Desain Rumah Mungil Type 36

Halo pengunjung setia architectaria.com, apa kabar anda semua? semoga anda dan keluarga senantiasa sehat selalu. Jika pada artikel desain rumah mungil sebelumnya saya memposting artikel tentang Desain Rumah Mungil Type 27, maka pada kesempatan kali ini akan saya lanjutkan dengan Desain Rumah Mungil Type 36.

Seperti desain sebelumnya, maka desain rumah mungil kali ini saya berikan free alias gratis, dan dapat anda pergunakan jika desain rumah ini sesuai dengan kebutuhan anda. Ada banyak comments yang masuk melalui website architectaria.com yang meminta desain rumah mungil diatas lahan dengan lebar 6 m dan panjang 12 m, dan dari hasil corat-coret maka didapatkan desain rumah dengan luas 36 m².

Gambar 1 – Denah dan Tampak Depan Bangunan (Klik Pada Gambar Untuk Memperbesar)

Desain rumah mungil type 36 ini terdiri atas 2 kamar tidur, ruang tamu, ruang keluarga, beranda yang juga berfungsi sebagai tempat menerima tamu, dapur, dan taman (depan dan belakang). Jika anda memiliki lahan/kavling dikawasan perumahan, desain rumah ini dapat anda kembangkan lagi dalam bentuk layout baru yang tentu sesuai dan mengakomodasi kebutuhan anda dan keluarga. Gambar desain rumah mungil type 36 yang saya tampilkan hanyalah gambar referensi buat anda.

Denah
Gambar 2 – Denah/Layout Bangunan (Klik Pada Gambar Untuk Memperbesar)

Tampak Depan
Gambar 3 – Tampak Depan Bangunan (Klik Pada Gambar Untuk Memperbesar)

Perkiraan biaya untuk membangun rumah type 36 seperti gambar desain diatas adalah sebesar: 1,5 juta/m2 dan estimasi biaya produksi total untuk rumah seluas 36 m2 adalah sebesar: 55 s/d 60 juta rupiah. Tentunya perkiraan/taksiran biayanya harus disesuaikan dengan upah pekerja dan harga material dikota anda, dan biaya diatas tidak termasuk harga tanah (hanya harga/biaya produksi rumahnya saja).

Demikian posting artikel kali ini, semoga desain rumah mungil type 36 seperti pada gambar diatas bermanfaat buat anda. Pada kesempatan seri desain rumah mungil berikutnya saya akan menampilkan gambar desain rumah mungil type 45. Selamat berakhir pekan dan semoga kebahagiaan selalu menyertai anda dan keluarga.

Artikel lain yang sesuai: Desain Renovasi Dan Pengembangan Rumah Type 36

..

Architectaria – Arsitek dan Perencana

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

144 Comments

  1. Salam kenal…semoga senantiasa sukses

  2. Gita Cahyaningsih

    Hallo, salam kenal semuanya..

    Saya suka sekali dengan isi website ini, terutama desain-desain rumahnya. Untuk desain rumah type 36 yang diberikan secara gratis ini saya meminta ijin untuk menggunakannya sebagai acuan membangun rumah saya.
    Apakah pengasuh web architectaria.com menyediakan master desain untuk desain rumah type 36 seperti gambar diatas? siapa tau saya atau pengunjung lainnya tertarik untuk menggunakan desain rumah type 36 ini sebagai desain rumah kami.

    Terima kasih,

    -GBU-

  3. Irawati Djohan

    wah seru juga kalau desain rumah type 36 ada master/bluprint-nya, jadi kalau mau beli tdk perlu menunggu seminggu atau 2 minggu..tinggal pesan n gambar desain dikirim ke kita yg pesan.

    Tapi harganya jangan mahal2 yah pak? yah standar 20 rb/m2 lah.. jadi kalau rumah type 36 harga desainya sekitar 700 rb (kok jadi saya yang ngatur yah..hehe)..

    Yah maklumin deh, kan banyak dari kita yang pingin desain yg relatif bagus tapi dana terbatas.. pingin pakai arsitek tp minder dengan fee arsiteknya.. solusinya yah beli desain yg sudah ada stok-nya aja deh.. heuheuheu ^__^

    Sukses terus yah buat architectaria

    Jawab:

    Tunggu aja tanggal mainnya yah.. Untuk beberapa type rumah seperti type 36, type 45, type 60, type 70, dan type 90 memang ada rencana dari kita untuk membuat master design/blueprint-nya.. Sehingga siapapun yang ingin membeli bisa langsung melakukan order via email.

  4. Bayu

    Desain Rumah type 36 nya bagus dan fungsional.. Mungil, sederhana, dan minimalis. Cocok untuk digunakan kalo punya kapling dikawasan perumahan.

    Thank you buat gambar rumahnya yah.

    Jawab:

    Monggo.. Silahkan dimanfaatkan desain rumahnya pak Bayu :)

  5. @Biro Bangunan: Salam kenal kembali, and semoga sukses juga buat anda :)

  6. irfan

    yang tipe 100 da g??????

    Jawab:

    Ada, tapi belum sempat untuk ditampilkan.. Nunggu giliran seri rumah2 mungil dulu. Sabar aja yah..

  7. sahid

    bagus sekali contoh-contohnya..
    bisa minta sarannya? saya kebetulan baru saja membeli rumah dengan luas bangunan 30m2 dan luas tanah 90m2. di belakang ada sisa tanag 5×6 m2 yang pingin saya manfaatkan untuk ruang makan, dapur dan taman.
    bagaimana menurut anda?

  8. wah keren juga desainnya

  9. Maharani

    Kami ingin membangun rumah kecil (mungil) ukuran kira-kira type 36.. Apakah mungkin untuk membangun rumah mungil ukuran type 36 dengan budget 70 s/d 80 juta? sukur-sukur jika tampilan rumahnya juga diperhatikan masalah keindahannya.

    Thanks..

  10. rikky fadilah

    ass,kami baru beli rumah melalui kpr btn type 36/72 dgn kelebihan tanah 24m2,dgn rincian sbb:bangunan dgn satu kamar,ruang keluarga,kamar mandi,ruang tamu.sisa tanah belakang 3m2,samping 2m2 dpn 3m2,jadi dgn sisa tanah yg ada kami ingin menambah 1kamar lagi dan ada garasi nya sekalian dgn sketsa lantai atasanya.tolong di bantu ya pak,terima kasih banyak

    Jawab:

    Untuk berdiskusi masalah desain rumah atau jika bapak ada rencana untuk membangun/merenovasi rumah, silahkan bapak Rikky menghubungi team architectaria melalui email: info[at]architectaria.com

    Regards,

    Architectaria

  11. ardiansyah

    sketsa yang ditampilkan,membuka pemikiran saya.konsep rumah diharapkan vertikal,bukan horizontal(mengingat keterbatasan lahan).mohon..kiranya type 36 dibuat bertingkat

  12. aida

    ok

  13. bobo

    Wah bagus, nambah inspirasi buat desain, ada model desain rumah dan tata perabotannya dgn kapling yang melebar ?.. dengan kamar tidur terpisah di sisi kiri dan kanan. aku pernah liat di satu pembangunan perumahan, thanks.

