • @Olick: Maksudnya luas bangunannya 45 m2 mas.

  31. salam…
    saya baru aja kredit btn tipe 45, masih bangun pondasi… kondisi tanah bergambut hampir sepinggang… trus pake pondasi batu belah yang dibawahnya digunakan cecurut kayu galam….sya mohon saran bagaimana agar kedepannya bisa menambah satu kamar tidur dan dapur. ukuran tanah nya 10 x 19 m. tq….

    Jawab:

    Penggunaaan cerucuk kayu+papan yang diletakkan dibawah pondasi sudah betul.

    Perhatikan juga dimensi pondasinya, jangan terlalu masif. Karena untuk lahan gambut, massa bangunan harus lebih ringan.

    Jika anda ingin menambah kamar, sebaiknya ditingkat keatas, atau jika ingin tetap 1 lantai, maka anda harus memperisapkan jalur pondasi+sloof untuk persiapan kamar yang akan anda bangun berikutnya.
    Konsepnya seperti rumah tumbuh saja. Cuma rumahnya tidak dikembangkan keatas yah.

    Regards,

    Architectaria

  32. nandi

    selamat malam,,

    saya mau minta saran,saya memiliki rummah tipe 36 dengan luas tanah 80m2,saya ingin merenovasinya supaya menjadi 3kamar tidur dan memiliki akses tangga untuk menjemur pakaian ke atas dan tempat area cuci,,,
    saya mohon saran atau denah layout nya kalau bisa,,,
    terima kasih sebelumnya,,

    thanks,,
    nandi

  33. Purnomo

    Halo Salam Kenal!
    Saya berencana ingin membangun rumah 1 lantai 54/90m2 dgn deskripsi sbb :

    1. Garasi mobil
    2. 2 kamar tidur
    3. 1 kamar mandi utama(closet duduk + shower)
    4. dapur
    5. ruang tamu
    6. ruang makan
    7. kmr tidur pembantu
    8. kamar mandi umum
    9. taman belakang
    10.taman depan

    Mohon bantuannya, fyr sy prefer ada akses 2 pintu masuk kedalam rumah,
    melalui raung tamu dan ruangan lain (ex: dapur), sehingga tidak mengganggu jika sedang menerima tamu.

    Sebelumnya saya ucapkan terimakasih atas bantuannya.

    wassalam
    Purnomo

    • Dear Bpk/Ibu. Purnomo,

      Silahkan langsung menghubungi kami jika anda tertarik menggunakan jasa profesional kami.

      Menggunakan jasa arsitek sesungguhnya tidak mahal, dengan konsep dan desain yang matang akan dapat menghemat uang anda dan memaksimalkan investasi anda.

      Dengan bangunan yang terdesain dengan baik, anda dapat menghindari biaya tak terduga akibat miss planning dan meningkatkan nilainya untuk jangka panjang.

      Regards,

      Architectaria.

  34. jurnalis

    kalo buat rumah uk 7×12 berapa banyak material yg di perlukan dan berapa dana nya

    • @Jurnalis,

      Untuk perkiraan biaya membangun rumahnya sekitar 210.000.000 s/d 250.000.000

      Regards,

      Aria

  35. Nasikin

    Matur nuwun artikelnya bisa banyak bantu. Tolong buatkan RAB tipe 45 berikut rincian materialnya. Soalnya mau beli material dengan mencicil. Alias nabung material. Misalnya sekarang ada dut dikit nyicil beli besi dulu, ada duit dikit lagi beli batu, pasir, kayu dan seterusnya. Agar beli barang ukuran dan jumlahnya pas, tolong ya.. Mas terbitin postingan lagi. Perlu sekali nih… Dan mungkin banyak juga yg berencana memiliki rumah seperti saya.Sekali lagi Matun Nuwun & salam kompak buat semuanya.

  36. edi s

    saya punya rumah dipertigaan, mau direnovasi lantai dua, luas tanah 100m2, kondisi bangunan sekarang baru, 3 kamar tidur, r. keluarga, r.tamu, KM, dapur dan garasi, rumah menghadap ke selatan, mohon petunjik, terima kasih

    • Dear Bpk/Ibu. Edi,

      Silahkan langsung menghubungi kami jika anda tertarik menggunakan jasa profesional kami.

      Menggunakan jasa arsitek sesungguhnya tidak mahal, dengan konsep dan desain yang matang akan dapat menghemat uang anda dan memaksimalkan investasi anda.

      Dengan bangunan yang terdesain dengan baik, anda dapat menghindari biaya tak terduga akibat miss planning dan meningkatkan nilainya untuk jangka panjang.

      Best regards,

      Architectaria.

  37. bermanfaat sekali artikelnya. trimksh

    • @Tas Kertas,

      Thanks.. Good luck buat tas kertanya ya :)

      regards,

      Aria

  38. liar ayik

    hello

    saya mau buat rumah kecil minimalis 1 tingkat….
    ukuran tanah 10 x 20 m2

    1. 3 kamar tidur tp yg 1 di lantai atas
    2. 1 kamar mandi utama
    3. dapur
    4. ruang tamu
    5. ruang makan
    6. taman depan
    7. rental ps di lantai atas

    • Dear Bpk/Ibu. Liar Ayik,

      Silahkan langsung menghubungi kami jika anda tertarik menggunakan jasa profesional kami.

