Desain Rumah Diatas Lahan Berbentuk Trapesium

Tanya:

Selamat pagi arsitek aria dan tim..
Saya ingin membangun rumah minimalis 2 lantai pada lahan (tanah) berbentuk trapesium. Tanahnya menghadap utara dan bagian depan rumah ke arah timur merupakan jalan buntu (rumah di pojok, tapi bukan hoek). Di sebelah timur terdapat sawah, di sebelah selatan (belakang rumah) terdapat tanah kosong, dan di sebelah barat terdapat rumah tetangga yang bertingkat. Lebar tanah bagian depan 11,50 m, panjang samping barat dan timur 19 m, dan lebar belakang 10 m.

Saya ingin membangun rumah dengan halaman dibagian depan, samping, dan belakang rumah. Rumah yang saya butuhkan terdiri atas 2 ruang tidur anak, 1 ruang tidur utama, 1 ruang tidur untuk tamu atau saudara bila berkunjung, ruang keluarga, ruang kerja, gudang, dapur bersih, dapur kotor, garasi 1 mobil, dan carport (jika bisa untuk 2 mobil). Kamar pelayan dilantai 2, dan area cuci jemur dibagian belakang rumah.

Untuk area cuci jemur tidak usah disatukan dengan bangunan utama, karena untuk cuci jemur sementara bisa menggunakan teras dan taman belakng dan samping rumah. Dilantai 2 kami mengharapkan adanya balkon kecil juga ada space untuk meletakkan tanaman, semacam roof garden. Mohon bantuan bapak untuk membuatkan desain layout rumah dan desain tampak muka rumah tersebut. Saya tunggu jawaban dan penawaran dari bapak.

Thanks..

Novie
novie.putria@*****.com

…………………………………

Yang baru saja anda baca diatas itu adalah salah satu email yang masuk pada kami beberapa waktu yang lalu. Hal yang menarik dari email tersebut adalah sang pengirim meminta advice mengenai desain rumah diatas tanah atau lahan berbentuk trapesium. Merencanakan dan mendesain rumah pada lahan yang terbatas dan tidak beraturan merupakan sebuah tantangan lebih bagi seorang arsitek, dikarenakan pada lahan yang terbatas dan bentuknya yang tidak beraturan itu sang arsitek dituntut untuk dapat mendesain rumah dan penataan ruang-ruang yang sesuai dengan kebutuhan calon penghuninya.

Dari informasi yang diberikan sebenarnya ibu Novie memiliki tanah/kavling yang bentuknya bagus dan sangat memungkinkan untuk mendapatkan layout rumah yang baik. Dengan perencanaan dan desain yang baik, rumah yang bagus sebenarnya sangat mungkin untuk dibuat diatas tanah milik ibu Novie. Hanya saja dibutuhkan diskusi yang lebih intens, karena kami juga agak kesulitan untuk merencanakan layout rumah ibu Novie jika berpatokan pada email yang isinya sangat singkat seperti yang tersebut diatas.

Lantai 1

Desain rumah ini terdiri dari 2 buah kamar tidur dilantai 1. Masing-masing kamar tidur adalah 1 kamar tidur utama dan 1 kamar tidur yang dipersiapkan bagi saudara atau keluarga yang berkunjung kerumah si pemilik. Kamar tidur utama sudah dilengkapi dengan toilet/kamar mandi didalamnya. Sementara 1 buah toilet/kamar mandi tambahan diletakkan diantara kamar tamu dan kamar tidur utama yang diperuntukkan bagi tamu atau family member yang lainnya.

Sebuah storage atau gudang untuk penyimpanan tools diletakkan didekat garasi mobil. Storage ini bisa dimanfaatkan untuk menyimpan peralatan mekanis atau menyimpan benda-benda yang jarang dipergunakan.

Kami juga menempatkan sebuah ruang kecil didekat ruang keluarga yang bisa dimanfaatkan sebagai study room atau ruang kerja dirumah ibu Novie. Ruang kerja ini tentunya akan sangat berguna untuk melanjutkan sisa tugas dari kantor untuk diselesaikan. Ruang kerja ini dapat ditata sedemikian rupa menjadi ruang multifungsi, misalnya: ruang kerja+ruang baca atau perpustakaan mungil dirumah.

Dapur dan pantry kami letakkan dibagian belakang rumah. Antara kitchen/pantry dan ruang keluarga dibuat menyatu tanpa sekat agar terkesan luas. Penyatuan ruang keluarga dan kitchen/pantry ini dilakukan dengan mempertimbangkan aspek privasi yang sudah terpenuhi dengan penempatan ruang tamu yang diletakkan pada bagian kanan depan rumah, sehingga tamu tidak langsung dapat melihat atau mengakses private area yang hanya diperuntukkan bagi anggota keluarga saja.

Lantai 2

Tiga buah kamar tidur direncanakan dilantai 2. Masing kamar tersebut adalah 2 buah kamar untuk anak-anak dan 1 buah kamar dibagian belakang diperuntukkan bagi pelayan rumah atau bisa juga dimanfaatkan sebagai kamar tamu tambahan jika ada anggota keluarga yang berkunjung.

Kami juga merencankan free space yang bisa dimanfaatkan sebagai living room dilantai 2 atau bisa juga dimanfaatkan sebagai tempat bersantai, menonton TV, meletakkan peralatan gym, computer station, dsb.

Pada bagian depan ruangan, sebuah balkon disipakan sebagai tempat untuk bersantai dipagi atau sore hari. Area ini juga bisa dimanfaatkan sebagai roof garden untuk meletakkan aneka tanaman hias. Penempatan roof garden selain mempercantik rumah, namun juga mendukung konsep rumah yang ramah lingkungan. Walaupun spacenya tidak terlalu besar, namun lebih baik dibanding tidak ada sama sekali bukan?

Perkiraan biaya untuk membangun rumah seperti gambar desain diatas adalah berkisar antara 650.000.000 s/d 700.000.000.

Demikianlah rencana yang kami buat untuk keluarga ibu Novie, semoga desain rumah diatas tanah atau lahan berbentuk trapesium yang kami rencankan sesuai dengan harapan ibu Novie dan keluarga. Bagi anda yang kebetulan mempunya kebutuhan ruang yang sama dengan ibu Novie, anda juga dapat memanfaatkan desain layout rumah seperti yang sudah kami buat ini. Selamat berakhir pekan..

..

Architectaria – Arsitek dan Perencana

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

6 Comments

  1. Iyus

    Sketsa desain rumah dan layout/denah rumah yang bapak tampilkan sangat bermanfaat buat kami.

    Semoga rejeki bapak semakin dimudahkan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa..

  2. dharma

    Denah rumahnya jika diterapkan sepertinya menyenangkan ya pak.. Kita bisa bersantai diruang keluarga atau menikmati makanan diruang makan sambil memandangi taman disamping rumah.

    Ide desain rumah yang menarik..

    • @Dharma,

      Betul sekali pak, ide awalnya memang seperti itu.

      Regards,

      Aria

  3. ardhy

    bangun rumah muka 3,5

    • apay

      tolong gambar denah ukuran rumah 7.50 kali 15 mas

Leave a Comment