    Jawab:

    Idenya akan kita pertimbangkan

    Regards,

    Architectaria

  14. Dedy

    tolong dong contoh rumah type 70…

  15. Arie Kuswanti

    Met pagi dan salam kenal…

    saya mau konsultasi sedikit ni…mohon bantuannya…
    saya punya rumah tipe 36/130 M2… dengan posisi Hook….kebetulan mau saya rehab….untuk 2 kamar yang sudah ada … mau saya jadikan 1 kamar saja…dengan kamar mandi di dalem..Rencananya sisa lahan di belakang akan saya gunakan untuk dapur, kamar mandi, kmar pembantu.

    Untuk lt. II akan saya pergunakan untuk 2 kamar anak, musholla dan kamar mandi…

    Mohon bantuan untuk dibuatkan sketsanya termasuk lt. II… terima kasih atas bantuannya..

  16. nina

    Desain yang bagus. tetapi bolehkah saya bertanya bagaimana interior dan pemilihan furnitur yang tepat untuk ruang tamu yang sekaligus ruang keluarga dan ruang makan mengingat letak ruang tamu, ruang keluarga dan ruang makan pada gambar menyatu. mohon bantuan dan balasannya ya…thanx a lot.

  17. hanbert sahala

    saya punya rumah tipe 36 dengan luas tanah 120M2 saya ingin dibuatkan disainnya tapi tidak menghilangkan model dasar bangunannya. terimakasih atas bantuan dan balasannya.

  18. wah ternyata mahal juga ya. saya punya tanah pemberian orang tua sebesar 60 m2 dan berencana untuk membangunnya dengan budget Rp. 50 juta, 1 lt, 2 kmr tidur (pokoknya bentuknya minimalis & ideal/nyaman utk tempat tgl). cukup gak ya ???? mohon infonya melalui email saya. thanks

  19. Arfan

    Salam kenal mas..
    Design nya bagus2…o ya mas kebetulan saya juga lagi inpirasi design utk pengembangan utk rumah saya..
    kondisi terkini mas
    type 36/80 dengan luas tanah 170m2…lokasi di hook mas,,jadi masih ada kelebihan lahan…
    bisa bantu mas buat pengembangannya agar ngak banyak bongkar bangunan lama..thnks

  20. koq ga ada desain rumah modern minimalis typ3 36 yang berlantai 2??
    soalnya saya mau bangun rumah 2 lantai……

    trims ….

  21. hammet

    numpang nanya ,admin,, :)
    bulan ini rencananya rumah sy akan dibangun oleh kontraktor ,di perumahan daerah gresik-sby . type rumah 45,, luas tanah 100 m2(p=10m ;l=10m)

    yg sy tanyakan ,
    1. klo untuk membangun pondasinya,, gmn tuh? ap bisa cuma diberi “sepatu”( istilah tekniknya ap ya?? :)) di beberapa titik saja? dan kira2 untuk type rumah tersebut penambahan “sepat” butuh biaya brp?
    terkait kondisi.. tanah daerah tersebut bekas ladang, dan mungkin jg ada unsur cadasnya . Untuk jaga2 aj ,krn bisa jadi ke depannya ntar dibangun 2 lantai.

    2. saya denger istilah strous( bener ap salah ?? ) , ap itu cukup kuat bila nantinya , rumah dibikin 2 lantai tanpa “sepatu” ,, ?

    trims infonya.
    hammet

    Jawab:

    1. “Sepatu” itu bahasa yang dpergunakan oleh tukang untuk menyebut Foot Plate (pondasi pelat kaki). Foot plate tetap dikombinasikan dengan pondasi dangkal tipe menerus (pondasi pas batu kali biasa). Pondasi Foot plate biasanya diletakkan dibawah kolom bangunan.

    2. “Strous”?? Wah, mohon maaf pak Hammet, untuk penulisan dan istilahnya kami kurang paham. Mungkin jika penulisannya benar, kami bisa menjelaskannya kepada bapak.
    Untuk masalah rumah 2 lantai tanpa foot plate, jika kondisi tanahnya memang baik (daya dukung tanah terhadap beban cukup tinggi), maka penggunaan pondasi dangkal type menerus (pas’ batu kali) masih aman untuk digunakan. Yang penting diperhatikan adalah, walaupun penggunaan pondasinya adalah pondasi dangkal (pas’ batu kali) namun dimensi atau ukuran pondasi jangan terlalu “mini” seperti kebanyakan terjadi pada bangunan diperumahan :D

    Regards,

    Architectaria

  22. omahkoe

    ..salam kenal .. website yang menarik!

  23. Sasha Yuniar

    Saya suka web ini. Saya punya rumah type 36 dengan desain yang hampir sama dengan yang anda bikin. bangunan type 36 luas tanah 72.Stlh renovasi ruang terbuka di bagian belakang ditutup menjadi ruangan dapur dan ruang tengah. Penutupan tersebut menyebabkan sirkulasi udara di dalam rumah menjadi terbatas,bahkan bisa dibilang buruk, demikian juga dengan pencahayaan(matahari). Jika saya ingin mengembangkan rumah saya menjadi dua lantai dengan mempertimbangkan pencahayaan (matahari) dan sirkulasi udara yang baik, seperti apakah desainnya?trima kasih

  24. Rameindra

    salam kenal.
    saya memiliki rumah type 36 / 117 m, sisa tanah samping kanan 2.70 m dan sisa tanah belakang 3 m. sisa tanah tsb telah saya bangun semuanya dengan pondasi tingkat. rencana kedepan akan saya lanjutkan untuk tahap berikutnya (lantai II) dgn 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, teras & 1 ruang tamu dilantai II. sy mohon bantuannya untuk mendesain dan menentukan posisi / letak tangganya, trims sebelumnya.

  25. Bambang

    Mlm Mas Insyallah saya mau buat rumah.Dengan Lbar 10MX20M Mohon petunjuk desain depan,ruang dlm,dan estimasi anggaran yg ringan saja . trims mhon petunjuk Mas…….