      Menggunakan jasa arsitek sesungguhnya tidak mahal, dengan konsep dan desain yang matang akan dapat menghemat uang anda dan memaksimalkan investasi anda.

      Dengan bangunan yang terdesain dengan baik, anda dapat menghindari biaya tak terduga akibat miss planning dan meningkatkan nilainya untuk jangka panjang.

      Best regards,

      Architectaria.

  39. yudi

    rumah sy type 48 tanah 104. rencana mau tingkat..sya ingin kamar 4 atas bawah, ruang keluarga, r. makan, r. sholat dan taman didalam, dapur, 2 kamar mandi berapa biayanya ya?

    • @Yudi,

      Biayanya tergantung berapa luas bangunan baru yang akan dibuat.. Perkiraan biaya konstruksinya sekarang sekitar 3,5 jt/m2 yah.

      regards,

      Aria

  40. yudi

    rumah sy type 48 tanah 104. rencana mau tingkat..sya ingin kamar 4 atas bawah, ruang keluarga, r. makan, r. sholat dan taman didalam, dapur, 2 kamar mandi berapa biayanya ya? dan berapa lma biasanya pengerjaaannya

  41. fauzunnor

    Saya punya tanah seluas 140m2, rencana dibangun rumah minimalis type 50, kira2 yang baik untuk 1 lantai bagaimana dan untuk 2 lantai bagaiman dan desainnya yang baik bagaiman, terimakasih

    • @Fauzunnor,

      Silahkan langsung menghubungi kami jika anda tertarik menggunakan jasa profesional kami.

      Menggunakan jasa arsitek sesungguhnya tidak mahal, dengan konsep dan desain yang matang akan dapat menghemat uang anda dan memaksimalkan investasi anda.

      Dengan bangunan yang terdesain dengan baik, anda dapat menghindari biaya tak terduga akibat miss planning dan meningkatkan nilainya untuk jangka panjang.

      Best regards,

      Architectaria.

  42. supriyanto malang

    Gini pak saya ingin menambah dan merenovasi rumah saya…… rumah saya ini terdiri dari 2 kamar tidur, ruang tamu kamar mandi dan dapur untuk dpur ada di depan samping ruang tamu…… dan di belakang ada sisa tanah kurang lebih 5 meter. Dana disisa tanah saya ini mu saya tambah bangunan 2 kamar tidur, kamar mandi dan tempat cucian. Keinginan saya mau asya buat 2 lantai di tanah sisa itu jadi lantai 2 tidak sampai depan hanya di belakang. Serta di tengahnya ada sedikit taman hingga ada udara yang masuk. Perlu di ketahui bentuk tanah saya ini memanjang 7 x 19 meter……dengan ini sekiranya bapak mu membantu saya untuk menggambarkan denahnya sekalian biaya yang perlu di sediakan untuk membungun ruamah itu

    • @Supriyanto,

      Silahkan langsung menghubungi kami jika anda tertarik menggunakan jasa profesional kami.

      Menggunakan jasa arsitek sesungguhnya tidak mahal, dengan konsep dan desain yang matang akan dapat menghemat uang anda dan memaksimalkan investasi anda.

      Dengan bangunan yang terdesain dengan baik, anda dapat menghindari biaya tak terduga akibat miss planning dan meningkatkan nilainya untuk jangka panjang.

      Best regards,

      Architectaria.

  43. yuli amalia wati

    bapak saya mempunyai tanah panjang 20 meter dan lebar 6 1/2 meter ,rencana ny saya mau bikin
    ruang tamu
    dapur ruang +ruang makan
    tiga kamar ,pengen ny kamar yang ke satu ny lebih besar dan ada toilet didalam kamar ke satu

    +satu toilet lagi untuk di luar kamar.bapak mohon di batu semua kebingungan ku
    +ada teras di depan rumah

    • @Yuli Amalia,

      Silahkan langsung menghubungi kami jika anda tertarik menggunakan jasa profesional kami.

      Menggunakan jasa arsitek sesungguhnya tidak mahal, dengan konsep dan desain yang matang akan dapat menghemat uang anda dan memaksimalkan investasi anda.

      Dengan bangunan yang terdesain dengan baik, anda dapat menghindari biaya tak terduga akibat miss planning dan meningkatkan nilainya untuk jangka panjang.

      Best regards,

      Architectaria.

  44. Zulkarnaen

    Slamat pagi..mohon informasinya beberapa komponen biaya di bawah ini utk wilayah jawa timur.
    1.luas bagunan 50/100.brpa biaya per m persegi (diluar harga tanah).
    2.brpa biaya IMB dan surat2 lainnya
    Atas informasinya.trima kasih.sukses slalu..

Leave a Comment