  26. erika

    ass..
    salam kenal pak arsitek..
    saya punya lahan kavling di perumahan daerah tjg priok 6×15 memanjang, dan pengen bangun 2 lantai dgn 3 kamar tidur diatas 1 dibawah,,,
    yang saya tanyain ,perlu gak pake “sabuk” keliling per lantainya, rencana lnt 1 pake bata lnt 2 pake harbol ato apa tu yang putih enteng, dan pondasinya pake yang “sepatu” ato “cakar ayam”
    sumur saya cm 2,5mtr udah pasir…
    tlg masukannya pak arsitek….
    tq , smg kebaikannya sharing ilmu dibalas ma yang kuasa amin…
    wslm

  27. Muhammad Hamka

    Salam Kenal,.,.
    Saya punya lahan dgn ukuran 15 x 20 m.
    Telah saya bangun pondasi rumah dgn ukuran 10 x 13 m.
    Dgn pembagian ruangan yaitu; ruang tamu, r.keluarga, 2 kamar tidur , dapur, r.makan & 2 kamar mandi ( 1 di kamar utama & 1 di dapur).
    di halaman depan ada sisa lahan kira2 3,5 m, di hal. belakang ada 3,5m, di samping kanan ada 3,5m & disamping kiri ada 1,5m.
    Dgn catatan posisi rumah saya nantinya menyamping dari jalan ( jalan utama di sebelah kanan rumah)…
    Sekarang saya rencana mau bangun rumah 1 tingkat, tetapi saya bingung dgn desain yg cocok utk rmh saya trsbut.
    Jadi saya mohon bantuan saudara utk memberikan solusi & gambaran yg cocok utk design rumah saya trsbt.
    (di halaman depan rencana akan dibuat garasi utk 2 mobil)

    Mohon Bantuannya Mas.
    Terima Kasih

  28. Muhammad Hamka

    Saya mohon jawabannya y mas…
    Terima kasih Banyak.

  29. Muhammad Hamka

    Kalau bisa sekalian dgn bentuk rumah yg cocok…
    Trims y mas.

  30. Frans

    Haloo…
    tolong donk saya diberikan harga material bangunan tahun ini
    tahun ini untuk revrensi saya
    karena saya mau bangun rumah type 36 juga
    please…

  31. omahkoe

    halo salam kenal.

  32. yulianti

    Selamat pagi…

    Mohon bantuannya untuk dibuatkan denah rumah type 36/78 tapi penggabungan 2 rumah. Yang jadi total tanahnya 156 m2. Karena selama ini yang saya baca rata2 untuk 1 rumah saja.

    Penggabungannya itu (denah awal) – (kamar ketemu kamar & kamar mandi ketemu kamar mandi).

    Dengan luas tanah tsb diatas, saya menginginkan adanya carport, garasi, dapur, ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, 1 kmr tidur utama (kmr mandi dalam), 2 kmr tidur anak, 1 kmr tidur pembantu, musholla, taman depan dan belakang, kmr mandi + cuci baju.

    Terima kasih.

    Yuli
    Kira2 dengan ukuran tanah tsb diatas, dapat

  33. bagus….ada contoh disain rumah untuk lahan 7,5×12 meter ga?…trims

  34. mustika sari

    salam kenal,,,,,
    saya juga punya rumah yg tipe 36…tapi karena rumahnya udah jd dari developer, posisi toilet masih satu baris sama ruang tamu…dan sisa lahan dibelakang yg lebarnya cuma 1,5 m dah di habiskan dibangun untuk dapur….
    ada saran??? biar posisinya lebih nyaman…karena kalo keluar kamar mandi lgsg ketemu sm tamu…
    untuk gambar yg diatas, keliatannya emak,kesannya lapang, cuamn kesulitannya biasanya pada interior sejak diruang tamu sampai dapur…kalo bisa dengan gambar interiornya ya mas…biar ada inspirasi..

    terimakasih…..

  35. rhiery

    tlg designkan juga rumah tipe 36 , 3 kt, 2km. trims

  36. febry

    met siang…
    maaf ada contoh yg tipe 36 pada luas tanah 12m x 6m tetapi yang memiliki 3 ruang kamar tidur dan satu tempat garasi mobil.
    terima kasih…

  37. trisyanti

    Saya mau bangun rumah type 36 dg uk.6×12 tapi saya mau 2 lantai,bisa bantu tuk buat denah dan kirim ke email saya??terimakasih

  38. bowo

    saya berminat type 36 tuch luas tanah saya 8m X 15M bisa ga dibantu?? budget saya sich hanya 60jtan maksimal 70jtlah. thanks

  39. bowo

    kalo bisa sich minta rabnya sekalian so saya bisa bangun, posisi di ciputat n kemungkinan maret tgg hujan berhenti, cuma kalo bisa yang siap tingkat jadi kalo ada dana bisa saya tambahin gitu. thanks

  40. agus

    aq ingin menjadi arsitek bagaiman cr spy bs menggambar yg baik

  41. junise

    lagi bingung nih… pengen tau contoh2 rumah tipe36 sapa tau bisa jd tambah masukan… panjang 9m lebar 8m thx infonya

  42. mardjan tahir

    mana desain minimalis rumah posisi sudut, kalo bisa berlantai 2, atap beton dack, taman asri, thanks

  43. adi

    saya mau bangun rumah dengan ukuran tanah 10 X 13 & bangunan yg ada 6 X 6 harus bagai mana yg bagus

  44. adi

    saya mau menambah bangun rumah saya nih dgn ukuran tanah 10X13 bangunan beton yg ada 6X6 tp tanahnya rawa, saya ingin lantai 2, garasi, taman dikit. bisa dibantu ngak

  45. lumayan juga blognya

  46. Monica

    Salam kenal,

    Kebetulan saya sedang berencana untuk renovasi rumah dan nemu web ini waktu lagi browsing,
    Saya mau renovasi rumah type 36/72 mirip sekali dgn gambar diatas, hanya tidak ada halaman belakangnya.
    yang ingin saya tanyakan klo saya mau renovasi jadi 2 lantai (diatas tambah 2 kmr tidur & 1 kamar mandi) estimasi biayanya berapa ya? bisa minta tolong dibuatkan rincian biaya dan gambar desainnya ? Mohon bantuannya yach.

    Terima kasih.

    Salam,
    Monica

    Jawab:

    Saya ada beberapa gambar renovasi atau pengembangan rumah type 36/72. Mungkin akan saya posting dalam bulan2 ini. Sabar menunggu yah bu :)

    Regards,

    Aria

  47. chatul

    pak saya mau tanya gimana desain yang bagus kalau ukuran 6 x 11…saya pengen punya lahan belakang 2 x 6 …kamar 2,wc 1,tamu 1,keluarga 1..tolong pak

  48. Monica

    Ok pak..

    ditunggu yach postingan utk pengembangan rmh type 36/72 nya.

    Terima kasih.

  49. wiwit

    salam kenal

    terima kasih sebelumnya atas Web ini, psti udh byk bgt yg terbntu. utk itu sy jg mohon bantuan ya

    saya beli rumah second ukuran lebar 6M dan Pjg 12M dan saat ini bangunanx ruang tamu ukuran 3 x 3M diseblah kamar uk 3 x 2.5 M trus kmr mandi uk 1.5 x 1 M, dibelakang ada kmr uk 3 x 3 M, trus di dapur udh di tingkat tp gak full hanya seluas 3 x 4 M aja (bisa untuk 1 kamar deh)
    nah sy pengen renovasi rmh yang keliatan luas dan bersih gitu, maunya sy sih bgn:
    1.utk depan ada carport + taman kecil renc sy mau ksh pagar
    2.lantai satu : kamar tidur 2, kmr mandi( pke sistem kering bisa gak ), dapur dan tmpt cuci baju
    3. lantai 2 ya klo bisa untuk kamar Sholat dan 1 kamr tamu gitu loh/ tmpt belajar.
    Tolong dong bantuannya utk design dan perkiraan Biayanya.
    Maaf ya klo pertanyaan saya terlalu banyak. :)

  50. dewi

    saya bisa gambar rumah secara manual, tetapi tidak bisa menggambar dengan komputer. bisa nggak jadi arsitek?. bagaimana ya, supaya saya bisa membuka biro konsultan?. karena selama ini saya hanya menggambarkan rumah ataupun toko milik famili saya saja.

  51. Wahyu

    Wah… Pak Saya mau tanya, kalau misalnya bangunan tipe 36 untuk tujuan tingkat / 2 lantai penuh berapakah biayanya jika semua menggunakan bahan bata dan atap baja ringan? Terimakasih sebelumnya.

  52. Ir.Ramoko

    yang mau Bangun or Renovasi,murah,berkualitas
    hub.081905980788

  53. iskandar

    tolong kirimkan denah untuk pembangunan rumah dengan type 36/98.. trima kasih

  54. sisy

    Hi, architectaria

    Aq suka banget ketemu halamn website yg mengupas desain rumah….Alhamdulillah …nich ada perkireaan harga membuat rumah Type 36 ini…Mudah2 bisa jadi acuan bisnis property , walau pemula…

    Salam kenal admin architectaria.com

  55. SOFYAN

    bagus sekali gambarnya, tentram, nyaman pencahayaan jg bagus….mas
    tolong dong gambarin saya juga sebuah rumah minimalis dengan luas
    tanah 8 x 12 dan luas bangunan yang diinginkan 7m x 8/9,5m (1
    lantai)atau Luas Bangunan antara 60 – 65 m2 dengan
    ruangan terdiri dari :
    1 bh kamar utama + kamar mandi
    2 bh kamar anak
    1 bh KM/wc luar
    ruang tamu
    ruang keluarga
    Ruang Makan
    Musholla kecil
    Dapur
    Tempat Cuci
    teras depan dan belakang
    carport
    Menghadap ke selatan
    TOLONG YA MAS DESAINKAN DAN KIRIM KE EMAIL KAMI
    sofyannurhakim@gmail.com ditunggu mas.

  56. otri

    kurang bagus yg d tampilkan di sini

  57. Cholik

    salam kenal…

    terima kasih sebelumnya atas Web ini, psti udh byk bgt yg terbntu. utk itu sy jg mohon bantuan ya..
    Kebetulan saya sedang berencana untuk renovasi rumah pada bulan november ini, saya mau bangun rumah dengan ukuran full bangunan 6 X 6 m2 itu harus bagai mana yg bagus…(rencananya ntar mau dibikin lantai 2)….
    Bisa minta tolong dibuatkan rincian biaya dan gambar desainnya (model minimalis)? Mohon bantuannya yach….Pliiiissss

    Maaf ya klo pertanyaan saya terlalu banyak..hehee tx.

  58. da2nk

    klo rumah type 36 dgn badget 50 tanpa harga tanah bisa ga yah?

  59. yonathan sitoe

    saya mau nanya berapa biaya bangun ruko 2 lantai dengan ukuran 9X12 M2
    … Maksih banyak sebelumnya…………

  60. Rabiati

    Tolong dong minta dibuatkan desain dapur tipe minimalis dengan ukuran 4x 8 m2. Mksh sebelumya!!!

  61. Yasinyw

    Desain dari ARCHITECTARIA MEDIA CIPTA sungguh bermanfaat bagi kami (smoga menjadi amal yang diridloi-NYA)
    Kebetulan kami mau merenovasi rumah yang kamu tempati type 36 LT.6x15m menjadi tingkat ….
    Kami butuh bantuan … dari ARCHITECTARIA MEDIA CIPTA untuk bantu desainnya dan estimasi biayanya …
    Mohon bantuan kemana saya bisa email untuk keperluan tersebut? dan berapa biaya konsultasinya atau kalo bisa gratiss trimakasih sekali …
    Wassalam , Yasinyw (yasinyw@yahoo.com)

  62. Perumahan Samarinda

    Mantap Om design nya…. saran : mungkin lebih baik ada Gambar Design rumah Langsung jadinya,… trims

  63. rina

    mas tolong gambarin desain rumah dengan ukuran tanah depan 10m kebelakang 13m ruamh yang ada sekarang bangnanya berada di sebelah kiri degan kamar tidur 1 ukuran rumah 6×6 matahari terbit dari sebelah kiri dan terbenam sebelah kanan, sisa tahan depan 4m samping kiri 4m belakang 3m.kalau bisa gambarnya 3d ya…

  64. anggareni

    desainnya keren-keren. boleh ngga kl artikelnya saya copas ke blog saya buat catatan

  65. johan

    Pak, tolong saya dibuatkan desain / sketsa rumah dngan ukuran lebar 9m, panjang 13m

  66. tono_jogja

    wow….. bisa nambah inspirasi en dapet tambah temen nih…. keep the arch…….

  67. Saiful

    Selamat malam

    Terima kasih Sebelumnya atas ada web ini,,,

    Mohon dibantu
    rencana saya mau renovasi rumah type 36 dgn ukuran bangunan yg sudah ada dari developernya 6M x 8M,2 kamar tidur disebelah kanan, 1 kamar mandi pojok kiri belakang,1 ruang tamu,dapurnya belum ada,Bentuknya kopel disamping kanan rumah tetangga, kebetulan rumah saya disamping kirinya ada tanah kosong 1,5 M x 8 M batasya jalan timur-barat ,depan 3M x 6M batasnya jalan utara-selatan,Belakang 3M x 6M,rencana renovasi saya tanah kosong di habiskan,posisi rumah menghadap kejalan sebelah timur.

    Untuk bantuannya saya ucapkan terimakasih.

    Salam
    Saiful.B

  68. andri pradesa,ST,MT

    assalamualikum.
    pa kabar brother.
    wah webnya bagus saya sanget tertarik..
    desain2 rumahnya pun bagus bagus semuah
    salam hangat anak teknik.
    sukses selalu ya.

  69. yanie

    halo slamat pagi,

    maaf pak, numpang iklan

    Bapak / ibu yang membutuhkan jasa gambar sekaligus pelaksanaanya dengan harga relatif lebih murah bs hub kami di telp: 021 88368613,0819703309

    “desig arsitek harga mandor”

    trima kasih

    yanie

  70. joan

    boleh gak minta sketsa rumah tipe 45 ukuran 8×15 modren en minimalis

  71. wawan wahyudin

    sangat berguna sekali untuk keluarga di indonesia yang akan membangun/merenovasi rumah dengan type kecil & menengah…
    saran saya , agar ditampilkan beberapa bentuk dan contoh dari pengembangan-pengembangan rumah type 36
    terimakasih – sukses selalu

  72. putri

    slm kenal mas. saya mau mnt tlng dibikinkan desain rumah type 36/72 luas tanah 102 dengan pnjng 15 lebar 6,8.saya mau mnt dibikinkan gambar rumah tp saya ngk mau bertingkat. 2 kmr tidur yg ada kamar mandi didlmny,ruang tamu,ruang klrg,dapur dan tempat cucian skln tmpt jemurannya mas.kl bs ada tamannya sdkt dibelakang.trims sblmnya ya mas.saya tunggu kabarnya.

  73. tenkyu ilmunya..

  74. achmad imran fauzi

    gan, punya desain rumah type 36 tapi ada kolam renangnya ga? kalau ada tolong di email ke alamat achmadimranfauzi@gmail.com
    luas tanah 165m2 mau bikin rumah minimalis dengan kolam renang. yang ada garasinya juga,

  75. blognya bagus dan bermanfaat banget..
    salam

  76. andi

    Sebelumnya Terima kasih.. informasinya. Hitung2 sambil ngumpulkan dana. :)
    Maaf untuk beberapa contoh yang letak kamar mandi diluar ada tidak? Trims

  77. benny

    Rencana bangun rumah dengan ukuran L 8meter, panjang 12 mau naya kira2 dana 50 jt cukup tidak.tq

  78. benny

    kalau ukuranx L 8m,p 12m kira2 dana 50 jt cukup tdk.tq

  79. yulia banjar

    rumah saya type 36 dengan 1 kamar tidur, luas tanah 135m,saya ingin menambah bangunan rumah dengan 2 kamar tidur, dapur+ruang makan,garasi, 1kamar mandikl bisa ada taman mungil di dalam rumah. sisa tanah 3x10m di belakang dan 3×13,5m di samping.makasih bantuannya…

  80. LUTFY

    pagi Architectaria….maaf sebelum dan sesudahnya mo kalau ngrepotinn agan ini…cz dsini sya mo tanya n pengen tahu bagaimana contoh denah rumah minimalis dengan ukuran luas 116 m2 dengan ukuran 7×16…mungkin agan Architectaria bisa membantu saya dalam hal contoh desain n denah rumah dengan ukuran tersebut….terima kasih atas bantuanya.

  81. Kartika Sari

    halo Architectaria,

    Rm saya mau direnovasi, luas tanah 135 M. Saya ingin menambah 1 kamar, gambaran rumah saya seperti ini : samping kanan dan kiri ada gang kecil dg ukuran 1m. saya punya teras yang luas didepan, Ruang tamu dan kamar utama terletak didepan, ada 2 kamar lain yang besebelahan dg kamar utama, dimana salah satu kamar ada kamar mandi kcl didlm ruangan kamar tsb. dibelakang ruang tamu ada ruangan luas, untuk tv, sofa dan meja mkn, lemari es, dibelakang ada dapur dan kamar mandi utama.

    saya ingin merubah semua ruangan,dengan penampilan yang menarik, tolong dibantu ya.

    Terima kasih

    Jawab:

    Dear Bpk/Ibu Kartika,

    Silahkan langsung menghubungi kami jika anda tertarik menggunakan jasa profesional kami.

    Menggunakan jasa arsitek sesungguhnya tidak mahal, dengan konsep dan desain yang matang akan dapat menghemat uang anda dan memaksimalkan investasi anda.

    Sebuah bangunan yang terdesain dengan baik dapat mengurangi biaya tak terduga akibat miss planning dan meningkatkan nilainya untuk jangka panjang.

    Regards,

    Architectaria.

  82. gilang

    Dear Pak Arch. Aria,

    Saya mau renovasi rumah type 36 dgn Luas tanah 12×7 meter & L bangunan 7×8 m. biaya renovasi 30juta. kondisi sekarang 2 kmr tdr, 1 km mandi, ruang tamu dan sisanya tanah kosong di depan dan dibelakang. Mungkin ga saya bangun rmh sy seperti design anda ini? mohon sarannya. T.kasih.

    Jawab:

    Dear Bpk/Ibu Gilang,

    Silahkan langsung menghubungi kami jika anda tertarik menggunakan jasa profesional kami.

    Menggunakan jasa arsitek sesungguhnya tidak mahal, dengan konsep dan desain yang matang akan dapat menghemat uang anda dan memaksimalkan investasi anda.

    Sebuah bangunan yang terdesain dengan baik dapat mengurangi biaya tak terduga akibat miss planning dan meningkatkan nilainya untuk jangka panjang.

    Regards,

    Architectaria.

  83. areez

    sya mau tanya, apa bisa bangun rumah dengan bujet yg sangat rendah sekitar 40 jta.. dengan :
    2 kamar tidur
    1 kamar mandi
    ruang tamu+ruang keluarga
    dapur+tempat makan
    dan sedikit taman di halaman depan rumah

    dengan model rumah minimalis.
    mohon jawabannya .
    terimakasih .

    Jawab:

    Dear Bpk. Areez,

    Silahkan langsung menghubungi kami jika bapak tertarik menggunakan jasa profesional kami.

    Menggunakan jasa arsitek sesungguhnya tidak mahal, dengan konsep dan desain yang matang akan dapat menghemat uang anda dan memaksimalkan investasi anda.

    Sebuah bangunan yang terdesain dengan baik dapat mengurangi biaya tak terduga akibat miss planning dan meningkatkan nilainya untuk jangka panjang.

    Regards,

    Architectaria.

  84. AS….

    Selamat siang!!!
    pertanyaan saya sama dengan pertanyaan pak arezz sebelumnya, dengan bujet 40-50 jt, apakah saya dapat membangun rumah minimalis denagan denah:
    2 kamar tidur
    1 kamar mandi
    ruang tamu+ruang keluarga
    dapur+tempat makan
    dan sedikit taman di halaman depan rumah

    Terimakasih
    Mohon balasanya.

  85. @ibu dessy, pak arezz:

    Untuk standar rumah dengan 2 kamar tidur dibutuhkan dana berkisar 65 s/d 75 juta. Dana itu untuk material+upah kerja. Itupun anda harus panda untuk mencari supplier material yang harganya ekonomis.

    Kalau budgetnya dibawah itu, dikhawatirkan kualitas rumahnya kurang layak untuk dihuni.

    Rgds,

    architectaria

  86. mei

    selamat siang…
    saya memiliki lahan ukuran 5 x 10 m, kira2 design seperti apa dan berapa dana yang dibutuhkan untuk membangun rumah minmalis dengan
    2 kamar tidur
    1 kamar mandi
    ruang tamu + ruang keluarga
    dapur + ruang makan
    dan sedikit halaman di belakang..

    terima kasih.
    mohon balasannnya….

    Jawab:

    Dear Ibu Mei,

    Silahkan langsung menghubungi kami jika ibu tertarik menggunakan jasa profesional kami.

    Menggunakan jasa arsitek sesungguhnya tidak mahal, dengan konsep dan desain yang matang akan dapat menghemat uang anda dan memaksimalkan investasi anda.

    Sebuah bangunan yang terdesain dengan baik dapat mengurangi biaya tak terduga akibat miss planning dan meningkatkan nilainya untuk jangka panjang.

    Regards,

    Architectaria.

  87. adit

    Selamat siang,

    Mohon sarannya utk gambar / tata ruang apabila saya ingin membangun rumah type 36 tetapi mempunyai luas tanah sebesar 82 m2. Dan berapa budget yang harus saya siapkan jika rumah tersebut terdiri dari 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, ruang tamu, ruang keluarga, dapur, dan garasi/carport. Dan juga saya ingin rumah tersebut mempunyai pencahayaan (matahari) yang cukup dan dingin / sejuk. Demikian mohon saran dan arahannya. Terima kasih

    Jawab:

    Dear Bpk. Adit,

    Silahkan langsung menghubungi kami jika bapak tertarik menggunakan jasa profesional kami.

    Menggunakan jasa arsitek sesungguhnya tidak mahal, dengan konsep dan desain yang matang akan dapat menghemat uang anda dan memaksimalkan investasi anda.

    Sebuah bangunan yang terdesain dengan baik dapat mengurangi biaya tak terduga akibat miss planning dan meningkatkan nilainya untuk jangka panjang.

    Regards,

    Architectaria.

    • Dear Bpk Adit,

      Untuk rumah type 36 dilahan 82 m2 anda bisa langsung menggunakan layout seperti yang ada pada artikel diatas. Hanya bedanya artikel diatas lahannya adalah 6 m x 12 m, sementara lahan anda berkisar 6 m x 14 m yah? untuk kebutuhan ruangannya saya kira sama aja.

      Untuk budget untuk membangun rumah, saya berasumsi anda menggunakan pemborong atau kontraktor, biaya pembangunan rumahnya berkisar: 90 jt. Sementara jika anda kerjakan dengan tukang harian (tentunya anda juga yg harus mengawasi dan hunting material yg harganya murah), kemungkinan harganya bisa ditekan lebih murah dan berkisar 70 s/d 75 jt.

      Regards,

      Architectaria

  88. RENI SETIAWAN

    SALAM KENAL

  89. RENI SETIAWAN

    SAYA PUNYA DENAH RUMAH UKURAN PANJANG 10 M PERSEGI LEBAR 7M PERSEGI TYPE HOOK TOLONG DGAMBARIN DESAINNYA pingin ada garasi d dalam kamar dua buah satu kmr mandi

    • Dear Bpk/Ibu Reni Setiawan,

      Silahkan langsung menghubungi kami jika anda tertarik menggunakan jasa profesional kami.

      Menggunakan jasa arsitek sesungguhnya tidak mahal, dengan konsep dan desain yang matang akan dapat menghemat uang anda dan memaksimalkan investasi anda.

      Dengan bangunan yang terdesain dengan baik, anda dapat menghindari biaya tak terduga akibat miss planning dan meningkatkan nilainya untuk jangka panjang.

      Regards,

      Architectaria

  90. INDRA MULIANA

    Rumah saya tipe 36 terletak di Hook, kelebihan tanah 3 x 12 m terletak di sebelah kiri rumah, saya ingin membangun tpt usaha di sisa tanah terebut, namun kebinggungan prihal pintu kedalamnya karena akan mengorbankan 1 kamar di belakang,umumnya tipe 36 r.tamu berada di sebelah kanan, 2 buah kamar berderet kebelakang terletak di sebelah kiri berdampingan dengan sisa tanah, WC terletak sejajar dgn r.tamu dapur sejajar dengan kamar belakang dan terdapat pintu ke arah kiri belakang lebih kutang begitulah gambaran denah rumah saqya saat ini, mohon bantuannya untuk denah nya…. terima kasih….

    • Dear Bpk/Ibu. Indra Maulana,

      Silahkan langsung menghubungi kami jika anda tertarik menggunakan jasa profesional kami.

      Menggunakan jasa arsitek sesungguhnya tidak mahal, dengan konsep dan desain yang matang akan dapat menghemat uang anda dan memaksimalkan investasi anda.

      Dengan bangunan yang terdesain dengan baik, anda dapat menghindari biaya tak terduga akibat miss planning dan meningkatkan nilainya untuk jangka panjang.

      Best regards,

      Architectaria.

  91. setiawancahya

    tlg di ulas untuk yang 2 lantai, terutama untuk tampilan depan thank

    • @Setiawancahya,

      Ok.. Artikel tentang Renovasi dan Pengembangan Rumah Type 36 sedang kami buat.

      Regards,

      Aria

  92. muyasaroh

    salam kenal kebetulan aku mau bangun rumah nih tipe 36 luas tanah lebar 6 meter panjang 15 meter mau ditingkat dg model minimalis bisa ga yah minta digambarin yg bagus yah mas hehehhe..aku pengen 1 kamar utama di bawah dan 3 kamar di atas

    • @Muyasaroh,

      Coba baca artikel:
      - Desain Renovasi Dan Pengembangan Rumah Type 36
      - Desain Renovasi Dan Pengembangan Rumah Type 45

      Sepertinya sangat sesuai dengan kebutuhan ibu.

      Regards,

      Aria

  93. agus salim

    mas bisa dijelaskan lebih detail lagi, type 36 sama 27. tentang spesifikasi lantai,atap dan dindingnya.trima kasih.

    • @Agus Salim,

      Untuk rumah2 mungil, spesifikasi lantai, dinding dan atap sepertinya sama saja. Perbedaannya hanya pada luas bangunan dan luas lahan (kavlingnya).

      regards,

      Aria

  94. Denny Tuuk

    Salam kenal,

    Wah bahagia skali nemu web yang membahas masalah rumah,
    bertepatan sekali saya baru ambil rumah KPR tipe 36/120
    dengan design rumah yang persis sama dengan design diatas.

    Rencananya saya mau pengembangan rumah tersebut menjadi 2 lantai di bagian belakang.
    Dengan kondisi lahan samping kamar 1 meter, depan 3 meter, samping ruang tamu 3 meter, dan belakang kamar 2 meter sedangkan belakang ruang tamu 4 meter.
    Kondisi sekarang rumah 2 kamar (3x3m2), dengan toilet/KM diantara 2 kamar tersebut, serta ruang tamu/utama (3x5m2).

    Rencana pengembangan yaitu dengan membangun bagian belakang menjadi 2 lantai. Ukuran lantai 2 yaitu 4x6m2 dengan 1 ruangan keluarga dan 1 kamar di bagian atas.

    Mohon di bantu desain pengembangannya dari rancang bangun dan biayanya.
    Seadainya menggunakan jasa profesional Architectaria, saya harus menghubungi kemana?

    Terima kasih atas bantuannya

    Salam
    Denny Tuuk

    • @Denny Tuuk,

      Sudah kami follow up by email yah pak Danny. Kami menunggu kabar dari anda.

      regards,

      Aria

  95. As. ALaikum

    Sebuah kebahagiian bagi saya dapat bergabung di website ini.
    Gimana cara memperoleh master design/blue print rumah lewat website ini.

    Saya memiliki rumah type 36 ukuran tanah 8 x 13 m. Saya ingin membuat rumah dua lantai dengan 4 buah kamar tidur, masing-masing 2 kamar tiap lantai dan lengkap garasi mobil. Selain itu, juga memiliki ruang terbuka hijau depan dan belakang rumah. Mohon petunjuk bapak untk pembagunan rumah saya. Terima kasih.

    • Dear Bpk/Ibu. Muh. Arlis,

      Silahkan langsung menghubungi kami jika anda tertarik menggunakan jasa profesional kami.

      Menggunakan jasa arsitek sesungguhnya tidak mahal, dengan konsep dan desain yang matang akan dapat menghemat uang anda dan memaksimalkan investasi anda.

      Dengan bangunan yang terdesain dengan baik, anda dapat menghindari biaya tak terduga akibat miss planning dan meningkatkan nilainya untuk jangka panjang.

      Best regards,

      Architectaria.

  96. As. ALaikum

    Sebuah kebahagiian bagi saya dapat bergabung di website ini.
    Gimana cara memperoleh master design/blue print rumah lewat website ini ?

    Saya memiliki rumah type 36 ukuran tanah 8 x 13 m. Saya ingin membuat rumah dua lantai dengan 4 buah kamar tidur, masing-masing 2 kamar tiap lantai dan lengkap garasi mobil. Selain itu, juga memiliki ruang terbuka hijau depan dan belakang rumah. Mohon petunjuk bapak untk pembagunan rumah saya. Terima kasih.

  97. Iwan Susanto

    Waw.. mantaps nih..

    Terima kasih share nya..

    Kebetulan saya juga ada rencana mo bli / bikin rumah..

    • @Iwan Susanto,

      Selamat membeli/membangun rumahnya :)

      regards,

      Aria

  98. febrina kurniawati

    salam kenal,
    bisa minta tolong di buatin desain rumah minimalis utk tanah ukuran 8X12m,saya pengen ada 3 kamar, 1 musholla,ruang tamu,ruang keluarga,dan dapur berdekatan dengan ruang makan,dari 3 kamar itu ada 1 kamar utama yang agak besar dengan kamar mandi di dalamnya,makasih.tolong dikirim ke email saya : febrinakurniawati@ymail.com
    dari : febrina kurniawati, alamat email : febrinakrniawati@ymail.com

    • Dear Bpk/Ibu. Febrina Kurniawati,

      Silahkan langsung menghubungi kami jika anda tertarik menggunakan jasa profesional kami.

      Menggunakan jasa arsitek sesungguhnya tidak mahal, dengan konsep dan desain yang matang akan dapat menghemat uang anda dan memaksimalkan investasi anda.

      Dengan bangunan yang terdesain dengan baik, anda dapat menghindari biaya tak terduga akibat miss planning dan meningkatkan nilainya untuk jangka panjang.

      Best regards,

      Architectaria.

  99. Rury Mey Eko H.

    Siang,alhamdulillah…insyaAllah architectaria dapat membantu saya menyusun desain interior rumah. Rumah saya tipe 45/60, dimana ketika tamu masuk pintu rumah langsung bertemu dengan pintu kamar tidur utama, solusinya bagaimana,ya cara mengatasi agar tamu tidak langsung bertemu si empunya rumah yang baru saja keluar dari kamar?? kebetulan, saya beli rumah dgn kondisi baru di Telaga Mas, bekasi….Terima kasih atas jawabannya

    • @Rury,

      Sudah memikirkan tentang partisi atau penyekat ruangan?

      regards,

      Aria

  100. higo

    salam kenal
    n informasinya sangat menarik terimakasih

    • @higo,

      OK sama-sama. Salam kenal kembali.

      regards,

      Aria

  101. asrie

    terima kasih denan adanya rubrik ini, saya mau tanya untuk rumah dengan type 36 luas tanah 80m2 dengan letak kamar andi ditengah mo saya bongkar di belakang. bagaiman cara penataannya..?? mngkn bapak punya sketnya.

    • @Asri,

      Coba cek arsip kami, Sudah beberapa kali kami posting artikel tentang rumah type 36 dan renovasi/pengembangannya.

      regards,

      Aria

  102. Saya punya rumah type 36 dengan desain yang hampir sama dengan yang anda bikin. bangunan type 36 luas tanah 72.
    yang saya bingungkan bagaimana merenovasi ruang terbuka di bagian belakang ditutup menjadi ruangan dapur dan ruang tengah. Agar Penutupan tersebut tidak menyebabkan sirkulasi udara di dalam rumah menjadi terbatas atau buruk. terima kasih

    • @Djuhdie,

      Gunakan exhaust atau blower. Tapi konsekwensi ketika anda menutup area belakang sudah pasti menggangu sirkulasi udara alami dirumah Anda :)

      regards,

      Aria

  103. Met sore mas,saya mau renove rumah mungil saya dgn lebar 6m dan panjang 8m dgn keadaan samping kiri,kanan dan belakang mepet rumah tetangga,tolong bantu saya ‘Y???º°?ª?°º?? mas bwt sketsanya yang terdiri dari:

    Sisi kiri
    Kamar tamu dan 2 kmr tidur
    Sisi kanan
    Bagasi motor,ruang keluarga dan dapur

    Gitu aja mas,terima kasih sebelumnya mas

    • Dear Bpk/Ibu. Safar,

      Silahkan langsung menghubungi kami jika anda tertarik menggunakan jasa profesional kami.

      Menggunakan jasa arsitek sesungguhnya tidak mahal, dengan konsep dan desain yang matang akan dapat menghemat uang anda dan memaksimalkan investasi anda.

      Dengan bangunan yang terdesain dengan baik, anda dapat menghindari biaya tak terduga akibat miss planning dan meningkatkan nilainya untuk jangka panjang.

      Best regards,

      Architectaria.

  104. aries

    desain nya bagus, udara bisa masuk dgn bebas dr belakang atau depan, pengen banget rmh nya di desain spt ini, tp bingung, skrg rmh nya sdh dibangun mentok sampe belakang, bingung merenovasi nya, samping kiri kanan dan belakang sdh tembok tetangga, bisa kasih solusi ngga mas…terima kasih…

    • @Aries,

      Harusnya dari awal minta sesuai keinginan mas aries kepihak developernya. Kalau sudah terbangun agak repot mensiasatinya.

      regards,

      Aria

  105. Will

    Salamm Kenal, webnya sangat bermanfaat, semoga maju terus ya GBU

  106. vedran

    Selamat Pagi

    Mau tanya nih kira-kira berapa biaya estimasi untuk pembuatan rumah di Kabupaten Magelang,include upah pekerja dan harga material

    terima kasih sebelumnya

  107. edwin g.b

    pa aria, saya berkeinginan renovasi rumah type 24/72 d bogor,
    menjadi 2 kt, dapur d belakang n ruang cuci n jemur, atap baja ringan, butuh dana berapa ya?
    dan ada masalah dengan bangunan lama dimana bangunan begeser kekiri sehingga mmbuat celah antara slop dan dinding kira2 1/2 cm, bagaimana cara mengatasinya?
    trims

  108. yayuk

    saya punya tanah ukuran 11 x 20 meter yang berbatasan bagian barat dengan tetangga,sedangkan bagian timur, selatan dan utara berbatasan dengan jalan, saya ingin buat 2 atau 3 rumah kontrakan sederhana dengan minimal masing2 2 kamar tidur. kira2 desainnya gimana ya mas??

  109. Rumah Pekanbaru

    setelah membolak balik blog ini, ternyata isinya sangat bermanfaat. salam kenal pak.. semoga sukses selalu. kayanya kami akan jadi pembaca setia :)

  110. winnie

    saya ada rencana membeli rumah dgn luas tanah 6,7 x 9,5. Ruangannya hanya r.tamu,2 kamar tidur dan kamar mandi (dapur tidak ada). Ada sedikit sisa tanah di belakang dg ukuran 1,5 x 3,7. Oiya ada juga carport ukuran 3×4 dan taman depan 3×3,7. Saya ingin merenovasi tp Bingung juga memanfaatkan lahan kecil. Inginnya punya jemuran luar (posisi di belakang,tidak di depan),jemuran dalam,dapur,2 kmr tdur,kmr mndi,r.keluarga. Ide saya r.tamu ingin saya majukan (dipress)sampai depan dengan model pintu menyamping.Kamar tidur juga ingin saya majukan sehingga dibelakang ada lahan untuk menjemur. Dan tanah belakang yg kosong ingin sy buat dapur dan jemuran dalam. Mungkin ada masukan dari admin ? Atas bantuannya,saya mengucapkan terima kasih.

  111. ekomardijanto

    ass. saya punya rumah tipe 36 ukuran tanah 6x17m.sekarang masih standart. tp kamar mandi tidak ada.saya pingin kamar mandi dibelakang.tambah kamar, gudang, tmpat sholat,temap cucian,dapur,ruang kelurga.terima kasih

  112. uya

    tks. sangat bermanfaat. tipe 36 unt kamr yg zigzag ada g?? mohon bantuannya lah. tks

  113. Heru

    Pak Aria,

    saya sudah melakukan renovasi rumah type 36. Namun saya masih bingung untuk menentukan tata letak ruangan tengah dan atau ruang tamu. Dimensi ruangan tersebut 3 m x 5.5 m. Dengan luasan tsb saya berkeinginan untuk memiliki ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan dan space untuk lemari es. Kira2 sebaiknya bagaimana ya?
    Terima kasih sebelumnya.

    Salam,

    Heru

    • @Heru,

      Silahkan langsung menghubungi kami jika anda tertarik menggunakan jasa profesional kami.

      Menggunakan jasa arsitek sesungguhnya tidak mahal, dengan konsep dan desain yang matang akan dapat menghemat uang anda dan memaksimalkan investasi anda.

      Dengan bangunan yang terdesain dengan baik, anda dapat menghindari biaya tak terduga akibat miss planning dan meningkatkan nilainya untuk jangka panjang.

      Best regards,

      Architectaria.

  114. rizky

    Om perkiraan RAPnya berapa?…

    • @Rizky,

      Untuk rumah kategory murah, agak sulit membedakan RAB dan RAP nya. Karena budgetnya bener2 ketat. Dan mohon diperhatikan sekali lagi, untuk taksiran harga diatas mungkin sudah tidak sesuai lagi.

      regards,

      Aria

  115. Nana Supriatna

    Dear All,
    mohon sarannya, kebetulan saya punya rumah Type 36/78.. yang mau saya tanyakan adalah :
    A. Rencananya mau di renovasi total menjadi dua tingkat dengan
    dengan rincian sebagai berikut :
    1. untuk lantai I : terdiri dari 2 kamar tidur, Ruang tamu,serta
    dapur, 1 kamar madi dalam
    2. Untuk lantai II : terdiri dari 2 kamar tidur, 1 ruang kerja/kantor
    1 kamar mandi
    B. Disain interior Minimalis modern dengan unsur alam dan office
    lebih dominan
    dari Point A dan B, mohon sekiranya apakah ada contoh untuk point di atas.
    Terima kasih bilasaya bisa dikirimi contohnya.

    Salam

    Nana Supriatna
    081314258796

    • @Nana Supriatna,

      Silahkan langsung menghubungi kami jika anda tertarik menggunakan jasa profesional kami.

      Menggunakan jasa arsitek sesungguhnya tidak mahal, dengan konsep dan desain yang matang akan dapat menghemat uang anda dan memaksimalkan investasi anda.

      Dengan bangunan yang terdesain dengan baik, anda dapat menghindari biaya tak terduga akibat miss planning dan meningkatkan nilainya untuk jangka panjang.

      Best regards,

      Architectaria.

  116. ade

    selamat malam. saya sedang merencanakan merenov rumah tipe 38 saya. jadi ada lantai 2. bisa tolong kasi saran?

    tq.
    GBU

  117. siska

    saya mau merenovasi rumah yg awalnya cm ada 2kamar tidur dan 1ruangan satu kamar mandi.kelebihan tanah kedepan 3m kebelakang 3m dan samping 2m.gimana caranya biar tampak besar modal sedikit.kalau bisa buat warung kecil.tolong ya bantuannya

  118. Anonymous

    Assalam saya mau mintak tolong bantu kemudahan dlm menghitung rumah type 36 10 pintu 1 kopel permanen memanjang untuk camp karyawan perkebunan sawit .kasihtau gimana caranya tanqs wassalam “Arya”.

  119. Qosim

    Salam Kenal saya dari BangkaBelitung,mau belajar/tanya….saya ada temen orangtuanya mengajak saya kerjasama pengolahan Lahan utk Perumahan.Luas 10000m2,Tepi jalan Raya.78 meter ke belakang 128,..meter.menghdap ke timur.pangsa pasar di type 36,45 .

  120. Mohon bantuan, sya ada tanah ukuran samping 8 m dan depan dan blakang 13,5m, rencana saya mau bangun rumah type 36 dulu jika ada uang beberapa tahun ke depan rencana akan saya kembangkan lagi ke 2 lantai, mohon bantuan denah ya.trimakasih

  121. abu aryyan

    allahu akbar slama kenal

  122. aprida

    salam kenal semuanya…

    saya sangat suka sekali denagan isi website ini.. oleh karna itu saya ingin minta bantuannya untuk bangun rumah denagan luas tanah hanya 50 meter..bagaimana ya supaya terlihat luat dan bagus,.

    terima kasih

  123. Slamet Sugiarto

    Hallo, salam kenal semuanya..

    Saya suka sekali dengan isi website ini, terutama desain-desain rumahnya. Untuk desain rumah type 45 yang diberikan secara gratis ini saya meminta ijin untuk menggunakannya sebagai acuan membangun rumah saya.
    Apakah pengasuh web architectaria.com menyediakan master desain untuk desain rumah type 45 , Luas tanah : lebar depan 8M , panjang kebelakang 12M dan belakangnya sudah ada rumah. Terima kasih saya bisa lihat gambar yang bagus bagus . Dan semoga kita semua di kasih sehat n panjang umur , banyak rejeki. Amin 3x

    Salam

    Slamet Sugiarto

  124. wuri

    Kalo rmh type 36 emg pnjang dan lebar bangunan brp?thanks

Leave a Comment